mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Memasak Penuh Inspirasi dengan Resep Masakan Rinaresep.com

Hai sahabat Mamah, siapa yang menjelang tidur malamnya suka kepikiran besok masak apa ya?
Jika iya berarti kita punya kesamaan. Apalagi ketika punya anak kecil di rumah. Setiap harinya harus memutar otak mau masak apa ya. Dapat menyediakan menu makanan yang memenuhi gizi keluarga juga enak dan sehat tentu harapan setiap mamah.

Meskipun dari usia sekolah menengah pertama saya sudah dibiasakan untuk memasak oleh mamah, nyatanya saya belum jago memasak. Cara masak saya termasuk yang biasa. Hal itu karena memasak termasuk skill yang harus dilatih. Ingat sekali, masakan pertama saya untuk suami itu sayur kangkung yang kurang asin, hiks.
 
Suami juga termasuk yang mudah dan supel dalam mengkonsumsi makanan. Masak boleh, beli boleh. Jadi wayahna (sunda: kamu harus nerima) skill memasak saya segitu-gitu aja. Walaupun dalam perjalanannya saya juga berusaha untuk bisa memasak menu favoritnya yang pertama kali saya buat seumur hidup saya. Seperti opor ayam dan ikan goreng. 
Percaya ga seumur hidup saya belum bisa tuh bersihin ikan kembung dan hati ampela ayam, sampai googling dan akhirnya dibantu suami. Hahaha. 

Nah, hadirnya buah hati yang harus mulai makan di usia pernikahan yang ke-16 bulan membuat saya harus mau tidak mau meningkatkan kemampuan memasak saya yang gitu-gitu aja.  Masak adik bayi mau saya kasih sayur bayem sama opor ayam sebagai menu kebangsaan rumah tangga.

Resep masakan rinaresep.com

Kini saya memiliki dua hati. Anak pertama saya 2 bulan lagi berusia 5 tahun dan adiknya yang berusia 1 tahun 1 bulan. Kini keduanya menjadi konsumen sejati masakan saya, tentu selain Bapaknya ya Gaes. Selain harus muter otak untuk memasak menu utama apa besok. Ada juga permintaan yang sering dikumandangkan si sulung.

“Mah bikin donat dong”
“Mah bikin cilok dong”
“Mah bikin cireng dong”

Itulah Sakha, sebisa mungkin memang saya menyediakan kudapan homemade dibanding harus jajan di luar yang belum tentu higienis dan sehatnya. Apalagi sedang merebaknya virus corona seperti ini. Tentu memasak di rumah adalah solusi terbaik.

Untuk mendapatkan inspirasi memasak dengan kemudahan teknologi sekarang banyak sekali media untuk mencari resep masakan. Bermodal whatsapp dan telepon, saya sekali dua kali bertanya pada Mamah dan Ibu Mertua tentang satu dua resep makanan. 

Selain itu saya biasa berselancar di aplikasi dan website resep masakan yang menyediakan ragam pilihan resep makanan. Baru kali ini saya mengetahui ada sebuah website yang menyediakan aneka resep makanan, minuman bahkan kue. Website itu bernama rinaresep.com. Saya langsung menebak pasti yang punya namanya Rina, kalau yang punya saya tentu namanya mamahresep dong, haha.

Ada apa saja di rinaresep.com?

Begitu membuka website rinaresep.com, kita disajikan halaman utamanya cukup menarik. Halaman utama menyajikan thumbnail-thumbnail foto masakan yang cukup menggiurkan. Jika kita mengklik salah satu gambar langsung menuju resep tersebut.

Menu atas di website rinaresep.com ini memudahkan navigasi kita dalam berselancar di website ini. Meskipun baru rilis di bulan April 2020, resep makanan di website ini sudah cukup beragam. 

Sekarang saya akan bercerita mengenai website resep masakan rinaresep.com. Yukkita bedah satu-satu menu di halaman home rinaresep.com.

KUMPULAN BERAGAM RESEP

Di menu atas sebelah kiri (jika di personal computer ) bertuliskan RESEP. Di menu tersebut ada 4 pembagian menu turun yang dapat kita klik. Empat kategori tersebut yakni Resep Makanan, Resep Minuman, Resep Kue, dan Sup – Berkuah (menu hidangan berkuah). 
Sementara pada bagian kategori di laman home terbagi 10 jenis masakan, yaitu resep ayam, cepat saji, daging, ikan, kue, mie, minuman, sayur, seafoof dan sup.

Jadi sahabat mamah, kita bisa shopping idea memasak sesuai kategori agar bisa memasak penuh inspirasi. Seperti saya malam itu berselancar resep kue di rinaresep.com untuk membuat kudapan anak-anak esok hari.

Di halaman resep kue terdapat satu resep yang menarik perhatian saya yakni pudding oreo. Berhubung masih ada oreo kaleng kue lebaran kemarin. Ah mari kita coba buat pudding oreo.

Halaman resep yang ditampilkan cukup menarik. Selain gambar dan tulisannya yang jelas dan detail.  Ada informasi waktu memasak dan jumlah porsi serta tingkat memasak. Untuk pudding oreo, tingkat kesulitannya medium. Dan waktu yang dibutuhkan 53 menit.

Tombol Porsi

Kemudian kita bisa mengklik bagian porsi sesuai yang kita inginkan, dan otomatis mengubah takaran bahan memasak. Jadi kita tidak perlu repot menghitung-hitung jika ingin menambah atau mengurangi porsi masak.

Informasi Nutrisi

Yeay baru sekali saya menemukan website resep masakan yang juga menyediakan informasi nutrisi tiap resep masakannya. Tertera berapa kalori, protein, lemak, dan karbohidrat yang terkandung untuk 1 porsi. Dengan demikian kita dapat memutuskan apakah akan mencoba resep tersebut atau tidak.

Mode Baca dan Tombol Print

Mode baca ini seperti kita menggunakan software Microsoft word kemudian ingin membaca sebuah dokumen dengan lebih khusyu. Nah ini memudahkan kita kalau mau memahami resep masakan sebelum praktek di dapur. Oya buat kamu yang pengen ngeprint juga mudah, ada juga tombol print tinggal hubungkan printer dengan pc, mudah kan?

tampilan resep dari rinaresep.com

Timer dan Add to Meal Plan

Uniknya di website ini ada fitur timer. Jadi ketika memasak sambil membaca resep kita bisa juga menekan tombol timer ini untuk menghitung waktu kita memasak. Satu lagi fitur yang ada di halaman website rinaresep.com yaitu tombol yang berwarna hijau bertuliskan add to meal plan. Dengan tombol ini kita gunakan ketika kita ingin menyimpan resep ini untuk rencana masak, nah nanti otomatis terhitung kalori makanan yang sudah kita masukkan ke dalam menu meal plan ini, seru ya?

KITA DAPAT BERBAGI RESEP KEBANGSAAN

Menu selanjutnya di website rinaresep.com adalah TULIS RESEP.
Selain bisa berbelanja ide, di rinaresep.com kita juga bisa berbagi resep makanan kita di sana. Tentu sebelumnya kita harus mendaftar sebagai member. Cukup mudah mendaftar member di rinaresep.com. kita hanya perlu menyiapkan email aktif, ikuti petunjuknya, viola beberapa saat jadi akun kita. Dan siap berbagi resep andalan kebangsaan keluarga di rumah yang bisa menjadi inspirasi dan diikuti banyak orang pengunjung rinaresep.com.

BELANJA DI RINARESEP.COM

Menu ketiga adalah SHOP.
Di dalam menu ini baru hanya ada satu produk yang dijual oleh website ini, yaitu sambal siap makan. Secara website ini baru seumur jagung ya, jadi wajar. Namun ini artinya website ini akan berkembang dengan berbagai produk-produk makanan. Kita tunggu saja ya.

NGOBROL YU DI FORUM DISKUSI!

Menu Keempat adalah Forum.
Rinaresep.com menyediakan forum diskusi yang dapat dipakai para membernya. Di forum diskusi ini para member dapat saling ngobrol dan berdiskusi mulai dari diskusi ringan seperti rikues resep, berbagai tips atau mengadakan forum jual beli. Asik banget kan?

CERITA DI BALIK RINARESEP.COM DI PAGES

Menu selanjutnya adalah beberapa halaman mengenai website rinaresep.com.
Tentu dari nama website ini kita bisa menebak siapa penulis utamanya. Seorang perempuan bernama asli Rina Anggraeni.  Berawal dari hobi memasak dan menulis, membuat ia kini aktif menjadi penulis berbagai macam resep di beberapa media dan website. Akhirnya pada awal tahun ini bersama teman-temannya mendirikan rinaresep.com.

Siapa teman-teman Rina yang digandeng untuk menggarap website ini? Ada 4 profil yang dijelaskan di halaman About Us website resep masakan rinaresep.com yaitu Widya Abdurrozaq (Pakar SEO), Miftah Aulya (Photographer) , sementara Shilvia Rozalia dan Rina Anggraeni sendiri sebagai kontributor penulis resep masakan di rinaresep.com.

Akhir Kata dan Kesimpulan

Itu dia ulasanku mengenai website resep masakan rinaresep.com.
Dengan usia yang masih mudah website ini cukup menampilkan berbagai resep masakan. Dengan berbagai fitur yang memudahkan kita dalam menentukan aneka resep masakan. Nah semoga semakin membuat kita semua semangat dan terinspirasi dengan resep masakan dari rinaresep.com
Jadi besok mau masak apa Gaes?
Jangan bingung, buruan kunjungi website rinaresep.com ya!

Salam,


Related Posts
Shafira Adlina
Mom of 2H. Momblogger sekaligus Asesor dan Fasilitator Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor.

Related Posts

41 comments

  1. Cool!
    Tp masih ada kalimat2 yg kepanjangan tanpa tanda baca, fir. Selebihnya okeeee

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali reviewnya mah. bisa segera dieksekusi membuat makanan dari resep di aplikasi ini

    ReplyDelete
  3. Lebih keren dati cookpad kah? Cobalah nti kapan kapan recook dr rinaresep.com..mantap, terimakasih ingonya.

    ReplyDelete
  4. Sama...akupun baru niat belajar masak sejak punya anak. Anak minta bikin itu ini jadi deh resepnya dicari
    Penting nih rinaresep com ada, soalnya sering bingung mau masak apa...Fiturnya pun lengkap ya, senang ada aplikasi yang memudahkan kita dalam hal masak begini

    ReplyDelete
  5. sebagai anak perantauan dan tinggal di kos, ini membantu banget kalau butuh makanan yang beda dan gak ngebosenin, karena hampir tiap hari makanannya ya nasi padang haha, thanks kak

    ReplyDelete
  6. Ohh app resep baru yaa. Selama ini kenalnya cookpa* sama yumm*app. Hehe. Boleh dicoba nih referensinya, apalagi anak2 maunya ngemil bae tiap hari. Makasih sharingnya..

    ReplyDelete
  7. Wahh lengkap ya rinaresep ini. Pas bgt saya tu kalo masak gak bisa klo gak liat resep. Wkwk, beginner di dapur soal'y..

    ReplyDelete
  8. Wuih lengkap ya ternyata ini aplikasinya
    Asyik juga di sini nyari-nyari anek resep
    Apalagi di masa kayak gini, bocah yang liburan selalu minta cemilan
    Mau banget deh belajar masak dari sini

    ReplyDelete
  9. Wah... Bisa jadi alternatif cari resep nih. Secara krucil di rumah banyak reques nya. ๐Ÿคญ

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak, memasak memang skill yang harus terus diasah. Seperti pengalaman saya nih mbak, awal menikah bisanya cuma goreng telur dan masak tumisan. Sekarang skill memasak saya lumayan nambah, saya sudah bisa buat soto dan rawon๐Ÿ˜Š
    Wah sekarang jadi lebih mudah ya mbak cari web resep masakan. Jadi gak binggung lagi kalau anak minta masakan yang macam-macam, tinggal cari saja di web rina resep com tersebut. .. .

    ReplyDelete
  11. Wahhh aplikasi teman dapur yang wajib jadi refrensi nih. Apalagi aku yang suka bingung mau masak apa ketika kkak² sudah keluar kota dan mama sedang berhalangan masak hehe. Maklum anak bungsu jarang ngedapur๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  12. Wah, lengkap banget ya aplikasinya. Saya termasuk nih, yang besok selalu bingung mau masak apa. Kebutuhan sosialisasi sesema Ibu juga terpenuhi ya lewat aplikasi itu. Bisa belanja juga, lengkap banget....

    ReplyDelete
  13. Masih baru ya Mba. Pantes aku belum dengar. Tapi tombol print ini membantu banget. Jadi bisa langsung print trus tempel di dapur pas masak .jadi gak usah buka hape lagi

    ReplyDelete
  14. Mbak request buat salad sederhana tapi enak dan mengenyangkan (buat laki kadang porsinya ga buat kenyang kalo salad)

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu ada aplikasi lain selain Y***y kemarin yang sempat aku ulas. Bener-bener ketahuan deh aku ga pernah masak. Hihihi. Baiklah, aku akan coba install rinaresep. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  16. Aplikasi seperti sangat membantu buat yang lagi belajar masak. Jadi gak perlu repot-repot nyari lagi, bisa langaung dicoba. Apalagi karena ada menu belanjanya

    ReplyDelete
  17. wah mkn bnyk ya aplikasi memasak btw aplikasi rinaresep terbaik deh krna fiturnya lengkap dan mudah dipahami buat pemula..

    ReplyDelete
  18. Siap dikunjungi websitenya. Tidak hanya mommy donk, laki-laki juga tidak ada salahnya untuk belajar memasak.

    ReplyDelete
  19. Lohh bisa belanja jugaa? Amazing deeh rinaresep.. Btw memang selama pandemi ini mulut gaperna bisa brenti nyemil ya mbaa. Cuma berhenti pas puasa hahaha. Jadi butuh banget aplikasi yang memuat berbagai macam resep kayak gini, utamanya cemilann

    ReplyDelete
  20. Banyak resep yang mudah diikuti di sana. Sekarang sudah tambah lagi, to, fiturnya. Bagus, tambah semangat ngoprek di sana, jadinya.

    ReplyDelete
  21. Memasak jadi kegiatan yang menyenangkan... dan bisa sharing juga melalui aplikasi. . Bakal banyak perempuan yang betah didapur kedepannya

    ReplyDelete
  22. Sepertinya istri saya harus liat nih, biar bisa nyobain resep masakan yang lebih bervariasi, jadi gak bingung lagi mau masak apa setiap harinya. Makasih review nya

    ReplyDelete
  23. Mau coba buka web dan masaknya juga..

    ReplyDelete
  24. Wuih... keren banget ada tombol porsinya. Jadi kita enggak usah ngira2 takaran (yang biasanya salah, wkwkwkwk). Membantu banget web ini ya... apalagi buat yang enggak jago masak kayak saya. Hihi

    ReplyDelete
  25. Wah perlu dikepoin ini mbak website nya. Saya tertarik dengan informasi nutrisi nya ni, jarang² lo ya web masakan yang menyajikan informasi nutrisi disetiap masakan yang dimasak

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah saya ketemu web rinaresep ini, bisa belajar masak. Mana lagi resep-resepnya mantul

    ReplyDelete
  27. Seru banget ya. Bukan cuma bisa cari resep tapi ada forumnya juga. Jadi bisa sharing deh kalau ada yang mau ditanya atau nunjukin yang sudah dibuat. Nanti saya kepoin ah.

    ReplyDelete
  28. Wah ada menu Ngobrol Yu buat interaktif dengan user nya ya Mba Ina... jd bs request resep juga hmm bisa dicoba nihh rinaresep ya... mantul

    ReplyDelete
  29. Resep masakan rinaresep.com ini semoga bisa menyusul situs dan aplikasi resep masak yang sudah populer. Apalagi niche masak kayaknya paling banyak dicari oleh ibu-ibu setiap pagi ya.

    ReplyDelete
  30. Asik yaaaa, nambah lagi situs resep masakan yang layak dicoba. Nanti saya coba intip-intip menu dan resep kreatif yang sekiranya belum pernah saya coba masak di sini.

    ReplyDelete
  31. Lengkap sekali ulasannya. Bisa masak, tulis resep sekaligus belanja dan diskusi.berasa ikut kelas memasak ya.

    ReplyDelete
  32. aku jaman anakku MPASI juga mulai belajar masak hehe, wah komplit banget ini aplikasinya, ada forumnya juga. Entar mau deh intip2 RinaResep.com biar makin semangat turun ke dapur

    ReplyDelete
  33. sekarang sudah banyak banget ya mba aplikasi atau website tentang resep begini. sering banget ngikutin juga nih. berarti kita juga bisa masukin resep sendiri ya kaya cookpad? wah keren, mau ikutan coba ah. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  34. Saya tuh jadi inget dulu waktu baru merit juga mba, emang saya suka bantu2 masak sejak kecil, tapi begitu pindah kerumah mertua langsung ngeblank. Soalnya selera makannya bertolak belakang dgn keluarga saya, sampe2 hampir gak pernah makan masakan saya sendiri, saking yg dimasak itu beda bgt dgn yg biasa dimakan di rumah ortu, masak nasi pun ukuran airnya beda, dirumah agak keras tp di rumah mertua harus lembek ๐Ÿ˜‚ pdhal maunya tuh udah bisa masak semuanya. Tapi apa daya, kdg juga gak enak sm mertua, asli belajar dari nol soal resep masakan di rumah suami. Coba kalo ada situs ini waktu itu, jadi gak terlalu malu2in jg kayaknya yah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah, anak saya belum bisa request makanan. Agak ngeri juga kalau sampai request donat, cilok, atau cireng gitu. Saya bikin cilok sama cireng yang bahannya aci doang aja gagal, apalagi donat.

    Kalau donat frozen yang tinggal sreng, in syaa Allah bisa. ๐Ÿ˜†

    Btw, webnya lengkap buanget ya mbak. Buat buibu yang nggak bisa masak kaya saya nih berguna banget.

    ReplyDelete
  36. Menarik sekali rinaresep.com ini. Berbagai menu rumahan bisa jadi resep andalan. Sama gak ya sama rina rinso apa kalo gak salah? Yang memang pandai masak dan punya blog sendiri itu?

    ReplyDelete
  37. Suka banget sama situs resep ada fitur save resep gitu. Jadi kalau mau lihat resep itu lagi nggak usah nyari-nyari lagi.

    ReplyDelete
  38. Keren nih websitenya, lengkap bgt ya. bukan cuma resep doang tp jg ada kandungan gizi dll

    ReplyDelete
  39. Kalau ada website ini, kita nanti tidak usah susah2 lagi ya untuk membuat menu sehari-hari, tinggal contek aja, beres deh :)

    ReplyDelete