-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Aplikasi Smartphone Ramah Anak, Anti Kecanduan


Perkembangan teknologi makin hari makin luar biasa. Ibarat pisau, teknologi adalah alat. Secanggih apapun teknologi itu jika kita tidak bijak memakainya tentu tidak akan merasakan manfaatnya.

Untuk kalian para parents yang sedang mencari aplikasi Smartphone untuk anaknya (ingat ya harus bijak antara durasi dan umur anak). Jangan sampai ya kita memberikan smartphone dengan dalil Reward atau mengambilnya karena Punishment. Di artikel ini kamu bisa baca tentang Reward dan Punishment.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi ramah anak ala Mamah Ina : 


1. Lets Read



Aplikasi Lets Read ini seperti Kumpulan E-book anak, layaknya perpustakaan digital untuk kategori buku cerita anak. Di dalamnya tidak hanya buku dari Negara Indonesia, tetapi dari berbagai penulis di Asia. Tujuan khususnya adalah untuk untuk menumbuhkan minat baca anak-anak Asia. Buku yang dinikmati di dalamnya pun bisa dibaca dalam beberapa bahasa. Selain bisa memperkaya wawasan ragam cerita untuk anak-anak, mereka juga bisa sambil belajar bahasa asing.
Menurut saya aplikasi ini subsitusi banget untuk anak yang penasaran sama gawai, apalagi Sakha sering melihat anak seumuran dia banyak yang terpaku dengan gawai. DIa sendiri jarang malah cenderung main Handphone. Aplikasi ini menjadi sumber referensi dan inspirasi untuk memperbanyak khazanah cerita kepada anak-anak.
Di aplikasi ini semua buku dibaca online dalam artian harus terhubung ke jaringan internet. Tetapi tenang sahabat, kita bisa juga mengunduh bukunya untuk bisa dibaca offline. 
Sahabat Mamah bisa mendapatkan aplikasinya free via playstore dengan link ini .


2. Samsung Kids Home




Aplikasi ini merupakan bawaan dari Handphone Samsung Galaxy Note 8 saya. Sakha sendiri saya kasih aplikasi ini dengan rentang 5-15 menit, biasanya saya tawarkan untuk bermain ketika sudah tidak ada pilihan lain menemani dia bermain. Pada waktu saya setelah lahiran, beberapa minggu setelahnya Suami sudah pergi dinas keluar kota. Sementara lingkungan di luar agak toxic untuk ia bermain, saya memilih untuk menemaninya sepanjang waktu atau minta bantuan ke mertua atau adik ipar untuk mengajak ia bermain. Nah ketika kami hanya bertiga dan posisi saya tidak bisa menemaninya karena harus mengerjakan pekerjaan domestik, kala itu saya menawarinya untuk bermain dengan aplikasi ini. 
Menurut saya aplikasi ini cukup helpful dengan ragam jenis seperti mengambar, pengubah suara dan beberapa mainan edukatif. Aplikasi ini pun mudah diakses. Kita cukup sentuh Samsung Kids di Panel cepat dan gunakan PIN atau biometrik yang sama yang ditetapkan dengan HP untuk masuk dan keluar dari aplikasi. Jadi sangat aman, anak-anak tidak bisa geratakan dengan HP kita.
Jangan sampai anak kita kecanduan gadget ya Mam. Dengan adanya pengaturan waktu, anak dapat diberikan batas waktu bermain. 
8u

3. Chai's Play


Aplikasi ini membantu kita para orangtua yang mulai buntu dengan kegiatan anak di rumah. Biasanya saya coba ajak Sakha melihat-lihat ide bermain di aplikasi, mana yang ia mau coba. Tetapi tricknya agar tetap kendali di tangan kita, pilih dulu 3-4 kegiatan yang mungkin kita kerjakan baru tawarkan kepada anak. Dengan begitu anak merasa terlibat dan dihargai pendapatnya. Oya saya juga pernah bermain dengan botol bersama Sakha, salah satunya datang dari aplikasi ini.

4. Kisah 25 Nabi dan Rasul untuk Anak


Serupa tapi tak sama dengan aplikasi lets read. Di dalam aplikasi ini ada beberapa cerita nabi yang bisa kita pilih. Perbedaanya tampilan ilustrasi dan animasinya yang terlalu banyak. Kemudian di aplikasi ini juga bisa membaca otomatis. Sayangnya untuk versi gratisnyq hanya bisa memilih 5 judul kisah Nabi.

5. Mari Belajar Sholat


Aplikasi ini sama dengan aplikasi Kabi, besutan dari educa studio. Aplikasi ini adalah aps yang pertama yang saya berikan kepada Sakha (sepertinya). Kala itu ia sering sekali mengikuti kami solat, kadang masih banyak bacaannya yg ketuker atau kurang benar. Namanya anak di bawah 7 tahun, ego nya masih tinggi. Nah saya akali untuk mendengar aplikasi ini, yuk kita dengar bacaan sholat, apalagi dengan HP tentu sensasinya berbeda.

Baca juga : aktivitas mengenalkan waktu sholat

Itulah kelima aplikasi yang insyaAllah bisa menambah dan membantu Mamah Papah di rumah dalam menemani tumbuh kembang anak-anak. Sekali jangan lupa ya Gaes, teknologi ini adalah alat, maka pergunakanlah dengan bijak ya.

Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

3 komentar

  1. Dari aplikasi yang mbak Shafira jelaskan di atas, saya udah punya yg Let's Read sama Chai's play. Emang bagus ya aplikasi2 tersebut, insyaallah berfaedah buat anak2 kita

    BalasHapus
  2. Good mom.. Anak anak memang harus diperhatikan ketika menggunakan hp.. Karena mereka masih punya rasa ingin tahu yg tinggi untuk mencoba berbagai aplikasi apapun.. Jika tidak diperhatikan dikhawatirkan mereka membuka aplikasi/menginstall aplikasi yg tidak dikhususkan untuk anak-anak.

    BalasHapus
  3. Saya dan anak-anak suka banget dengan aplikasi lets read, si kecil akan betah dibacakan berulang kali dengan cerita yang sama. Kalau chays play, saya suka bahansan artikel pengasuhan anak yang sesuai dengan usia. Dan permainannya itu lo, kreatif banget.

    BalasHapus