-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

NICE HOME WORK #4 MARTIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL : MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Assalamualaikum Bunda, kali ini akhirnya saya ingin sharing mengenai nice home work (NHW) saya yang ke #4 . selama ini salah satu alasan mengapa saya tidak pernah memposting di dalam blog ini karena selain tidak sempat mengerjakannya juga deadline serta merasa aku butiran milo di atas es kepal milo.

Jadi setiap pekannya di kelas martikulasi Institut Ibu Profesional (IIP), kami selalu diberikan setiap minggunya setelah pemaparan materi dan diskusi cantik. Pekan ini dengan tema 
"Mendidik dengan Kekuatan Fitrah"
 NHW kali ini harus membuka kembali catatan "fitrah based education" dari Ustad Harry Santosa. Pasalnya kali ini NHW seperti ingin memastikan apakah langkah-langkah kita sudah sesuai dengan hati nurani kita? adakah yang direview dan diubah?

Kami diminta "menemukan diri kami sendiri" sebelum nantinya dapat menuntun anak-anak kami.

bukan orang lain yang bisa menentukan ilmu-ilmu dalam diri anak kita, hanya Bunda sendiri yang menentukan. apakah ini mudah? tentu tidak, tapi kita bisa membuatnya lebih muda, jadilah diri anda sendiri (Bu Septi)
 
(ini materi pekan ini)

Kami diminta untuk menemukan diri kami sendiri, untuk mendapatkan ketenangan dalam proses selanjutnya. Dengan menemukan fitrah diri kami sendiri, selanjutnya lebih mudah untuk mendidik anak dan keluarga sesuai fitrah yang mereka miliki.

Maka, inilah tantangan NHW di pekan keempat:
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Sesungguhnya setelah mengerjakan NHW #3 dan merenung lebih dalam di universitas kehidupan ini ingin lebih memperjelas jurusan yang akan Saya tekuni. Semula saya menuliskan jurusan : managemen emosi
Jurusan yang ingin Saya tekuni adalah pendidikan dan pengajaran di bidang marketing ekspor dan pendidikan anak.
b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
salah satu kelemahan terbesar saya. Beberapa minggu ini saya belum konsisten dan semangat dalam melakukan perubahan itu, masih naik turun apalagi 2 pekan ini ada beberapa pekerjaan yang memerlukan konsentrasi lebih (alasan bae ) tapi beberapa sudah saya evaluasi untuk diperbaiki baik ditambahkan dan kekurangan agar lebih realistis dalam perubahannya. PRnya adalah saya belum mengeprint jadi harapannya nanti checklist ini ada di tembok biar keliatan serius setiap lalu lalang di rumah.
c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Bismillah, Insya Allah sudah. Saya amat bersyukur, karena sebelum saya beranjak ke usia kepala 3, saya sudah menemukan kembali minat dan potensi yang sudah lama saya anggap tidak ada. Setelah melakukan pencarian, evaluasi, dan meminta pendapat orang-orang terdekat saya (khususnya suami), saya semakin yakin dengan apa yang saya pilih.
Saya memilih dalam bidang pendidikan dan pengajaran, meski kemampuan public speaking saya masih jauh dalam rata-rata. tapi ketika bertemu banyak orang sambil belajar dan sharing saya merasa lebih menemukan diri saya sendiri.
Peran : pengajar
Bidang : marketing ekspor dan pendidikan anak
Misi : memperdayakan diri dan orang lain
d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 
  • Untuk bisa menjadi ahli di bidang Marketing Ekspor maka Saya harus menguasai ilmu-ilmu sebagai berikut : pengantar ekspor, menghitung biaya ekspor, startegi internet ekspor, SEO, google, IG, youtube dll
  • Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Anak maka Saya harus menguasai ilmu-ilmu sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak

2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 




e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Milestone (marketing ekspor)
  • KM 0 saya tetapkan mulai usia saya saat ini di 27 tahun (november 2018-november 2019) belajar pengantar ekspor, internet marketing dan public speaking 
  • KM 1 – KM 2 (2019-2021) = menguasai ilmu internet marketing, ecommerce eksport 
  • KM 2 – KM 5 (2021-2023) = sustainable dalam eksport (setiap bulan mengirim), jadi pengajar.
  • KM 3 – KM 4 ( tahun 2023-2025) = menguasai startegi internet ekspor
Milestone (pendidikan anak)

KM 0 – KM 1 ( tahun 2018-2019) : lulus martikulasi IIP, Memahami dan memaknai ilmu seputar Bunda Sayang

KM 1 – KM 2 (tahun 2019-2021) : Memahami dan memaknai ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 2021-2023) : Memahami dan memaknai ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 2023-2025) : Memahami dan memaknai ilmu seputar Bunda Shaleha



f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Done.
g. Lakukan, lakukan dan lakukan.
Bismillah, mohon ingatkan ya Mas :)

NB: tambahan materi fitrah based education - ustad Harry Santosa



Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

Posting Komentar