mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Hal yang akan Kulakukan Jika Wabah COVID-19 ini Berakhir


Jika Wabah Corona ini Berakhir

Dari ilustrasi wajah-wajah di atas semoga menggambarkan kebahagiaan yang InsyaAllah akan kita capai ya Sahabat. Kebahagiaan yang akan terjadi saat wabah penyakit Covid-19 ini berakhir. 
Meskipun pandemi virus Covid-19 belum menunjukkan tanda berakhir. Semua orang pasti bertanya-tanya di dalam hati kapan wabah ini berakhir. Seluruh peneliti masih mencari vaksin untuk melawan virus tersebut. Salah satu dampak dari wabah ini tentu dengan berubahnya aktivitas kita sehari-hari, mulai dari aktivitas pekerjaan kita dan suami yang dilakukan sebisa mungkin dari rumah atau yang sering disebut work from home.

Social distancing dan WFH menjadi salah satu dampak nyata yang dirasakan oleh semua orang terhadap adanya wabah ini. Mau tidak mau kita memiliki “kehidupan normal yang baru” baru untuk lebih ketat dalam hal kebersihan dan menahan diri dari berbagai macam aktivitas di luar rumah, tentu ini bukanlah hal yang mudah.

Semua pihak, semua lapisan wajib beradaptasi sampai pada waktu yang tidak ditentukan. Namun kemudian banyak muncul pertanyaan seperti apa yang akan kita lakukan jika wabah ini berakhir. Sakha si sulung yang akan berusia 5 tahun Bulan Agustus ini sering mengobrol dengan saya dan suami bahwa

“Mah nanti kalau coronanya udah selesai kita ke rumah Sima ya (sepupunya di Cikarang)”
“Mah nanti kalau coronanya udah selesai kita ke rumah Omah ya (di sukabumi)”
“Mah…..”
“Mah…”


Saya sendiri jadi berpikir apa yang akan saya lakukan ketika wabah pandemik ini berakhir. Berikut adalah kegiatan yang ingin saya lakukan :

1. Bersyukur

Hal yang perlu kita lakukan ketika wabh pandemi Covid-19 berakhir pastinya adalah bersyukur. Saat semua doa-doa dari seluruh manusia dikabulkan Allah Ta'ala. Ketika semua orang akhirnya tersadar untuk mengantungkan semua pada Sang Pencipta dan membantu para medis dan ilmuwan untuk mengembangkan vaksinasi dan obatnya.

2. Pulang Kampung


Pulang kampung atau Mudik? Apapun namanya pasti kalian sudah merindukan orang tua kan? Apalagi yang sudah berumah tangga, momen Ramadhan dan Lebaran juga momentum kita pulang ke kampung halaman untuk menjalin silahturahim kepada orang tua dan kerabat. Ah rindu deh jadinya, saya sendiri sudah hampir 5 bulan belum pulang. 

Terakhir pulang bulan Januari, saya dan suami biasanya menyempatkan sebulan sekali untuk mengunjungi Mamah dan Papah di Sukabumi. Sekalipun saya ga minta pulang ke rumah, suami pasti bertanya "bulan ini mau pulang tanggal brp Mam?" Even jadwal pak komandan padet kaya apa. Saya belajar dari suami, kondisi apapun kita saat itu harus menyambung tali silahturahim apalagi sama orang tua. Walaupun buat sebagian orang 5 bulan bukan waktu yang lama. Mumpung dekat dan bisa. Jadi ini wishlist teratas untuk memeluk dan mencium kedua tangan mereka, Gaes.

3. Makan di Restoran



Meski selama ini bisa menikmati makanan restoran via ojek online, karena zaman now memang mudah dalam belanja online. Tetapi ada hal yang paling dirindukan adalah makan pecel ayam dengan kol goreng di warung pecel. Sekedar makan paket family di McD pun sangat dirindukan. Ya menikmati wajah anak-anak (Sakha dan Hafsah) dan suami sambil cuci mata di Mall sangat dinantikan setelah wabah ini Gaes.


4. Traveling

Setelah wabah pandemi Covid-19 berakhir, hal yang dinanti adalah berjalan-jalan bersama keluarga. Sebenarnya beberapa keperluan pekerjaan yang mengharuskan keluar kota juga tertunda dengan wabah ini. Saya dan suami sebenarnya sudah merencanakan akan ke Pulau Bangka tahun ini, mudah-mudahan bisa terealisasikan. Apalagi dengan Sakha yang sangat senang naik pesawat, melihat ayahnya yang hampir setiap minggu pergi dengan pesawat ke Pulau Bangka. "Mah kalau koronanya udah selesai, sakha mau pergi naik pesawat yah" ujarnya polos. Mudah-mudahan ya, semoga Allah kabulkan.


5. Perawatan di Salon

Manfaat pijat bagi tubuh antara lain melancarkan peredaran darah dan mengundang hormon oksitosin atau kebahagiaan. Tentu mood yang bagus dan perasaan senang membuat para perempuan semakin bersemangat dalam menjalani hari-hari ya. Setelah sekian purnama, saya pribadi belum ke salon lagi. Sekedar ingin merapihkan rambut atau merawat diri.

6. Piknik

Piknik merupakan perpaduan dari pulang kampung dan traveling, menikmati pemandangan alam, mencium aroma daun, melihat sinar mentari dan anak-anak berlarian di padang rumput. Semua hal itu ingin dilakukan tentunya kan?




Itulah 6 Kegiatan yang ingin kulakukan Sahabat ketika wabah Covid-19 ini berakhir. Semoga untaian doa dan ikhtiar dari setiap kita bisa dikabulkan Sang Kuasa. Stay health mind and soul ya


Salam,
Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

27 comments

  1. Hal yang bakalan Ipeh lakukan setelah semua berlalu, ngecek mata di dokter mata rumah sakit, kak. Soalnya mataku sudah demo. Tapi, kalo ke rumah sakit akutu takut plus ngga urgent banget kan. Jadi, pastinya bakalan meriksa mata dulu

    ReplyDelete
  2. Me too! Yang pasti bakal bersyukur banget lalu selanjutnya mau melakukan hal2 yang selama hampir dua bulan ini cuma bisa dibayangin aja. Huhu.

    ReplyDelete
  3. Sama mbak, hal yang ingin saya lakukan salah satunya adalah pulang kampung. Sudah hampir setahun tidak ketemu, rasanya kangen banget. Jadi kalau wabah ini selesai saya ingin secepatnya pulang kampung dan berwisata kuliner di kampung. ..

    ReplyDelete
  4. Wabah pandemi ini mungkin banyak hikmah, selain kita bisa berkumpul dengan kelurga kecil, menjadi tantangan ramadhan yang berat. Apalgi bagi saya yg suka travelling terpaksa booking hotel awal2 tahun sdh saya batalkan. Semoga kita bersyukur hikmah ini, jadi apa yg ditulis di artikel sangat membantu kita.

    ReplyDelete
  5. Semuanya aku mau... Terutama pulang kampung. Baru lebaran kali ini kami tidak pulang kampung. Hmmm semoga semuanya cepat berlalu.

    ReplyDelete
  6. Kalau aku, begitu pandemi ini berakhir, langsung pengen ke Bali dan tinggal di sana selama 3 bulan kalau perlu. Hahaha. Langsung butuh suasana baru gitulah pokoknya. Semoga pandeminya segera berakhir, sekarang aja aku sudah bosan sangat karena terkurung terus di rumah.

    ReplyDelete
  7. Aku belum punya rencana ketika wabah ini berakhir. Tapi memang kangen juga soal piknik ya hehe. Apalagi biasanya tiap minggu minimal jalan-jalan meski sekadar naik motor, eh sekarang udah gak bisa.

    ReplyDelete
  8. pulkam sekaligus traveling haha, bener banget ih. udah kangen banget main-main di luar rumah dan jalan-jalan sekaligus ketemu saudara. semoga segera berakhir yaa. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Mba Shafira... saya pingin banget bawa anak2 jalan2 lg ke obwis yg pake nginap di hotel, kasian soalnya pastinya bosen udah hampir 2 bulan #stayathome

    ReplyDelete
  10. Yang akan dilakukan selesai Pandemi ini adalah beresin kos-kosan, soalnya sekarang tetap bayar sewa kos walau tidak di huni, sayang banget 1,5 juta perbulan huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  11. Wah....keinginannya rata2 sama. Kalau Corona sudah pergi semua pasti happy. Tak ada lagi rasa takut dan sedih.
    Semoga pandemi ini segera berlalu

    ReplyDelete
  12. 6 hal yang paling dinantikan oleh semua orang ya Mbak. Terutama pulang kampung. Saya sangat ingin melakukannnya

    ReplyDelete
  13. semoga wabah ini cepat berlalu agar impian-impian kita semua bisa dilakukan, karena dirumah saja itu membosankan ehehee

    ReplyDelete
  14. Kalau saya paling ingin ngumpul-ngumpul lagi dengan teman. Bisa ngopi-ngopi sambil cerita. Itu yang mungkin akan dilakukan setelah wabah ini berlalu

    ReplyDelete
  15. Hal pertama pastinya bersyukur, terus bikin perencanaan jalan-jalan deh, tanpa rasa takut dan was-was lagi deh.

    ReplyDelete
  16. Bersyukur, yes ! itu yg patut dilakukan. sebagai ungkapan rasa syukur, bisa ditambahkan dengan kegiatan berbagi makanan dengan teman, tetangga, dan keluarga. dan tetap jangan lupa, melanjutkan kegiatan menjaga kebersihan dan kesehatan.

    ReplyDelete
  17. Kangen pulang kampung peluk ayah ibu. Kangeeeen banget. Apalagi saya sudah 2 tahun lebaran gak pulang kampung karena hamil atau melahirkan. Rindu serindu-rindunya.

    ReplyDelete
  18. wah hal yg ingin sy lakukan stlh pandemi berlalu pastinya traveling lagi ya spya bisa tetap melihat keindahan alam Indonesia..duh semoga wabah ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  19. Rasanya panjang sekali wishlist yang ingin kita buat ya, mbak. Setelah berbulan-bulan terkungkung di rumah, membuat kita begitu merindukan suasana bebas beraktiftas di luar lagi.

    ReplyDelete
  20. Berhubung saya tak punya kampung, hiks
    Saya milih ke mall saat pandemi ini berakhir. Sudah lama tak merasakan nyamannya jalan2 di mall

    ReplyDelete
  21. hal pertama yang ruang edukasi lakukan ketika pandemi berlalu adalah kembali ngumpul dan ngopi diteras literasi

    ReplyDelete
  22. Saya sudah temukan 3 tulisan dengan judul yang sama. Begitu besar harapan kita, sampai tema tulisan pun sama. Semoga wabah ini segera berlalu ya, Mbak.

    Btw, saya kok pingin nulis gini jua (#eh🤭)

    ReplyDelete
  23. Wah banyak ya rencaba yang bakal dilakuin setelah corona hilang. Xixixi
    Semoga pandemi ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  24. 6 baru yang diurai.. kalau di detailkan bisa banyak banget pastinya... yah . . Untuk sementara waktu nikmati keberadaan ini biar menjadi sebuah kisah untuk kita kenang didepan nanti

    ReplyDelete
  25. Krn saya orgnya emang betah2 aja d rumah, tp saya ttp berharap agar wabah ini segera berakhir. Ingin juga melihat dunia kembali normal, org keluar rumah tidak dihantui was2 dan ketakutan

    ReplyDelete
  26. Aduh itu travelling udah pengen banget, aku yang LDR sama pasangan udah gatel banget pengen ketemuan, mana kami ketemuannya cuma bisa satu dua hari dan sekarang tertunda, biasanya sebulan sekali ketemu sekarang gak bisa. Makan juga sih, kangen makan di tempat, pake es teh terus pecel dan kol goreng, ahh.... nikmat

    ReplyDelete
  27. Jujur aja rasanya udh pengen banget naik gunung lagi. Selama dirmah aja berasumsi gunung2 lagi istirahat nyenyak nih dari para pendaki. Semoga bumi kita juga makin sehat

    ReplyDelete