mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi


Pemerintah sudah mencanangkan situasi sekarang sebagai New Normal, namun ruang berkegiatan di luar rumah tetap terbatas. Banyak di antara saudara kita yang dirumahkan atau sudah kehilangan pekerjaannya. Mau tidak mau mereka harus memutar otak bagaimana menjemput rezeki agar asap terus mengebul. Mencari pekerjaan tentu hal yang sukar di tengah situasi pandemi yang serba tidak pasti.

inna ma'al usri yusra - setelah kesusahan ada kemudahan.

Mari kita fokus pada cahaya bukan pada kegelapan. Meski di saat sempit. Kita harus mengendus peluang usaha apa yang bisa dilakukan. Peluang muncul ke permukaan pasar karena adanya kebutuhan.
Seperti dalam wabah pandemi ini, ada peluang pasar yang muncul. Selain itu kita juga harus menangkap peluang bisnis apa lagi yang akan bertahan meski dalam kondisi krisis seperti ini. 

Kartu Prakerja

Salah satu ikhtiar Pemerintah untuk mengatasi permasalah perekonomian dalam masa pandemi ini adalah mengeluarkan Kartu Prakerja. Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Kesempatan memakai kartu prakerja harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Banyaknya jenis pelatihan yang ditawarkan berbagai lembaga tentu membuat sedikit sahabat kebingungan. Kita harus bijak dalam memilih pelatihan yang benar-benar aplikatif dan siap diimplementasikan secara mandiri.

Tercatat dari 456.256 peserta Kartu Prakerja gelombang pertama dan kedua membeli paket pelatihan barista dan wirausaha kopi. Data tersebut disampaikan oleh Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja. Salah satunya Bencoolen Coffee menyediakan Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi.

Bisnis Makanan akan Kuat Bertahan dalam Kondisi Wabah Pandemi


Di masa serba tidak pasti. Kita harus semakin cerdas untuk tetap bertahan dalam kondisi wabah pandemi. Dalam memulai suatu usaha, kita harus memperhatikan mana peluang jenis usaha yang memiliki kekuatan bertahan. Setidaknya terdapat empat sektor jenis usaha atau bisnis yang dinilai akan bertahan meski dalam kondisi krisis seperti wabah pandemi sekarang. Apa saja ya, Sahabat?

 1. Jasa dan produk kesehatan

Masih ingat dengan meroketnya harga hand sanitizier dan masker ketika pertama kali merebaknya virus covid-19? Itulah bukti peluang sektor bisnis ini mulai  digandrungi.
Selain itu banyak jasa kesehatan ditawarkan via aplikasi. Karena baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup

2. Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Masa pandemi ini merupakan momentum yang tepat, karena sebagian orang mengevaluasi diri dan menganggap dirinya membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk terus mengembangkan diri. Meskipun masa krisis, pendidikan dan pelatihan terus berjalan. Hanya medianya saja yang berubah. Sekolah anak-anak pun berubah menjadi kelas-kelas online. Berbagai komunitas bahkan lembaga pemerintah pun banjir mengadakan webinar. Semua ini yang membuat bisnis di industri pendidikan dan pelatihan dapat bertahan saat perekonomian dalam kondisi yang buruk. 

3. Bisnis Digital 

Sektor usaha ini dianggap paling dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Perkembangan teknologi dapat membawa kemudahan bagi masyarakat dan mampu mendukung hingga mengembangkan sektor-sektor bisnis lain. 

4. Usaha Makanan dan Minuman

Mau sesusah apapun, setiap orang pasti membutuhkan makanan dan minuman. Maka dari itu jenis usaha food and beverage dianggap salah satu sektor bisnis tahan krisis ekonomi karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun.  Menjadi barista dan membuka usaha warung kopi dapat menjadi salah satu peluang yang bisa diambil untuk memulai usaha mandiri. Salah satunya ikut pelatihan barista merdeka dan usaha warung kopi dari Bencoolen Coffee.


Maraknya Usaha Warung Kopi, Peluang Usaha di Tengah Pandemi

Saat ini kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat. Terbukti dengan menjamurnya usaha warung kopi (coffeshop) di berbagai penjuru kota. Baik lintas usia, gender di semua kalangan menggemari minuman beraroma tersebut. Meski dalam masa pandemi, tren menkonsumsi kopi pun tidak pernah surut. Terbukti dengan tren kopi dalgona dan kopi literan yang merebak akhir-akhir ini.

Artinya kopi masih menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat dan para milenial. Salah satunya adalah Bencoolen coffee menggunakan kopi murni 100% yang aman di konsumsi dan memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk imunitas melawan virus, salah satunya virus Covid-19. 

Kenapa Usaha Warung Kopi?

Terbukti dengan banyaknya minat Usaha warung kopi yang merupakan salah satu usaha makanan dan minuman. Setidaknya ada 3 alasan kenapa usaha warung kopi cocok diimplemtasikan sebagai bisnis saat pandemi.

1.Trend perkembangan konsumennya yang stabil. 

Masyarakat selain menikmati kopi di warung kopi, kini dapat menikmatinya dengan memesan melalui aplikasi ojek online. Apalagi kini tren kopi semakin beragam. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) menunjukkan rata-rata konsumsi kopi per kapita penduduk Indonesia cenderung stabil. Dari tahun 2002 hingga 2015, tidak ada fluktuasi turun atau naik yang signifikan. Berkisar antara 1,25 kilogram per tahun per penduduk. BPS juga melaporkan hasil proyeksi konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat dari tahun 2016-2020.  Konsumsi kopi nasional diproyeksikan masih akan mencatatkan kenaikan 8% secara tahunan.

2. Margin profitnya yang cukup tinggi. 

Suami saya, sebagai pengusaha, pernah berkata segala sesuatu yang jualan “air” itu menguntungkan. Apalagi usaha warung kopi, dengan ragamnya variasi kopi . Modal usaha warung kopi yang dikeluarkan tidak begitu besar namun potensi konsumen yang tidak pernah habis membuat usaha warung kopi ini dapat menghasilkan keuntungan cukup tinggi. 

3. Semakin luasnya jaringan belanja jenis-jenis kopi dan perangkat kopi di Indonesia. 

Luasnya jaringan belanja online membuat kita mudah untuk mendapatkan beragama jenis kopi Indonesia. Baik yang dijual oleh brand-brand besar atau berkembang. Salah satunya Bencoolen Coffee menyediakan usaha warung kopi.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi dari Bencoolen Coffee

Usaha warung kopi dan barista ibarat amplop dan perangkonya. Sahabat Mamah, sebelumnya mari kita samakan persepsi ya apa itu Barista?
Barista adalah garda terdepan dari usaha warung kopi. Barista bertugas untuk mengolah, meracik dan menyajikan segelas kopi. Supaya terlihat menarik dari tampilan dan juga rasa.

Agar kita dapat mumpuni menjadi barista dan memulai usaha warung kopi tentu perlu ilmu dari mentor ahli di bidangnya. Bencoolen Coffe menyediakan pelatihan barista dan usaha warung kopi. Pelatihan Barista dan usaha warung kopi merupakan salah satu peluang usaha yang dapat kita ambil. 

Dengan mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi dari bencoolen coffee langkah menjadi barista professional dan memiliki usaha warung kopi tentu semakin dekat.


Manfaat Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi yang diberikan Bencoolen Coffe akan berbeda dengan pelatihan Barista Biasa. Kenapa? Karena kita di latihan menjadi Barista yang luar biasa oleh mentor yang berpengalaman. Mulai dari pengetahuan kopi juga memahami kebutuhan menjadi barista. Selain itu pemahaman dari jenis kopi tapi juga memahami karakteristik kopi dan cara meracik kopi, kita juga akan memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista. 

3 Macam Paket Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Bencoolen Coffe menyediakan 3 Macam Paket Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi. Pelatihan ini dapat dipilih yang sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

1.  Menjadi Barista Pemula

Paket pelatihan barista dan usaha warung kopi dari Bencoolen Coffe ini ditujukan bagi kamu yang ingin memulai menjadi seorang Barista. Materi pada pelatihan barista pemula ini antara lain pemahaman jenis dan Karakteristik serta Teknik Dasar Pembuatan Kopi. Selain itu pada paket ini juga mengupas Profesi dan tugas seorang Barista.

2. Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian Dengan Modal Minim

Pada paket pelatihan barista kedua ini, partisipan diberi pemahaman tentang berwirausaha, impelentasinya terhadap kewirausahaan kopi dan skema wirausaha kedai kopi susu kekinian. Selain itu terdapat tips memilih lokasi berjualan dan penerapan wirausaha kopi mandiri. 

3. Outlet Warung Kopi

Materi pada paket pelatihan ini mengenai persiapan membuka outlet/ warung kopi, peralatan yang disiapkan, perhitungan modal kerja, racikan kopi rasa cafe dengan harga murah, dan penerapannya pada outlet warung kopi.

Bagaimana lengkap kan jenis paket pelatihan barista dan usaha warung kopi yang disediakan Bencoolen Coffee. Informasi lebih lanjut di Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi ya.

Kesimpulan

Saatnya kemerdekaan kopi di rumah sendiri. Barista Merdeka dan Usaha Warung Kopi Bersama Bencoolen Coffee. Dengan memanfaatkan kartu prakerja dari pemerintah kita bisa mendapatkan pengetahuan, skill dan keterampilan untuk memulai usaha warung kopi. Meskipun di rumah saja, kita bisa mempersiapkan diri menjadi barista dan memulai usaha warung kopi. Yuk daftar pelatihan barista dan usaha warung kopi susu kekinian dengan modal minim serta outlet warung kopi. 


Semoga Bermanfaat, Salam.


Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

18 comments

  1. lengkap sekali infonya mommy Ina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis yg paling hits zaman sekarang nih, sungguh menjamur ��

      Delete
  2. wah. makasih inspirasi ide untuk memulai bisnis nih. di sekitar ku juga paling ramai di bisnis makanan. bisnis yang tak lekang oleh waktu ya.

    ReplyDelete
  3. Mba shafiraaaa keren banget sih ilustrasinya asliik. Bikin irii dehh. Hihi. Pakai apa mba buatnya? Hehe.
    Sukses yaa, mudah2an ikut nyangkut jadi pemenang. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak jihaan..masyaAllah didoain sm mbak jihan. Semoha mbak jihan juga nyangkut ya.. so proud kenal sm mbak jihan. Aku bikin pake canva jg pk inkspace

      Delete
  4. Bermanfaat banget ini infonya mom. Nggak nyangka kartu prakerja itu sangat membantu ya di tengah pandemi ini. Adikku daftar juga sih karena dia ikut terdampak covid sebelum puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak gio. semoga bs diimplementasikan ya semua pelatihan yang didapat dr kartu prakerja

      Delete
  5. Oh makasih idenya mbak, ini lagi bingung mau buka usaha apa. Ternyata usaha kopi lagi ngetrend ya.

    ReplyDelete
  6. Makasih ya idenya bisa dicoba ini siapa tahu jodoh di usaha ini

    ReplyDelete
  7. Pelatihan sekarang bisa dengan mudah ya mba, apalagi udah ada kartu prakerja juga yg membantu. Seneng banget kalau bisa pads maju. Terutama jadi barista nih. Emang gak ada matinya usaha kopi tuh karena terus berinovasi dan banyak yg suka ngopi. Termasuk saya hehe

    ReplyDelete
  8. Menurut saya pun iya banget. Bisnis makanan dan minuman rasanya tetap punya peluang besar walau di masa pandemi begini. Sebab nggak semua orang mau benar benar belajar makanan enak yang sedang dia inginkan. Termasuk urusan kopi. Sebab para penikmat kopi kekinian, nggak selalu jago bikin kopi sendiri. So, peluangnya tetap ada.

    ReplyDelete
  9. sayangnya saya ga bisa minum kopi karna alasan kesehatan, tapi memang bisnis kopi ini menjanjikan jaman sekarang. mengingat anak muda hobinya nongkrong.

    ReplyDelete
  10. Kalo melihat bisnis apa saja yang tahan banting dari segala sesuatu termasuk corona, ya makanan sih betul salah satunya. Apalagi dengan kemudahan jaman sekarang, bisa di anterin juga melalui ojek online dll.

    ReplyDelete
  11. Aku coba daftar kartu prakerja tapi gak lolos deh kayaknya soalnya gak ada notifnya.

    Tapi selama pandemi ini aku ngide sendiri utk belajar jualan makanan. Alhamdulillah ya menghasilkan.

    ReplyDelete
  12. Pelatihan sekarang di masa pandemi ini jadi lebih muday ya mom, bisa tetep di rumah aja tapi dpt ilmu dan kesempatan baru. Coba nanti aku kasih tahu info ini ke suami, dia suka banget sama kopi smpe harus nyetok kopi bijian dan ngegiling sendiri di rumah, saking doyannya.. makasih infonya ya mom 😊🙏

    ReplyDelete
  13. Baca artikel ini terus malah gagal fokus karena merasa menyesal ga beli alat bikin kopi yang kemarin di sale gila2an 70% sama miniso 🤣

    ReplyDelete
  14. Ini tuh infonya bermanfaat banget. Saudaraku ada yang baru dilaid off gara-gara pandemi. Definitely gonna share this info with her. Sekarang lagi hype banget usaha kopi soalnya ya.

    ReplyDelete