-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Liebster Award

Mendengar dan membaca tentang liebster award mengingatkanku dengan berbagai tantanggan ketika ber-sosial media. Tidak sangka di dunia blog yang baru kuserius geluti di tahun 2020 ini ada juga tantangan yang menyenangkan berujung saling bertukar backlink dengan sesama bloger lainnya.

Liebster award merupakan sebuah penghargaan yang diberikan sesama bloger. Tujuannya apa? Selain untuk memberi support dan koneksi dari satu bloger ke bloger lain di dalam komunitas bahkan antar komunitas.

Beberapa kali saya membaca para bloger memposting blogpost mereka tentang liebster award ini bulan Ramadan lalu. Kalau saya pertama kali dapat tantangan ini ketika Mbak Susi Susindra di salah satu grup support blog menawarkan untuk saling bertukar backlink melalui liebster award. Terima kasih Mbak Susi, beliau adalah salah satu momblogger senior, dan ternyata kami sama-sama tergabung belajar bersama di Institut Ibu Profesional. Sebelumnya saya memohon maaf Karena mangkrak satu bulan dari jadwal yang dijanjikan. Duh.

Pertama kali mengetahui liebster award ini, saya teringat dengan salah satu hewan laut. Haha. Di dalam hati saya bertanya, bahasa apa ini? Dan apa artinya? Ternyata liebster dari bahasa Jerman, yang artinya sweetheart, alias tersayang.

Jadi setelah membaca tulisan ternyata liebster award itu ada aturannya dan ada beberapa versi. Kali ini saya hanya ingin berbagi versi dari Mbak Susi, hehe.

LIEBSTER AWARD ITU TENTANG 7 ATURAN:

1. Di dalam blog penerima penghargaan, diminta untuk mempublikasikan materi penghargaan ini.

2. Sang penerima penghargaan (awardee) mengucapkan terima kasih kepada bloger yang memberikan nominasi.

3. Awardee menceritakan 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 favorit tulisan sendiri.

4. Awardee menjawab 11 pertanyaan bloger yang memberi nominasi.

5. Awardee menominasikan dan memberi penghargaan kepada 11 blogger lainnya.

6. Awardee memberi 11 pertanyaan masuk akal kepada bloger penerima penghargaan.

7. Awardee memberitahu 11 blogger penerima penghargaan

Pertama kali lihat aturan liebster award ini, ya Allah, banyak bener. Kemudian saya coba mencari-cari cerita ini di dunia maya, ternyata memang banyak versi yang digunakan. Salah satunya di website ausie ini hanya memberikan 5 pertanyaan untuk dijawab kepada nominator terpilih. Dan di sana logo liebster award pun beragam, tidak seperti teman-teman bloger di Indo yang memakan logo yang berwarna hijau seperti di bawah ini.

Hikmah dari berbagai versi liebster award ini yang saya tangkap adalah tidak lain dan tidak bukan untuk saling mengenal diri sendiri dan sesama bloger. Kapan lagi menulis berbau curhat sambil narsis ya kan?

MENCERITAKAN 11 FAKTA TENTANG DIRI DAN 3 FAVORIT TULISAN

Wah saya kan pemalu, buktinya aja nulis diary pakai gembok dulu, haha. Saya coba banyak merenung nih apa ya 11 fakta tentang saya.

1. Ikut kelas percepatan di sekolah menengah atas. Salah satu momentum di hidupku yang seperti roller coaster. Saya dan ke-23 teman lainnya tercemplung dan mencemplungkan diri di Program Akselerasi angkatan 2 SMAN 1 Bekasi. Tahun 2006-2008 kami ditempa dan agak dipandang sebelah mata. Banyak orang yang menganggap kami membuang masa-masa muda ketika mendaftar program ini. Blog ini termasuk tugas mata pelajaran pas SMA dulu, membuat blogspot dan bisa bertahan sampai sekarang hihi.

2. Ingin masuk Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor. Saya mengikuti penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi melalui program PMDK. PMDK adalah Penulusuran minat dan kemampuan. Saat itu hanya nilai rapot yang diseleksikan kepada panitia PMDK IPB. Nilai rata-rata rapotku yang hanya beda 0,5 dengan salah satu kakak kelas program regular menjadi salah satu alasan pada saat itu tidak diterima. Saya sempat menangis di depan adik kelas yang bertemu di kantin setelah mendengar pengumuman kegagalanku saat itu. Tetapi siapa sangka, rencana Allah sebaik-baiknya. saya malah bisa lulus s2 dari IPB.

3. Mudah menangis. Tidak matangnya pengelolaan emosi, ikut kelas percepatan yang membuat setiap hari merasakan sekolah dari jam 7 pagi sampai 4 sore menjadi salah satu stimulant tidak stabilnya emosiku. Apalagi saat itu harus dihadapkan dengan runtuhnya rumah tangga orang tua. Sementara saya hanya selalu bertemu Bapak di sekolah karena ia salah satu guru dan ketua program ketua akselerasi saat itu.

4. Kuliah S1 dengan beasiswa di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI). Perjalanan panjang mencari pintu gerbang perguruan tinggi akhirnya melabuhkan pilihanku di UAI. Universitas Al-Azhar Indonesia adalah satu-satunya universitas yang dilahirkan oleh Masjid. Meski berkuliah di Ibukota dulu kesannya menakutkan, tetapi karena lingkungannya cukup “islami” membuat Mamahku agak tenang.

5. Menyukai Bioteknologi. Tidak cukup kuliah di UAI jurusan Bioteknologi, saya meneruskan bidang ini membuat saya mengambil program pascasarjana di IPB di jurusan Bioteknologi Tanah dan Lingkungan. Sayang, takdir menuntun saya berenang di dunia lain. Hehe.

6. Senang berorganisasi. Selain beberapa organisasi intern kampus, pada tahun 2010 atau ketika berkuliah di semester 2 saya terjebak mengikuti sebuah pelatihan softskills yang diadakan Forum Indonesia Muda. Pelatihan yang memakan waktu 4 hari tersebut mempertemukan saya beragam mahasiswa dan mahasiswa perwakilan seluruh Indonesia. Jembatan networking persahabatan saya bermula saat itu. Di blog ini pun banyak melautkan kisah-kisah saya di sana. Sampai akhirnya mendapatkan suami sesama alumni FIM. Hehe.

7. Sulit mengambil keputusan. Saya bukan tipe decision maker, banyak hal dan orang yang saya Tanya untuk mempertimbangkan suatu hal.

8. Garing. Duh gimana gak garing, sampe pernah dibikinin video karena kegaringan saya dan diputar selepas rapat panitia FIM. wkwk

9. Menikah di usia 24 dengan proses Ta’aruf. Salah satu berkah FIM, punya senior yang baik tiba-tiba nawarin saya mau nikah apa engga, pagi-pagi buta udah kaya nawarin mau minum es cendol. Beliau dan istri yang mengenalkan saya ke Ayahnya anak-anak sekitar 6 tahun yang lalu. Meski sama-sama di FIM saya tidak mengenal suami saya saat itu.

10. Belajar ekspor dari suami. Suami saya belajar ekspor dari sebelum menikah dan merintisnya sampai sekarang. Saya terpacu dan ikut belajar sampai sekarang.

11. Ingin punya anak banyak. Terinspirasi dari keluarga Mamah saya, rasanya menyenangkan mempunyai banyak saudara.

Kalau tiga favorit tulisan saya ada di sini seputar dunia kehamilan dan persalinan serta prenatal gentle yoga.

MENJAWAB 11 PERTANYAAN DARI MBAK SUSI

1. Apa makanan kesukaanmu dan mengapa?

Risol mayones. Tahu dong? Risol merupakan makanan paripurna yang dibuat penuh perjuangan. Bagaimana tidak? Ketika membuat risol kamu harus membuat kulitnya terlebih dahulu satu persatu. Setelah itu memasukkan isian kesukaanmu di dalam lembaran gluten itu.

Baru setelah berjibaku melipatnya dengan sempurna, kita goreng di dalam lautan minyak panas sehingga menghasilkan kriuk di luar dan lembut isisan di dalam.

Saya pernah menulis resepnya di cookpad saya saat zaman hamil anak pertama.

2. Kamu suka malam atau siang, alasannya?

Ini konteks pertanyaannya apa ya? Kalau prefensi saya lebih suka malam karena lebih tenang tanpa kebisingan dan aku suka untuk tidur.

3. Apa rutinitas pagi yang paling seru? Rutinitas pagi yang paling seru ya membangunkan anak-anak, apalagi yang masih bayi, rasanya tidak pernah bosan melihat muka bangun tidurnya.

4. Siapa yang paling membantu saat pagi? Suami adalah seseorang yang paling membantu saat pagi. Ya karena kami tinggal berempat sih, dan sebagai pasangan yang bekerja di rumah kami harus salng bantu membantu. Hehe.

5. Kalau sedang marah, kamu ngapain? Mengelola emosi marah memang bukan hal yang gampang. Mengelola emosi marah diperlukan latihan seumur hidup. Selama ini saya berlatih ketika rasa marah itu datang untuk beristigfar sebanyak mungkin, keluar dari arena paparan marah, jika belum reda segera ambil wudhu atau tiduran. Selain itu hal sederhana lainnya adalah mengambil napas tiga kali.

6. Apa alasanmu menulis blog? Pada awalnya saya membuat blog di tahun 2007 karena tugas sekolah menengah atas. Di alamat blog ini, saya hanya menulis curhat, mungkin sebulan sekali diisi sudah syukur. Nah saat mengikuti Institut Ibu Profesional, saya banyak menuliskan di blog ini.

Baru mulai aktif kembali di tahun 2020 ini, saya bernazar untuk berbagi cerita VBAC atau lahiran normal setelah bedah sesar saya di blog ini kemudian membeli domain untuk mempercantik blog ini. Pada awalnya memang saya merasakan manfaat menulis untuk melepaskan healing stress, berbagi manfaat. Iseng mengikuti sebuah lomba beberapa kali, ternyata senang juga setelah menang. Apalagi setelah mendapatkan pekerjaan dari email yang datang. Semoga tetap menjadi penulis yang bermanfaat ya tidak sekedar cuan aja.

7. Menurutmu, bagaimana kondisi blog saat ini?

Kondisi dunia blog saat ini sangat rame dan bervariasi ya, mulai yang sesuai niche dan khusus ikut lomba tuh ada ya. Sejujurnya banyak hal baru ketika tahun ini mulai lebih rajin ngeblog dan berkomunitas blog. Jadi saya masih junior dan baru di dunia ini.

8. Kapan waktu menulis/ngeblog? Siang atau malam hari. Prinsipnya ketika anak-anak tidur atau ketika mereka bermain dengan Ayah atau Mbah Utinya. Karena membuka laptop di depan mereka membuat mereka penasaran dengan benda kotak ini dan si sulung malah ikutan mengetik. Saya pribadi lebih menyukai mengetik menggunakan laptop karena bisa menghemat waktu dan fokus. Sesungguhnya bisa dilakukan dengan smartphone saya, apalagi dia cukup lebar, tapi waktu mengetiknya menjadi lebih lama. Setelah hampir 6 bulan lebih rajin menulis ini, saya mendapatkan pakem untuk menulis di personal computer/laptop. Sementara desain dan infograpik di smartphone.


9. Berapa jam dalam sehari, kamu jadi blogger? 2-3 jam. Namun satu bulan terakhir ini karena ada project baru, jadi hanya memanfaatkan malam hari nih. Mudah-mudahan masih bisa konsisten ngeblog ya.

10. Siapa yang paling mendukungmu sebagai bloger? Suami dan anak dong. Mereka yang mendukungku untuk selalu bercerita di blog inim hehe.

11. Camilan dan minuman apa yang paling sering menemanimu saat menulis? Gak bisa nyemil, kalau nyemil laptopnya kotor haha. Paling air putih sih.

Siapa awardee liebster award yang akan saya berikan?

Awalnya saya bingung sih karena belum banyak punya sahabat-sahabat bloger. Tetapi saya senang nih berkomunikasi dengan beberapasahabat di bawah ini, semoga kalian berkenan menjawab tantangan saya ya di blogpost kalian! Klik di bagian nama mereka ya untuk melihat isi blog mereka yang penuh warna.

1. Lidia hujan di jendela beliau salah satu sahabat pertama yang bertemu di grup blogwalking. Sesama Momblogger, beliay adalah teman yang saling wapri dan curhat. Semoga berkenan membuat blogpostnya ya Mbak!

2. Jihan jeyjingga beliau juga momblogger yang dipertemukan dalam lautan blogwalking. Ibu yang senang baca buku ini terbukti dengan postingan blognya yang penuh dengan resensi buku.

3. Tri pohontomat.com ini seorang momblogger yang baik hati. Terbukti dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan recehku tentang blog. Mulai dari teknis sampai kenapa adsense saya masih ditolak, bahkan sampai pernah saya menelepon beliau untuk bertanya tentang adsense, hahah.

4. Ibukafa. Ibu super aktif ini ketemu di komunitas Indonesia content creator. Ibu yang aktif dan super pada kegiatan ini sering banget berbagi informasi tentang dunia perbloggan.

5. Eka Artjoka. Mendengar nama blognya sangat unik. Saat mengklik blog mbak eka juga kita disuguhi gambar-gambar tangannya yang sangat khas. MasyaAllah berita baiknya saat saya ingin mempublikasikan tulisan ini, beliau baru saja memenangkan guestpost yang berhadiah satu juta rupiah. wah selamat ya Mbak!

6. Alif Kiki. Saya pertama kali berkenalan dengannya lewat komunitas Indonesia Content Creator. Ibu blogger satu ini juga sering berbagi cerita tentang seputar kehidupan dan pemikirannya di blog.

Nah itu dia tulisanku tentang liebster award. Semoga kelima sahabatku itu berkenan menjawab ke-11 pertanyaan yang sama diajukan Mbak Susi ya. Hihi. Terima kasih sudah membaca tulisan yang berujung curahatan hati ini. Semoga bermanfaat, salam.

Artikel ini diikut sertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator.


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

12 komentar

  1. Masa SMA dan kuliah Mbak Shafira luar biasa. Akselerasi, Bapak sendiri pula yang ketua hehe. Mantap djiwaaaa. Dan kirain dari sononya ekspor2 gitu ternyata basicnya jauh ya hehe. Pengen dong belajar ekspor2an juga (emang mainan 😆).

    Terima kasih sudah mencantumkan saya di sini. Terharuuuu 😭😭

    O ya ternyata aturannya beda2 ya liebster award itu hihi

    BalasHapus
  2. alhamdulillah,
    saya dapet liebster awards. ini yang pertama lho, hihihihi
    terimakasih banyak teteh (^___^)

    teteh hebat euy, kuliah lagi jur bioteknologi tanah & lingkungan. sedikit sedikit tau lah ilmu tanah dan lingkungan, hehehe

    sukses selalu ya teteh

    salam hangat,
    eka artjoka (^___^)

    BalasHapus
  3. Aku juga nih, terima kasih mama ina, sudah memberi penghargaan ini. Ga nyangka euy pantesan menang lomba blog terus, ternyata ini rahasianya...

    BalasHapus
  4. Sungguh terpukau akutu sama pendidikan mamah Ina. MasyaAllah.. Semoga selalu menjadi momblogger yang menginspirasi ya mbak Inaaa :*

    Dan semoga bisa menjadi ibu dari banyak anak yang lucu-lucu, aamiin :D

    BalasHapus
  5. Masyaa Allah, luar biasa sekali mbak Ina. Semoga bisa selalu berbagi di blog ini ya mbak. Selalu menunggu tulisan mbak Ina yang mengalir

    BalasHapus
  6. Wah takjub saya, ada fakta tentang "Pengen punya anak banyak" gak kebayang gimana ngurusnya. Saya aja udah 4 bersaudara rasanya emak udah mumet :D

    BalasHapus
  7. Selamat ya buat semua yang memenangkan Liebster Award di listnya Kak Ina.
    Sedikit banyak melalui tulisan ini jadi kenal mbak Ina. Sebelumnya hanya menyambangi blognya saja saat blogwalking.

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu ada Bioteknologi Tanah dan Lingkungan, Mbak. Kebayangnya biologi tapi hubungannya sama teknik... Perpaduan hal-hal yang dulu waktu zaman sekolah aku kepingin belajar tapi belum kebayang dan belum terlalu banyak akses informasinya juga kali yaa, hehehe.

    BalasHapus
  9. Selamat kepada para bloger yang didapuk untuk melanjutkan tongkat estafet penghargaan ini. Dilalah kok ya orangnya aku tau semua ini 😁

    BalasHapus
  10. Wah ternyata kakak anak FIM? keren 😍😍 si suami juga. Semoga menjadi pasangan yng saling memberi kebermanfaatan untuk ummat ya. Aku pernah regist FIM untuk acara di jogjajogja kak. Tapi belum rezeki yah paling juga kemampuan diri yang masih receh ya😂

    BalasHapus
  11. wah, sekarang export apa Kak? Jadi kepo hihi kapan-kapan ditulis dong Kak pengalaman exportnya, pengen belajar juga :)

    BalasHapus
  12. Sangat terharu sama perempuan satu ini yang menjadikan saya sebagai salah satu penerima liebster award, suatu kehormatan kebahagian banget rasanya bisa mengenal para bloger di Indonesia wabil khusus si gadis manis satu ini. Oiya bukan gadis lagi hahahah Makasih yaa sayang sudah mau berbagi di dunia bloger kamu selalu hebat dan rajin menulis, tularin donk huks sering menang lomba juga yihaaa alhmdlh

    BalasHapus