-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

5 Akun Instagram Belajar Parenting


Halo Sahabat Mamah, di tengah wabah COVID-19 ini tentu membuat kita untuk beraktivitas sebisa mungkin di rumah aja ya. Sahabat bisa melihat halaman ini  ide kegiatan seru di rumah agar sebisa mungkin anak betah berkegiatan di dalam rumah.
Kita dituntut serba cepat untuk beradaptasi dengan pola kegiatan sehari-hari. Apalagi kita sebagai orang tua, jangan hanya menuntut anak tetapi harus memberi contoh dan panutan. Menjadi orang tua adalah pekerjaan seumur hidup. Maka tak salah bahasa inggris dari pendidikan anak bukan childing tapi parenting karena sesungguhnya yang banyak belajar adalah kita sebagai parents atau orang tua.

Di tengah masa karantina ini jangan sampai kita berhenti belajar. Ingat sebelum amal kita harus berilmu. Selain membaca buku dan ikut seminar online, ada cara mudah sambil bersosial media untuk belajar parenting. Beberapa akun yang instagram yang Mamah rekomendasikan untuk kamu semua orang tua yang never stop learning. Apa aja akunnya? Berikut ulasannya : 

Akun Instagram belajar parenting

1. Rainbowcastle

Pertama mengetahui akun ini dari instagram jual buku @rabbitholeid. Penulis buku tersebut salah satu psikolog yang terlibat di klinik tumbuh kembang berbasis bermain. Rainbowcastleid menjadi akun instagram yang saya rekomendasikan ke teman-teman saya ketika menanyakan tentang tantrum anak. Dengan hashtag #seritantrum klinik tersebut banyak membagikan seputar ilmu dan pondasi parenting. Tak melulu tips dan trik yang terkadang tak begitu cocok dengan semua orang. 
Klinik ini menjadi klinik tumbuh-kembang berbasis bermain pertama di Indonesia untuk optimalkan aspek belajar, emosi, makan dan perilaku anak dari usia 0 sampai 16 tahun.  selain itu akun ini juga menyediakan konsultasi bagi para orangtua lewat online atau datang langsung ke kliniknya di Jakarta. Sebagai orangtua harus mau belajar agar dapat mengasuh anak dengan baik. Pola asuh yang baik akan menghasilkan anak yang bahagia dan berkarakter baik. 


2. Fitrah based education

Pertemuan saya dan suami dengan ustad harry hasan santosa sebagai penulis dari buku fitrah based education di tahun 2017 membuat sebuah perubahan besar. Setelah mengikuti seminarnya di kala itu, setahun berikutnya saya coba memahami lebih dalam di workshop dan buku setebal 443 halaman yang colour full dijamin ga akan bosan membaca tapi butuh waktu panjang untuk menelaah. 

Kebanyakan orangtua lalai pesimis atau lebai obsesi.Itulah kutipan yang paking saya ingat dari ucapan beliau. Sebagai org tua kita diingatkan untuk tetap mendampingi ananda untuk relaks optimis tanpa terburu atau lalai.

Buat kalian yang pengen tahu apa itu FBE Sangat tepat sebagai panduan untuk memahami hakikat pendidikan sejati menjadi bekal untuk mengenal dan mendidik anak, menggali potensi diri, potensi anak dan keluarga juga sebagai gambaran dalam menyusun misi keluarga.


3. Rumah Keluarga Risman

Psikolog Bu Elly Risman, siapa yang tidak kenal beliau? Hampir seluruh akun instagram "parenting" pasti mengutip perkataan beliau.
Beliau dan Yayasan Kita dan Buah Hati sudah melanglang buana di belantera negeri Indonesia menyebarkan kebaikan.Lembaga yang concern pada isu parenting, perlindungan anak, bahaya pornografi dan Ketahanan hampir 25 tahun ini harus "menghilang".

Meskipun di awal tahun kemarin kita harus "kehilangan" YKBH tapi alhamdulillah aprik 2019 Bu Elly dan jajarannya hadir dengan besutan baru di "Rumah Keluarga Risman"

Rumah Keluarga Risman adalah platform social media Elly Risman dan Keluarga dimana kita bersama bisa berbagi ilmu, cerita dan pengalaman menjadi orang tua.

Jadi kita masih bisa merasakan ilmu-ilmu parenting langsung Bu Elly Risman, Gaes.


4. Anak juga manusia


Sejak tahun 2012 Akun anak juga manusia ini dibuat oleh Angga Setyawan. Beliau adalah seorang praktisi parenting dan wirausahawan yang menggagas gerakan Orangtua Berilmu, Anak Indonesia Bermutu. Di akun ini sering membagikan informasi bagi orangtua untuk merenungkan sikapnya yang menjadi dasar munculnya perilaku anak. Yang membuat menarik akun ini adalah seringnya sudut pandang anak yang dibahas sedetail mungkin.

5. Cerita Mamah

Nah kalau akun instagram ini punya Mamah Ina dong, selain akun pribadi  di akun ini kadang info update blog dan juga suka sharing mengenai info parenting dari sumber-sumber yang insyaAllah kredibel.







Mengasuh anak zaman now (1) . Ustad Ajo Bendri . . Karena dulu, kalo anak menangis, ortu nyanyi, menghibur, memeluk, bawa jalan. Karakter yg terbangun : setiap aku sedih, ada ayah dan bunda yg akan menenangkan. . . Namun sekarang, jika anak menangis, dihibur dg upin ipin, baby shark dududu. Apa jadinya? Karakter yang dibangun adalah jika anak sedih, dia akan cari gadget utk mengusir kesedihan. Simpul2 ikatan hati beralih, sehingga anak2 lebih mendengar orang lain atau gadget dibandingkan kedua orangtuanya. . . Kadang kita merasa sudah menjadi ortu jika sudah memberi nasehat Padahal pengasuhan tdk sekedar memberi nasehat. . . Dalam Surat An Nahl 78 Mengenai konsep pengasuhan (proses belajar manusia) :dimulai dari mendengar - melihat - hati nurani Allah SWT berfirman: وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْــئًا ۙ وَّ جَعَلَ لَـكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصٰرَ وَالْاَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur." (QS. An-Nahl 16: Ayat 78) Setiap anak yg waktu kecil jarang mendengar suara orang tuanya, jarang melihat wajah orang tuanya, tidak akan dapat *mengikat hati* anaknya kelak. . . #parenting #islamparenting #positiveparenting #sharingkajian #ustadbendri #ParentingEraDigital #YayasanKitadanBuahHati #EllyRismanParentingInstitute #EllyRisman #EllyRismanParenting #IslamicParenting #BrainBasedParenting
A post shared by cerita mamah (@cerita_mamah) on

so gimana Gaes, semoga menambah khazanah juga informasi meskipun kita di rumah aja kan? selamat menyelami ilmu dan mempraktekkan kebaikan dari akun-akun di atas ya. 

Salam,

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

28 komentar

  1. sangat di rekomendasikan banget beberapa instagram tentang belajar parenting karena sangat butuh banget jika ada pasangan muda ingin memeiliki anak

    BalasHapus
  2. Menarik! Belajar jadi orang tua memang tiada akhirnya. Langsung buka ig ni.

    BalasHapus
  3. Waaah semuanya aku belum follow. Selama ini masih follow dan mengikuti rabbithole.id. Akun2 di atas bakal jadi rujukan berikutnya. Terimakasih kak

    BalasHapus
  4. Mengasuh anak memang butuh pengetahuan yang cukup luas. Sebab setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Dan orang tua harus bisa memahami karakter dari masing-masing anaknya.

    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali. Bisa jadi tambahan ilmu dalam mengasuh buah hati.

    BalasHapus
  5. Content instagram seperti ini yg harus dibanyakin. Agar para orang tua semakin terampil mengasuh anak dengan benar.

    BalasHapus
  6. Konten- konten yang seperti harusnya yang slalu trending dan bisa dijadikan rujukan dalam bkluarga

    BalasHapus
  7. Terimakasih loh rekomendasinya. Penting banget buat orang tua jaman sekarang. Btw mbak, syaa baru ngeh, itu kenapa YKBH udah nggak ada lagi ya? Siapa yang 'menghilangkannya'?

    BalasHapus
  8. Meski belum mempunyai buah hati yang lucu-lucu, kayaknya boleh juga nih belajar ilmu parenting

    BalasHapus
  9. Terimakasih rekomendasi akun parentingnya. Saya udah follow dan tau beberapa. Isinya bagus dan dan edukatif.

    BalasHapus
  10. Yang paling sering aku kepoin yg bunda elly risman mb ina, nampar bolak balik banget aku dan suami sebagai orangtua yang jauh dari sempurna hiks. Boleh banget ini dicatat buat referensi dalam mendidik anak-anak. Makasih mb ina

    BalasHapus
  11. mengasuh anak itu gampang2 susah. Jadi harus terus belajar ya ka. Terima kasih untuk rekomendasi akun IG nya :)

    BalasHapus
  12. Ah.. Aku gak punya IG Mah..

    Tp rekomendasi baik nih buat kakak d rumah.

    Makasi mamah infonya.

    BalasHapus
  13. Menarik mbak ini informasinya. nanti saya infokan ke teman2 yang baru jadi ibu muda

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah udah follow semua kecualo yang no.5
    Semua keren-keren, dan banyak ilmu banget. Cusss follow mamah inaa

    BalasHapus
  15. Bu Elly Risman memang sudah sangat terkenal ya Mbak, semoga Mamah Ina bisa mengikuti kiprah Bu Elly dalam memberikan edukasi tentang parenting.

    BalasHapus
  16. Wah bisa dikepoin nih kelima akun Instagram Parenting di atas. Bisa buat belajar untuk pola pengasuhan yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  17. keterangannya lengkap banget bagus terima kasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  18. Sambil baca sambil meluncur ke 5 akun instagram parenting, karena jujur gak pernah sama sekali ke akun parenting, setelah baca semakin kepo dan kepo membawa ilmu-ilmu parenting yang harusnya diketahui oleh para orang tua juga para yang akan mau menikah.

    BalasHapus
  19. Aku suka IG, bahkan cari info pun kadang di IG via tagar, hampir semua ada dan langsung bisa di liat hehe, tq nih bisa saya follow hehe

    BalasHapus
  20. Sudah lama saya cari akunnya Ibu Elly Risman, saya kehilangan jejak sejak akun yang dulu "dilenyapkan" Untungnya baca postingan ini, langsung deh follow akun beliau. Makasih ya mbak
    Oh yah, saya juga follow akunnya cerita mamah, difollback ya mbak.

    BalasHapus
  21. Duh, kemana saja saya? Belum satu pun dari akun IG di atas yang saya follow. Biasanya saya langsung follow akun personal pakar-pakar parenting Indonesia. Ternyata banyak quote bagus di lima akun di atas ya.

    BalasHapus
  22. Memang media sosial adalah tempat memberikan hal yang positif seperti ke 5 akun instagram yang mengajarkan mengenai parenting, jadi memberi asupan pengetahuan juga buat para keluarga.

    BalasHapus
  23. Belajar memang bisa dari mana saja ya, termasuk dari akun IG, karena banyak pula yang menyebarkan ilmu pengetahuan di sana

    BalasHapus
  24. Wah aku parentingnya sip. Aku belum menyelami IG dengan mendalam, karena sibuk sana sini (ini alesan aja sih)

    Done follow yg akun IGnya mamah.. folbek dunk *eh

    BalasHapus
  25. Sebagai orang tua dari satu perempuan yang masih terus belajar, akun-akun semacam ini sangat dibutuhkan. Nasehat-nasehatnya kadang bikin gumaman sendiri, "Ohhh... ternyata begini".

    BalasHapus
  26. Saya ngikutin Parenting Keluarga Risman di grup faceboook. Tapi sdh lama nggak ditengok. Apakah Facebooknya sdh dibanned gitu kah, kak? Dan sekarang hadir di IG dengan besutan baru di "Rumah Keluarga Risman", yak?
    Ok, tak coba intip akunnya.
    Mksh infonya, kak. 🙏😊

    BalasHapus
  27. Walaupun belum punya anak tapi saya juga mulai membaca-baca artikel parenting...
    Saya baru tahu nih kalau ada instagram dengan artikel berkualitas tentang parenting. Biasanya sih saya baca dari artikel atau blog... Terima kasih referensinya... :)

    BalasHapus
  28. Aku seneng juga belajar di IG IG itu. Btw Mak, aku juga pengen ikutan pelatihannya Ustad Harry Santosa. Fitrah Based Edu. Mendengar itu uda lama aku penasaran banget. Tapi belum sempat ikutan...

    BalasHapus