mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Masuk Angin


Enter Wind alias Masuk Angin :D , yang gejalanya kita definisikan seperti perut mual, pusing, meriang badan tidak enak. Pada kenyataannya dalam ilmu medis dan kedokteran sendiri, tidak ada istilah masuk angin. Sangat subjektif sekali, jika seseorang mendeskripsikan masuk angin dengan gejala2 tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya bertanya:  "Gue bingung deh, Kenapa namanya masuk angin? Apakah pori-pori kita kebuka trus anginnya masuk gitu Fir, kemudian kita jadi sendawa, pegel2 gitu?"

Memang kebanyakan orang termasuk saya juga, kerap kali saat berpergian atau berkendaraan motor memakai jaket tebal supaya tidak “masuk angin”, supaya “angin” tersebut  tdk dpt masuk pori2 yang entah dengan mekanisme seperti apa dapat menimbulkan gejala-gejala yang tidak enak seperti disebutkan di atas.

Pada dasarnya gejala-gejala tersebut tuh disebabkan dari factor keseimbangan tubuh yg terganggu (imunitas menurun)
Sepengetahuan saya dan beberapa sumber menyatakan bahwa penyebab turunnya keseimbangan daya tahan tubuh dapat terjadi karena beberapa factor, seperti faktor infeksi bisa diakibatkan oleh virus, bakteri, jamur dll. Sebagian besar yang menjadi penyebabnya adalah virus. Adapula faktor non infeksi  biasanya terjadi karena faktor kelelahan dari suatu organ sehingga terjadi perubahan sistem tubuh.  Selain factor tersebut, factor psikis juga mempengaruhi timbulnya masuk angin.
Selain itu berbagai keluhan yang tidak menyenangkan hati yang disebutkan diatas memang dapat ditimbulkan oleh multifaktor termasuk Cuaca Dingin. (tidak seperti yang telah dipikirkan oleh orang banyak (masuk angin)...

Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme vasoconstricion” dimana terjadi Penyempitan pembuluh darah kita, hal ini mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga terjadi Hipotermi. (Hipotermi adalah suatu kaadaan dimana terjadi penurunan suhu tubuh yang di sebabkan oleh berbagai kaadaan, terutama karena tingginya konsumsi oksigen dan penurunan suhu ruang(bamgun lubis,2005)

Pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme dan Asam laktat terakumulasi pada otot-otot. Hal tersebut menyebabkan adanya rasa pegal dan seluruh tubuh menjadi tidak enak.

Cuaca yang dingin juga mengakibatkan “perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita”, sehingga gas yang berada di saluran pencernaan kita tertahan sehingga dapat menjadi kembung…perut terasa penuh…ditambah lagi mungkin aja terjadi yang namanya “Aerophagi” (Makan angin, bukan makan ati)..nah ini mungkin yang sering kita alami bila kita berkendaraan motor.(*kalao ada sumber lain, cmiiw ya)

ditambah lagi dengan cuaca yang dingin mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak..padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll..

Wallahualam :)
dengan segala keterbatasan.
Shafira
Related Posts

Related Posts

Post a Comment