-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

7 Buah Tropis yang Meningkatkan Imunitas

salak dapat meningkatkan imunitas

Imunitas atau daya tahan tubuh adalah respon tubuh terhadap bahan asing. Bahan asing dapat berupa bakteri, virus atau mikroba lainnya.
Respon imun yaitu reaksi yang dikoordinasi oleh sel-sel dan molekul-molekul terhadap mikroba ataupun agen-agen yang lain. Sehingga bila dalam kondisi imun yang menurun, pertahanan tubuh pun akan menurun dan tubuh bisa mudah terserang penyebab penyakit kemudian sakit.

Sistem pencernaan dan daya tahan tubuh

Teman Mamah tahu ga ternyata daya tahan tubuh manusia 80% dibangun di dalam usus, sehingga kesehatan pencernaan mendukung daya tahan tubuh (Mayasari D & Pratiwi A, 2009).

Usus adalah bagian tubuh yang pertama terekspos oleh dunia luar melalui makan yang kita dikonsumsi. Jadi usus bukan hanya berfungsi untuk penyerapan dan pencernaan makanan tetapi juga merupakan bagian dari sistem imun terbesar dalam tubuh yang mengatasi antigen dan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana caranya meningkatkan daya tahan tubuh?

Penurunan fungsi sistem imun akan menyebabkan peningkatan kerentanan seseorang terhadap terjadinya penyakit-penyakit infeksi. Oleh karena itu, sistem imun harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga agar penyakit akibat serangan kuman berbahaya tidak terjadi kemudian.

Pasti kita sering mendengar beberapa usaha untuk menjaga atau meningkatkan sistem imun tubuh. Seperti dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, istrihat dengan cukup hingga mengonsumsi makanan sehat atau suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Beragam Buah yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Negara Indonesia dilimpahi dengan tumbuhnya buah dan sayur khas iklim tropis. Buah-buahan tropis terkenal mengandung beberapa senyawa antioksidant dan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Mari kita lihat yuk buah apa saja yang dapat kita konsumsi untuk meningkatkan imunitas yang sudah Saya rangkum dari beberapa jurnal di bawah ini :

1. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Mulai tukang sayur keliling, tukang buah hingga pasar modern sekalipun menyediakan buah sehat ini. Buah ini mengandung dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit.
Selain mudah didapat, pepaya merupakan buah dengan harga terjangkau yang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan rendah kalori. Mulai dari vitamin C yang terkenal fungsinya untuk sistem kekebalan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.
Selain itu buah berdaging orange ini memiliki kandungan beta karoten yang akan terkonversi menjadi Vitamin A di dalam tubuh. Bahkan di Jurnal peneliti India terakhir yang saya baca, bahwa pepaya selain mengandung senyawa antioksidan berkaitan dengan penurunan kerusakan DNA. Pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

2. Jeruk

Salah satu jeruk yang terkenal dan mudah didapat adalah jeruk medan. Rasanya manis yang pasti disukai anak-anak. Selain jeruk manis, lemon dan jeruk nipis termasuk golongan jeruk yang kaya akan sumber vitamin C.
Tubuh yang terserang penyakit ibarat rumah yang rusak oleh pencuri, vitamin adalah pasukan yang memperbaiki rumah tersebut.

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa vitamin C atau nama lainnya asam askorbat dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, menghambat penuaan dini dan menambah sistem kekebalan tubuh.



manfaat mangga untuk imunitas

3. Jambu biji

Selain sumber vitamin C dan serat, jambu biji ini juga mengandung senyawa fitokimia lain seperti polifenol, asam askorbat, dan karetenoid yang dapat melindungi sel tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji bahkan lebih banyak daripada buah jeruk. 

Jambu biji memiliki vitamin C hampir 4x lebih banyak dari buah jeruk. Dalam setiap 100 gram guava terdapat 228 mg vitamin C. Sedangkan buah jeruk yang hanya mengandung 53 mg vitamin C di setiap 100 gramnya. Sekali lagi bahwa vitamin C sangat penting karena membantu membunuh bakteri dan virus tidak baik yang dapat menyebabkan infeksi.

4. Semangka

Senyawa likopen, senyawa yang memberi warna merah pada daging buah semangka memberikan ragam manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan pernapasan, yang membantu mencegah infeksi.
Selain menyegarkan semangka yang matang juga punya banyak mengandung antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi (peradangan) dan vitamin C.

manfaat semangka adalah

5. Mangga

Buah musiman ini merupakan sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Buah dengan aneka jenis, bentuk, ukuran, warna, dan citarasa ini kaya akan manfaat loh. Mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi dan sebagai anti inflamasi. 
Selain itu kandungan serat, vitamin B, C, E, K serta aneka senyawa flavonoid di dalamnya yang membantu kekebalan tubuh. Selain itu berguna sebagai anti sembelit, membersihkan sistem sirkulasi darah dan mencegah kanker serta gangguan pembuluh darah.

6. Tomat

Tomat itu termasuk buah ya Temans, setiap kita memasak pasti selalu membutuhman buah kecil yang bercita rasa masam ini. Mulai dari sambal, tumis hingga sop. Sama seperti semangka, merah tomat menandakan adanya zat likopen di dalamnya. 

Selain sebagai anti aging, likopen juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker. Tomat kaya akan folat, yang membantu menurunkan risiko infeksi dan peradangan.Tomat menyediakan tiga vitamin antioksidan utama yaitu beta-karoten, vitamin C dan vitamin E yang penting untuk kekebalan tubuh.

7. Salak

Wah kok salak bisa ya meningkatkan imunitas? Penelitian dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengumumkan bahwa buah salak kaya akan kandungan senyawa polifenol dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut dikenal mempunyai efek antikanker dan dapat mengaktifkan respons imun.

Mereka juga menyebutkan bahwa buah salak memiliki potensi sebagai imunomodulator untuk membantu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Semoga penelitian-penelitiannya berujung manis ya, kita tunggu publikasi kabar baiknya.

Penutup

MasyaAllah ternyata banyak juga ya buah-buah tropis yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain mudah didapatkan, harga buah-buahan tropis juga terjangkau. Jadi teman-teman jangan lupa mengkonsumi buah-buahan ya setiap hari untuk membantu suplai kebutuhan vitamin tubuh demi meningkatkan imunitas. Sependapat dari para ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang terbaik adalah dari makanan real food daripada suplemen.


Salam,



Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

63 komentar

  1. sumberdaya alam Indonesia berupa buah memang banyak manfaatnya, cuma konsumsi buah di Indonesia saat belum menjadi gaya hidup masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mari kita mulai Mas gaya hidup lebih sehat hehe

      Hapus
  2. Sejak wabah ini, aku jd LBH seriiing LG makan buah mba. Biasanya sih palingan cuma seminggu2x. Skr jd tiap hari :D. Paling sering semangka, apel, Ama jambu. Kalo bosen, beli buah ditukang rujak deh :D. Intinya, jd LBH sehat sih makanan.

    Walopun rada sedih, kenapa setelah ada korona, makannya jd LBH sehat begini.. kadang2 manusia memang perlu diingetin LBH dulu, baru sadar utk hidup ato melakukan kebiasaan sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, sampai tukang buah di pasar jauh lebih cepet laku bahkan kehabisan kalau belanja sekarang huhu

      Hapus
  3. wah aku makan semua ayng di atas terutama pepaya, itu makan siang aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pepaya kasih perasan lemon dan madu, mantapp

      Hapus
  4. Alhamdulillah, semuanya mudah di dapat.

    Makasih infonya ya mah :D

    BalasHapus
  5. ternyata buah yang selama ini saya makan banyak banget kandungan manfaatnya yaaa wah alhamdulillah makasih mb artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  6. Kami termasuk suka banget buah-buahan ini, apalagi kondisi sekarang makin nyetok buah-buahan ini. Apalagi buah jeruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak, mudah didapat, bermanfaat lagi..tinggal kita konsumsi ya Mbak

      Hapus
  7. Semua buahnya aku sukaaaak. Alhamdulillah ya Indonesia kaya akan buah2an berwarna warni kaya manfaat. Semoga kita Sehat2 selalu semuanya.

    BalasHapus
  8. Saya suka guava si jambu biji yang dalamnya berwarna merah dan semua buah tropis saya suka. Mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Koh enak dimakan juga dijus tp jgn pake gula jg

      Hapus
  9. favoritku pepaya. Selain banyak manfaatnya buat tubuh, budi dayanya lebih gampang.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata buah yang ada disekitar kita kaya manfaat ya .. Harus rajin makan buah nih supaya saya tahan meningkat☺. Oya favorit saya buah mangga kalau lagi musim sehari bisa habis 8 buah☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh doyaaan.. aku jd kangen makan mangga hahah

      Hapus
  11. wah itu kan buah yang gampang banget ditemui, kayaknya di setiap penjual buah adaaa. beberapa juga bukan buah musiman, jadi bisa ditemukan sewaktu-waktu. rugi banget ya kalau kita nggak konsumsi, secara mendapat kan buah-buahan ini mudah banget...

    BalasHapus
  12. Semua buah di atas suka banget. Ternyata manfaatnya banyak ya. Paling tomat, semangka ama pisang yang selalu ada soalnya yang lain musiman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya pantas ka tri nama blognya pohin tomat, tenyata doyan tomat hehe

      Hapus
  13. Makan buah memang bisa menyehatkan tubuh. Rasanya seger kalau habis makan buah. Terasa ada yang kurang kalau gak nge-buah.

    BalasHapus
  14. Keluarga kami penggemar jambu biji. Kebetulan sejak 2014 kami menanam jambu getas merah, yang alhamdulillah selalu berbuah dan hampir setiap hari kami bisa panen 2-3 butir. Jumlah yang pas buat dimakan sekeluarga (4 orang, 2 dewasa 2 anak-anak).

    BalasHapus
  15. Aku suka banget buah, tapi baru tau kalau salak bisa buat imun ya. dan ke 7 buah ini gampang ya dapatnya

    BalasHapus
  16. Wah aku baru tau loh mba kalo salak bisa Bantu naikin imun tubuh. Selama ini jarang konsumsi salak soalnya suka seret gitu kalo dimakan .Hehe. Thanks infonya ya mba .Aku save nih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini penelitian baru Mbak..Sama sama Mbak Bety

      Hapus
  17. Beruntungnya semua buah2an diatas mudah didapat dsn harganya masig terjangkau... ayo konsumsi buah demi menjags kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mas..yu usahain konsumsi setiap hari

      Hapus
  18. Saat baca artikel ini saya jadi ingat perdebatan kecil dengan suami, tomat masuk sayur atau buah. Kata suami masuk buah karena ada bijinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya mbak amel, tergantung definisi biologi apa org awam...kalau biologi tomat adalah buah hehe

      Hapus
  19. yap setuju, buah-buahan emang dapat meningkatkan imunitas sih, vitaminnya banyak dari buah tuh. makanya makan malam gak pernah lewat sama buah tanpa makanan berat hehe, biar tetap terjaga imun tubuh, apalagi di masa sekarang.

    BalasHapus
  20. Horeee Dewi sedia semua buah di atas, alhamdulillah habis baca ini Dewi jadi berasa lengkap deh meningkatkan imunitas keluarga. Dan kini Dewi makin rajin berjemur untuk dapat UV B:)

    BalasHapus
  21. Jambu biji sama mangga ada pohonnya di belakang rumah, tapi mangga belum musimnya panen. Padahal kan enak kalo bisa panen buah di kebun milik sendiri, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget Mbak Riska pny kebun buah sendiri

      Hapus
  22. Itu buahnya aku suka semua, apalagi pepaya tuh, kalau di rumah seminggu itu gak bakal absen dah makan pepaya. Malah kadang tiap hari ayah ngupas pepaya, senang rasanya ternyata buahnya memang bermanfaat

    BalasHapus
  23. wah semua buahnya mudah di dapat dan kesukaan banget ini. jadi sebenernya kalo mau sehat itu nggak mahal kok, di awali dari makan buah yang ada di sekitar rumah aja dulu. ya kan kak.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Mbak, ternyata banyak ya buah tropis yang bermanfaat meningkatkan imunitas. Info yang lengkap ini
    Kalau aku selalu sedia jambu biji karena tukang buah yang lewat selalu bawa itu akhir-akhir ini

    BalasHapus
  26. Semua buah yang dituliskan di atas saya suka, terutama semangka. Panas-panas begini paling nikmat tuh bikin jus semangka, tanpa gulapun tetap manis. Kalau kurang manisnya, tinggal bercermin saja. Nah kan jadi manis, hi-hi-hi

    BalasHapus
  27. Dari 7 buah ini yang paling sering aku makan pepaya, jeruk, tomat, semangka, sama mangga kalo lagi musim. Sayangnya sekarang lagi nggak musim mangga. Dibikin smoothy mangga atau dipotong-potong biasa udah enak banget.

    BalasHapus
  28. Buah-buahan yang mudah di dapat dan harganya juga murah, tapi ternyata memiliki manfaat untuk menjaga imun tubuh ya. Sayangnya malah buah lokal kalah pamor sama buah impor

    BalasHapus
  29. Wah salak itu buah favoritku juga. Baru tahu lho bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selama ini tahunya jeruk, tomat gitu...Makasih infonya

    BalasHapus
  30. Buah emg bner bisa ningkatin imun y mbk. Untungnya aku hobi makan buah2 diatas kecuali tomat. Hihi

    BalasHapus
  31. Cukup kaget pas buah salak disebut. Taunya salak selama ini hanya sebagai pelancar pencernaan mah..makasih pencerahannya ya

    BalasHapus
  32. Wah, ternyata salak bisa nambah imunitas tubuh ya, baru tahu aku

    BalasHapus
  33. Kebetulan sekali saya suka semua buah di atas. Cukup mudah pula mencarinya dan harganya masih terjangkau.

    BalasHapus
  34. PR saya adalah bagaimana membuat anak suka 7 buah di atas dan bisa menyajikannya bergantian di atas meja

    BalasHapus
  35. BUah itu penting untuk keseimbangan gizi setiap hari. Harusnya dikonsumsi setiap hari, tapi semenjak ada korona baru deh makan buah. Ini nih yang salah, hehe

    BalasHapus
  36. MasyaAlloh jadi ini buah-buah yang bisa meningkatkan imunitas kita ya mb ina?semuanya mudah banget didapat dan harganya pun nyaman di kantong. Makin cinta juga sama buah dari negeri sendiri. Banyak banget manfaatnya ya mb ina. Jadi makin rajin ah nanti beli buah-buah ini.

    BalasHapus
  37. betul kak, salah emang mengandung flavanoid otomatis anti oksidan buat menangis virus, sayangnya juga memiliki tanin sehingga gak bisa buat aku yang maag hikss

    BalasHapus
  38. wah saya baru tahu ternyata tomat termasuk jenis buah. Saya kira termasuk dalam sayuran. Terimakasi tulisannya kak jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  39. Dari semua buah di atas, yg ngga suka cuman Pepaya aja. Huhu. Rasanya kayak mau muntah gitu kalau makan Pepaya 😭😭

    BalasHapus
  40. Wow salak juga yahhh, semua mudah dan murah ya kak.. Salam kenal

    BalasHapus
  41. Buaaah.. paporit semua ini mah.. Pokonya harus selalu sedia buah-buahan di kulkas, hihi..

    BalasHapus