-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Indonesia Fundraising Award 2020, Apresiasi Gerakan Kebaikan.

Hai sahabat Mamah, kali ini aku mau membahas tentang event penghargaan kepada lembaga sosial yang ada di Indonesia nih. Indonesia Fundraising Award 2020 yang diadakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI).

Indonesia, The Most Generous Country In The World.

The Jakarta Post pada tahun 2018 pernah merelease sebuah berita yang berisikan bahwa Indonesia sebagai The Most Generous Country In The World (Source Charities Aid Foundation, World Giving Index 2018). Indonesia dinobatkan sebagai Negara yang paling murah hati alias dermawan. Indonesia bahkan mengalahkan beberapa Negara seperti Singapore dan New Zealand.Indonesia memiliki skor untuk membantu orang lain sebesar 46 persen, berdonasi materi 78 persen, dan melakukan kegiatan sukarelawan 53 persen.

Artinya apa? Hal ini membuktikan kondisi masyarakat Indonesia memang kental dengan budaya gotong royong. Tentu ini menjadi akselator perkembangan fundraising di Indonesia. Maka tak heran jika semakin banyak lembaga sosial yang muncul, mereka bisa tumbuh bersama-sama sebab potensi kedermawanan orang Indonesia amat besar. 

9 Juli 2020 Institut Fundraising Indonesia (IFI) mengadakan IFA Award 2020

Mengenal Institut Fundraising Indonesia (IFI)

Awal mulanya tercetus membentuk IFI karena keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising. IFI juga lahir karena masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena  strategi fundraising yang kurang tepat. Pada tahun 2013, dua tokoh yang sudah malang melintang di dunia fundraising, yakni Arlina F.Saliman dan M.Arifin Purwakananta mendirikan lembaga IFI. IFI merupakan lembaga training, consulting dan publishing yang bergerak di bidang fundraising. 

IFI memiliki visi yang cukup besar yaitu melahirkan sumber daya manusia yang tangguh di bidang fundraising dalam dan luar negeri. Misi yang diusung lembaga ini adalah mendorong kemandiriaan Indonesia melalui kemitraan fundraising agency. Selain itu juga membangun jaringan lembaga sosial untuk program sustainable development. IFI juga menyediakan literatur fundraising yang relevan untuk Indonesia melalui penerbitan buku, majalah, media online dan media fundraising lainnya.

Apresiasi Gerakan Kemanusian, Institut Fundraising Indonesia Gelar IFA Award 2020

“Lembaga-lembaga ini (gerakan kemanusiaan) sangat harus diapresiasi keberadaannya karena telah menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama. IFI merasa wajib untuk memberikan penghargaan kepada lembaga sosial kemanusiaan ini,”ujar Arlina F.Saliman, Direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI)

Apa yang terlintas ketika mendengar kata award?

Kalau kata Wikipedia mah Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Penghargaan biasanya diberikan dalam bentuk medali, piala, gelar, sertifikat, plaket atau pita.
Indonesia Fundraising Award adalah ajang apresiasi untuk lembaga-lembaga kemanusiaan dan insan fundraising yang berkecimpung di dunia fundraising.

Tujuan Indonesia Fundraising Award

Salah satu tujuan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan. Berikut adalah tujuan diadakannya Indonesia Fundraising Award 2020 ini :

Motivasi Pergerakan Kebaikan

Direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI) menyebutkan event ini menjadi salah satu penyemangat dan motivasi dalam dunia fundraising dan kemanusiaan. Acara penghargaan ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi untuk mengerakkan kebaikan. Agar kebaikan yang bergerak lebih progresif dan banyak yang merasakan.

Sebagai Magnet Kaum Millenial

Kaderisasi merupakan hal yang sangat penting dalam meneruskan suatu pergerakan organisasi. Dengan mempersiapkan penerus yang siap melanjutkan tongkat estafet perjuangan kebaikan sebuah organisasi fundraising artinya melestarikan sebuah kebaikan yang membangun Indonesia. 
Salah satu tujuan diadakan Indonesia Fundraising Award untuk memberikan motivasi kepada lembaga sosial kemanusiaan dalam melakukan fundraising. Selain itu diharapkan dengan penghargaan ini muncul banyak ketertarikan anak-anak muda untuk terjun ke dalam sosial kemanusiaan, demi terciptanya kaderisasi Sumber Daya Manusia.

Akselerasi Pengelolaan Lembaga Lebih Profesional dan Transparan

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah diharapkan dengan adanya penghargaan ini dapat mendorong akselerasi lembaga sosial kemanusian untuk mengelola lembaganya secara profesional dan transparan. “Dengan begitu, lembaga zakat dapat dipercaya publik dalam setiap program yang dikampanyekannya,” ucap Arlina. 

Juri yang Netral dan Mumpuni

IFA Award ini dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19, jadi semua proses yang sudah berlangsung ini dilakukan secara offline. Tepatnya pada bulan Januari 2020 sudah dilakukan proses penjuriannya. Meskipun saat dilakukan penyerahan Penghargaan IFA 2020 harus secara online yang diadakan lewat ZOOM dan disiarkan juga di Radio RAS FM. Penghargaan tetap dilakukan secara profesional dengan dewan juri yang mumpuni di bidangnya. Selain nominator, IFA Award mengundang media massa, media online, tokoh, dan puluhan blogger Indonesia.

Penjurian pada IFA Award ini dilakukan dengan 3 tahap. Tahap pertama adalah pendataan, mulai dari lembaga-lembaga kemanusian dan NGO yang terlibat di dunia kemanusiaan dan fundraising. Tahap kedua adalah seleksi berkas, pada tahap ini dimasukan ke dalam nominator dan dikelompokan sesuai kategori. 
Dalam sebuah acara penghargaan tentu hal yang paling penting dalam memutuskan sebuah pemenang adalah bagian penjurian. Nah, tahap terakhir adalah penjurian yag dilakukan oleh tiga juri yang tidak mewakili lembaga kemanusiaan agar penjuriaannya netral dan objektif. Penjurian IFA Award dilakukan oleh Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F.Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto.

16 Kategori IFA Award 2020

Ternyata ada 16 kategori nominasi yang akan dianugerahkan kepada berbagai lembaga. Banyak banget ya, Sahabat? Para nominator merupakan lembaga-lembaga yang sudah berjibaku dalam kemanusiaan dan fundraising di Indonesia. 

Apa saja Kategori nominasi IFA Award? Fundraising Zakat Terbaik, Fundraising Infak Terbaik, Fundraising Kemanusiaan Terbaik, Fundraising CSR Terbaik, Fundraising Digital Terbaik, Platform Fundraising Digital Terbaik, Fundraising Program Kesehatan Terbaik, Fundraising Program Pendidikan Terbaik, Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik, Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik, Fundraising Wakaf Produktif Terbaik, Fundraising Komunitas Terbaik, Fundraising Penggalangan Dana Langsung, Fundraising Kurban Terbaik, Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi, Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia.

PEMENANG IFA AWARD 2020

Semua nominasi pemenang adalah lembaga-lembaga yang memang terbukti telah berbuat banyak kepada masyarakat Indonesia. Berikut adalah hasil penetapan dan penilaian ketiga juri. Tentu hasil penjurian mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pak Ahmad Juwani menyampaikan dewan juri sudah mengusahakan sebaik mungkin. Dalam pelaksanaan penilaiannya sudah mencakup asas-asas yang adil dan netral dalam mengkomparasi antar lembaga. 

Dompet Dhuafa sebagai Fundraising Zakat Terbaik

Lembaga amil zakat yang sudah 27 tahun membentang kebaikan zakat kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Fundraising Zakat Terbaik. 

Baitul Maal Hidayatullah sebagai Fundraising Infak Terbaik

Untuk penhargaan kategori Fundraising Infak Terbaik diberikan kepada Baitul Maal Hidayatullah. Lembaga ini berhasil mengelola infak melintasi berbagai daerah di Indonesia. Setidaknya 287 pesantren telah eksis dan berkiprah, 5213 dai tersebar di nusantara, ribuan keluarga dhuafa telah terberdayakan dan mandiri, ribuan anak usia sekolah mendapatkan pendidikan yang layak.

Aksi Cepat Tanggap Sebagai Fundrasing Kemanusiaan Terbaik

Kategori Fundrasing Kemanusiaan Terbaik dimenangkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). ACT telah banyak berkiprah dalam bencana-bencana alam dan kemanusiaan. Aksi Cepat Tanggap tak hanya aktif dalam bencana kemanusiaan di dalam negeri tapi juga luar negeri. 

Human Initiative sebagai Fundraising CSR Terbaik

Kategori Fundraising CSR Terbaik diberikan agar para lembaga fundraising bisa semakin optimal dalam bersinergi dengan korporat. Human Initiative mendapatkan penghargaan dalam nominasi Fundraising CSR Terbaik. 

Baznas Sebagai Fundraising Digital Terbaik

Di era digitalisasi ini tentu diperlukan inovasi-inovasi digital dalam memperluas jaringan fundraising yang dilakukan. Baznas mendapatkan anugerah sebagai Fundraising Digital Terbaik. Salah satunya karena terdepan dalam inovasi-inovasi digital dalam melakukan kampanye fundraisingnya. Berbagai mitra dirangkul untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi. 

Kitabisa.com Sebagai Platform Fundraising Digital Terbaik

Siapa yang tidak tahu platform fundraising digital kitabisa.com? salah satu kanal yang menghubungkan para penggerak sosial dengan para donator. Penggalangan dana yang biasanya menjadi masalah utama di berbagai pergerakan kini semakin dimudahkan. Kitabisadotcom mendapatkan nominasi Platform Fundraising Digital Terbaik.

Palang Merah Indonesia Sebagai Fundraising Program Kesehatan Terbaik

Sebagai mantan ketua ekskul Palang Merah Remaja semasa remaja, eh semasa SMP saya turut gembira ketika Palang Merah Indonesia (PMI) mendapatkan penghargaan Fundraising Program Kesehatan Terbaik. PMI dinilai sangat tepat mendapatkan nominasi ini karena kiprahnya dalam bidang kesehatan baik sebelum masa pandemi, terlebih saat pandemi seperti ini. 

Yatim Mandiri Sebagai Fundraising Program Pendidikan Terbaik

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.  Yatim Mandiri mendapatkan anugerah Fundraising Program Pendidikan Terbaik di IFA Award 2020 ini. 

ICW Sebagai Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik

Indonesia Corruption Watch atau disingkat ICW adalah sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) yang mempunyai misi untuk mengawasi dan melaporkan kepada publik mengenai aksi korupsi yang terjadi di Indonesia. ICW mendapatkan kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik. ICW telah memberdayakan masyarakat untuk terlibat/berpartisipasi aktif melakukan perlawanan terhadap praktik korupsi. 

LBH Jakarta Sebagai Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik 

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, adalah sebuah organisasi masyarakat sipil yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). LBH Jakarta mendapat anugerah Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik karena berjasa mendampingi, memberi bantuan hukum kepada masyarakat.

Sinergi Foundation Sebagai Fundraising Wakaf Produktif Terbaik. 

Sinergi Foundation adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Berbagai kiprah juga dilakukan Sinergi Foundation yang mendapatkan anugerah Fundraising Wakaf Produktif Terbaik. 

LMI Sebagai Fundraising Penggalangan Dana Langsung 

Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (Laznas LMI) yang didirikan pada tahun 1994 ini mendapatkan anugerah kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung.

LAZISNU Sebagai Fundraising Kurban Terbaik

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang mengelola zakat, infaq, sadaqah, dan wakaf di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama. Fundraising Kurban Terbaik, dianugerahkan kepada LAZISNU.

Komunitas dan Fundraising

Tak hanya untuk lembaga, IFA juga memberi penghargaan kepada komunitas yang telah bahu membahu membantu sesama. Fundraising Komunitas Terbaik diraih oleh Gerak Bareng yang fokus dengan berbagai galang dana di komunitasnya. Selain itu, terdapat pemenang dari jalur pendidikan dengan kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi diraih oleh STF UIN.  



Almarhum Gus Sholah Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia

Tak hanya itu, terdapat kategori  special Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia kepada Alharhum Gus Sholah. Gus Sholah sangat peduli dalam bidang sosial kemanusiaan. Karena aktif di pesantren, beliau paham bahwa fundraising merupakan salah satu poin utama kemandirian organisasi.

Penutup

Semoga dengan diberikannya Indonesia Fundraising Award ini kepada para nominator memberikan motivasi dalam pergerakan kebaikan demi pembangunan Indonesia. 
Indonesia Fundraising Award, Penghargaan Gerakan Kemanusian, Apresiasi Kebaikan.


Salam,.
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

30 komentar

  1. Saya akui Masyarakat Indonesia ini gak tanggung-tanggung mbak kalau menolong warga sekitar yg kesusahan. Sehingga memang mudah untuk mengumpulkan dana dalam suatu badan amal sosial misalnya. Saya harap keguyuban ini bisa terus berlangsung dan dilanjutkan oleh generasi milenial kita

    BalasHapus
  2. Ehmm... Percaya deh klo Indonesia nih gudangnya orang baek2. Kita kesasar aja banyak orang yg mo nunjukin jalan. Klo di luar negeri beuhh.. Elo elo gue gue. Tapi bagus sih ada penghargaan kek gini ya. Siapa tahu dengan begini akan semakin banyak menginspirasi dan menebar kebaikan lebih luas lagi. .

    BalasHapus
  3. Wah bagus banget acaranya ya mbak. Semoga dengan adanya kegiatan IFA ini akan semakin membuat semua elemen masyarakat berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

    BalasHapus
  4. Banyak banget kategorinya yaa mba. Aku lihat ngga ada TBCare sayang sekali. Apa kurang terdengar gaungnya mungkin ya, hihi. TBC Care tapi punya Swiss sih, tapi kerjasama dengan Menkes gitu. Untuk nuntasin persoalan TBC di Indonesia yg kayak gunung es.
    Tapi semua pemenangnya keren2, track recordnya bagus2.

    BalasHapus
  5. Ulasan yang lengkap. Saya jadi tahu banyak tentang IFA.

    BalasHapus
  6. Saya juga bangga dengan semangat gotong royong orang Indonesia. Kalo lihat Kitabisa.com, Benihbaik, dan sebagainya, saya tersadar di luar negeri kita gak bakal nemuin hal yang kayak begini. Proud Indonesia. Semoga IFA terus terselenggara tahun ini, tahun depan, dan tahun-tahun mendatang ya mba.

    BalasHapus
  7. Wah baru tahu ada IFI ini. Bagus banget memang untuk memotivasi, meskipun bisa dipastikan adanya berbagai macam fundraising adalah untuk membantu sesama, bukan untuk mencari penghargaan.

    BalasHapus
  8. Seru ya konsepnya, ngasih apresiasi ke fundraising,, jadi ingat lagi bahwa semuanya juga baik dan kolaborasi antar fundraising juga akan jadi keren.. btw mau nambahin, btw kaum milenial juga makin banyak yang tertarik dengan kegiatan sosial kemanusiaan lho.. akun IG info ttg jadi relawan skrg banyak banget

    BalasHapus
  9. Wah turut senang dan bangga Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling dermawan/murah hati. Kegagalan IFI award merupakan kegiatan yang positif. Memberikan apresiasi pada lembaga yang melakukan berbagai macam kebaikan. Semoga kegiatan IFI award ini terus dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kegiatan mbak maaf typo

      Hapus
    2. Maksudnya" kegiatan IFI Award merupakan kegiatan yang positif".

      Hapus
  10. Artikel The Jakarta Post tadi sangat merepresentatifkan karakteristik bangsa kita ya. Budaya gotong royong sangat mengakar kuat di kepribadian bangsa Indonesia.

    Seperti salah satu Al- Quran..yang memerintahkan kita untuk saling tolong menolong di dalam kebaikan.

    BalasHapus
  11. Bersyukur sekali kita tinggal di Indonesia dimana jiwa gotong royong masyarakatnya masih sangat kuat.

    BalasHapus
  12. Wuiih baru tahu aku ada acara penghargaan penggalang dana begini 👍 semoga semakin memacu lembaga menyediakan wadah untuk penggalangan dana

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ada Indonesia Fundraising Award, supaya orang berlomba berbuat kebaikan yah. Walaupun aku yakin, berbuat kebaikan engga berharap award sih. Intinya tolong menolong sesama saja.

    BalasHapus
  14. Selamat kepada para pemenang, semoga di musim pandemi ini tidak terhenti kegiatan untuk berbuat kebaikan justru semakin meningkat.

    BalasHapus
  15. Keren keren keren, emang harus ada award-award tertentu, terutama yang fokusnya ke arah kebaikan gini ya. Dompet Dhuafa juara

    BalasHapus
  16. Bener.. Masyarakat Indonesia masih mempunyai semangat salung tolong menolong yang sangat tinggi. Ini yang akan membantu kita melaluo pandemi corona.
    Btw, informasinga tentang IFI mantap.

    BalasHapus
  17. Wah kece ya ada award untuk lembaga yang fokus pada kebaikan. Jadi biar orang semakin banyak berbuat baik.

    BalasHapus
  18. Harusnya dengan adanya fundraising, kemiskinan berkurang juga, harusnya sih hehehe

    BalasHapus
  19. Ini keren banget Mbak. Saya baru tahu mengenai IFA ini Fundraising Award. Luar biasa.

    BalasHapus
  20. Wah, acara yang menarik. Ulasan yang keren mbak. Semoga menang :)

    BalasHapus
  21. Para penerima award memang terbukti telah bergerak secara kontinyu ya dalam dunia fundraising. Selama ini telah menggerakkan bantuan ke berbagai pihak secara transparan dan amanah.

    BalasHapus
  22. Iya ya mba.. semoga dengan adanya IFA ini jado motivasi sekaligus ajang buat segala findrising memperbaiki manajemen dan layanan ya.. jadi ada standar gitu ya..

    BalasHapus
  23. Selamat untuk semua peraih penghargaan Indonesia Fundraising Award. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan karena manfaatnya besar banget untuk masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  24. Wah beberapa lembaga yg biasa membantu saya menyalurkan infak dan zakat mendapat award, keren..semoga makin semangat berbuat baik bagi sesama

    BalasHapus
  25. selamat buat para pemenang. event kayak gini manfaatnya besar banget ya

    BalasHapus
  26. Masyaa Allah keren banget nih mbak. Selamat buat mereka yg berhasil meraih penghargaan, smg selalu menginspirasi dan makin banyak yg ikuti jejak sukses mereka

    BalasHapus