mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Review Tempat Melahirkan di Jakarta Timur (Rumah Bersalin Anny Raharjo)

Hai Sahabat Mamah. kali ini Saya ingin bercerita mengenai tempat melahirkan anak perempuan kami di Rumah Bersalin Anny Rahardjo, lokasi tepatnya di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Disclaimer postingan ini murni pengalaman saya melahirkan tanpa ada unsur sponsor di dalamnya.







Pada awalnya Saya mengetahui Rumah Bersalin ini dari salah satu teman prenatal yoga. Saat itu saya mengikuti prenatal yoga di Bidan Ros Budiman, di akhir sesi biasanya ada mini sharing dengan Bu Bidan dan Para bumil lainnya. Saat itu kandungan saya masih memasuki usia sekitar 22 minggu, saya bertanya apakah di sini menerima dan melayani persalinan VBAC (Vaginal Birth After Caesarean). Ternyata jawabannya tidak, karena memang minim fasilitas dan beliau tidak pernah menangani kasus seperti ini tetapi buat kalian yang ingin melahirkan pertama kali atau tidak ada riwayat operasi sebelumnya bisa dijadikan bahan pertimbangan. selain menganut hypnobirthing di sana juga ada penundaan pemotongan tali pusat bayi.


Kemudian fasilitator yoga saya saat itu berkata apakah sudah datang ke Klinik Anny Rahardjo? Mereka terbiasa untuk menangani proses VBAC. Belum jawabku, mendengarnya pun baru pertama kali padahal semua jaringan internet baik media sosial dan semua website kucari dengan berbagai macam keywords. ternyata ada klinik yang sekarang mengalami perubahan menjadi rumah bersalin, dan jaraknya pun tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal kami. Akhirnya Kami pergi untuk memeriksaan kehamilan dan mantap ingin melahirkan di sana.


Baca juga : Kenapa VBAC?

Review Tempat Melahirkan di Rumah Bersalin Anny Raharjo

RB Anny Rahardjo memiliki 2 bangunan, bangunan pertama yaitu tempat periksa kehamilan sekaligus tempat imunisasi para bayi, spa bayi, pijat dan klinik kecantikan. Di sebrangnya adalah bangunan rumah bersalinnya yang terdiri dari 2 lantai, di setiap lantai terdapat 3 kamar inap dan 1 kamar melahirkan. Kelihatannya sedikit ya? tapi percayalah di rumah bersalin ini tidak pernah sepi bahkan saat Saya melahirkan pun penuh semua ruangannya, qodarullah pas ada yang pulang sesaat saya melahirkan. karena di sana maksimal 3 malam dari melahirkan harus sudah pulang, saking nyamannya di sana, jatah menginappun ada.

Meskipun sempat sedih karena tanggal perkiraan lahir saya bertepatan dengan beliau umroh ramadhan, tapi saya diminta tidak kecil hati karena di sini banyak bidan berpengalaman. Bidan Diny, anaknya Bidan Anny langsung yang menjaga rumah bersalin itu langsung. Juga ada 12 bidan jaga lainnya yang berjaga bergantian dan setiap shiftnya ada 4 bidan yang bertugas.

Eyang Anny, sapaan akrabnya menjelaskan jika nanti saya bersalin di sini bukan Ia yang mempimpin persalinan haruslah dokter yaitu dokter Bambang. Meski kuragu karena ia laki-laki. Tetapi akhirnya kami mantap melahirkan di sana berkat saran dari Bidan Jehannara.


Biaya Persalinan

Biaya persalinan di sini memang lebih mahal dibandingkan bidan pada umumnya, paket persalinan di sini berkisar 6,4 - 7,6 juta tergantung kamar yang diambil. Nah karena saya persalinan VBAC dengan bantuan dokter, jadi ditambah lagi sekitar 2,3 juta lagi.
Kamar yang ditawarkan ada 3 jenis, yaitu :


Kamar Persalinan Akina/Ghania

Ini adalah paket kelas 1 yaitu Kamar Akina dihargai sebesar Rp 7.680.000. Dalam paket persalinan ini, Kita sudah mendapatkan pertolongan persalinan oleh bidan, kamar bersalin, perawatan ibu dan bayi, infus, obat-obatan ibu, obat-obatan bayi, vaksin hepatitis B, biaya administrasi, dan pemeriksaan laboratorium. Kamar golongan ini paling luas di antara kamar bersalin yang lain dan terdapat 2 ranjang di kamarnya untuk beristirahat para pendamping persalinan.



Kamar Persalinan Quinza



Golongan selanjutnya adalah kamar bersalin Quinza lebih murah daripada paket persalinan Akina, yakni dihargai sebesar Rp 6.855.000. Seluruh fasilitas yang didapatkan sama dengan paket persalinan Akina. Perbedaanya hanya diletak luas kamarnya.


Kamar Persalinan Haura

Kamar persalinan Haura dihargai sebesar Rp 6.480.000, ini adalah kamar termurah di rumah bersalin anny rahardjo. Perbedaanya di fasilitas kamar, kamar ini lebih kecil dari yang lain. Tetapi tenang ada sofabed yang bisa dijadikan tempat beristirahat suami. Jujur saya pengen banget di kamar Ghania karena ada 2 kasur, supaya suami atau si sulung nyaman bobo tapi sayang saat saya melahirkan semua kamar penuh. Ada 2 kamar lagi Farrel dan Vencel, tp saya khilaf itu 2 kamar masuk golongan mana. Oya nama-nama kamarnya itu adalah semua nama cucu Eyang Anny, so sweet ya. 


Oh iya, ketiga paket ini sudah mendapatkan fasilitas persalinan yang sama loh, apa saja yang didapat? Berikut uraiannya

Kamar 3 hari 2 malam

Terhitung dari melahirkan, ketika saya datang di Jumat siang, melahirkan di sore hari. Maka saya diwajibkan pulang Senin sore. kenapa? Meski RB hanya ada 6 kamar bersalin dan 2 kamar melahirkan, tetapi RB ini tidak pernah sepi selalu penuh dengan para perempuan yang ingin melahirkan di RB yang sangat nyaman ini.

Makan dan Cemilan

Makan bergizi, nikmat di masak di dapur di RB tersebut disediakan 3 kali sehari. Selain itu kita diberi 2 kali dalam sehari cemilan bergizi seperti bubur kacang hijau.  

Pijat Nifas dan Facial

Setelah melahirkan, bukan hanya bayi yang membutuhkan perawatan. Mamahnya pun demikian. Karena itulah, di sini kita diberi layanan skin care dan pijat nifas. Nah Ibu yang memijat saya nifas ini mantap betul pijatannya, kalau kita mau pijat hamil bisa ke beliau juga dipatok sebesar sebesar Rp150 ribu. Nah karena saya melahirkan saat mau lebaran jadi tempat skin carenya sedang tutup, saya kembali di saat control adik bayi. Lumayan dapet facial dan masker gratis kan ya. Wajah jadi tambah kinclong abis lahiran.

Delayed Cord Clamping

Saat pertama kali periksa, Eyang Anny sudah berpesan akan manfaat dari delayed cord clamping atau penundaan pemotongan tali pusat. Bahkan beliau juga memberi tahu jurnal penelitian yang sudah membuktikannya. Jadi sebelum kita agree mau bersalin di sini, beliau sudah mengedukasi hal-hal apa saja yang akan dilakukan jika bersalin di sini serta alasanya. Tali pusat baru akan dipotong setelah 24 jam usai melahirkan. Kenapa? Penundaan pemotongan ini diklaim akan lebih bermanfaat untuk bayi karena seluruh darah yang ada pada ari-ari akan terserap optimal oleh si kecil. Selama menunggu waktu 24 jam, ari-ari akan dibungkus dengan underpad dan disimpan dalam stoples. Aku pun bertanya kenapa harus 24 jam? Ternyata itu sudah trial error mereka dan mendapatkan waktu terbaik.

Baby Spa dan Pijat Bayi

Tiga paket persalinan di atas sudah termasuk voucher baby spa dan pijat bayi seharga RP 300.000 di RB Anny RAhardjo. Voucher tersebut bisa dipakai setelah baby berusia 1 bulan ya.
Nah di Bidan Anny juga ada kelas untuk pijat bayi, di luar paket persalinan. Jadi kita belajar memijat bayi kita sendiri. Kelas yang diadakan privat gitu dengan bidan yang sudah tersertifikasi di sana. Biaya untuk kelas pijat bayi Rp200 ribu.


Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Dari awal periksa kehamilan, Eyang Anny selalu memberi tahu bahwa di ruang bersalin hnya boleh ditemani suami. Kenapa? Sepengalaman beliau persalinan lebih cepat. Alhamdulillah its happen to me, belajar dari persalinan pertama saya yang begitu melelahkan ditungguin banyak orang (read keluarga) sangat mempengaruhi ke psikis Ibu yang ingin  melahirkan. So buat kamu para suami, atau bujang yang ingin menikah jika saat nanti istrimu mau melahirkan perbanyak ilmu agar bisa menjadi pendamping persalinan yang baik ya!

Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Alhamdulillah saya merasakannya. Sesaat setelah mengeluarkan bayi dan segenap ari-arinya, bayi yang mungil penuh darah itu ditemplokkan di dada saya sembari segenap kru medis membantu membersihkan jalan lahir. Pada saat itu haru sekali melihat kekuasaan Allah ketika memegang makhluk munggil itu pertama kali.

Positive Vibes
Semua bidan di sini positive vibes banget. Setiap kontrol pasti ada rasa khawatir karena saya memiliki riwayat operasi Caesar sebelumnya.
“Eyang, di sini ada yang berhasil VBAC?”
“Eyang kalau nanti saya kenapa2 gimana ya?”

Eyang selalu blg "Allah sesuai prasangka hambaNya, selalu pikir bahwa bisa bersalin normal-kuat-sehat-lancar".

Sampai dituliskannya di buku periksa saya untuk dibaca setiap hari. Nah gimana saya ga berbinar-binar setiap periksa dapet ilmu dan kata-kata mutiara.
Ketika di ruang bersalin diiringi muratal, MasyaAllah. Kita hanya boleh berpikir positif yakin dan berkata kata positif selama di ruang bersalin walaupun selama kontraksi pembukaan 8 ke atas Saya udh jedut-jedutin tangan ke tembok. Maha sabar suami dan semua kru Bidan Anny saat itu.

Pro Asi Eksklusif

Di Hari terakhir lahiran, pagi-pagi ada Eyang Tuti yang datang ke kamar kita, beliau bidan senior di sana yang menangani periksa nifas. Beliau memberikan kuliah dan praktek tentang ASIx. Beliau menjelaskan selain kepada Ibu yang baru melahirkan juga di depan pendamping yan tinggal di rumah (suami dan atau mertua). Kenapa harus di depan mereka? Karena menurut beliau kesuksesaan ASIx juga dipengaruhi orang sekitar Ibu. Namun pada saat itu saya diizinkan mengikuti sendiri karena anak pertama sudah lulus ASIx dan suami belum juga kembali lagi setelah pulang mengantar si sulung dan mengambil beberapa barang.
Ternyata prakteknya saya masih salah dalam menyusui karena sudah lama juga. Bener-bener kita diperbolehkan pulang kalau udah pinter soal per-asi-an ini. Oya satu lagi syarat buat pulang adalah memandikan bayi. Jadi di pagi pertama, bayi masih dimandikan bidan. Pagi kedua sang ibu harus melihat bayi dimandikan, pagi ketiga kita wajib praktek mandiin bayi di depan bidan.


Lokasi Detail

Alamat : Jl. H. Taiman No.1, RT.3/RW.10, Kelurahan Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760


Telepon : (021) 8400040



Baca juga : Persiapan Melahirkan


Gimana? Dijamin lebih relax dan paham saat melangkahkan kaki keluar Rumah Bersalin ini. Semoga para sahabat yang sedang menunggu waktu melahirkan tiba juga bisa mendapatkan provider bersalin yang menyenangkan hati dan pro normal ya. dan yang sedang menunggu semoga segera diberi kepercayaan untuk hamil oleh Yang Maha Kuasa. 


Sampai Jumpa, Salam.




Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

42 comments

  1. Ada harga, ada kualitas. Tempat bersalin yang nyaman dilengkapi fasilitas, makanya gak heran kalo RB AR ini selalu ramai, meski harganya cukup mahal. Udah gitu dapat free Spa bayi. Selain itu kita juga diajarin secara mandiri cara mengurus bayi ya, baru boleh check out hehehe...

    Nama kamarnya unik berdasarkan nama cucunya. Gak kebayang kalo jumlah cucunya ada 20 lebih, akankah rumah bersalinnya jadi mirip kayak rumah susun, hahahaha becanda Mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, harga segitu 3-4x bidan biasa loh. iya mudah2an aja RBnya makin besar biar bs menampung banyak pasien

      Delete
  2. Kenyamanan tempat melahirkan juga mempengaruhi psikis ibu ya...

    ReplyDelete
  3. Asyik banget ya, Bund. Semacam sekolah gitu, ada kelas dan mata pelajaran hehehe. Point' terakhir yang mandiin bayi,enggak semua bidan(dokter) ngajari, loh. Duh... Beruntung sekali lahiran di situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak, aku yg udah pernah lahiran aja lupa lagi mandiin pas lahiran anak kedua, alhamdulillah diajarin deh jdi pulang ga kagok hehe

      Delete
  4. Memang gak semua tempat berani melakukan vbac ya mba, kata'y rumah sakit pun ada yang tidak menyanggupi (denger2 aja sih).. Terima kasih info'y Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak Ima, saya dari awal juga mencari ke sana ke mari, alhamdulillah ketemu RB anny rahardjo ini. sama-sama mba, terima kasih udah mampir

      Delete
  5. Makasih sharingnya mba. Sekarang jadi bertambah ilmu saya tentang kehamilan. Jadi calon ibu pun juga harus banyak belajar ya untuk persiapan.

    ReplyDelete
  6. Reviewnya lengkap banget, makasih banyak, saya jadi punya info referensi rumah bersalin untuk teman atau keluarga saya di Jakarta Timur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Win,alhamdulillah sempga bisa jadi alternatif.

      Delete
  7. Wah enak banget sihh selain dari fasilitasnya yang ok edukasinya mantul. Utamanya bagi new mom nih. Tapi sayang, di daerahku belum ada yng begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak ovi, semoga segera bertemu ya tempat melahirkan yang nyaman.

      Delete
  8. Nyaman banget ya kak tempatnya. Dan kalau rumah bersalinnya seperti itu, pikiran jadi lebih tenang. Rumah saya di desa, belum ada rumah bersalin. Yang ada hanya bidan dan puskesma, jadi orang2 yg mau melahirkan kadang masih wira-wiri rumah - puskesmas. Tapi Alhamdulillah nya proses mereka juga lancar heheh

    ReplyDelete
  9. Kalau di Balikpapan ada Griya Bunda Sehat> Lokasinya jauh dari Keramaian kota suasana yang tenang memberikan kenyamanan bagi ibu yang akan melahirkan.

    ReplyDelete
  10. Saya baru tahu kalau ada Delayed crod clamping. Manfaatnya sangat bagus ya mbak buat si kecil. .

    Benar sekali mbak, suami harus belajar juga ilmu tentang bagaimana mendampingi ibu saat melahirkan. Supaya nanti bisa jadi pendamping yang baik bukan malah yang ikut-ikutan panik. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak biasanya ada yang setengah jam atau malah lotus birth yang nunggu sampai puput sendiri. kalau di sini tengah2nya, ditunggu 24 jam. aku ngerasa beda aja sama anak pertama, ini jauh lebih tenang, efek psikologis jg kali ya. hehe

      Delete
  11. Aku suka banget yang bagian pijat nifas dan facial seruu banget ya mb ina tempat bersalinnya. Bikin tenang dan nyaman banget. Andai deket rumahku ada kaya gitu jadi pengen hamil lagi deh. Hiihihi

    ReplyDelete
  12. Dulu pernah keliling berbagai rumah sakit buat survey tempat melahirkan anak pertama. Muter-muter hingga ke kabupaten tetangga buat cari yang bagus (tapi lebih terjangkau biayanya hehe). Alhamdulillah akhirnya nemu.
    Enak kalo ada review gini, surveynya bisa #dirumahaja. Enaknya di Jakarta, tempat bersalin yang nyaman dengan tenaga medis yang positif vibes seperti di RB Anny Raharjo ini tersedia dalam jumlah yang cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah akhirnya nemu, kadang mmg harus ngumpulin info2 sebanyak2nya buat momen berharga kaya melahirkan ini bang

      Delete
  13. wahhh nyaman sekali tempatnya. Homey ya, jadi kita juga merasa tenang.
    Btw, aku penasaran mau tanya deh, mbak. Kalau VBAC itu harus jarak berapa lama untuk bisa lahiran normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang menganut harus 2 tahun mbak, amannya segitu katanya. tapi ada juga temenku yang jaraknya cuma 10 bulan udah bs vbac. aku sendiri 36 bulan jaraknya

      Delete
  14. Review keren dan bermanfaat banget buat yg mau melahirkan. Untuk harga relatif ya untuk setiap rumah bersalin. Tapi dri sharingnya kelihatan nyaman banget tempatnya.

    ReplyDelete
  15. Nyaman banget tempatnya. Fasilitas juga lengkap. Memang seperti inilah yang sangat mendukung proses melahirkan yang akan dilakukan seorang ibu .

    ReplyDelete
  16. Masa-masa hamil dan melahirkan itu memang harus benar2 tepat memilih tempat konsultasi dan melahirkannya.
    Mencari dokter yang pro ASI, tempat melahirkan yang nyaman pastinya akan mendukung semua proses menjadi lebih lancar karena hati juga tenang

    Senang sekali baca tentang klinik ini
    Benar-benar recomended ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak Arni, ibu nyaman hati tenang ya. Terima Kasih

      Delete
  17. Ya ampun, jadi pengen melahirkan lagi. Ups 😅 Nyaman banget rumah bersalin Anny Raharjo ini. Susah-susah gampang sekarang cari yang pro lahiran normal. Apa lagi VBAC. Harus pilih-pilih. Selain itu, yang pro asi juga. Tapi semua diawali dari diri sendiri. Niatkan yang baik dan benar. Insyaallah akan diberi jalan.

    ReplyDelete
  18. Fasilitasnya oke Mbak. Ada pelayanan facial dan pijat nifas juga. Memang bagi saya pribadi, memilih tempat melahirkan yang nyaman adalah prioritas, karena berpengaruh terhadap kenyamanan ibu dan bayi pasca melahirkan ya Mbak.

    ReplyDelete
  19. Saya baru tahu mba ada Rumah bersalin seperti ini di Jakarta. Saya tahunya di Depok. Sepertinya cukup nyaman dan homey ya. Fasilitasnya juga bagus. Makasih mba infonya

    ReplyDelete
  20. Harganya cukup lumayan ya Mba. Tapi sesuai dengan layanan dan fasilitasnya. Apalagi ada layanan pasca lahirannya, bisa benar2 bikin happy dan fresh ibu yang baru melahirkan ya.

    ReplyDelete
  21. Selamat ya mb atas kelahiran putranya. RB-nya keliatan banget kalo nyaman yaa.. Emang penting banget buat kita memilih RB, banyak faktor yang mempengaruhi..

    ReplyDelete
  22. Wah, tempat melahirkannya bagus banget, ya. Ada layanan pasca melahirkan gitu. Mupeng deh, Mbak. Kalau RS bersalin sebagus ini jadi pengen melahirkan lagi, deh. Hahaha.

    ReplyDelete
  23. Wah ini yang terpenting, dalam proses persalinan hingga sudah selesai bersalin. Kewarasan seorang ibu yang baru melahirkan memang harus begini. Memiliki kenyamanan tempat maupun orang-orang sekitar baik yang membantu bersalin atau yang nunggu. Kadang stres hanya karna tempatnya gak nyaman plus ramai orang jenguk, dsb. Para perawatpun demikian, kadang ada perawat yang sok-sok an ngelucu tapi gak lucu malah bikin baper busui.

    ReplyDelete
  24. Kalau lihat review macam ini, rasanya pingin banget punya anak lagi. Tapi sudah tutup pabrik hahaha. Nanti buat anakku ah, moga masih eksis.

    ReplyDelete
  25. Tempanya nyaman dan hoomy ya mbak..
    Suka bgt karena ada imd dan mendukung asi eksklusif

    ReplyDelete
  26. Yang terpenting harus terus berpikir positif ya. Dalam keadaan normal aja, kalo ga berpikir positif yang ada malah takut sendiri dan jadi berpikir ke mana mana

    ReplyDelete
  27. Persiapan melahirkan memang harus dilakukan salah satunya mencari klinik atau rumah bersalin yang terbaik. Melahirkan lancar, masa nifas pun tenang.

    ReplyDelete
  28. aku tinggal di jakarta timur belum tau tempat melahirkan yang sebagus ini, saya jadi punya info referensi rumah bersalin untuk teman atau keluarga. trimakasih informasinya.

    ReplyDelete
  29. Waw lengkap banget ya mbak fasilitasnya. Bener-bener bisa jadi reukomendasi tempat melahirkan nih buat yang tinggal di daerah jakarta timur.

    ReplyDelete
  30. wow.. bgs bgt ya RSIAnya fasilitasnya lumayan lgkp

    ReplyDelete
  31. Tempatnya nyaman sekali ya mbak, jadi kebayang waktu dulu lahiran. Di sini jarang ada rumah bersalin yang sebagus itu.

    ReplyDelete