-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat Pijat Bayi
. Sahabat tentu setuju bahwa menjadi orang tua adalah amanah terbesar dan terindah dalam kehidupan kan?  Peran kita sebagai orang tua dimulai semenjak si kecil lahir, bahkan semenjak para perempuan mengandung janin. Tugas kita sebagai orang tua selain harus merawat fisik dan mental juga mendidik dan membersamai mereka secara lahir dan batin.

Merawat buah hati agar tumbuh sehat, cerdas dan ceria tentu harapan setiap orang tua. Saraf sebagai penghubung organ-organ  tubuh dengan sistem saraf pusat. Saraf menjadi bagian terpenting bagi perkembangan kecerdasan anak oleh sebab itu orang tua perlu memiliki cukup pengetahuan tentang sistem saraf ini

Saat usia Hafsah 2 bulan tepatnya Juli 2019 lalu (eh udah setahun aja), saya mengikuti kelas pijat bayi yang diadakan oleh Bidan yang melakukan akupuntur induksi pada kehamilan saya. Kebetulan kelas tersebut diadakan di Bekasi, jadi kami sekalian staycation di hotel tempat kelas itu terselenggara. 

Kenapa Perlu Belajar Pijat Bayi?

Awalnya saya berharap agar lebih memahami dan mempraktekkan pijat bayi ini kepada anak sendiri. Bersasarkan pengalaman pada anak pertama saya yang dipijat oleh tukang pijat. Lebih sering ia menangis dan seperti meninggalkan bekas kenangan yang tidak indah. Ia selalu meminta dipijatkan oleh saya, dibandingkan oleh tukang pijat sekalipun. Jadi saya punya keinginan kuat untuk belajar pijat bayi ini untuk investasi anak kedua saya yang bayi dan bonusnya bisa dipraktekkan kepada si sulung.

Pijat bayi merupakan bentuk sentuhan yang dapat memberikan kombinasi efektif antara rangsangan fisik dan curahan perhatian bagi kesehatan. Bidan Dini bercerita bahwa ternyata bayi lebih menyukai tekanan pijatan yang tegas disbanding sekedar sentuhan ringan. 

Manfaat pijat bayi 

1. Manfaat Fisik Pijat Bayi

Ketika kita memijat bayi, kita juga membersihkan dan menutrisi seluruh kulit bayi. Dengan pemijatan dan sentuhan hangat kita melancarkan sistem peredaran darah sehingga perkembangan sang buah hati akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya. 
Dengan memijat bayi kita akan meningkatkan sistem pencernaan. Dengan pijat bayi akan berpengaruh pada system metabolisme atau sistem pencernaan si kecil.Ketika sistem pencernaan si kecil membaik maka daya tahan tubuh anak akan meningkat dan anak tidak mudah terserang penyakit. Selain itu manfaat fisik lainnya adalah membantu meningkatkan perkembangan otak


2. Manfaat Psikologis Pijat Bayi

Meningkatkan ikatan batin antara orang tua dan bayi. Komunikasi dan interaksi yang terjadi antara orang tua khususnya Mamah dengan si kecil akan memperkuat ikatan atau bounding diantara keduanya.
Menjadikan bayi lebih bahagia. Manfaat pijat bayi juga bermanfaat memberikan efek relaksasi sehingga buah hati bisa tumbuh dengan cerita dan bahagia. 
Meningkatkan kualitas dan lama tidur. Dengan memijat bayi kita juga meningkatkan kualitas tidur bayi. Kualitas tidur bayi berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi karena otak bayi akan berkembang selama masa tidurnya. Selain itu Bidan DIni berkata bahwa dengan memijat bayi kita dapat meningkatkan produksi ASI. Saya lupa kenapa, mungkin ketika bayi sehat lebih lahap dan lelap berkorelasi dengan peningkatan hormon oksitosin pada tubuh Mamah ya, hehe.

3. Manfaat Stimulasi Pijat Bayi

Menstimulasi seluruh fungsi saraf. Pijat bayi berfungsi menstimulasi seluruh fungsi saraf agar otak bekerja dengan maksimal dan anak berkembang kecerdasannya. 

Usia nol sampai delapan tahun merupakan saat sel-sel otak anak berkembang dan berkoneksi dengan sampai cepat hingga mencapai 80 persen dari kapasitas otak. Pada masa ini, kita sebagai orang tua berperan untuk memberikan stimulasi atau rangsangan yang tepat sangat dibutuhkan. 
Pijat bayi jika dilakukan dengan baik dan benar dapat menimbulkan kepada stimulasi indera (peraba, penyentuh, pembau, pendengar dan penglihatan) yang seimbang. Dengan menstimulasi sisrem indera dengan seimbang sehingga membantu berkembangnya sistem saraf yang akan mendukung perkembangan kecerdasan anak.

Apalagi bayi yang dilahirkan dengan Caesar. Bayi yang dilahirkan dengan proses bedah Caesar membutuhkan stimulasi dan rangsangan yang tepat karena padasaat dilahirkan bayi tidak menggunakan reflek alami yang digunakan oleh bayi lahir normal saat menggerakkan selutuh anggota tubuhnya untuk keluar perut kita. Hal ini juga disampaikan Bidan Jehan, bahwa kita harus lebih “ekstra” stimulasi pada bayi yang dilahiran secara Caesar. Salah satunya dengan merutinkan pijat bayi. Pijat bayi akan membantu bayi mengembangkan reflek tubuh dan kematangan saraf serta fungsi otak dehingga terkordinasi dengan baik.

Mulai kapan bayi bisa dipijat?

Mulai dari 0 bulan sampai 3 bulan bisa dilakukan dengan mengusap-usap saja.

Sampai kapan anak bisa dipijat?

Anak bisa dipijat sampai usia balita, bahkan sampai usia SD pun boleh selama anak mau ya, hehe.

Kapan pijat bayi dilakukan?

  • Setelah mandi pagi atau sore
  • Sebelum tidur pada malam hari
  • Saat bayi tidak rewel
  • 30 menit setelah bayi makan atau menyusui

Persiapan Bahan dan Alat-alat 

  1. Perlak atau alas pijat
  2. Bedongan atau kain
  3. Minyak, saya menggunakan essensial oil youngliving (lavender yang sudah dicampur carrier oil)
  4. Suhu ruangan yang tidak terlalu dingin

Langkah-Langkah Pemijatan

  • Siapkan tempat pemijatan dengan permukaan rata serta bersih. Gunakan perlak dan alas bedong agar bayi nyaman berbaring di atasnya.
  • Ganjal alas bayi dengan lipatan handuk atau bedong atau kain. Alas tersebut diletakkan di bawah posisi kepala bayi agar terjadi kemiringan. Alas bayi yang miring membuat kita mudah dan leluasa memijat bayi, serta menjaga otot dan jari pergelangan tangga hingga lengan tidak kaku.
  • Berikut langkah-langkah pijat bayi. Bidan Dini menyarankan untuk melaksanakan secara berurutan, namun kalau anaknya sudah merangkak atau sudah aktif bergerak tentu kita bisa mengakali memijat anak sambil bermain. Tanpa perlu menunggu anak posisi diam tiduran.

Pijatan Kaki 

Jenis pijatan kaki pada bayi yang bisa dilakukan :
  • Perahan India
Pijatan perahan India merupakan pijatan yang menjauhi tubuh. Pijatan jenis ini bermanfaat sebagai pemijatan cara ini adalah untuk relaksasi atau melemaskan otot.
  • Perahan Swedia
Pijatan perahan Swedia adalah pijatan dari pergelangan kaki ke arah badan. Pijatan ini berguna untuk mengalirkan darah ke jantung dan paru-paru.
  • Gerakan Menggulung
untuk melakukan gerakan menggulung ini adalah dengan memegang kaki bayi bagian atasnya dengan kedua telapak tangan. Bentuklah gerakan menggulung dari pangkal kaki menuju ke arah pergelangan kaki atau jari-jari kaki.
  • Squeezing
Teknik pijat ini seperti kita melakukan gerakan perasan. Peras dan putar kaki bayi dengan lembut mulai dari bawah lutut ke pergelangan kaki.

1. Pijat pergelangan kaki
Pijat pergelangan kaki menggunakan jari telunjuk dan jempol
2. Pijat punggung kaki
Menggunakan jempol kiri dan kanan. Dari arah bawah kea rah kaki dan gerakan menyilang seperti memeras
3. Pijat telapak kaki
Menggunakan jempol kiti dan kanan
Dari arah tumit ke arah jari kaki. Gerakan menyilang seperti memeras. Berjalan dengan ujung jempol dari arah tumit ke jari kaki menggunakan ujung jempol  dari tengah telapak yang satu ke arah jari kaki dan satu ke arah tumit.

Nah ternyata pemijatan di persendian pinggul dan lutut bisa membantu persendian yang dibutuhkan agar bayi dapat berjalan. Selain itu pemijatan di telapak kaki dan jemari bayi bermanfaat untuk kematangan saraf bayi untuk kelancaran proses berjalan serta bisa memberi tekanan lembut pada rongga peut untuk mendorong angina yang mungkin terjebak di perut.

Pijatan Perut

Mengayuh
Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar ulangi bergantian dengan telapak tangan kiri.

Bulan Matahari
Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas, menuju perut kiri bawah bayi searah jarum jam (gerakan bulan). Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam, membentuk lingkaran penuh (gerakan matahari).

Mengayuh dengan di angkat kedua kaki bayi
gerakan pijatan perut dilakukan sama dengan pijatan mengayuh ditambah dengan kedua kaki bayi diangkat.

Pijatan Dada

  • Gerakan menyilang
Gerakan menyilang dilakukan dengan membuat gerakan diagonal kupu-kupu, dimulai dengan tangan kanan membuat gerakan memijat menyilang dari tengah dada/ulu hati ke arah bahu kanan, dan kembali ke ulu hati. Gerakan tangan kiri anda ke bahu kiri dan kembali ke ulu hati.

  • Gerakan kupu-kupu
Gerakan kupu-kupu dilakukan dengan membuat gerakan yang menggambar sayap kupu-kupu dengan meletakkan ujung-ujung jari kedua telapak tangan di tengah dada bayi/ulu hati. Buat gerakan ke atas sampai di bawah leher, kemudian ke samping di atas tulang selangka, lalu ke bawah membentuk bentuk jantung, dan kembali ke ulu hati.

Pada bagian dada di bawah leher, tepatnya di puncak tulang dada terdapat kelenjar thymus. Jika kita melakukan stimulasi di area ini bermanfaat untuk mencegah alergi dan menstimulasi pembentukan antibodi.

Pijatan Tangan

  • Pijat bayi bagian tangan dilakukan seperti bagian kaki.

Pijatan Wajah

  • Sentuhan cinta
  • Pijatan daerah alis
  • Senyuman 1, 2, 3
  • Pijatan rahang
  • Pijatan daerah belakang telinga dan daun telinga

Pijatan Punggung 

1. Pijatan menggaruk
2. Pijatan mengayuh dengan kaki diangkat dan tanpa diangkat
3. Pijatan maju mundur
4. Pijatan melingkar

Nah pijatan daerah punggung juga bisa lakukan ketika bayi kita sedang duduk ya sahabat. Jadi lakukan pijat bayi sefleksibel mungkin karena manfaat pijat bayi ini banyak banget ya. Nah kalau daerah punggung ini tenyara bermanfaat untuk mendukung kemampuan dan leneturan otot di seluruh punggung. 

Perlu diingat bahwa kemampuan bayi untuk melawan gravitasi harus dibangun secara bertahap. Nah awal kemampuannya dengan mengangkat kepala dari posisi telungkup. Kemampuan tersebut akan membangun kekuatan otot sekitar tengkuk dan bahu.

Penutup

Itu dia manfaat pijat bayi serta langkah-langkah yang bisa orang tua lakukan di rumah bersama anak-anak tercinta. Pijat bayi merupakan salah satu stimulasi yang memberikan dampak perkembangan dan pertumbuhan lebih optimal.
Yuk bangun ikatan batin dengan melakukan pijat dengan si kecil. Semoga bermanfaat ya. Salam. 

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

23 komentar

  1. Pijat bayi memang penting ya mbak Ina. Asal tau cara yg bener. Kalo dari bayi sih aku pasti manggil mbah pijet, kalo memang badannya jurang enak. Tapi kalo sekedar habis mandi, aku sih pijet sendiri. Nah, pas anak udah besar juga masih memercayakan sama mbah pijet, walopun udah jarang, hehe..

    makasih infonya mbak Ina :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, dulu pas anak pertama aku juga asal. terus ya ngandelin aja tukang pijit. pas kemaren ada kelas pijit kaya gini jadi teredukasi banget sih mbak dan mudahan2 bisa bermanfaat buat sesama. thank u ya mbak udah mampir

      Hapus
  2. yang pasti bayinya akan nyaman dan ada bonding antara anak dan ibu

    BalasHapus
  3. Ternyata Pijat bayi sangat penting, Ilmu baru ini buat diterapin nanti klo sudah punya bayi hehe

    BalasHapus
  4. Pijat ILU dan mengayuh emang efektif banget buat bayi yang sembelit. Selain itu memang bermanfaat banget membangun bonding antara ibu dan bayi.

    BalasHapus
  5. Keren! Yang paling penting adalah kontrol cakra eh maksudnya kontrol tenaga karena kadang saya serem juga ya lihat bayi dipijat takutnya kesakitan karena terlalu keras tenaganya :(

    BalasHapus
  6. Eh ternyata pinjat bayi juga berpengaruh untuk kedekatan ibu dan bayi ya..

    BalasHapus
  7. Lengkap banget ulasannya mba Ina, aku suka artikelnya. Sangat bermanfaat sekali. Anak SMAku sampai sekarang juga masih minta dipijet sama aku lho mba :)

    BalasHapus
  8. Pijat bayi banyak banget manfaatnya ya kak Ina. Apalagi di bagian perut. Pas mereka lagi kembung atau lagi sulit bab paling terasa manfaatnya.

    BalasHapus
  9. Memijat bayi pun ada tekniknya ya mbak.
    Dulu saya juga heran, kalau ada bayi di pijat sama si mbah tukang pijat bayi, kok malah bayinya nangis kenceng, sampai nggak tega dengarnya.
    Setelah punya anak, saya nggak mau anak saya di pijat sama si mbah, walau ibu saya sering memaksa, tapi tetap saya nggak ijinkan.

    BalasHapus
  10. kedua anakku lahir per SC mom, tapi yang pertama nggak suka dipijat heheh. Tiap dipijat malah ketawa dan katanya geli terus. Tapi adeknya beda, sampe usia 3 tahun lebih masih suka dipijat. Cuman, sekarang udah TK ngga mau lagi deh.. dan emang bener kalau suka dipijet, anak jadi lebih tenang yaa.. mungkin karena badannya nggak pegel-pegel gitu

    BalasHapus
  11. Memijit itu emang gak sekedar menyehatkan bayi tapi juga membangun bonding yang mbak. Waktu anak-anak kecil suka sekali ku pijet. Apalagi kalau perut mereka lagi gak enak, andalanku pake pijat ILU.

    BalasHapus
  12. Wah, tar saya terapkan kl dah punya baby 😊🙏

    BalasHapus
  13. Ini kalau dipraktekkin niscaya ngga perlu ke baby spa ya mba. Aku sendiri kalo mijetin anak selalu ke baby spa. Takut salah pijeeet malah badannya sakit semua. Duh harus praktik nih mumpung ada teorinya

    BalasHapus
  14. Tiga anakku punya tukang pijat favorit masing-masing. Dan ketiganya mijitnya enaak, bayiku nggak pernah nangis. Hingga kedua anakku masih dipijat sampai usia SD. Mijat sendiri, hanya berani bagian punggung dan telapak kaki. Biasanya menjelang tidur sambil bercerita banyak hal.

    BalasHapus
  15. Nah setuju mbak, bayi yg rutin dipijat jd ga rewel ya jd anteng dan tidurnya pulas

    BalasHapus
  16. Nah pernah nie keponakanku masih kecil banget belum ada 1 tahun udah dipijat,
    tapi memang pijatnya sama yangspesialisasi pijat bayi tadinya khawatir knp2 ternyata
    yang tadinya nagis muluk jadi nyenak loh tidurnya

    BalasHapus
  17. Aku waktu masih kecil dulu juga sering banget dipijet sama mbah. Tapi baru tahu kalau ternyata pijat bayi ada teknik-teknik khususnya pula

    BalasHapus
  18. Dulu waktu kuliah keperawatan saya juga diajarkan keterampilan pijat bayi. Sampai sekarang udah jadi bapak, baru beberapa kali melakukan pijat bayi. Itu aja ke anak sendiri. Hehe.

    Terima kasih kak artikelnya. Seperti merefresh materi kuliah pada zaman dulu.

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak sharringnya ya kak, bermanfaat banget bagi calon mama seperti saya. jadi tahu gimana pijat yang nyaman buat baby kita kelak. Suka sedih baby yang nangis-nangis kejer karena dipijat tukang urut. Padahal sebagai mama kita bisa ternyata belajar mengurut ya kak

    BalasHapus
  20. Memijat bagi emang banyak banged ya manfaatnya, selain menjaga bonding ibu dan bayi juga meningkatkan perkembangan otak ya. Squeezing sering dicoba nih tp belum tau kl namanya squeezing, tfs ya Bunda Ina...

    BalasHapus
  21. Pernah mijitin anak ke Mbah pijit, eh, anaknya nangis kenceng. Akhirnya jadi gak tega. Besok2nya gak dipijitin. Tapi kalo lihat praktik pijit di artikel ini, kayaknya si bayi seneng banget

    BalasHapus
  22. Ulasan yang sungguh bermanfaat, mau aq cobakan ke bayiku. Terima kasoh mbak

    BalasHapus