-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Halo Sahabat Mamah, apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat, ya. Di tengah pandemi corona seperti ini, kehidupan memang harus tetap berjalan dengan normal. Tetapi, tentu saja Sahabat Mamah juga harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tidak ada yang mau kok terkena virus corona, namun jika terlalu lama lockdown tentu akibat buruknya adalah masalah ekonomi. Maka dari itu, sudah wajib bagi kita untuk mentaati peraturan yang ada demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Keadaan seperti ini memang membuat Sahabat Mamah untuk terus mengonsumsi makanan yang sehat, terutama bagi Sahabat Mamah yang sedang hamil. Hamil di tengah pandemi corona ini memang seakan-akan menjadi tantangan tersendiri.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Sahabat mamah tentunya harus lebih waspada lagi. Ibu hamil mungkin akan sedikit rentan kondisinya dibandingkan dengan orang yang tidak hamil. Maka dari itu, penting sekali untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat untuk ibu hamil. Di tengah pandemi corona ini, sahabat mamah memang disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar terlebih dahulu. Lebih baik di rumah saja dan banyak istirahat, olahraga ringan dan tentunya konsumsi makanan-makanan sehat untuk ibu hamil. Sahabat mamah mungkin juga akan dengan mudah menemukan makanan-makanan yang akan direkomendasikan ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya.

1. Ubi

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah ubi. Ubi adalah salah satu makanan bergizi tinggi untuk Sahabat Mamah yang sedang hamil karena kaya akan kandungan vitamin A. Ubi dapat mencakupi kebutuhan vitamin A selama masa kehamilan karena sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin. Saat sedang hamil, umumnya Sahabat Mamah disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10 sampai dengan 40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Tetapi Sahabat Mamah harus bisa berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin A, terutama apabila Sahabat Mamah mengonsumsi dalam bentuk suplemen dosis tinggi. Jika terlalu berlebihan, vitamin A dapat menyebabkan kecacatan janin! Maka dari itu, lebih baik Sahabat Mamah konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, ya!

2. Kacang Almond

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah  kacang almond. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil ini memang sudah banyak diteliti oleh para ahli dan juga dokter, Sahabat Mamah. Kacang almond mengandung kandungan asam folat dalam jumlah yang cukup untuk membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Kacang almond juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Sahabat Mamah membutuhkan kurang lebih 400 mikrogram asam folat selama masa prenatal untuk mendukung tumbuh kembang bayi Sahabat Mamah. Selain itu kacang almond juga dapat melancarkan metabolisme tubuh. Kacang almond terbukti mengandung sumber karbohidrat dan lemak sehat yang tentunya bermanfaat untuk dapat meningkatkan respon metabolisme, mengurangi stres oksidatif, peradangan, dan juga untuk mengontrol kadar gula darah Sahabat Mamah.

Kacang almond ini juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang mengalami obesitas atau diabetes karena kacang almond dapat mengurangi berat badan Sahabat Mamah yang sedang hamil namun juga tetap membantu menambah berat bayi sesuai dengan perkembangannya.

Lalu, di mana Sahabat Mamah bisa beli kacang almond yang berkualitas? Tentunya di Nutify Indonesia. Tersedia berbagai macam produk yang jelas aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu varian rasanya adalah Nutify Almond Gourmet Garlic & Sea Salt.
 
Gurihnya kacang almond ditambah dengan sensasi rasa bawang putih dan garam tentunya bikin Sahabat Mamah tidak mau berhenti makan. Sahabat Mamah juga bisa tenang, karena produk dari Nutify Indonesia ini tidak mengandung MSG dan campuran kimia berbahaya yang lainnya. Jadi, sudah jelas aman dikonsumsi harian! Sahabat Mamah bisa mendapatkannya secara online mau pun di toko. Penasaran ada di mana saja? Langsung buka website-nya, ya!

3. Ikan Salmon

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah ikan salmon. Sahabat Mamah sudah pasti familiar dengan ikan yang biasa disajikan dalam hidangan Jepang yaitu Sushi ini. Ikan salmon adalah salah satu sumber vitamin hewani yang wajib Sahabat Mamah masukkan ke dalam menu makanan pada saat sedang hamil. Terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan ibu hamil, seperti EPA dan DHA, yang tentunya sangat penting untuk perkembangan otak dan mata pada janin Sahabat Mamah. Ternyata, salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk ibu dan janin. Namun perlu Sahabat Mamah ingat, ibu hamil disarankan mengonsumsi salmon yang sudah dimasak terlebih dahulu, jadi jangan yang mentah. Perlu sekali untuk menghindari konsumsi salmon dalam keadaan mentah, seperti pada sushi dan sashimi, karena tentunya berisiko terkontaminasi berbagai jenis bakteri yang membahayakan pertumbuhan janin. Tidak hanya salmon, jenis ikan lain juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Buah Kering

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah kering. Buah kering ternyata mengandung serat, kalori, dan berbagai vitamin dan juga mineral yang cukup tinggi untuk Sahabat Mamah. Satu buah kering biasanya mengandung jumlah nutrisi yang setara dengan buah segar, bedanya adalah tanpa kandungan air dan bentuk yang lebih kecil atau menyusut.

Salah satu buah-buahan kering yang disarankan adalah kurma. Kurma memiliki kandungan serat, potasium, dan juga  zat besi yang baik untuk Sahabat Mamah. Konsumsi kurma secara teratur di trimester ketiga dapat membantu pelebaran serviks dan juga dapat menurunkan risiko induksi pada saat masa persalinan. Walaupun begitu, Sahabat Mamah tidak dianjurkan mengonsumsi buah kering lebih dari satu sajian setiap kali Sahabat Mamah makan, sebab buah kering mengandung gula yang cukup tinggi. Jadi, secukupnya saja ya, Sahabat Mamah!

5. Mangga

Makanan sehat untuk ibu hamil yang terakhir masih dalam kategori buah-buahan nih, Sahabat Mamah, kali ini ada mangga.  Dalam mangga, terkandung kalium, vitamin C, dan tinggi vitamin A. Kalium di dalam buah mangga ini juga dapat membantu menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan di dalam tubuh. Sementara itu, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan, dan dapat membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan sistem saraf pada bayi. Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga Sahabat Mamah dapat mencegah konstipasi atau sembelit yang mungkin sering terjadi pada saat masa kehamilan.

Buah mangga ini juga bukan buah musiman. Sahabat Mamah bisa mendapatkan buah mangga kapan pun dan di mana pun Sahabat Mamah berada. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat Sahabat Mamah tidak merasa mual saat mengonsumsinya. Langsung dibeli dari sekarang, ya!

Sahabat Mamah, itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa saya rekomendasikan. Semoga tetap dalam keadaan sehat selama masa kehamilan di tengah pandemi coronavirus ini. Tetap jaga kesehatan dengan cara #Dirumahaja ya, Sahabat Mamah!

Salam.


 

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

13 komentar

  1. Masya Allah, aku save ah buat nanti pas hamil anak kedua, hihi..

    BalasHapus
  2. Almond dan ikan salmon tuh terfav banget buat pas hamil dan mpasi. Mangga juga enak banget bikin ga mual. Buat mpasi juga seneng banget si bayik.

    BalasHapus
  3. Saya sangat suka mangga. Hihihi.
    Juga kacang-kacangan dan ubu-ubian. RAsanya nikmat sekali karena serasa nyemil, berapapun jumlah yang dimakan. Hihihi

    BalasHapus
  4. Wah, saya yang gak hamil juga suka kok sama kacang almond, apalagi yang udah jadi susu hihi enak tinggal teguk

    BalasHapus
  5. Waktu hamil aku jarsng banget makan kacang almond soalnya susah nyarinya di magelang, baca ini jadi tau skrg kalo mau beli almond dimana

    BalasHapus
  6. Padahal mangga ini sering dibilang bikin BB bayi di dalam perut ndut ya mbaa. Aku pun suka banget mangga. Beli jus jatuhnya jus mangga. Enaak dan manis.

    BalasHapus
  7. Bagus nih buat ibu-ibu yang sekarang sedang hamil. Makanan-makanan itu selain baik untuk kesehatan ibu juga sehat untuk janin yang dikandungnya..

    BalasHapus
  8. Dulu pas hamil sneneg banget makan mangga. Mulai dari yang asem sampai yang manis. Tapi seleraku emang suka berubah, tergantung tontonan apa yang dilihat hehe(dasar bumil wkkw)

    BalasHapus
  9. Memang ibu hamil skrng harus lebih waspada dan protektif di masa pandemi ini ya mba. Bener2 deh angka kematian di Indonesia makin meningkat. Semoga corona segera musnah di muka bumi ini.

    BalasHapus
  10. Demi buah hati, makan pun harus hati-hati. Banyak makan bergizi. Kacang almond...jadi ingat istri sewaktu hamil yang kedua kali. Mengonsumsi itu dianya. Hehe ..

    BalasHapus
  11. Aku belum hamil tapi aku suka semua makanan sehat ini, tidak apa-apa kan ya bukan berarti aku jadi hamil juga ya bingung nanti pasangan ra ono terus hamil wkwkw.

    BalasHapus
  12. aku simpan buat bacaan aku beriktnya, saat ini hanya tau kacang dan salmon aja, ternyata masih banyak makanan untuk ibu hamil yang sehat dan bergizi

    BalasHapus
  13. Waktu hamil, apalagi pas tahu hamil kembar, saya cukup protek banget sama kandungan. Makan buah banyak, walau pun buah yang murah meriah aja, tapi sehat, seperti pisang, mangga, dan umbi-umbian seperti ubi rambat dan ketela. Enak loh.

    BalasHapus