-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Prenatal Gentle Yoga di Jakarta Timur



Memasuki trimester kedua saya sangat bersemangat dalam mencari provider prenatal gentle yoga di sekitar rumah saya di darerah Jakarta Timur. sebelumnya sudah tahu kan kenapa dan apa pentingnya kita ikut yoga prenatal ini?

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Prenatal gentle yoga merupakan gabungan dari latihan fisik/postur tubuh, pernapasan dan relaksasi. Kalau kita berlatih yoga kehamilan (yoga prenatal) secara teori dengan rutin beryoga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi proses kehamilan dan persalinan, berupa manfaat fisik dan juga mental, mengkondisikan calon ibu untuk selalu merasa sehat, segar, nyaman, tenang, rileks, damai, bahagia, dan siap untuk menuju persalinan yang lembut dan fase pemulihan diri yang cepat. Dan ini terasa banget sama saya ketika lebih dari 1 bulan ikut kelas prenatal yoga (uk 18  week-26 week), awalnya memang terasa pegal-pegal karena saya sendiri saat kondisi tidak hamil tidak banyak melakukan aktivitas olahraga. Tapi terasa begitu minggu kedua dst tidur terasa lebih nyenyak dan keluhan-keluhan yang dialami saat hamil pertama tidak ada.

Manfaat fisik melalui postur tubuh yoga (asana):

1. Melatih postur yang baik, tegap dan kuat di sepanjang kehamilan
2. Melancarkan aliran darah, sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke janin menjadi lancar
3. Menguatkan otot punggung, membuatnya lebih kuat menyangga beban kehamilan dan menghindarkan dari cedera punggung atau sakit pinggang.
4. Melatih otot otot dasar panggul - perineum - yang berfungssi sebagai otot kelahiran, agar kuat menyangga beban kehamilan, menyangga kandung kemih dan usus besar. Semakin elastis otot dasar panggul, semakin mudah menjalani proses kelahiran, dan semakin cepat pula proses pemulihan pasca melahirkan.
5. Membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti morning sickness, sakit punggung, sakit pinggang, kandung kemih lemah, konstipasi, dll.

Manfaat mental melalui pernafasan, relaksasi, dan pemusatan pikiran:

1. Menggunakan teknik pernafasan yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan pikiran. Sebagai media self help yang akan membantu saat dilanda kecemasan dan ketakutan, atau saat perhatian tercerai berai.
2. Menggunakan teknik pernafasan yoga untuk beristirahat sejenak di antara dua kontraksi untuk mengumpulkan energi.
3. menggunakan teknik teknik relaksasi untuk menginduksi rasa nyaman dan rileks di sepanjang kehamilan dan saat melahirkan. Menjaga otot tubuh tetap rileks saat melahirkan

Nah dari sejuta manfaatnya saya sudah sering selancar dengan kekuatan instagram dan hashtag-hashtagnya. Dari 6 minggu ikut prenatal gentle yoga ini , saya baru mencoba 2 tempat.

Berikut rekomendasi tempat prenatal gentle yoga di Jakarta Timur :

1. Bidan Nurul di Klinik Hygea (Cawang)

Saya dapat info ini di akun IG @bidanamel saya ikut di kelas ini hanya 1x karena selebihnya ga cocok jadwalnya. Kelas ini rutin setiap minggu sesi 1 jam 7 dan sesi 2 jam 8.45 pagi

Lokasi: Jalan Dewi Sartika No.261, RT.7/RW.5, Cawang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur
Tempat : diselenggarakan di klinik hygea tepatnya di lobbynya
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm), balok dan selimut serta air mineral.
Biaya : 80.000/pertemuan 300.000/4x pertemuan
Pendapat pribadi :
di awal kita perkenalan dan ditanyakan 1 per 1 apakah ada keluhan, menurutku ini nilai plus. Namun
karena 1 kelas kemarin hampir 9 orang, saya merasa instruktur kurang fokus ke person ya padahal banyak yang baru ikut (termasuk saya). Jadi saya merasa kurang dicoaching gitu dan musiknya agak kurang soft karena ada beberapa yg instrumental lagu pop.

Update (Agustus 2020) bahwa @bidanamel sudah memiliki klinik yang lebih besar sehingga praktek gentle yoga tidak dilakukan di klinik hygea lagi. tetapi langsung di tempat prakteh bidan amel (masih daerah cawang).

2. Bidan Arofah di BPM Ros Budiman (Condet)

Saya dapat info kelas ini di akun IG @bidanrosbudiman dan @arofah saya ikut 5x pertemuan di sini. rutin setiap hari sabtu tapi jamnya mengikuti jadwal bu bidannya yang jg ada praktek di RS.

Lokasi: Gang Habib Ali No.58 9 3, RT.9/RW.3, Balekambang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530
Tempat : diselenggarakan di 1 ruangan khusus di BPM Ros Budiman
Fasilitas : Matras (yang biasa tebal 6mm) dan balok. selimut/handuk dan air minum bawa sendiri
Biaya : 75.000/pertemuan 250.000/4x pertemuan
Pendapat pribadi :
gerakan dan ngajar juga OK karena kita di test 1-1, lebih sering hanya 4 orang sekelas jadi lebih privat (tapi pernah sekali 8 orang juga). Gerakannya variatif tiap minggu namun berbeda dengan kelas di Hygea, di kelas ini kadang ditanya kadang enggak apa keluhan kita, padahal menurut saya itu penting banget untuk menentukan gerakan yoga di hari itu. Musiknya jg pas hanya instrumen yang menenangkan. Ruangannya dipasang aromateraphy yang bikin rileks, sayangnya dari 3x pertemuan terakhir yang saya ikuti AC di ruangan itu nampak tidak berfungsi dengan baik jadi sangat tidak nyaman. 1 lagi di kelas ini sering sekali di foto dengan meggunakan suara dan blitz menurut saya itu menganggu konsentrasi, dan dari awal saya sampaikan bahwa saya ga nyaman di foto ketika yoga karena khawatir ada aurat yang tersingkap ketika bergerak.

Update (Agustus 2020) : Bidan Arofah sudah tidak mengajar di @bidanrosbudiman, beliau mengajar di pondok gede. sedangkan di klinik bidan ros budiman juga membuka kelas yoga yang diajar oleh Bidan Amel.

Nah itu review prenatal gentle yoga di Jakarta Timur. Bulan depan saya akan mulai mencari provider prenatal gentle yoga lagi di Jakarta Timur ada beberapa bidan yang sudah saya targetkan, mudah-mudahan jadwalnya cocok jg kenyamanannya. sehingga bulan April Mei hingga HPL sudah bisa berlabuh di 1 tempat. Mudah-mudahan diberi kesempatan untuk mereview lagi. Semoga yang sedang dan akan mengandung selalu diberikan kesehatan dan kelancaran ya :)


Salam,

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

4 komentar

  1. Assalaamualaikum, mbk. Jadi lahiran dimana mbak ? gimana disana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam aku lahiran di bidan anny Raharjo mbak psr rebo. Ada reviewnya di blog ini

      Hapus
  2. Bolek sharing bun tempat yoga nya? Soalnya saya juga lagi cari yg deket sekitaran rawamangun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ada dipostingan lanjutanku ttg yoga di jaktim mbak

      Hapus