-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Camilan Buka Puasa Praktis dengan Gorengan

Hai Sahabat Mamah, apa kabar? meski kita harus menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan di tengah wabah pandemik ini jangan lupa untuk tetap semangat ya.
Setiap daerah pasti memiliki menu khas buka puasa masing-masing. Saya pernah baca di salah satu blog kawan saya, katanya daerah Sumbawa terkenal dengan takjilnya yang sangat manis-manis. Saat saya merantau di Bogor, banyak sekali penjajak jajanan takjil aneka gorengan dan mie glosor. sementara semenjak tinggal di Jakarta, sekalipun saya ga pernah melihat yang jual mie glosor. wah jadi berbeda-beda ya tiap daerah makanan khas berbukanya.
tetapi kita semua disatukan oleh minyak kelapa sawit, eh maksudnya pasti semua orang suka dengan gorengan. Apalagi dengan salah satu gorengan saya yaitu pisang goreng. di bawah ini saya mau berbagi resep tentang pisang goreng tanduk. sebelumnya kita simak dulu yu ada 5 jenis pisang apa saja dan cara pengolahannya seperti apa.

Jenis-jenis pisang

1. Pisang Cavendish

Pisang cavendish adalah jenis pisang yang paling sering dibeli keluarga kami.Selain mudah didapat baik di pasar maupun di minimarket, anak-anak pun suka dengan rasanya. Umumnya, pisang cavendish berukuran besar dengan tekstur daging buah yang empuk tapi padat. Pisang ini pun bisa dimakan langsung atau diolah menjadi kue dan smoothies.

2. Pisang Raja

Jenis pisang ini yang paling sering kutemui di pasar. Namun jangan salah jenis pisang raja ini banyak macam dan bentuk. Seperti pisang raja sereh yang enak dimakan langsung. 

3. Pisang Ambon

Pisang ambon adalah jenis pisang yang paling mudah dijumpai juga disukai banyak orang. Cara menikmati pisang ini pun langsung siap santap. Biasanya para Mamah pun memberi jenis pisang ini kepada anak bayinya yang baru mulai MPASI.

4. Pisang Uli

PIsang uli adalah jenis pisang yang cocok untuk dibuat pisang goreng. Biasanya pisang ini mudah didapat di tukang sayur dekat rumah. Rasa pisang uli lebih manis setelah digoreng di dalam minyak panas. Untuk tekstur daging buahnya tergantung kematangannya. Biasanya empuk, lembut dan terkadang cukup lembek. Oya pisang uli juga biasa diolah menjadi keripik pisang dan sale pisang.

5. Pisang Tanduk

Pisang ini sering menjadi oleh-leh pulang dari sukabumi. Ya setiap pulang dari rumah Mamah saya, mamah senang membagikan hasil panennya. selain pisang tanduk ada pisang kepok yang biasa dibawa pulang. Saya jadi teringat dulu ketika mengajak teman-teman SMA menginap di sukabumi. Ada satu teman saya yang mau membawakan oleh-oleh pisang mentah, mungkin saking terkenalnya pisang dari sukabumi. Selain banyak yang jual, jenisnya pun banyak yang dijual.

Suatu hari saya ingin sekali makan pisang tanduk, sayang di jakarta agak susah ya mencari pisang tanduk. Kadang harus ke pasar dulu, karena tetangga yang jual pisang tanduk pun tidak menyediakan setiap saat. Nah sekarang saya mau membagikan resep pisang goreng tanduk ya, cocok untuk camilan buka puasa nanti. Tetapi jika teman-teman mau menggantinya dengan pisang lain pun boleh, asal yang cocok untuk digoreng seperti pisang uli atau kepok.




Resep Pisang Goreng Praktis


Bahan-bahan :

3 buah pisang tanduk
200 gram tepung terigu (sudah diayak/ segitiga biru)
1 butir telur ayam (50 gram)
1 sdt vanili bubuk
Gula garam secukupnya
Air

Tambahan : keju parut

Cara pengolahan :

Campur terigu, telur,vanili dan gula garam jadi satu. Aduk rata.
Tambahkan air pada adonan sampai kental tidak encer, sisihkan.
Potong pisang tanduk ukuran sedang, (potong miring) 1 pisang tanduk dapat dibagi 5-6 potong
Celupkan pisang ke adonan, lalu goreng dengan api sedang sampai kecoklatan. Sisihkan
Beri keju cheddar parut di atasnya

Oiya, fungsi vanili disini supaya pisang goreng kita tambah wangi loh. Tapi hati-hati jangan kebanyakan, karena vanili yang terlalu banyak dapat menyebabkan rasa pahit.

Fungsi telur dalam adonan agar kita mendapatkan tepung yg kriuk-kriuk hehehe. Mudahkan? Daripada beli yang tepung instan, tentu lebih banyak pengawetnya. Apalagi beli gorengan di luar belum tentu jelasnya minyak yg dipakai.

Nah, sahabat kalau mau buat makanan berkuah simpel bisa coba resep Cream Soup dari Mbak Melina. Resepnya cocok buat buka puasa atau dijadikan menu camilan di rumah.

Selamat mencoba ya, kalau kamu biasa membuat camilan untuk buka puasa pakai apa yang praktis?

Salam,



Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

Posting Komentar