mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Barang-Barang Dibutuhkan untuk Persiapan MPASI


Hai Mams, kali ini saya mencoba menuliskan hari ke-12 tantangan Ramadhan Blogger Perempuan. Kali ini bertema barang-barang yang dibutuhkan selama diam di rumah.
Memasak menjadi salah satu ketrampilan yang diasah (mau tidak mau) ketika di rumah aja.
Memasak resep baru juga menjadi salah satu aktivitas seru bersama keluarga loh.
Oya Mamah kali ini mau berbagi nih tentang barang-barang utama yang dibutuhkan selama masak ketika diam di rumah aja. Apalagi buat para Mamah yang punya bayi yang baru belajar makan pendamping ASI (MPASI).

SLOW COOKER


Waktu anak pertama saya cuma memakai panci dan belum mengenal alat ini. Begitu mendapatkan kado lahiran Hafsah (anak kedua) berupa slowcooker, saya pun langsung browsing2. Salah satu keunggulan memasak MPASI dengan slow cooker adalah zat gizi makanan yang menguap lebih sedikit daripada dimasak secara konvensional. Ini disebabkan bahan makanan dimasak secara perlahan.

Selain itu, slow cooker dapat diandalkan untuk mengempukkan daging-dagingan dan membuat kaldu dengan tetap menjaga nutrisinya.
Saya pribadi merasa terbantu sekali dengan memakai slow cooker hampir 6 bulan. Misalnya seperti bulan puasa ini, habis sahur saya cemplungin bahan-bahan sop ceker ke dalam slow cooker kemudian di set untuk dimasak 2 jam. Saat bayi bangun jam 7, makanan sudah ready. 

HAND BLENDER 

Kalau blender tangan ini terpakai ketika tekstur makanan si bayi masih halus banget ya. Kira-kira sampai usia 7 bulan Moms. Selebihnya Hafsah udah uwek uwek kalau dikasih yang lembek-lembek. Memang deh setiap anak unik, kakaknya makan bubur organik berbulan-bulan have a strong appetite. Kalau Hafsah ini makannya sangat tricky, harus berexplorasi lahir dan batin. 
Tapi hand blender ini kemudian terpakai untuk membuat jus secara cepat ataupun bumbu dapur ketika tidak rajin mengulek hehe.

WADAH PENYIMPANAN KECIL

Wadah ini berguna untuk menyimpan dari bahan mentah hingga masakan sudah matang.

PARUTAN 

Parutan saya punya 2 jenis, 1 parutan keju berguna untuk memarut wortel atau protein beku saat membuat bubur. Satu lagi parutan yang bisa diganti-ganti pisaunya. Biasa digunakan para Mamah untuk.membuat kentang mustopa. Saya pakai parutan ini untuk membuat camilan bakwan untuk hafsah saat usianha 9+

PANCI

Iya panci adalah panci. Panci digunakan juga untuk merebus daging-daging sebekum masuk ke slowres untuk menghilangkan darah ataupun ketika ingin memberikan cemilan sayur rebus pada bayi.

Yaitu dia Sahabat, barang-barang yang musti ada di rumah ketika kalian mau menyiapkan Makanan Pendamping ASI ala Mamah Ina. Hal yang terpenting untuk diingat makan adalah proses belajar seumur hidup, tetap ikuti perkembangan terupdate dari ahli tentang cara pemberian dan aturan dalam memberi makanan pendamping ya. Ingat happy mom happy kids. Semoga bermanfaat, Salam.
Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

Post a Comment