-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

4 Cara Mudah Membantu Sesama Saat Wabah Covid-19


Halo, Sahabat Mamah apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat lahir dan batin ya.
“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat…”
Penggalan Hadist shohih di atas mengingatkan kita akan Gaes?
Yap, betul. Untuk saling tolong-menolong.

Sebagai makhluk sosial, kita juga tidak terlepas dari bantuan orang lain. Allah memberi kita kekuatan pun harus digunakan dengan tepat guna, salah satu dengan membantu sesama. Jika kita ingin membantu bisa dengan ilmu, harta, tenaga atau nasehat serta  saran yang baik.
Apalagi seperti hadist bukhori di aras bahwa setiap muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Rasulullah sendiri yang menganjurkan untuk membantu sesama.

Teman-teman masih ingat cerita mengenai Rasulullah pernah bertanya pada sahabatnya tentang amalan yang sudah dilakukan pada hari itu. Lalu jawaban Abu Bakar RA sangat luar biasa, MasyaAllah.
"Siapa di antara kamu yang berpuasa hari ini?"
Abu Bakar menjawab, "Aku."
Rasulullah bertanya lagi, "Siapa di antara kalian yang telah mengikuti pemakaman hari ini?"
Abu Bakar berkata, "Aku."Rasulullah berkata lagi, "Siapa di antara kalian yang memberi makan orang miskin hari ini?"
Abu Bakar berkata lagi, "Aku."
Rasulullah bertanya lagi, "Siapakah di antara kalian yang menjenguk orang sakit hari ini?"
Abu Bakar menjawab, "Aku."
Rasulullah kemudian berkata, "Jika terkumpul seluruh amalan pada seseorang (seperti ini), niscaya ia akan masuk surga." (HR Muslim).
Dari hadist muslim di atas kita dapat menyimpulkan bahwa siapa yang bisa membantu sesama dalam beragam hal, seperti membantu pemakaman, memberi makan orang miskin dan menjenguk orang sakit maka derajatnya akan lebih tinggi di sisi Allah dan Rasul-Nya.

Di masa pandemi wabah virus Covid-19 ini menjadi tantangan bagi semua pihak tentunya. Terlebih dari mereka yang harus mencari nafkah di luar. Mereka seperti pengemudi angkutan umum, ojek, para penjual kaki lima bahkan para pengajar privat juga terbatas ruang geraknya karena wabah ini.

Baca juga : Surat dari Covid-19

4 Cara Mudah Membantu Sesama Saat Pandemi

InsyaAllah sebagai saudara yang lebih beruntung tentu ini menjadi pintu untuk peduli, berbagi membantu sesama. Inilah kesempatan kita untuk mengambil peran untuk meraih ridho Allah. Berikut sedikit tips yang bisa dicoba untuk membantu sesama di tengah wabah pandemi Covid-19 ini :

1. Pesan Makanan lewat Ojek online untuk driver

Awal saya lihat pertama kali di beberapa postingan sosial media yang viral. Idenya sederhana kita mencoba order makanan, tetapi saat sudah dipesankan kita beritahu driver ojek onlinenya untuk tidak mengantarkan ke rumah melainkan untuk mereka makan sendiri. Sedikit tips, coba pesan sebelum makan siang ya, supaya di makan dan tidak mubazir. Atau bisa juga pesan saat mendekati malam untuk mereka santap bersama keluarga.

2. Pesan Ojek Online tapi kita #diamdirumahaja

Nah ini alternative lainnya yang dicoba suami, Nanti bisa kasih tambahan tip di akhir perjalanan.

3. Berbagi sembako untuk abang kaki 5

Di dekat tempat tinggal saya ada sekolah dasar, yang biasanya ramai dengan para penjual makanan jajanan anak SD. Sebutlah seperti tukang cilok, cilor, telor gulung, martabak, es potong, takoyaki, dan jajanan ber-msg nan lezat berisi ini. Apa yang terjadi di wabah seperti ini? Mereka tidak bisa berjualan, ya mereka bisa aja berjualan, tetapi siapa yang beli? 0 besar, sedih ya. Sahabat bisa beli beras, minyak goreng kemasan, sarden/telor/mie instan dan membungkusnya dengan plastic sekali pakai. Jadi ketika ada abang-abang lewat, sahabat bisa langsung berbagi dengan mereka.

4. Berbagi Makan siang untuk mereka

Salah satu teman saya di komunitas Forum Indonesia Muda (FIM) memulai gerakan ini, prinsipnya sederhana sekali. Beliau membagikan nasi berkah kepada pengemudi ojek baik online maupun offline untuk makan siang di sekitarnya. Beliau pun mengajak teman-temannya untuk bergabung dalam langkah kebaikan ini.

Nah itu dia sedikit ide untuk alternative sedekah teman-teman semua untuk meringankan beban mereka. Bagaimana dengan kalian? Sama atau ada yang lain? Adakah cerita yang dibagikan? Yuk cerita di kolom komentar.

Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

30 komentar

  1. Betul mah, kalau merasa saat pandemi ini susah, coba sedekah, insyaAlloh berkah dan gak jadi susah. Semangaaaat

    BalasHapus
  2. Bagus juga idenya. Tp skrg banyak fokus ke Ojol, padahal banyak juga loh yg lainnya, misal petugas kebersihan, pedagang kaki5 (ada ya tadi) hehe
    Di mulai dr keluarga, tetangga, sahabat n br deh org laim hehe

    BalasHapus
  3. MasyaAllah luar biasa memang mba yang satu ini, semangat berbagi dan melayaninya juarak. Hehehe. Semangat untuk menebar kebaikan ya, mba ☺

    BalasHapus
  4. Sedekah memang bisa dilakuin kapan aja dan di mana aja. Apalagi saat dalam keadaan sulit, malah jadi nilai tambah di mata Allah. Yang penting ikhlas dalam berbagi kebaikan....

    BalasHapus
  5. Saat kondisi sulit seperti ini sudah selayaknya kita saling membantu walaupun kita tidak berlimpah harta tapi setidaknya kita usahakan untuk tetap bersedekah.

    BalasHapus
  6. Ya Rabb indah banget quotenya Ust. Nouman Ali Khan yaa... jd kl kita berada di posisi muzaki misalnya, itu pesan dari Allah kl ada doa seseorang sedang dijawab melalui tangan kita yaa... masyaAllah

    BalasHapus
  7. Bener banget. Sedekah menolak bala. Siapa tahu dengan berlomba lomba bersedekah, Allah segera angkat pandemi ini jadi cepat berakhir.

    BalasHapus
  8. Mungkin ada baiknya sekarang kita memang harus lebih berbagi ya mba. Misalnya habis membeli sesuatu, nggk ada salahnya kita memberikan sedikit tip kepada mereka yang terdampak, barangkali sangat berguna

    BalasHapus
  9. Nah bener kak berbagi dengan sesama saat situasi dan kondisi seperti ini pasti bermakna banget ya buat yg membutuhkan siapapun itu apalagi memasuki ramadhan pas banget momentnya. terimaksih tulisannya mencerahkan

    BalasHapus
  10. Memulai sedekah dari lingkaran keluarga, sahabat, tetangga bar u ke orang lain.

    Kegiatan berbaginya sangat menginspirasi sekali kak, terimakasih sharringnya

    BalasHapus
  11. Wuih, Si Mamah tampilan blognya baru dan super keceeeee. Hehehe. Hal sederhana bagi kita kadang istimewa bagi orang lain. Memang benar keempat poin yang dipaparkan di atas. Kita bisa membantu sesama dengan berbagai cara, langsung atau pun tak langsung.

    BalasHapus
  12. Banyak cara untuk bisa berbagi tinggal niatnya saja... apalagi ditengah pandemi ini. . Semakin banyak orang yang susah... jangankan mikir makan buat besok..makan hari ini ini aja sulitnya setengah mati ...

    BalasHapus
  13. Betul banget ini k, wabah ini semoga makin meninggikan semangat membantu sesama ya k. Kita doakan juga semoga wabah segera berlalu aamiin

    BalasHapus
  14. Masha Allah. Ternyata sedekah juga bisa dilakukan via online ya mbak. Semoga kita selalu sehat supaya dapat lebih produktif dan dapat bersedekah lebih banyak.

    BalasHapus
  15. Sepakat, Mbak. Cuma, ada yang pas pesan makanan lewat ojek online, bayarnya dilempar, Duh, kasihan. Hehe...kayak yang lagi viral itu.

    BalasHapus
  16. ya, semoga kita dapat membantu orang lain (berinfaq), baik dalam keadaan sempit atau lapang, dalam keadaan susah ataupun senang. dalam segala kondisi apapun kita masih peduli dan berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  17. Salah satu cara sedekah paling praktis. Tapi entah kenapa saat ini kayaknya yang paling diutamakan adalah para abang-abang ojek online, padahal banyak masyarakat dengan ekonomi bawah lainnya yang juga sangat membutuhkan. Apa saya kurang update berita ya? Tapi semoga bantuan2 sampai juga kepada mereka.

    BalasHapus
  18. Saya jadi ingat tante saya yang kemarin ini membelikan sembako untuk dua orang tetangganya yang membutuhkan. Memang sebaiknya kita membantu sesama, dan itu mesti dimulai dari yang terdekat.

    BalasHapus
  19. Wah terima kasih inspirasinya. Semua dalam kesulitan sebenarnya, baik yang dulunya miskin atau kaya. Semoga tetap bersabar.

    BalasHapus
  20. Meskipun kita sekarang tidak bisa menjenguk orang sakit, dan meramaikan pemakaman karena covid, ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan ya.

    BalasHapus
  21. Subhanallah, semoga kita semua diangkat derajatnya oleh Allah.

    Membantu sesama dalam dalam hal kebaikan tanpa mengharap imbalan merupakan salah satu perbuatan yang sangat terpuji.

    BalasHapus
  22. saya sering orden gofood atau grabfood, dan saya pakai cara kaka juga,, saya seneng liat berbagi makanan sama driver, rasanya melihat mereka senyum tuh happy, apalagi dimasa masa begini

    BalasHapus
  23. Kalau saya kerjasama dg driver ojol untuk antar sayur organik ke pelanggan. Ojol sepi katanya..kasihan mereka

    BalasHapus
  24. Sebenernya banyak cara berbagi...
    Mulai dari hal yang simple pun bisa...
    Tetep jaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi ini, ya...

    BalasHapus
  25. Sepakat mbak, kita lakukan apa yang kita bisa. Ngasih tips cara paling mudah dan sederhana. Semoga badai covid segera berlalu..

    BalasHapus
  26. Banyak menggunakan layanan gojek dan memberi mereka tips itu yang biasa saya lakukan

    BalasHapus
  27. Kalau di perumahan kami, sudah sepakat untuk saling membantu saudara di perumahan yang kena PHK. Minimal untuk makan dan minum sehari-hari.

    BalasHapus
  28. 2 ide sederhana ini bisa diterapkan pada semua orang yang ingin dibantu.

    BalasHapus
  29. Banyak hal yang bisa dilakukan memang untuk membantu sesama, kalau untuk ojol aku lebih prefer ngasih mereka tip sih daripada makan siang, sebenarnya sama-sama membantu tapi menurutku kalau ngasih uang mereka jadi punya pilihan mau dipake apa. Tapi balik lagi, semuanya asal niatnya baik, pasti jadinya baik

    BalasHapus
  30. Banyak Hal yang bisa dilakukan untuk meringankan kesulitang orang yang berada disekitar.

    BalasHapus