mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Tempe Praktis, Enak dan Sehat untuk Buka Puasa



Setuju gak kalau tempe itu adalah makanan khas Indonesia? Selain rasanya yang enak, tempe juga banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan yang diproses dengan cara fermentasi ini dapat memberikan efek peningkatan antibodi dan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Tempe merupakan sumber protein nabati dan sudah diakui sebagai makanan sehat di dunia. Nah Sahabat, berikut informasi mengenai manfaat tempe bagi tubuh kita.

Manfaat tempe


1. Sumber probiotik

Siapa di sini yang suka ikutin dr.Zaidul Akbar? Beliau yang “memboomingkan” Jurus Sehat Rasulullah ini juga sering mengajak kita untuk makan lebih sehat lagi salah satunya adalah mengkonsumsi rimpang-rimpangan juga probiotik. Apa gunanya? Manfaat Jika kita mengonsumsi makanan probiotik yang difermentasi seperti menciptakan lapisan pelindung pada usus sehingga terlindungnya dari patogen seperti bakteri jahat di saluran pencernaan (bakteri salmonella dan E.coli). Probiotik juga dapat memecah gula sehingga lebih mudah untuk dicerna tubuh, memecah karbohidrat, mengendalikan bakteri berbahaya dalam tubuh, melawan diare, membantu pencernaan melawan peradangan kronis dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Kaya akan sumber protein 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tempe memiliki kandungan protein yang tinggi. Tahukah kalian bahwa kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai? Hal ini disampaikan oleh Widianatko (2002)  karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik. Enzim tersebut dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh. 
pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein
Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan akt retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

3. Sumber vitamin B12 satu-satunya dari nabati

Kandungan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12 seseorang setiap harinya. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan seseorang pusing, lemas, lekas lelah, kulit menguning, dsb. Tempe mengandung 0.0017 mg vitamin B12 yang menjadikan tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 pada sumber nabati.


Olahan Buka Puasa

Tentu Ramadan 1441 H ini memberikan warna tersendiri karena kita memiliki siklus kehidupan baru. Mulai dari harus social distance, memindahkan pekerjaan ke rumah, menemani anak seharian di rumah sampai pekerjaan domestik yang tiada habisnya. Saya sendiri pun dengan Bayi dan  Balita kadang hanya memiliki waktu sedikit untuk memasak. Saya rasa beberapa Ibu-Ibu pun bernasib sama dengan saya, terlebih dengan teman-teman yang memiliki passion sama di dunia literasi di komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Oleh sebab itu kita harus punya menu cepat, praktis dan tetap enak untuk berbuka maupun santap sahur. 

Resep tempe

Kali ini Mamah Ina mau berbagi aneka resep tempe. Dengan wabah Covid-19 ini jangan sampai silahturahim kita dikalahkan dengan jarak ya. Meski tidak bisa bertatap muka, saya dan keempat saudara dan orang tua bisa "bertemu" via online. Hampir setiap hari kami bertatap online saat sahur dengan aplikasi google duo, ada juga cerita dari teman saya mengenai pengalamannya menggunakan google meet
Kali ini saya bertukar resep saat mengobrol dengan Google duo juga bertanya di Grup WhatsApp Keluarga Sukabumi. Nah di bawah ini ada resep olahan tempe yang cukup praktis dan mudah dibuat. Ada apa saja? Kita simak yuk, Gaes :

1. Tumis Tempe dan Buncis

Penumisan merupakan salah satu teknik memasak yang sering dilakukan oleh setiap orang. Ketika menumis kita memasak cepat dengan menggunakan sedikit minyak dan api besar (panas tinggi). Berikut salah satu andalan saya ketika memasak sayur ketika berbuka puasa atau untuk santap sahur.

Bahan-bahan : 
- 1 papan/ 200 gram tempe(potong dadu, goreng)
- 150 gram buncis, siangi potong-potong serong
- 1 buah cabe hijau, potong serong
- 1 buah cabe merah besar, potong serong
- 1/2 buah tomat
- 3 sdm Kecap Manis 
- 2 bawang merah, 1 bawang putih iris tipis
- secukupnya air
- secukupnya garam dan lada putih bubuk

Cara Membuat : 
- Tumis bawang merah, bawang putih tambahkan cabe merah dan cabe hijau sampai harum
- Masukkan buncis, beri sedikit air tunggu sampai layu tambahkan tempe dan tomat. Lalu beri Kecap Manis juga sedikit garam dan lada. Masak sampai matang. Cicipi rasanya. Angkat dan sajikan.



2. Mendhol Tempe

Resep ini didapatkan dari Kakak Ipar saya yang tinggal di Bogor. Salah satu hobinya sepertinya memasak, terbukti ia sering membagikan resep yang telah ia coba di akun instagramnya. Nah kalau kita sering makan combro dari parutan singkong gaes, mendol ini dibuat dari tempe. Mendhol ini ternyata makanan khas Jawa Timur. Berikut resepnya :

Bahan:
1 papan tempe (kurleb 400 gr)
2 sdm terigu
Bumbu halus:
3 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah (pedas sesuai selera)
6 siung bamer
4 siung baput
1 sdt ketumbar bubuk
2 cm kencur
Bumbu lainnya:
5 lembar daun jeruk iris halus
Garam, gula, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:
Kukus tempe hingga empuk. Lalu ulek kasar selagi tempe masih panas. Campurkan tepung terigu, bumbu halus, daun jeruk, garam, gula, merica, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Kepal2 adonan. Goreng di minyak panas dengan api sedang. Usahakan minyak yang digunakan banyak sehingga adonan tenggelam dan panas merata, jadi tidak perlu membolak balik supaya tidak buyar. Goreng sampai matang berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan..



3. Tempe Goreng Kriuk

Tempe goreng adalah makanan para umat manusia khususnya di Indonesia. Gorengan yang selalu tersedia baik di tukang gorengan depan minimarket, tukang gorengan dorong, tukang gorengan pikul sampai di salah satu restoran di Senayan City pun menjual tempe goreng!
 Nah ini laporan masakan Kakak sulungku yang pasti rempong karena ketiga anak lakinya harus school from home dan suaminya work from home. Ingat meski di rumah kita harus hidup lebih sehat.  Resep dan cara membuat Tempe Kriuk yang lezat dan renyahnya tahan lama. Kalau kita ingin mendapatkan hasil yang super kriuk, jangan lupa mengiris tempe tipis agar mendapatkan hasil tempe goreng yang kriuknya sempurna. Oke ini dia resepnya :

Bahan :
1 papan tempe
1 bungkus Tepung Tempe Kriuk (70 gr)
Irisan Daun Bawang (Optional)
125ml air
minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
Iris tipis 1 papan tempe. Larutkan 1 bungkus Tepung Tempe Kriuk dengan 125ml air dan irisan daun bawang, aduk hingga rata. Celupkan tempe ke dalam adonan hingga tertutup rata. Goreng hingga matang dengan tanda warna kuning kecoklatan. Siap disajikan.


4. Resep Bacem Tempe

Foto bacem tempe ini dari kakak keduaku karena di kulkasnya ada stok bacem tempe. Nah ini juga makanan umat, dari saya kecil Mamah saya sering untuk menstok ini di kulkas. Ketika lapar langsung goreng, atau adik saya langsung menyantap baceman tempe ini tanpa perlu digoreng lagi. Ini dia resep tempe bacem, bisa juga ditambah protein lainnya seperti tahu atau ayam tinggal di-kirologi resepnya.

Bahan-bahan
1 papan tempe potong-potong
2 lembar daun salam
Seruas lengkuas
Kecap, gula merah
Bumbu halus:
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdm ketumbar 

Cara Membuat :
Susun tempe di dalam panic. Lalu masukkan bumbu halus dan air hingga terendam. Rebus hingga mendidih. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Setelah mendidih, beri kecap, gula merah, garam, dan kaldu bubuk. Cicipi rasanya kemudian rebus hingga air menyusut sampai hampir habis. Matikan api. Baceman tempe sudah siap, tinggal digoreng di dalam minyak panas jika suka tekstur lebih renyah.



4. Burger Tempe

Ini resep favorit Omahnya anak-anak alias Mamah saya. Tentu terinspirasi dari dr.Zaidul Akbar. Berikut resepnya :

Bahan :
2 potong irisan tempe (pilih tempe yang dibungkus daun pisang ya)
2 kurma dibuang bijinya 

Cara membuat :
Taruh kurma di antar tumpukan tempe. Lalu sajikan di atas piring. Burger tempe siap disantap!




Itulah kompilasi resep tempe dari grup keluarga kami. Di antara lima bersaudara yang tidak mengirim resep tempe praktis dan enak untuk buka puasa ini adalah adik saya si bungsu. Lantaran sedang hamil besar dan menunggu hari-hari melahirkannya, membuat ia lama mencari tempe di kulkas dapurnya. Mohon doanya semoga ia diberi kelancaran dalam proses persalinannya, sehat lahir batin bayi dan Ibunya.

Kalau sahabat semua sedang mencari resep camilan bisa lihat nih di artikel Mbak Talitha di sini.

Nah bagaimana? Bagaimana mudah bukan? *ala Bu Siska Soewitono 

Selamat mencoba ya Sahabat. 

Salam,



Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

16 comments

  1. Wah tempe ini lauk favorit saja. Di masak apa saja saya pasti suka. Tetapi dari resep di atas saya tertarik untuk membuat tempe mendhol, soalnya saya belum pernah membuatnya. Pasti rasanya enak nih, cocok buat menu buka puasa

    ReplyDelete
  2. Wah itu tumis tempenya sama tempe kriuk bikin ngiler. Kayaknya enak, mau nyoba bikin ah ntar buat buka puasa hehe

    ReplyDelete
  3. Tempe menu wajib dikeluaga saya kak. Paling sering buat kriuk tempe. Kayaknya resep no 2 patut saya coba. Trims.

    ReplyDelete
  4. Wah yang resep mendhol tempe sama burger tempe belum pernah nyobain, kalo yang lainnya sih udah khatam, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Setelah tahu saya lebih suka tempe..

    Apapun bentuk olahannya. Yang penting jangan terlalu manis.

    4 resep tempe di atas boleh di bookmark dulu ya Mom. Pengen coba 1 persatu dulu.

    ReplyDelete
  6. Tempe adalah lauk yang wajib ada di rumah saya...Jawa banget, meski sudah pernah tinggal dimana-aman. Bahkan saat tinggal di Amerika saya bikin tempe sendiri karena sepapan (250 gram) harganya saat itu $3 di sana. Ini Mendhol favorit banget..kalau anak-anak tempe kriuk sukanya. Burger tempe belum pernah coba bikin. Mau copas ah resepnya

    ReplyDelete
  7. Tempee emang ngga ada bosennya. Bahkan pas lebaran nyariin tempe juga

    ReplyDelete
  8. Paling suka sama bacem. Duh kebayang rasanya... Makan pake cabe rawit huhu
    Tapi tempe ini diapain aja enak, bahkan hanya di goreng aja enak bgtttt

    ReplyDelete
  9. Saya suka bikin yg tumis tempe buncis itu, sm tempe kriuk, favenya anak² saya, Mba Shafira... Makasih resep tempe mendholnya ya, jadi pingin nyoba, hehe

    ReplyDelete
  10. bisa dipraktekkin nih buat menu buka dan sahur karena cara bikinnya mudah dan praktis. Btw sy suka banget sama tempe kalao ga mkn tempe selama seminggu gimana gitu rasanya wkwk..mksh mba sdh berbagi resep tempenya

    ReplyDelete
  11. Menarik-menarik menunya mba. Anak pertama saya, Maetami (4 tahun) itu kami gelari anak tempe. Dia itu sejak MPASI mesti makannya pakai tempe. Wkwkwk. Sekarang nular ke adik kembarnya. Alhamdulillah ya, kita bisa mengasupi anak-anak kita dengan sumber protein tinggi yang murah dan mudah didapat.

    ReplyDelete
  12. Aku ngiler sama mendol tempenya
    Pengen bikin juga ah
    Tempe ini makanan favoritku
    Sayang karena hormon gak seimbang harus batasin makan tempe akunya hiks

    ReplyDelete
  13. Tempe memang makanan legendaris. Tak lekang oleh waktu. Variasi masakannya banyak. Itulah sebabnya banyak yang suka.

    ReplyDelete
  14. Aku suka konsumsi tempe plus madu plus kurma kak. Yummy dan sehat

    ReplyDelete
  15. tempe sih cukup jadi favorit keluarga saya. tampilannya bisa beda-beda, tapi paling sering sih tempe mendoan sama tempe penyet. apalagi tempe penyet tuh, andalan banget kalau lagi nggak punya lauk, udag bisa jadi teman nasi hangat, hehe. tapi pernah nyoba juga bikin perkedel dan nuggat tempe.

    ReplyDelete
  16. Enak banget nih pastinya, jadi pengen bikin ini juga. Apalagi semua anggota rumah pada suka makan tempe, tapi kadang saya bingung mau dimask kaya apa kecuali digoreng biasa

    ReplyDelete