-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

TIPS MENCUCI BAJU DI MASA PANDEMI

Tips mencuci aman baju di masa pandemi - Hai Sahabat Mamah, apa kabar? Semoga selalu sehat lahir dan batin ya. Menurut literatur virus corona atau lebih tepatnya Covid-19 dapat memasuki tubuh dan menginfeksi seseorang melalui lubang hidung, mulut atau mata. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa kita perlu mencuci tangan lebih sering dan menghindari kebiasaan menyentuh wajah.

Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus ekstra memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri dan anggota keluarga di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Apalagi jika ada anggota keluarga yang berpergian keluar rumah. 

Meski masyarakat dihimbau agar tetap berada di dalam rumah selama wabah pandemi ini, ada kalanya sebagian kita harus pergi ke luar rumah untuk alasan tertentu. Bahkan di era new normal ini, beberapa dari kita tentu sudah ada yang melaksanakan work from office. Namun kita harus tetap mempraktikkan protokol kesehatan di era new normal ini. Sebagai ikhtiar untuk menghalau virus corona sampai di rumah kita. Apalagi kalau di dalam rumah ada anak kecil atau orang tua yang rentan terkena dengan virus ini.

Kali ini Saya mau berbagi tips mengenai mencuci baju dengan aman di masa pandemi ini. Sebelum itu simak dulu yuk apa saja yang harus kita lakukan begitu sampai di rumah setelah bepergian.

Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian

Apa saja yang harus dilakukan ketika sampai di rumah setelah berpergian?
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan begitu sampai di rumah setelah bepergian guna mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah, yakni : 

1. Memantau Kesehatan Diri

Pastikan kita tidak sedang mengalami demam saat pulang dari luar rumah.

2. Melepas Sepatu di Luar Rumah

Hal yang pertama kita lakukan saat sampai di rumah setelah bepergian adalah melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah. Sebaiknya, jangan melakukan kebiasaan menggunakan sepatu ke dalam rumah, apalagi sampai memakainya ke dalam kamar. Hal tersebut tentu dapat berisiko membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman dari luar ke dalam rumah. 

3. Menyemprotkan Cairan Disinfektan Pada Barang yang Dibawa Bepergian 

Gunakan tissue atau semprotan cairan disinfektan untuk membersihkan barang-barang yang menempel atau yang kita bawa saat bepergian. Contohnya handphone, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya. 
Kenapa? karena cairan disinfektan dapat membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun. 

4. Segera Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir  

Kami sekeluarga di rumah berupaya untuk menerapkan hal ini guna mengaplikasi pola hidup yang lebih bersih dan sehat.  Begitu sampai rumah segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sampai bersih. Pastikan seluruh bagian tangan dibersihkan dan keringkan seusai mencuci tangan. 

5. Segera Membuka dan Mencuci Pakaian 

Hampir 6 bulan kita berjuang bersama menghadapi penyebaran virus corona ini. Kebiasaan baru pun terbentuk. Mau tidak mau kita harus beradaptasi apalagi di era new normal seperti ini. Selain lebih sering mencuci tangan, selepas dari bepergian keluar rumah pun kita harus mengganti baju ketika harus berinteraksi dengan keluarga di rumah. Karena kita tidak tahu apa saja yang menempel di badan dan baju kita setelah beraktivitas di luar, yakan?
Jika pun baru dipakai sebentar, jangan menggantungnya di dalam kamar ya Sahabat. Ada baiknya jemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu jika memungkinkan. 

6. Mandi Hingga Bersih 

Jika kita bepegian ke tempat yang ramai atau pulang dari kantor,  sebelum bertemu dengan keluarga tercinta ada baiknya untuk kita membersihkan tubuh dari ujung kepala sampai kaki hingga bersih. 

Salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran virus corona adalah menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Selain menjaga kebersihan diri ,makanan dan lingkungan, kebersihan dan perawatan pakaian tak boleh luput dari perhatian. Meskipun mencuci sudah menjadi kegiatan rutin yang kita lakukan selama ini, namun dengan adanya Covid-19 banyak keluarga jadi lebih sering mencuci.

Saya pribadi yang biasanya mencuci dua hari sekali dengan mesin cuci top loading ukuran 9 kg sekarang hampir setiap hari. Malah kalau suami atau saya pergi keluar rumah, bisa-bisa sehari dua kali putaran mesin cuci di hari yang sama. 

Berapa lama Virus Corona bertahan hidup di pakaian?

Sejatinya virus itu semi makhluk hidup, dia akan “hidup” ketika bertemu inangnya. Meskipun saya belum mendapatkan  informasi mengenai berapa lama ia mampu hidup di permukaan yang berbeda.
Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa itu dapat bertahan pada pakaian hingga dua hari lamanya. Salah satu ikhtiar dalam mengurangi penyerbaran virus corona ketika kita sampai di rumah setelah bepergian adalah mencuci baju.

Apakah kita harus mencuci pakaian setiap pulang ke rumah?

Tidak juga. Selama kita di luar menerapkan menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain. Tidak ada yang batuk dekat kita atau tidak duduk sembarang. Makan kita tidak perlu mencucinya. Sayangnya, saya seringnya tidak ingat ketika pulang ke rumah. Jadi lebih aman untuk selalu mencuci pakaian ketika sesampainya di rumah. 

Jika sebelum wabah ini datang, saya pribadi akan berganti baju setelah 2-3 kali dipakai tapi untuk pemakaian yang hanya sebentar dan bukan ke tempat yang kotor. Kini sekali keluar, entah cuma satu atau dua jam, seperangkat baju mesti diganti semua.

Dan ternyata sejumlah studi menyimpulkan virus corona dapat menempel di setelan pakaian, sehingga berisiko menjadikan pemakainya tertular Covid-19. Oleh sebab itu, saya semakin yakin untuk mencuci pakaian setelah mengenakannya untuk melakukan aktivitas di luar rumah sangat disarankan di tengah pandemi corona gini.

Hal itu disarankan karena virus corona bisa bertahan cukup lama di permukaan benda. 

Informasi dari laman lembaga kesehatan milik pemerintah AS, yakni Central of Disease Control CDC, virus Covid-19 dapat bertahan hidup beberapa jam, bahkan berhari-hari jika melekat di material tertentu. 

Hal ini senada dengan sebuah riset yang diterbikan New England Journal of Medicine menyimpulkan virus corona dapat bertahan hidup hingga empat jam di logam tembaga, 24 jam pada karton, dan dua hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel.
Apalagi material kain termasuk pakaian yang biasa dikenakan. 

Tips Aman Mencuci Baju di Masa Pandemi

Lalu bagaimana tips aman untuk mencuci baju di tengah masa pandemmi ini? Mengutip laman Huffpost menuliskan langkah-langkah sebagai berikut: 

1. Gunakan Air Panas 

Kita disarankan untuk mencuci baju dengan air panas terutama baju yang digunakan keluar rumah. Kenapa? Karena virus corona dapat mati dengan air panas dengan suhu di atas 80 derajat fahrenheit atau sekitar 26 derajat Celsius. Tetapi jangan lupa untuk memeprhatikan jenis baju yang akan dicuci apakah tidak rusak jika dicampurkan dengan air panas. 

2. Gunakan Deterjen dengan Kandungan Pemutih 

Struktur tubuh virus corona memiliki semacam selubung (enveloped virus) dengan lapisan lemak. Ia tidak akan hilang hanya dengan air biasa. Pergunakanlah detergen dengan kandungan pemutih yang memiliki peluang lebih besar menghancurkan lapisan lemak tersebut. 

3. Segera Cuci dengan Rutin Mencuci

Sebaiknya kita jangan menunggu baju kotro menumpuk. Aplagi baju yang dikenakan untuk keluar rumah. Jujur ini masih PR banget buat di rumah, tapi sebisa mungkin segera cuci baju ya sahabat karena baju yang digunakan keluar rumah rentan terpapar virus. 

4. Sebaiknya Gunakan Mesin Cuci dan Pengering 

Kenapa mencuci dengan mesin lebih disarankan? Selain menghemat waktu dan tenaga tentu untuk menghindarkan kontak langsung dengan kain yang diduga terpapar virus. 

5. Pisahkan dari Pakaian Orang Sakit Jika di rumah ada orang yang sakit

Sebaiknya jangan campurkan pakaian kotor milik orang sehat dengan yang sakit. Pakaian orang sakit berpotensi dilekati virus.

Modena Indonesia

Sahabat Mamah di tengah adapatasi kebiasan baru kita perlu memperoleh pakaian bersih dan higienis. Ratusan liter air bersih digunakan untuk mencuci. Tak terhindarkan dengan peningkatan pemakaian listrik. Mesin cuci kita terpaksa berputar-putar setiap harinya. 

Jika sahabat sedang mencari mesin cuci bukaan depan bisa mencoba mesin cuci yang dikeluarkan oleh Modena Indonesia. Tahu dong apa itu Brand Modena? Tentu ketika mendengar kata Modena langsung kita teringat dengan set dapurnya Chef Arnold atau dapurnya Masterchef Indonesia. 

Ternyata Modena Indonesia tidak hanya mengeluarkan produk-produk yang berhubungan dengan Memasak atau Cooking, tetapi Modena Indonesia juga mengeluarkan produk cleaning (kebersihan) dan cooling (pendingin).

Nah salah satu produk kebersihan atau cleaning dari Modena Indonesia adalah MODENA Calma WD 1157.  Modena memberi solusi atas permasalahan seputar adaptasi selama era new normal ini seputar mencuci baju. Modena Indonesia memperkenalkan mesin cucinya yang diklaim mampu menjawab semua kebutuhan yang Mamah sebutkan di atas. 

Mesin cuci bukaan depan yang tidak hanya memiliki kemampuan mencuci dan mengeringkan dengan sempurna, namun juga menjamin kehigienisan hasil cucian. Wah menarik banget ya.

5 keunggulan fitur MODENA Calma WD 1157

MODENA Calma WD 1157 dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menunjang gaya hidup sehat dan bersih penggunanya. Setelah melihat beberapa produk Modena  aspek kesehatan selalu menjadi salah satu fokus  MODENA dalam berinovasi pada tiap produknya. Apalagi di tengah situasi sekarang, dimana kebersihan memegang peranan penting dalam pencegahan laju penyebaran COVID-19.
Mesin cuci front loading MODENA Calma WD 1157  ini memiliki punya 5 keunggulan fitur yang membuat cucian bersih dan steril, pakaian aman dari kerusakan, ramah lingkungan dan hemat energi, pengoperasian yang fleksibel dan efektif, serta model yang estetik. 

Fitur Automated Drum Cleaning

Pernah denger mesin cuci dengan suhu air panas? Nah MODENA Calma WD 1157 salah satunya. Suhu air dapat diatur sesuai dengan keperluan. Bila dibutuhkan, MODENA Calma WD 1157 dapat disetel untuk melakukan pencucian dengan air panas, sehingga kuman dan virus akan mati. Selain itu, terdapat pilihan proses pembilasan hingga lima kali, untuk memastikan tidak ada sisa deterjen yang  menempel pada hasil cucian. Wow lima kali, Gaes.. Dengan kata lain mesin cuci Modena ini memastikan drum tempat berlangsung proses pencucian dan pengeringan  selalu dalam keadaan steril. 

Ergodrum

Mesin cuci front loading ini juga diklaim ramah lingkungan. Kenapa? MODENA Calma WD 1157 dilengkapi Ergodrum, yaitu tabung cuci yang ramah terhadap bahan pakaian sehingga tidak akan memengaruhi struktur serat pada kain. Kemampuannya mengukur dan menyesuaikan kebutuhan air dengan muatan cucian membuat mesin cuci ini lebih hemat air.  

Fitur Power-Off Memory

Pernah mengalami mati listrik tiba-tiba ga Sahabat saat sedang mencuci pakai mesin cuci? Terus kita tidak tahu itu cucian di tahap apa?
Tenang mesin cuci kapasitas 11 kilogram ini juga dilengkapi Fitur Power-Off Memory. Dengan fitur ini, kita  tak perlu khawatir bila terjadi interupsi di tengah – tengah proses pencucian, seperti listrik yang mati secara tiba-tiba. MODENA Calma WD 1157 akan berlanjut tanpa harus mengulangi proses dari awal pencucian, saat listrik menyala, ahh bahagia. 
Ketika kita ingin menambahkan pakaian, cukup tekan tombol untuk menghentikan proses, lalu masukkan pakaian kotor. Proses pencucian pun akan berlanjut sesuai setelan awal.

Teknologi Inverter

Modena Indonesia mengklaim dapat menghemat energi lebih dari 20%. Dengan kelebihan yang dimiliki MODENA Calma WD 1157 pada motornya yang berteknologi inverter. membuat usia pakai MODENA Calma WD 1157 lebih panjang dibanding mesin cuci non-inverter.
Motorpun akan lebih awet lagi berkat Adjustable Spin Setting, yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan perputaran drum. Pilihan perputaran dari 400 hingga 1400 putaran per menit, dapat di-setting sesuai dengan muatan cucian. Sehingga motor tidak perlu bekerja secara maksimal terus menerus di setiap proses pencucian. 

Fitur Delay Start

Seolah memahami kesibukan kita, MODENA Calma WD 1157 juga menawarkan efektifitas  melalui fitur  Delay Start, yang mampu mengatur waktu kapan dimulainya proses pencucian, sehingga mempermudah pengguna menjadwalkan rutinitas domestik tanpa mengganggu aktifitas lainya.

Mesin Cuci Sehat nan Elegan

Ternyata selain unggul dalam teknologi dan fitur, mesin cuci ini juga sangat estetik. Mesin cuci bukaan depan yang dibalut dengan  warna titanium yang anggun,  MODENA Calma WD 1157 mampu menambah kesan elegan pada interior ruang cuci. 

Tahu ga Sahabat yang amazing ini mesin cuci lengkap dihairkan dengan LED Display sebagai pusat kendali layar sentuh, tidak hanya memudahkan pengoperasian namun juga meneguhkan kesan modern pada  MODENA Calma WD 1157.

Nah MODENA Calma WD 1157 bisa membantu kita dalam kebiasaan baru menjalani di new normal ini ya Sahabat.

Spesifikasi Modena Calma WD 1157

Penutup

Di era new normal ini kita harus beradaptasi dengan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona. Itu dia  langkah-langkah yang harus kita lakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian dan tips mencuci aman baju di tengah masa pandemi ini. Produk MODENA Calma WD 1157 dapat menunjang hidup sehat dan bersih kita. MODENA, live healthy be happy.
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Live Healty Be Happy. Langsung cek info lengkapnya di web Ibu-Ibu Doyan Nulis ya.



Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

29 komentar

  1. Baguuuus banget ini tipsnya, kebetulan lagi nyari juga yang lebih komplit untuk pencucian dgn tangan, tapi memang akan lebih simpel dan lebih terjaga jika dicuci dengan mesin cuci yaa, hiks, kudu nabung dulu nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ghina, disesuaikan sih sama kebiasaan keluarga. tetapi bisa diprakekan untuk cuci baju pakai air panas atau pemilihan detergennya ya

      Hapus
  2. Bener banget mba Shaf. Aku juga sekarang jadi ketergantungan sama mesin cuci karena harus cuci baju setiap hari. Abis dari luar rumah harus cuci baju. Kalau pakai tangan ngga ada waktu dan tenaga. Huhu.
    Btw aku baru tahu modenna punya mesin cuci lohh. Keren keknya liat dari design badan mesin cucinya. Thanks for sharing mba shaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama Mbak Jihan..ini mesin cuciku hampir tiap hari muter. segini kami jarang banget keluar, krn suami sm diriku masih bs operated kerjaan dari rumah

      Hapus
  3. Wow, ternyata corona ngaruh sampai ke kebiasaan mencuci baju ya kak. Kalo gt tagihan listrik juga membengkak dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak putri, tentu iya mbak karena aktivitas juga 99% kami sekarang di rumah

      Hapus
  4. Canggih ya modena. Aku ga pernah sih nyoba nyuci pake air panas. Ribet banget kayanya. Kalau mesin cuci yang canggih bisa otomatis ya mba air hangatnya tinggal puter doang.

    BalasHapus
  5. Aku sering nih nyuci pake air panas di mesin, khususnya baju bayi, hehe.. Tapi merek sebelah gpp ya mbak Ina, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa mbak, yang penting bajunya tetap bersih dan aman yaa

      Hapus
  6. amanya sih tiap abis keluar rumah langsung cuci bajunya, khusus dimasa pandemi aja. biar lebih safe.

    BalasHapus
  7. Modena calma daya wattnya jadi berapa jika fitur air panasnya digunakan? Soalnya ibukafa punya mesin cuci yg ada settingan air panasnya tapi ga bisa dipakai karena daya listriknya terlalu besaaaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang alat yang menggunakan energi panas pasti besar wattnya mbak iffi, ini 2000 watt

      Hapus
  8. Wah, kapasitasnya cukup besar yaa... Cocok buat yang di rumah ada banyak orang kayak aku nih hehehe. Sempat mikir kepingin yang front loading begini tapi waktu itu belum nyampai budget-nya karena sekalian pindahan hiks... Kalau ada rezeki mau juga beralih ke yang mumpuni begini.

    BalasHapus
  9. My next item list kebetulan yang lama sudah mulai lelah.

    BalasHapus
  10. Konsisten menjaga protokol kesehatan ini yg sering terabaikan. Kadang kita tau protokolnya, tp merasa gak apa apa ini jadinya gak aware. Modena calma ni kapasitasnya ok bgt, jd pengen beli 😊🙏

    BalasHapus
  11. Mencuci baju di masa pandemi Kayaknya harus ekstra bersih ya... Apalagi kalo kita beraktifitas di luar dan banyak bertemu orang asing.

    BalasHapus
  12. Mesin cuci Modena terlengkap dan terpercaya ya untuk urusan mencuci pakaian. Terlebih dimasa pandemi gini..jadi gak perlu was2 kalau baju dicuci dng mesin cuci Modena

    BalasHapus
  13. Kalo aku pengin yang multiwashernya nihh hehehe. Mesin cuci juga oke sih😆😆 bhaaa kayak bisa beli semuanya aja

    BalasHapus
  14. Oh, kalau aku air panas untuk merendam sebentar mbak, bukan untuk mencuci. Apakah modena bisa mencuci dengan air panas? Kalau bisa asik banget tuh. Maksudnya apa itu aman untuk mesin cuci nya gitu.

    BalasHapus
  15. Waduh saya kurang memperhatikan soal cuci baju pakai air panas. nyuci biasa aja,. Mudah mudahan gak ada virus yang nempel ya. makasih tipsnya kak. membantu sekali

    BalasHapus
  16. Modena memberikan kemudahan tersendiri untuk para ibu rumah tangga ya kak. Apalagi di masa pandemi ini. Ya ampuuun, cucian menumpuk seakan gak ada habisnya. Gak kebayang deh kalo gak ada mesin cuci. Kerjaan rumah tangga bisa jadi momok tersendiri bagi para ibu.

    BalasHapus
  17. Betul sekali, apalagi orang yang kerjanya di rumah sakit. Harus lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol kesehatan. Boleh nih mesin cucinya, meringankan beban istri di rumah. Hehe

    BalasHapus
  18. Modena, jenis mesin cuci impianku. Kayaknya mesti nabung dulu deh, gak pa pa pakai mesin cuci yang kalau mau mengeringkan mesti pindahin kesebelah dulu, tunggu uangnya cukup. Btw, aku juga sering merendam cucian pakai air hangat untuk bahan kain seperti handuk.

    BalasHapus
  19. Keren banget ada fitur mencuci dengan air panasnya. Jadi merasa lebih aman kalau mencuci pakaian sehabis dari rumah sakit.

    BalasHapus
  20. Mesin cuci Modena ini helpful banget buat ibu-ibu kayak kita ya Bunda Ina... tinggal cemplungin baju kotor n masker, beres deh cucian bersih n higienis dari Covid-19. Perpaduan kualitas, efisiensi listrik dan fitur2 canggih yes

    BalasHapus
  21. Kerenn ih mesin cucinya btw pas banget mesin cuci di rumah saya juga lagi rusak mba, bisa saranin ke ibu nih. Saya juga kalau habis dri luar selalu berusaha ganti pakaian, meski udah lama ttp harus waspada dgn virus yg satu ini.

    BalasHapus
  22. tips yg sangat sederhana dan bisa dilakukan saat pandemi ini, karena saya cuci baju menggunakan mesin hehe setelah itu di tinggal

    BalasHapus
  23. Mantul sekli mbak Ina tipsnya. Btw mesin cuci nya itu lhooo luar biasahh ya jadi pengen ganti deh wkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Mantul sekli mbak Ina tipsnya. Btw mesin cuci nya itu lhooo luar biasahh ya jadi pengen ganti deh wkwkwkwk

    BalasHapus