mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

NICE HOMEWORK #9 MATRIKULASI IBU PROFESIONAL : BUNDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN



NICE HOMEWORK #9 MATRIKULASI IBU PROFESIONAL : BUNDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN


Mamah semua...karena ini adalah NHW terakhir. Izinkan saya curhat dulu ya? Boleh dong? 


Jadi sesi terakhir ini kelas matrikulasi ibu profesional ini seperti ujian pemahaman dari apa-apa yang kita tuliskan sebelumnya di NHW-NHW terdahulu. Di blog ini saya berbagi hanya dari NHW 5/6 karena salah satunya sebab saya baru bisa mengambil benang merah. walaupun dalam pengaplikasiannya masih jauh dari harap, tapi saya mulai merasa lebih mudah memutuskan sesuatu...mana yang harus dikerjakan/didelegasikan atau di delete.


Setelah mengerjakan seluruh NHW ini, tersadarkan bahwa keseluruhan NHW ini adalah untuk kita sendiri, untuk padnuan kita menjadi lebih baik, menjadi lebih fokus dengan peran kita masing-masing (terutama menjadi istri dan ibu). Karena apapun peran kita apalagi yang mengambil peran di ranah publik, kami merasa disadarkan bahwa peran utama kami adalah sebahai perempuan adalah menjadi ISTRI dan IBU.. karena kedua peran tersebut yang nantinya akan langsung kita pertanggung jawabkan di depan ALLAH SWT.

Kita diingatkan bagaimana kita bersikap, bagaimana kita membaca keinginan suami dan anak-anak kita..

Kita diarahkan fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas peran kita, mulai dari membuat kandang waktu, memilih prioritas, bahkan memilih dan memutuskan mana aktivitas yang dapat dikerjakan dan didelegasikan..


Dari NHW-NHW ini kita dibimbing lebih mengenal diri sendiri..lebih menghargai dan mencintai diri sendiri, karena setiap pribadi mempunyai cahaya dan kegelapannya masing-masing sesuai dengan perannya.
Fokus pada kelebihan (cahaya) bukan pada kegelapan..

Tentu yang diharapkan dari matrikulasi ini kita akan menjadi IBU YANG BAHAGIA, IBU YANG BENAR2 BAHAGIA menjalankan PERANNYA DENGAN BAHAGIA.

KARENA SEMUA WANITA BISA MENJADI IBU, TAPI BELUM TENTU BISA MENJADI IBU YANG SEBENAR-BENARNYA IBU.

DAN KELUARGA YANG BAHAGIA BERAWAL DARI IBU YANG BAHAGIA.

............. NHW TERAKHIR INI mulai membuka mata kita untuk melek dengan sekitar kita,ketika sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar kita.kami diminta untuk belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE


Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.
Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.


Sehingga kami bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.


Mulailah dari yg sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.
Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.
Bagaimana caranya?

Kami diminta untuk mengisi bagan ini : bismillah ini jawaban saya..




 kok mengajar ekspor?
simpel beberapa bulan ini saya seperti menemukan panggilan hidup, walaupun kalau dipikir-pikir ga pernah terbayang harus berenang dalam dunia ini yang jauh dari latar belakang keluarga saya yang bukan pembisnis. tahun ini menjadi tahun gebrakan bagi saya, ditambah dengan suami yang terus mencoaching anak mentornya yang bandel ini hehe. simpelnya saya suka sekali mengajar, rasanya senang melihat orang sukses. isu yang saya angkat, ingin mengangat kelas para UMK untuk mengubah dirinya ke kancah perdagangan international. mudah-mudahan cepat dan tidak lambat kami bisa berkontribusi lebih untuk ini.

there is hope there is way? 



Selamat menjadi agen perubahan
Karena
_Everyone is a Changemaker_ 
(Setiap orang adalah agen perubahan)




Salam

Shafira Adlina 
Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

Post a Comment