mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Hidup lebih Sehat agar Terhindar dari Virus Corona


Hai Sahabat Mamah, apa kabar? Sudah hampir 2 bulan lebih ya kita beradaptasi dengan wabah pandemi ini, semoga tetap sehat lahir dan batin ya Gaes. Hari ini adalah postingan keempat Mamah masih bertema Covid-19. Semoga ada manfaat yang bisa dipetik ya, Aamiin.

Dari data yang didapat saat Mamah menulis ini, virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 sudah menyerang 210 negara dan korban mencapai 2,4 juta jiwa. Hiks. Nah Bagaimana ya agar terhindar dari virus covid-19 ini?
Virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini proses penularannya antar manusia lewat percikan liur bersin dan batuk penderitanya. Sampai hari ini belum ada pengobatan dari penyakit ini, jadi upaya pencegahan adalah upaya yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari virus ini. Merangkum dari beberapa sumber berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan :

5 Cara agar Terhindar Virus Corona

Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun efektif dapat membunuh virus. Kenapa? Karena virus diselubungi oleh lemak yang akan luluh dengan air dan sabun. Nah tapi kalian harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir loh Gaes, dan minimal 20 detik. Untuk para mamah bisa mengajarkan ananda tercinta selama mencuci tangan menggunakan lagu kesayangan mereka!
Kapan dilakukan? Sesering mungkin apalagi kalau teman-teman dari luar, memegang barnag yang dipegang orang banyak seperti uang atau paket belanjaan online. Sediakan juga hand sanitizer yang terbuat dari alcohol 70% ya di rumah, sebagai alternative ketika sulit untuk mencuci tangan.

Hindari memegang wajah

Tangan kita menyentuh banyak permukaan dan dapat menjadi media tempat tinggal virus. Setelah tangan  terkontaminasi, mereka dapat  pindah ke mata, hidung, atau mulut kita. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh kita. So hindari sering-sering memegang area wajah ya Gaes.

Menutup mulut jika bersin dan batuk

Salah satu etika hidup bersih. Ketika kita bersin, sebenarnya itu adalah mekanisme tubuh mengeluarkan mikroba dan virus, MasyaAllah. Oleh karena itu ketika teman-teman bersin biasakan untuk menutup mulut dengan tisu atau tangan, bisa juga lipatan siku. Begitupun dengan batuk, supaya para mikroba tidak terbang bebas hinggap di orang lain. Jangan lupa untuk cuci tangan setelahnya ya!

Physical distancing

Penyebaran virus yang sangat cepat, bukan berarti ia ditularkan hanya dari si orang sakit. Kok bisa? Bisa, bisa jadi kita atau orang lain adalah silent carier alias pembawa virus. Oleh karena itu physical distancing atau menjauh dari orang lain adalah alternative solusi pencegahan virus ini, Gaes.

Gunakan masker Saat Berpergian dan Ganti Baju setelah berpergian

Kalaupun kalian harus banget keluar, harus wajib menggunakan masker ya. Masker yang digunakan juga usahakan jangan hanya masker kain biasa, usahakan masker medis atau masker kain yang tebal. Selain itu setelah dari luar untuk selalu ganti baju, karena kita tidak tahu bagian tubuh kita mana yang menempel dengan virus atau mikroba.

Perkuat Imunitas dengan makan-makanan yang bergizi

Alangkah sahabat tahu bahwa ternyata imunitas manusia 80% dibangun dari usus. Artinya makanan kita sangat mempengaruhi sistem kekebalan kita. Nah mulai dari herbal rimpang yang berlimpah ruah di negri kita, juga banyak sayur dan buah-buahan yang mudah didapat, jangan lupa dikonsumsi setiap hari ya!


Pada intinya kita diminta agar lebih hidup sehat dan bersih. InsyaAllah dengan melakukan hal-hal sederhana di atas kita semua dapat terhindar dari virus Covid-19 ini. Kalau kalian bagaimana? Adakah hal yang sama atau sedikit berbeda?

Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

Post a Comment