-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Tempat Makan Sate Kambing Enak di Depok

Siapa yang tidak suka dengan daging kambing?
Banyak loh yang suka sama daging kambing karena mudah didapatkan, mudah cara pengolahannya, banyak variasi masakan yang dapat dibuat, dan lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi atau daging merah yang lain.
Karakteristik daging kambing yaitu warna daging kambing lebih gelap dibanding warna daging sapi
(light red to brick red), serat yang halus dan lembut, mempunyai bau yang lebih keras jika dibandingkan daging sapi, lemak daging kambing keras dan kenyal serta berwarna putih kekuningan
(Winarno, 1993). 






Manfaat daging kambing

Daging kambing adalah makanan yang disukai Rasulullah SAW menurut beberapa hadist yang shahih. Pada 100 gram daging kambing mengandung sekitar 154 kalori dengan 9,2 gram lemak (Soputan, 2004). Dibandingkan dengan daging sapi, memiliki 207 kalori dengan 15,2 gram lemak.
Jika dilihat angkanya, kandungan lemak pada daging kambing cenderung lebih rendah daripada daging sapi. Namun perlu diingat ya kandungan di atas adalah daging merah ya tidak termasuk jeroan seperti usus, babat, atau otak.
Beberapa sumber ilmiah tidak menyebutkan angka yang sama untuk kandungan kalori, gram dan protein masing-masing daging. salah satu alasannya tentu dengan jenis kambing itu sendiri. Daging kambing tergolong ke dalam daging merah, memiliki kadar lemak total dan kalori yang rendah (USDA 2001), sehingga ia dianggap sebagai daging sehat (Anaeto et al. 2010).
Dan ternyata di rumah sakit Staten Island Medical Center (US), daging kambing telah digunakan sebagai makanan terapi pada pasien hiperlipemik (Tinggi kolestrol).
Nah teman-teman tau ga, ternyata daging kambing juga lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan daging sapi. Daging kambing juga memiliki kandungan folat yang lebih tinggi daripada daging sapi. Selain itu protein di dalam daging kambing lebih berkualitas sehingga tidak mudah lenyap saat dimasak. Berbeda dengan daging sapi yang kandungan proteinnya bisa hilang ketika kamu tidak memasaknya dengan cara yang tepat.

  
Mengenal Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

1. Menjaga otot.
Di dalam daging kambing terkandung protein yang sangat penting terhadapa pembentukan dan pertumbuhan otot.

2. Sumber Energi
Daging kambing tentu menjadi sumber energi karena mengandung kalori yang cukup untuk tubuh manusia.

3. Mencegah anemia
Anemia adalah  kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Dengan mengkonsumsi zat besi, tubuh dapat menghasilkan komponen sel darah merah yakni hemoglobin.

4. Kesehatan tulang 
kandungan phosphorus yang besar, 272 mg atau 27 persen dari kebutuhan harian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.


Kuliner Khas Nusantara
   
Sate Indonesia dinobatkan sebagai makanan terlezat ke-14 dari World's 50 most delicious foods pada survey CNN reader. Teman-teman tentu tahu sebagai kuliner khas Nusantara, Sate memiliki banyak jenisnya. Setiap sate di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing, mulai dari bahan utama hingga bumbunya. Selain pengolahan sate juga dengan berbagai macam cara.
  
Ada Sate Madura yang terbuat dari daging ayam atau kambing, disajikan dengan bumbu kecap. Kemudian Sate Padang, biasanya daging yang digunakan adalah lidah sapi disajikan dengan kuah kuning dengan rasa kari. Sate Khas Ponorogo memiliki ciri khas potongan daging ayamnya memanjang, disajikan dengan bumbu kacang. Terakhir Sate Lilit, sate khas Bali, bahan dasarnya daging sapi atau ayam yang dicincang halus lalu dicampur dengan kelapa parut, dililitkan di tusukan batang serai lalu dibakar di atas arang. Yang mana favorit Kalian?


Sate Kambing Enak di Depok

Kala itu Saya dan Anak-anak hendak menemani Suami untuk meeting bersama kawannya di daerah Depok. Namun karena jam yang dijanjikan terlalu Malam untuk seorang bayi, maka Kami putuskan untuk sekalian ber- staycation di Apartemen Margonda.

Begitu menjelang malam, kami putuskan untuk bersantap makan malam dahulu dengan menu sate kambing. Ketika mencari di Google di mana restoran sate terdekat, ternyata tidak jauh dari pintu masuk apartemen ini terdapat Warung Sate. Warung Sate tersebut bernama Sate Kambing R. Kumis. Letaknya tidak jauh dari ITC Depok dan Margonda Residence itu sendiri.

Warung Sate R.Kumis

Menu yang ditawar sebenarnya sama seperti warung atau kedai sate pada umumnya. Ada Sate Kambing, Sop Kambing, Tongseng Kambing. Selain varian Kambing, buah kalian yang membawa anak kecil seperti saya dan masih sulit mengunyah daging kambing jangan khawatir. Di sini terdapat beberapa varian menu ayam. Selain tongseng Ayam ada Sate dan Sop ayam juga,
Harganya terbilang standar untuk 1 porsi sate kambing dibandrol Rp 40.000 sementara tongseng kambingnya Rp 30.000.

Berikut daftar menu dan harganya



Rasa dari menu yang kami pesan menurut saya enak, dagingnya empuk, mateng perfect, bumbunya berasa. Untuk tongseng saya rasa kurang manis, lebih ke arah gulai.



Untuk pelayanan terbilang cepat dan ramah seukuran rumah tukang sate karena di sini ada 3 karyawan dan semua mas masnya gercep (gerak cepat). 
Add caption

Untuk tempat sayang menurut saya kurang luas ya hanya ada 3 meja yang tersedia, Setelah adzan isya tempat sate ini sudah penuh dengan orang-orang. Memang tempat makan sate ini diciptakan bukan untuk sebagai tempat ngobrol tapi makan langsung pulang. Dan tentu namanya tukang sate banyak asepnya lah ya hahah. Jadi saran kalau mau makan di sini sebelum mandi aja atau dibawa bungkus ke rumah hehe.



Alamatnya lengkapnya di 

Jl. Margonda Raya No.458, RT.04/RW.3, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Jadi buat kalian yang lagi di sekitaran Depok dan bingung cari makanan apa, bisa dicoba tempat makan sate kambing enak di Depok ini salah satunya Sate Kambing R. Kumis. 


Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

36 komentar

  1. sate kambing is one of my favorite food. traditional taste with good food nutrition

    BalasHapus
  2. Wah ternyata di margonda ada warung sate endes ya. Sip sip. Bisa dicoba.

    BalasHapus
  3. kalau aku sukanya sate kambing muda

    BalasHapus
  4. Sebagai orang Depok, saya malu belum nyobain ini hahahaha.. Kalau udah gak di rumah aja cuss mau coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak loh Mbak Marlia, ga bau kambing hihi. cus coba

      Hapus
  5. Meski saya gak suka daging kambing (karena gak suka sama baunya) , tapi pernah beberapa kali nyobain sate kambing, tapi milih yang agak gosong, biar baunya ilang. Lebih milih sate ayam sih hihihi... Saya di depok juga, tapi bukan daerah Margonda. R. Kumis hahahaha lucu namanya

    BalasHapus
  6. Informasi bagus kak, jika berkunjung ke daerah sana. Walaupun hanya saya yang doyan sate kambing.

    BalasHapus
  7. Kalau saya gak doyan daging kambing..doyannya cuma kikilnya tok

    BalasHapus
  8. Wah, jadi lapeerrr... Kalo daerah
    Margonda banyak dan rame
    banget kulinernya...karena kawasan kampus juga

    BalasHapus
  9. Duuuh aku ngiler nih
    Sate kambing itu makanan favorit keluarga kami
    Semuanya suka. Apalagi kalau dagingnya empuk
    Pakai bumbu kecap pastinya lebih sedap

    BalasHapus
  10. Wah jadi ngiler mana lagi wfh bisa good food ga ya? Emang bener khasiat daging kambing itu untuk menyembuhkan darah rendah kyk sy ini hehehe

    BalasHapus
  11. Jaman pacaran dulu saya suka banget keliling dimana tempat sate kambing yang enak-enak. Saya suka banget yang kuahnya terkenal dengan minyak saminnya sedap banget. Duh jadi penasaran sama sate kambing di Depok ini, kapan-kapan harus coba nih kayaknya.

    BalasHapus
  12. Kalo di kota enak ya? Semuanya ada ... di sini, jarang banget ada yang jual sate kambing. Sate ayam semua, wkwkwk... pernah sampe keluar kota cuma nyarikan sate kambing buat bos doang, wkwkwk

    BalasHapus
  13. Wah...Dulu saya tinggal di Sawangan Depok tepatnya diperumahan Komplek BDN yang sekarang berganti nama menjadi Komplek Mandiri. Didepan komplek tersebut banyak yang jualan makanan termasuk sate ayam, kambing, hati ampela dan brutu. Jualan hanya dengan gerobak tapi pembelinya ngantri panjanggggg banget.

    Jadi kangen pengen balik lagi ke depok kota yang penuh dengan banyak kenangan.

    BalasHapus
  14. aku suka sate kambing sebenarnya mbak. tapi berhubung suamiku gak suka lantaran kambing bau, padahal satenya pasti gak bau lagi kan. aku jadi rada parno buat makannya. btw tetep suka.

    BalasHapus
  15. Saya paling suka makan rendang daging kambing. Apalagi kalau lagi darah rendah, pasti makan itu buat menormalkan tekanan darah

    BalasHapus
  16. Wah, gede2 ya daging satenyaa
    Aceh punya sate juga loh, namanya Sate Matang, blm sempat aku post hehe
    Btw edit gambarnya pake aplikasi apa? Keren euy

    BalasHapus
  17. Aku baru suka sate kambing itu 2016 mba, pas hamil anak pertama. Sebelum itu aku sama sekali gak suka kambing. Begitu hamil, tiba-tiba ngidam sate, tapi maunya sate kambing. Aneh bin ajaib begitu disiapin suami lahappppp makanku. Sejak itu aku tahu kalo kambing itu sebetulnya enak. Kekeke

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Wahhh enaknya sate kambing jadi pengen, pernah ke daerah beji depok tapi ga pernah mampir ke sini, nanti pas pandeminya pergi aku mau coba mampir ke tempat sate kambing ini ahhh.

    BalasHapus
  20. Awalnya saya tidak suka dengan sate kambing soalnya baunya itu.😁😁. Tapi pas suami maksa ngajak makan sate kambing. Ternyata rasanya enak dan tidak bau, jadi ketagihan deh☺

    BalasHapus
  21. wah kalo ke depok boleh banget nih mampir. enak pisan sate kambing tuh. favorit haha, apalagi kalo ada sopnya juga. beuh seger. duh meni laper liatnya wkwkwk

    BalasHapus
  22. Sate kambijg R Kumis... namanya mudah diingat... jadi tambah dech referensi warung makan daging kambing sekitaran Jabodetabek...TFS kak ... taunya yang main stream itu di depok... PSK...

    BalasHapus
  23. Pantesan 40 ribu sate kambingnya dagingnya gede-gede, mantulll. Kalau di dekat rumahku ada sate Madura di pinggir jalan jualannya, seporsi 30 ribu. Karena terbatas makan di tempat biasa dibungkus dibawa pulang. Tapi ukuran daging lebih kecil sih dari ini. Kalau sate kambing memang pas nih sama tongseng, enak..Bisa kalau kapan-kapan ke Depok disamperin sate P Kumis ini

    BalasHapus
  24. Saya pribadi kurang suka daging kambing karena aromanya Mbak, tapi itu sebenarnya tergantung cara mengolahnya kan ya. Harusnya daging kambing lebih banyak digunakan daripada daging sapi karena daging kambing itu sunnah untuk memakannya.

    BalasHapus
  25. Ya Allah, mbak :(

    Masa tidak keluar rumah, tetapi kemudian membaca tentang sate kambing nan lezat ini ... aku mupeenggg :(

    Dari aneka olahan daging kambing, diolah sate bumbu kecap klasik ini adalah yang paling nyusss.

    BalasHapus
  26. Baru tau klo daging kambing lebih mudah dicerna. Ah jadi pengen nyate. Belum berani keluar tapinya

    BalasHapus
  27. Sate kambing suka banget. Tp sejak corona blm brani kluar. Oya bagus buat tulang y? Baru tahu, hihi

    BalasHapus
  28. wah kambing itu salah satu daging favorit aku kalo buat sate sama tongseng, kalo lagi qurban itu sengaja pengen olah daging kambing terus hihi. Kalo k Depok mampir nih

    BalasHapus
  29. asep dari sate kambing itu justru yang menggoda Kak. Saya itu pecinta banget sate kambing, boleh deh kapan-kapan kalau ke Depok bisa cobain juga sate kambingnya look's nya menggoda banget. Auto pengen bungkus aja nih langsung buat dinikmatin bareng keluarga

    BalasHapus
  30. ini menu favourite keluarga sayaterutama anak-anak dan suami. kami sering beli dan bawa pulang sate kambing langganan, juga sate buntel. yang asik itu kalau tomat bawangnya nggak habis digoreng pakai telur, enakkk

    BalasHapus
  31. Foto satenya, menggiurkan banget mbak. Mantep plus ginuk2 gitu, ya. Hihi jadi pingin nyomot satu nih

    BalasHapus
  32. Oh jadi sate kambing rekomen di Margonda yaa punya pak kumis ini yaaa. Kalo di Bojongsari ada juga tuh... Enak juga sate kambing dan tongsengnya .

    BalasHapus