Review Prenatal Gentle Yoga di Jakarta Timur (bagian kedua)



Hai, akhirnya Saya melanjutkan kembali tentang review prenatal gentle yoga lagi, sebelumnya penjelasan prenatal gentle  yoga dan reviewnya di beberapa tempat d di sini. Khususnya sekitaran Jakarta timur, tapi di trimester 3 ini saya juga coba di beberapa kawasan Jakarta dan depok, yakni tepatnya di daerah kalibata Jakarta Selatan dan Citayam, Depok

Saya cerita lagi tentang manfaat dari Prenatal Gentle Yoga yah :

Manfaat fisik :
1. Melatih postur yang baik, tegap dan kuat di sepanjang kehamilan
2. Melancarkan aliran darah, sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke janin menjadi lancar
3. Menguatkan otot punggung, membuatnya lebih kuat menyangga beban kehamilan dan menghindarkan dari cedera punggung atau sakit pinggang.
4. Melatih otot otot dasar panggul - perineum - yang berfungssi sebagai otot kelahiran, agar kuat menyangga beban kehamilan, menyangga kandung kemih dan usus besar. Semakin elastis otot dasar panggul, semakin mudah menjalani proses kelahiran, dan semakin cepat pula proses pemulihan pasca melahirkan.
5. Membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti morning sickness, sakit punggung, sakit pinggang, kandung kemih lemah, konstipasi, dll.

Manfaat mental melalui pernafasan, relaksasi, dan pemusatan pikiran:
1. Menggunakan teknik pernafasan yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan pikiran. Sebagai media self help yang akan membantu saat dilanda kecemasan dan ketakutan, atau saat perhatian tercerai berai.
2. Menggunakan teknik pernafasan yoga untuk beristirahat sejenak di antara dua kontraksi untuk mengumpulkan energi.
3. menggunakan teknik teknik relaksasi untuk menginduksi rasa nyaman dan rileks di sepanjang kehamilan dan saat melahirkan. Menjaga otot tubuh tetap rileks saat melahirkan


Manfaat prenatal yoga


Banyak kan manfaat dari Yoga ini, yuk kita simak 5 tempat Prenatal Gentle Yoga yang saya coba di bulan Maret-Mei 2019:

1. MnD Klinik (Condet)
 Bermodal pencarian tempat Prenatal Gentle Yoga dengan hashtag instagram akhirnya saya mencoba mengikuti kelas yoga di sini karena jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan rumah. Dan jadwalnya juga ada weekdays dan weekend




Lokasi:  Jl. Raya Condet No.35, RT.3/RW.4, Batu Ampar, Kramat Jati, East Jakarta City, Jakarta 13530 (Gmaps)
Tempat : diselenggarakan di lantai 2 klinik MnD klinik Condet
Fasilitas : kasur lipat (yang biasa tebal 6mm), balok dan bantal besar
Biaya : 65.000/pertemuan (2019)
Pendapat pribadi : 
Tempatnya luas dan cozy, ada cermin juga. Namun sayang bukan matras yoga tapi matras busa tipis yang setebal 6mm jadi saya pribadi kurang nyaman karena ada lipatannya. 1 kelas kemarin 8  orang, saya merasa instruktur kurang fokus ke person ya padahal banyak yang baru ikut (termasuk saya). Jadi saya merasa kurang dicoaching. Jadi saya hanya mencoba sekali saja di sini.


2. Bidan Erie Marjoko
Kalau para calon mamah yang suka mengikuti akun-akun bidan yang menguasai ilmu hypnobirthing pasti udah ga asing lagi dengan namanya. Bude Erie Marjoko, Beliau terkenal juga sering mengisi seminar hypnobirthing dengan Bidan Yesie (bidankita). Nah awal kenalnya dengan beliau itu dari cerita teman SMA saya yang lahiran di sana, kemudian teman kuliah yang juga homebirth dengan beliau. Nah sekalian yoga juga saya mau tanya tentang lahiran vbac dengan beliau.
 

Instagram Bidan Erie
Lokasi: Kampung Utan Jaya No. 46, RT. 8/4, Jl. Raya Citayam, Rw. Panjang, Kec. Bojong Gede, Kota Depok, Jawa Barat 16920 Gmaps 
Tempat : diselenggarakan di klinik bidan erie, sebuah ruangan utama sebuah rumah.
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm)
Biaya : 150.000/pertemuan (termasuk periksa kehamilan)
Pendapat pribadi : 
Menurut saya ini adalah kelas yoga terenak, penjelasannya, positif vibesnya. Ada perasaan yang berbeda ketika instrukturnya adalah wanita yang sudah melahirkan, rata-rata bidan/instruktur yoga sebelumnya adalah gadis. Meski ruanganya tidak luas, 1 kelas isinya 8 orang Bude Erie benar-benar jelas dan banyak berpetuah selama PGY. Rasa lelah yang saya tempuh cililitan-citayam terbayar yoga di sini. Namun karena harus menangani persalinan kelas yoga mengalami sedikit keterlambatan.
Nah setelah kami yoga langsung dipanggil untuk pemeriksaan kehamilan dengan beliau sesuai urutan kedatangan. Nanti saya cerita bagaimana pandangan beliau jika menjadi provider VBAC ya di postingan lanjutan. Repeat kedatangan ga? Sayangnya enggak karena alasannya jarak yang amat sangat jauh jika hanya untuk yoga kasian Suami dan Sakha.


3. Cerita Lahir (Kalibata)

pertama kali mendapatkan info adanya kelas Prental Gentle Yoga (PGY) ini melalui akun IG @ceritalahir. di ceritalahir ada 3 instruktur tetap yang mengajar PGY, salah satunya Mbak Rika.Saat itu saya mengikuti oleh Mbak Rika di Hari Rabu Jam 10 Pagi.
 

Cerita Lahir
Lokasi: Jl. Pengadegan Selatan No.VII, RT.6/RW.5, Pengadegan, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12770 Gmaps
Tempat : diselenggarakan di ruangan yang nyaman sebuah rumah
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm) dan Balok
Biaya : 125.000/pertemuan (2019)
Pendapat pribadi : 
Kelasnya semi privat karena hanya 4 orang peserta. Kami juga dicoaching 1-1 supaya gerakannya sesuai. Nah lagi-lagi ketika instrukturnya sudah melahirkan, it so different vibesnya, lebih ngena! Hehe. Pada saat itu saya mengambil paket dengan mini sharing mengenai “mengatasi rasa sakit saat persalinan”. Karena ceritalahir sendiri selain PGY di sana juga juga ada fasilitas sebagai doula/pendamping persalinan dan edukasi tentang melahirkan sampai perawatan newborn. Jadi kelas di sana banyak ragamnya dan jadwalnya pun bervariasi mengikuti jadwal instruktur dan tempat. Oya ada 3 tempat yang biasa dipakai ceritalahir selain alamat di atas, ada studio DUAE Matrman dan Yoga Tree Kalibata.



4. Bidan Amel di BPM Ros Budiman (Condet)
Di postingan sebelumnya, saya pernah bercerita pernah PGY di sini selama 5x pertemuan. Tetapi bukan dengan bidan amelnya melainkan dengan bidan @arofah jadi mereka partner, mbak arofah meminjam tempat yoga di sana. Nah berhubung bidan AMEL jg punya license sebagai instruktur PGY jadi beliau baru membuka ketika usia kandungan saya 30an wk. Jadi @bidanrosbudiman itu klinik bidan mertuanya bidan amel, soalnya sering orang salah sebut kalau bidan amel itu bidan ros.




Lokasi: Gang Habib Ali No.58 9 3, RT.9/RW.3, Balekambang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530 Gmaps
Tempat : diselenggarakan di 1 ruangan khusus di BPM Ros Budiman
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm) dan balok. selimut/handuk dan air minum bawa sendiri
Biaya : 70.000/pertemuan 225.000/4x pertemuan (2019)



Pendapat pribadi : 
Serupa tapi tak sama, bidan Amel dengan bidan Arofah. Gerakannya variatif tiap minggu namun berbeda dengan kelas di Hygea, di kelas ini kadang ditanya kadang enggak apa keluhan kita, padahal menurut saya itu penting banget untuk menentukan gerakan yoga di hari itu.  Musiknya jg pas hanya instrumen yang menenangkan. Ruangannya dipasang aromateraphy yang bikin rileks, 1 kelas berisi 8 orang. Ruangannya juga baru direnovasi kini ada cerminnya dan lantainya dengan veneer jadi kesannya lux gitu. Sayangnya Mbak Amel blm bisa mencoaching kami 1-1. Tapi overall enak, juga berbeda dengan Mbak Arofah kita ga di foto-foto sepanjang kegiatan yoga dan emang di kelas-kelas saya ikuti Cuma mbak arofah itu yang moto-moto kita pas yoga. Kalau bidan amel fotonya setelah kegiatan selesai, kita diajak foto bareng. Sayangnya saya ga repeat yoga juga hanya 2 kali karena jadwalnya ga cocok dan saya setelah ini lebih prefer untuk privat dan PGY di hygea yang jauh lebih dekat.

5. Bidan Rani (@maharaniagst) Squadnya @bidanamel di Klinik Hygea







Lokasi: Jalan Dewi Sartika No.261, RT.7/RW.5, Cawang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur
Gmaps https://goo.gl/maps/AwGa5VVqmenrmXFP9
Tempat : diselenggarakan di salah satu ruangan klinik hygea
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm), balok dan selimut serta air mineral.
Biaya : 80.000/pertemuan 300.000/4x pertemuan
Pendapat pribadi : 
Nah buat yang bingung jadi PGY yang di klinik hygea ini adalah tim dari @bidanamel yang lokasi prakteknya di Cawang. Mereka berbeda dengan bidan amel (@bidanrosbudiman) yang di condet ya Moms. Mbak Rani ini salah satu timnya @bidanamel sementara mbak nurul yang ngajar saya yoga pas usia kandungan 20 week sudah tidak bergabung di sana karena pindah dinas ke daerah bekasi. Untuk gerakan dan durasi waktunya menurut saya juga pas meski 1 ruangan kami harus ber8.
Saya juga sempat privat yoga dengan Mbak Rani dan sampai sekarang anak kedua saya imunisasi dengan beliau di klinik @bidanamel


nah itu dia 5 tempat dan instruktur prenatal gentle yoga di Jakarta dan sekitarnya yang pernah saya coba. insyaAllah next saya akan coba membahas tentang aqua prenatal gentle yoga (setelah post saya taruh linknya di sini). semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya.






Prenatal Gentle Yoga (Kiri atas di MnD clinic, sisanya di Bidan Ros Budiman)



Salam






Post a Comment

44 Comments

  1. Saya juga salah satu yang menikmati yoga saat hamil kemarin. Mulanya karena sering sakit punggung, setelah ikut yoga badan jadi beneran fresh, gak cepet capek dan enak banget dibuat ngapa-ngapain padahal lagi hamil besar. Saya dari bandung sih tapi makasih informasinya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Ima badan jadi enteng ya. Salam kenal Mbak, terima kasih sdh berkunjung

      Delete
  2. Wah senangnya, banyak tempat yoga yang bisa dijadikan pilihan. Yoga memang membantu sekali dalam mengatasi keluhan ibu hamil. Sayangnya ditempat saya tidak ada.. ..

    ReplyDelete
  3. Hiks, jadi pengen review tempat prenatal yoga di Medan, sayangnya satu tempat pun belum ada aku singgahi, bakal pantengi YouTube aja nih, ada rekomen prenatal yoga di YouTube gak mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Nufa tulis reviewnya hehe. Kalau channel youtube aku biasanya bidan yesie di bidankita sama PGYnya andien

      Delete
  4. Saya kira saya sudah tahu banyak tentang ibu-ibu, tapi benar saya baru tahu ada yoga untuk melancarkan persalinan. Kalau senam ibu hamil saya pernah dengar, itu beda dengan ini ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mas Fadli, kalau yoga hamil lebih cape hehe. Jadi bedanya kalau yoga ada latihan pernapasan di srtiap gerakannya

      Delete
  5. Waktu hamil kemarin juga yoga tapi sendiri via youtube, hehe. Semoga nanti bisa rasain yoga di tempat ahlinya (eh emang hamil lagi kapan? wkwkw)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaannya kalau dari youtube ga ada yg benerin sih mbak di awal2, tapi kesininya aku jg yoga diulang2 dr youtube.

      Delete
  6. Sudah lama saya tau mengenai Prenatal Gentel Yoga ini dari sebuah klinik bersalin "GRIYA BUNDA SEHAT," di Balikpapan. Dari pengalaman ibu-ibu yang mengikuti yoga tersebut saat persalinan mereka tidak merasa sakit sama sekali. Bahkan tak perlu mengguting jalan pembukaan kelahiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan itu temennya bidan arofah (salah 1 instruktur yogaku) loh

      Delete
  7. wah seru ya, kalo lagi hamil emang paling penting tetap olahraga. meski olahraga ringan kaya yoga gini, seru banget. makasih mba bisa saya bookmark nih artikelnya haha, lumayan nanti kalo suatu saat butuh, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mbak Steffi semoga segera nyusul. Iya mbak yoga terlihat ringan tapi abis utu ngos2an

      Delete
  8. Banyaknya lokasi latihan Yoga ya, jadi banyak pilihan yang sesuai. Saya juga latihan Yoga mba, badan jadi lebih lentur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah Mbak Vika, biqr nyaman dan rileks juga

      Delete
  9. Baru tahu ada komunitas prenatal ....sekitaran jakarta lagi..dulu waktu kevin lahir masih jarang dan susah nyarinya..

    ReplyDelete
  10. Enak ya di Jakarta, tempatnya banyakkkkk. Dulu pas masih di Bali saya sempat ikut 3 kali, setelah itu karena hamil kembar saya gak kuat lagi. Hahaha. Jadinya yaaaa sekadar mencoba saja. Tapi asik loh.

    ReplyDelete
  11. Selain manfaat kesehatan fisik, melakukan yoga juga menangkan pikiran ibu-ibu hamil sehingga manfaatnya positif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Ari, bonusnya sharing2 sesama bumil selesainya yoga

      Delete
  12. ternyata ada banyak jenis yoga, termasuk buat ibu-ibu yang lagi hamil. disamping bisa menyehatkan ternyata juga bisa memberikan efek yang bagus bagi pikiran. terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  13. 17 tahun yll saya hanya senam hamil. Sekarang makin marak ada yoga untuk ibu hamil. Di Malang ada apa nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 17tahun, masyaAllah. Sekarang udah banyak Alhamdulillah mbak

      Delete
  14. berbagai cara untuk mendapatkan kesehatan maksimal, termasuk untuk bumil ya..semoga selalu diberkahi kesehatan

    ReplyDelete
  15. Lengkap sekali infoya Mbak..Prenatal Gentle Yoga bermanfaat buat nanti saat melahirkan ya. Semoga selalu diberi kesehatan

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya tempat prenatal yoga di Jakarta. Coba ada artikel serupa khusus lokasi Depok, artikel khusus info tentang tempat prenatal yoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak di depok, saya pernah coba di kelas persiapan persalinannya di rumah bersalin depok jaya. Mereka juga menyelenggarakan yoga

      Delete
  17. Lho aku baru tau ada istilah prenatal yoga. Apa karna aku belim berumah tangga ya?? Aku simpan dulu ah infonya. Kali nanti butuh. Eh

    ReplyDelete
  18. aku juga sudah mau mencari-cari prenatal yoga ini deh, karena sedang promil juga hehe. Dan pengen cari yg deket rumah, sekitaran Tangerang Kota nih mba

    ReplyDelete
  19. Sayangnya tempat latihan kegiatan yoga untuk ibu hamil, di kampung seperti saya tinggal belum ada.

    Jadi ibu hamil paling sebatas hanya memeriksa kehamilan di bidan atau puskesmas.

    Klo saja sudah ada tempat khusus yoga, pasti banyak ibu hamil yg rutin berlatih

    ReplyDelete
  20. yoga bisa di lakukan oleh laki laki apa tidak ya, karena teman-teman ku sering menanyakan tempat yoga enah itu untuk dia sendiri atau untuk istrinya.

    ReplyDelete
  21. Yoga ternyata membantu banget ya untuk ibu hamil untuk tetap bugar dan mengatasi keluhan selama kehamilan. Malah katanya bisa juga membantu persiapan kehamilan lebih lancar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak monica, jadi lentur kan otot panggul

      Delete
  22. Aku belum pernah cobain yoga nih walau sekali hikss

    Terus di medan kek nya belum Familiar, masih senam hamil doang gitu,
    Atau aku yg kudet yak xixixi tapi ternyata membantu ya mbak, nanti cari info dehh

    ReplyDelete
  23. Aduh, kayaknya prenatal yoga menyenangkan banget ya. Sayang nggak bisa lagi merasakannya karena sudah 'dikunci', ga bisa nambah anak lagi.

    ReplyDelete
  24. Awal ikut yoga badan aku pegal-pegal semuanya... Setelah dua hari baru berasa segarnya... Yoga tuk ibu hamil itu memang perlu

    ReplyDelete
  25. Nyesel juga waktu hamil terakhir tiga tahun lalu saya ga sempat ikut yoga prenatal karena kesibukan di kantor. Pas cuti, sudah dekat waktu melahirkan. Ya sudah deh..Baru kembali yoga setahun terakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya emang dilakukan di rumah mbak, seminggu sekali atau sesempatnya sama instruktur. eh sekarang jg bs privat yoga kok mbak

      Delete

Perempuan Pekerja dalam Wabah Covid-19