mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Jadi Bisa Memasak Karena Di Rumah aja

Hai, semoga kalian semua masih dalam keadaan sehat lahir maupun batin ya.
Sahabat Mamah sudah berapa hari nih kalian nggak keluar rumah? Ada yang mulai bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah? Meski hampir kita mengkarantina diri di rumah, tenang kita masih bisa mengundang hormon kebahagiaan loh.



Mamah mau kasih beberapa rekomendasi kegiatan seru untuk kalian agar bisa mengasah bahkan mencoba ketrampilan baru di rumah ya :

Asah Ketrampilan Mamah Meski di Rumah


1. Membuat Mainan Anak



Meskipun sakha ada home learning di rumah dari kelompok bermainnya, terkadang ia tidak mood atau selera dalam mengerjakannya. Nah di usianya sekarang pun sakha sering meminta Mamah untuk bermain bersama, "Mah bikin Drumband yu" ucapnya tadi pagi setelah mandi. 
Entah dapat wangsit dari mana, tapi ya saya coba buat sebisa saya. Saya minta agar ia mencari bahan dan alatnya. Akhirnya jadi dengan bermodal tali rapi, kardus kue dan plastik juga lakban. seru sih kalau liat anak anteng dengan mainan, apalagi mainan DIY alias do it yourself.

3. Tukang cerita



Salah satu cara ampuh kami untuk melepaskan gawai dan segala rupa akses digital kepada anak sulung kami adalah dengan bercerita. Apalagi musim di rumah begini, Si Sulung jadi terus minta-minta cerita baik ke Mamah atau ke Ayahnya.

4. Update Blog


Meski di rumah aja ga membuat kamu mager kan? Mengupdate konten blog kamu tentu bisa jadi ajang ngabuburit atau menemani kamu supaya ga terlelap saat habis solat shubuh. Hehe.
Salah satunya dengan ikut BPN RAMADHAN CHALLENGE 2020. Saya sendiri baru kali ini ikut tantangan  dari bloggerperempuan tahun ini. Rasanya ga percaya juga hampir 11 hari bisa nulis one day one post meski ada tragedi sakit perut karena kebanyakan duduk. Mungkin terlalu excited jadi di depan laptop terus. Heheh. Hitung-hitung menghidupkan kembali website, semoga kuantitas tidak mengurangi kualitas tulisan-tulisan di blog ini ya. 


5. ⁣Memasak resep baru



Memasak menjadi pekerjaan mulia para perempuan. Kenapa? demi menyediakan kebutuhan logistik perut anak-anak dan suami serta mencukupkan gizi mereka, ia rela berpeluh dengan asap dapur. Oke fokus. Siapa yang jadi sering bolak balik buka kulkas dan ke dapur? ayo pada ngacung kan?
Alhamdulillahnya kini sedang Ramadhan jadi intensitas tidak terlalu sering untuk mengunyah, walaupun karena masih punya anak balita tetap harus berkreasi ria membuat santapan dan kudapan.
Mulai dari Cilok, Batagor sampe Brownies dicoba dibuat di dapur kecil kami.
Awalnya karena sharing resep di grup keluarga oleh kakak pertama saya, perlahan kakak kedua dan kakak ketiga juga ikut buat. Jadi deh saya latah ikutan juga, dan voila resep cilok ini anti gagal, berbeda dengan resep cilok yang beberapa kali saya buat kurang berhasil.

Ini dia resep ciloknya :

Bahan yang diperlukan :
  • Tepung terigu dan Sagu masing-masing 250 gram (perbandingannya 1:1) 
  • Bawang putih 3 siung
  • Daun bawang secukupnya
  • Garam dan lada
  • air secukupnya
Cara Pembuatannya :
  • Haluskan bawang putih lalu rebus dengan air sampai mendidih. 
  • Air campuran bawang mendidih tersebut dituangkan ke dalam mangkok yang telah diisi terigu dan potongan daun bawang juga garam dan lada.
  • Setelah adonan kalis tercampur rata, adonan diberi sagu sampai bisa dibentuk bulat
  • Bentuk dengan rasa sabar dan syukur
  • Kemudian rebus di air mendidih sampai mengapung
  • Cilok siap dikunyah dengan bumbu kecap dan saos atau bumbu kacang
Nah selain mengasah ketrampilan memasak, memasak bareng dengan anak juga meningkatkan bounding loh. Sakha yang berumur 4 tahun pada saat saya memasak cilok ikut membulatkan adonan, ya meski dapur jadi agak sedikit lebih wah. haha. tetapi tak apa memasak bareng anak dan suami pun bisa jadi salah satu aktivitas seru bersama anak di rumah.

Selain itu ada resep sahur praktis yang habis saya coba kemarin, coba cek di postingan IG saya di bawah ini


View this post on Instagram

Siapa yang kalau bangun sahurnya suka mepet-mepet? Ayo ngacung. Nah buat para Mamah apalagi yang harus nyiapin menu sahur buat keluarga, tentu harus punya menu sahur praktis mudah dan cepat. Siapa yang ga tahu makanan fermentasi dari kedelai khas Indonesia ini, Tempe. Selain rasanya yang enak, tempe juga banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kali ini Mamah Ina mau berbagi resep Tumis Buncis dan Tempe dengan Kecap Manis Pedas dari @korasaindonesia Bahan-bahan : - 1 papan/ 200 gram tempe(potong dadu, goreng) - 150 gram buncis, siangi potong-potong serong - 1 buah cabe hijau, potong serong - 1 buah cabe merah besar, potong serong - 1/2 buah tomat - 3 sdm KoRasa Kecap Manis Pedas - 2 bawang merah, 1 bawang putih iris tipis - secukupnya air Cara Membuat : - Tumis bawang merah, bawang putih tambahkan cabe merah dan cabe hijau sampai harum - Masukkan buncis, beri sedikit air tunggu sampai layu tambahkan tempe dan tomat. Lalu beri KoRasa Kecap Manis Pedas juga sedikit garam. Masak sampai matang. Cicipi rasanya. Angkat dan sajikan. Swipe buat lihat videonya ya :) Bagaimana mudah bukan? Selain bisa dikreasikan dengan masakan Saus KoRasa nikmat juga dicocol langsung dengan gorengan favorit kalian. Yuk ikuti kontes kreasi menu masakan #SahurBarengKoRasa @ndhmiel @hanawitsqa @na_polaris @ries_nie @ozaaff #GurihnyaSausKoRasa selain Kecap juga tersedia varian Saus Pedas Asli. Selamat mencoba :)
A post shared by Shafira Adlina (@shaadl) on

Nah karena di rumah aja jadi bisa memasak sama keluarga kan? Selamat mencoba resep ciloknya ya...sampai jumpa di resep-resep berikutnya :)

Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

21 comments

  1. Lihat menu makanannya langsung terbayang enaknya seperti apa. Ditambah warna hijau yang baru tambah betah mata ini. Saya suka warna hijau soalnya

    ReplyDelete
  2. Nomor 4 bagus nih, sekarang memang sudah waktunya para ibu2 meningkatkan skills diluar kemampuan masak saja. Kalau kata orang sih, ibu2 milenial gitu hehe

    ReplyDelete
  3. Yang belum nikah dan belum punya anak macam saya, akhirnya masih bisa berencana melakukan hal2 di atas. Mkwkwkw, kcuali soal makan cilok sih, doyan abis meski gabisa masaknya

    ReplyDelete
  4. Semua tips uda sy kerjain. Mulai bikin mainan,update blog,ikutan kulwap,aplagi bikin resep baru. Anak-anak tuh demen buka tutup kulkas nanyain ada jajan apa mulu hahaha.

    ReplyDelete
  5. Wah samaan kita mba, nulis di blogger perempuan ya. Hehehe. Semoga ramadan tahun ini membawa berkah utk kita semua ya mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Sama mbak, salah satu kegiatan saya selama dirumah saja adalah memasak. Dulu saya belum bisa membuat roti, ketika dirumah saja ini ada beberapa buah jenis roti yang sudah berhasil saya buat. Di rumah saja membuat bakat memasak saja jadi lebih berkembang 😊

    ReplyDelete
  7. Kalau saya biasanya encok saat lama-lama duduk mah hehehe Terimakasih ya resepnya, saya jadi kepengen nyoba. Apalagi resep cilornya. Gampang banget ternyata

    ReplyDelete
  8. Aku salfok deh sama ciloknya. Bisa warna warni gitu lucu hahaha. Kalau warna ijo gimana tuh mba, nti dikira klepon yak😂😂 btw aku jg jadi rajin masak gara2 dirumahaja.

    ReplyDelete
  9. Belum pernah buat cilok. Boleh juga resepnya mbak. Bisa saya eksekusi untuk anak-anak. Saya juga jadi sering masak macem-macem sejak pandemi ini. Jadi makin kreatif ala mamak lah pokoknya.

    ReplyDelete
  10. Kalau saya karena dirumah aja bukan nambah skill memasaknya sih. Tapi nambah skill rebahannya. wkwkwkwkwk. Canda ya gaes, saya sih memasak tak begitu suka, palingan waktu dirumah saya habiskan buat update blog.

    ReplyDelete
  11. Udah lama pengen masak cilok tapi nggak tau cara bikinnya hihi. Abis baca artikel ini ternyata nggak seribet yang di bayangkan ya. Besok auto coba masak cilok

    ReplyDelete
  12. Udah lama pengen masak cilok tapi nggak tau cara bikinnya hihi. Abis baca artikel ini ternyata nggak seribet yang di bayangkan ya. Besok auto coba masak cilok

    ReplyDelete
  13. Masak dan buat mainan buat ponakan telah aku lakoni beberapa waktu sejak psbb.

    Meski gak work from home. Tapi lumayanlah nyoba2 reseb baru kak

    ReplyDelete
  14. Tumis tempe buncisnya bikin ngiler Mbak, hehe. Bener selama di rumah aja lebih sering masak gak jajan di luar lagi kan ya wkwk. Belum pernah coba Korasa nih, enak ya buat tambahan masak

    ReplyDelete
  15. sesi membuat mainan itu jadi nostalgia masa-masa kecil dulu saat membuat mainan bersama ibu, kalau sekarang udah ada buku tutorial banyak banget. BTW jadi pengen masak cilok slurrp

    ReplyDelete
  16. wah penasaran sama rasa saos Korasa...jd pengen eksekusi bhn makanan pake saos korasa ini..kyk gmn ya rasanya hehe

    ReplyDelete
  17. Wihi, dapat resep cilok, jajanan favorit suami. Gara-gara doi kecil sampai dewasa lama di Jawa, jadinya suka beli cilok deh. Fenomena #dirumahaja ini emang bikin perempuan bisa upgrade skill diri ya mba, mulai memasak, jadi guru buat anak, juga menjalani passion meski dari rumah.

    ReplyDelete
  18. Kak Shafira, resep ciloknya izin ya aku recook buat cemilan anak..
    Aku semakin di rumah, semakin sering ngomel kak..
    Kayaknya butuh sabar dan syukur kayak pas mbulet-mbuletin cilok..

    ReplyDelete
  19. wah aku lagi mencari resep cilok yang mudah ini ada kebetulan sekali , aku mau coba deh
    buat camilan buka puasa. Maklum aku lagi mau banyakin resep biar eksekusi langsung

    ReplyDelete
  20. Hebat jadi produktifmemasak
    Aku ngapain ya,ngeblos satu tulisanminimal per hari
    Nonton drakor udah banyak banget
    Baca buku juga

    ReplyDelete
  21. Memang harus jadi kreatif ya untuk menjalani hari di rumah aja. Supaya nggak stres dan bosen.

    ReplyDelete