-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Serunya Berpetualang Bersama Aplikasi Let's Read

berpetualang-lets-read
Mengenalkan dunia literasi dengan buku atau bahan bacaan pada anak sejak dini merupakan hal penting dilakukan oleh kita sebagai orang tua. Dengan harapan kita bisa memupuk kebiasaaan dan minat anak kepada dunia literasi dengan budaya membaca. 

Hal yang sama saya dan suami coba lakukan kepada anak-anak. Sejak mereka kecil, kami mencoba untuk mengakrabkan mereka dengan budaya membaca. Meskipun bukan hal yang mudah, sampai saat ini kami bisa melihat buah manis dari kegemaran dengan dunia literasi.

Buah manis itu antara lain kebiasaan membaca buku sebelum tidur siang dan malam yang dilakukan anak pertama kami, Sakha (5 tahun). 

Membaca Nyaring Bersama Anak

Saya mengenal metode membaca nyaring dari seorang teman di satu komunitas. Awalnya saya sangsi apa ya perbedaannya dari membaca buku biasa. Ternyata kegiatan membaca buku bersama berbeda dengan kegiatan pembacaan buku biasa. Kenapa? Karena dalam kegiatan membaca buku bersama tentu melibatkan peran aktif dari pihak pembaca maupun pendengar. 

ReadAloud atau membaca nyaring adalah kegiatan membaca buku dengan membunyikan setiap kata dan kalimatnya sampai terdengar oleh pembacanya.

Suatu kegiatan membaca dapat dikatakan membaca nyaring jika pembaca pada saat membaca bahan bacaan mengeluarkan suaranya. Oleh sebab itu, dalam kegiatan membaca nyaring seorang pembaca harus mengeluarkan suaranya dengan cukup keras.

Kegiatan membaca nyaring adalah sebuah aktivitas untuk memberikan stimulus bahasa yang dapat didengar dan disimak oleh anak.


manfaat-membaca-nyaringManfaat Membaca Nyaring Bersama Anak

Seseorang biasanya akan melakukan sesuatu jika sudah mengetahui manfaat suatu kegiatan. Kegiatan membaca nyaring memiliki makna dan tujuan, tidak hanya kegiatan membaca yang mengeluarkan suara saja. Membaca untuk anak memiliki kesamaan manfaat dengan mengajak berbicara dengan anak (Trealease, 2013).

Kegiatan membaca buku bersama berbeda dengan membaca buku biasa. Hal ini disebabkan dalam membaca buku bersama melibatkan keaktifan dari pembaca maupun pendengar.
Nah, sama seperti kegiatan read aloud atau membaca nyaring ini. Anak mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan membaca nyaring, antara lain : 

1. Meningkatkan Ketrampilan Bahasa Anak.

Dalam perkembangan bahasa anak-anak, kegiatan membaca nyaring ini memiliki banyak manfaat. membangun perbendaharaan kata,  mengondisikan otak anak agar terhubung dengan kegiatan membaca sesuai kesenangannya. Membaca nyaring dapat mendukung kemampuan menyimak dan meningkatkan jumlah kosakata yang didengar anak (Blakemore & Barbara, 2006) 

2. Memberikan Teladan Membaca.

Orang tua adalah idola para anak-anaknya. Mereka bercermin apa saja yang dilakukan oleh kita sebagai orang tua. Saat membaca buku kita memberikan teladan dan menanamkan keinginan untuk membaca pada diri mereka.

3. Membangun Ikatan Antara Anak Dengan Orang Tua.

Secara tidak sadar saat membaca buku bersama kita merasakan ketentraman hati. Selain menjadi hiburan, membaca buku meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua. Hal ini senada dengan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics
Selain itu banyak penelitian membuktikan bahwa orangtua yang membantu dan memberi dorongan pada anaknya secara pribadi, memberi efek yang tak terhingga besarnya terhadap kemampuan literasi anak.

4. Mengembangkan Tingkat Perhatian dan Ingatan. 

Membaca nyaring dapat meningkatkan tingkat perhatian dan ingatan atau memori anak. 

5. Menjelajahi Dunia Baru.

Dengan membaca buku bersama anak kita dapat memperkenalkan hal-hal baru kepada anak. Terkadang kita menemui kondisi sulit untuk menjelaskan sesuatu yang jarang kita temui di kehidupan sehari-hari. Selain membentuk dasar pengetahuan, manfaat dari membaca buku adalah memberi informasi dan menjelaskan sesuatu. 
Saat membaca buku nyaring bersama anak, kita juga merangsang imajinasi dan semua panca indera. Hal yang tidak kalah penting adalah membaca nyaring menanamkan rasa cinta terhadap buku.

Tahapan Membaca Nyaring Bersama Anak

Ada beberapa tahapan yang sebaiknya kita lakukan supaya manfaatntya bisa kita dapatkan secara maksimal. 

1. Tahapan Persiapan Membaca

Pada tahapan persiapan membaca kita harus memilih buku sesuai usia anak. Selain itu saat mempersiapkan membaca kita juga dalat merencanakan tujuan dari kegiatan membaca ini.

Sebaiknya kita juga tahu dan paham tahapan membaca anak disesuaikan dengan usia anak.
Hal yang terpenting lainnya sebelum membaca buku bersama anak adalah membaca terlebih dahulu buku yang akan dibacakan sebelum membacakan kepada anak.

Persiapkan pertanyaan yantuk bahan diskusi dengan anak nanti dan berlatih jika akan menggunakan ekspresi atau intonasi di bagian tertentu. Ingat practice makes progress.

2. Tahapan Awal Membaca

- Mulai dengan percakapan pembuka.

Contoh : “Sakha, mau baca buku di hape? Yuk baca dulu sebelum bobo siang ya..”

- Tunjukkan cover buku.

Menarik minat anak dapat dilakukan dengan mengajak mereka melakukan prediksi isi cerita dari cover buku.

- Sebutkan judul buku, nama penulis dan illustrator.

Selain judul buku, Saya juga sering membacakan siapa saja penulis dan ilustratornya . hal ini mengajarkan pada anak bahwa buku ini adalah sebuah karya buatan manusia. 
Ada orang-orang yang mengerjakan buku tersebut sehingga anak belajar menghargai karya orang lain. Selain itu juga memberi semangat, agar anak bisa berkarya juga. 
“Sakha mau bisa buat buku dan dibaca orang banyak?”

- Eksplorasi ilustrasi yang ada di cover buku.

Hal ini yang sering terlupakan bahwa dengan mengeksplorasi cover buku kita dapat memikat ketertarikan anak untuk memulai membaca. Membaca semenarik mungkin di awal, dengan menggunakan ekspresi, intonasi, gerakan dan sebagainya.
berpetualang-lewat-membaca

3. Tahapan Saat Membaca

- Membaca dengan ekspresi dan intonasi supaya anak tertarik

Kita bisa memakai gerakan jika dirasa perlu. Kita buat semenarik mungkin ya jangan sampai membaca buku hanya dengan nada datar.

- Menunjuk setiap kata yang dibacakan

Meski anak belum bisa membaca, kita bisa mengajarkan untuk menunjuk setiap kata yang dibacakan. Tujuannya agar anak terpapar dengan tulisan.

- Membaca dengan kecepatan tidak terlalu lambat atau cepat

Ingat ketika membaca nyaring bersama anak jangan sampai intonasi kita sangat cepat atau malah terlalu lambat.

- Mencoba berhenti sejenak membaca tulisan. Lalu coba membaca gambarnya dan ilustrasi di setiap halamanya.

Kita bisa ajak anak untuk menunjukkan benda yang kita sebutkan. Anak juga bisa kita ajak berhitung benda atau menyebutkan warna-warna di halaman tersebut. Tujuannya agar anak terlibat saat membaca.

- Tetap tanggap berkomunikasi dua arah dengan anak saat membaca

Jangan sampai kita sebagai orang tua malah mendominasi saat membacakan buku bersama anak.
Namanya juga kegiatan bersama anak. Ajak anak untuk turut bagian dari aktivitas membaca buku.

4. Tahapan Setelah Membaca

- Minta anak-anak untuk mengajukan pertanyaan.

Kita bisa memberikan pertanyaan kepada anak seputar buku yang diceritakan.

- Ajukan pertanyaan seandainya anak-anak tidak bertanya

Begitu pun kepada anak kita yang masih bayi atau yang belum bisa berbicara. Seperti beberapa pertanyaan yang saya ajukan kepada Hafsah (1 tahun) setelah membaca buku bersama. “Mana ya gajahnya?”

- Minta anak-anak menceritakan kembali dengan kata-katanya sendiri

Untuk anak yang masih bayi kita bisa mengulangnya kembali dengan bahasa sendiri. “Tadi Kakak Alviusnya pergi ke pantai ya Dek? Ngambil pasir sama air ya?”

- Letakkan buku atau materi bacaan di tempat yang mudah dijangkau anak-anak.

budaya-membaca


Serunya Berpetualang Bersama Let's Read

Sebagai orang tua tentu kita ingin memberikan yang terbaik pada anak. Sebagai seorang orang tua tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak.Di mata anak, dunia adalah dunia bermain. 

Meskipun Sakha dan Hafsah tidak diberikan gawai, tetapi karena aktivitas kami sebagai orang tuanya banyak menggunakan gawai tentu menimbulkan rasa penasaran dan keingintahuan terhadap benda ini.

Apalagi mereka yang hidup di era digitalisasi saat ini, tentu bukan hal yang bijak untuk mengisolasi ataupun terlena dengan alat bernama gawai tersebut. Gawai adalah alat, maka sudah sejatinya kita yang berakal dapat menggunakan alat tersebut dengan bijak.

Gawai pun bisa menjadi alat kami sekeluarga untuk membiasakan budaya membaca. Salah satunya dengan aplikasi membaca buku online atau perpustakaan digital. Salah satunya adalah aplikasi membaca online adalah Let's Read.

Masa pandemi ini membatasi gerak kita keluar rumah. Entah sudah berapa purnama, kami sekeluarga tidak berlibur keluar rumah. Dengan membaca buku bersama Sakha, kami seperti sedang menjelajahi dunia baru. Sudah lama rasanya tidak pergi ke pantai. Nah, malam itu kami membaca buku di aplikasi Let's Read tentang petualangan di pantai. Simak video kegiatan membaca bersama kami di akhir artikel ya. 

budaya-membaca

LET’S READ merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi let's read layaknya perpustakaan digital yang menyediakan berbagai buku cerita anak. 

Ratusan cerita bergambar berbagai bahasa dan penerbit ada di sini. Aplikasi ini memiliki misi untuk meningkatkan minat baca pada anak khususnya wilayah Asia. Oleh karena itu, bahasa yang disajikan banyak dari daerah Asia.

Fitur dan Keunggulan Let's Read

Setiap aplikasi memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Begitu pula aplikasi Let's Read ini, sebelum saya menceritakan bagaiamana cara membaca dengan aplikasi ini. Yuk kenalan dengan fitur-fitur dan keunggulan Let's Read 

1. Ragam Buku Cerita Anak Pilihan.

Aplikasi Let's Read menyediakan ratusan buku cerita bergambar pilihan. Kendati aplikasi ini dapat diunduh tanpa bayaran, ternyata banyak sekali buku-buku cerita anak bergambar yang disediakan. Buku yang tersedia pun beragam jenisnya. Mulai dari berbagai penerbit, ragam bahasa daerah dan asing, hingga tingkat kesulitan dan pilihan genre buku yang disediakan.

Memudahkan pencarian buku dengan filter kategori.

Fitur label atau genre  buku cerita anak di aplikasi Let's Read sangat berguna saat kita membacakan buku bersama anak. Label bukunya pun beragam mulai dari science, adventure, animal, family dan sebagainya.

Fitur filter kategori label ini memudahkan kita untuk memilih jenis buku yang ingin dibaca. 

Ragamnya Pilihan Bahasa.

Tentu kita tidak asing dengan buku berbahasa Indonesia ataupun English. Uniknya, di aplikasi let's read ini juga menyediakan bahasa internasional lain dan bahasa daerah. Wah, menarik banget kita bisa berpetualang bersama anak sambil memperkenalkan ragam bahasa daerah ke anak bisa dengan aktivitas membaca menyenangkan. 

Tingkatan kesulitan membaca.

Selain memilih bahasa dan label buku. Kita dapat berpetualang menjelajahi dunia dengan aplikasi let's read sesuai dengan tingkatan kesulitan membaca yang beragam. Artinya semakin besar level kesulitan membaca, semakin banyak teks yang tertera di buku tersebut. 

2. Tampilan Gambar dan Huruf yang Bisa Diperbesar. 

Untuk mempermudahkan kita berpetualang dengan seru, aplikasi Let's Read memiliki salah satu keunggulan yakni dapat memperbesar gambar dan huruf yang ditampilkan. 

3. Membaca Buku Tanpa Koneksi Internet.

Fitur Aplikasi Let's Read berikutnya adalah kita dapat menikmati buku cerita anak tanpa koneksi internet. Dengan catatan, kita telah mengunduh buku pilihan kita sebelumnya.

Hal ini sangat membantu ketika saya dan anak-anak harus berpergian keluar kota. Sinyal internet tak melulu stabil. Dengan menyetok beberapa buku unduhan yang disediakan di aplikasi let’s read dapat menjadi camilan ilmu. 

Buku-buku cerita yang telah diunduh tersebut akan tersimpan di menu buku unduhan. Kita dapat membaca sewaktu-waktu meski handphone dalam kondisi offline.




Sudah terbayangkan kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini?
Kita bisa merasakan betapa serunya menjelajahi dunia dengan membacakan buku bersama anak dengan aplikasi Let's Read. 

“Mamah mau baca buku di hape.”

Begitulah kalimat yang sering dilontarkan ketika ingin membaca buku di aplikasi Let's Read. Berikut adalah video keseruan kami ketika berpetualang di pantai bersama Kak Alvius di aplikasi Let's Read.


Nah itu dia bagaimana keseruan saya dan anak-anak dalam berpetualang bersama aplikasi Let's Read. Yuk download aplikasi membaca online LET'S  READ ini di app store atau play store. Mari tumbuhkan budaya membaca sejak dini, selamat berpetualang bersama anak dengan Let's Read!



Semoga bermanfaat, salam hangat.

Referensi :

Blakemore, Caroline J. & Barbara Weston Ramirez. 2006. Baby Read Aloud Basics: Fun and Interactive Ways to Help Your Little One Discover The World of Words. New York: Amacom.
http://eprints.undip.ac.id/40399/1/artikel_membaca_bersama.pdf


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

48 komentar

  1. Seneng ya mba anak suka baca buku dripda main hape, tpi tantangan saya nih klo read aloud sblum tidur anak jdi ga tidur2 dan bahas panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan berakhir perang bantal, hehehe. tapi bonding dan quality time terjalin ya kak

      Hapus
  2. Wah keren banget nih aplikasi yang satu ini. Selain mudah dan fleksibel tentunya bisa menarik minat baca adik-adik ya

    BalasHapus
  3. Kafa belum bisa nih diajak baca lewat hape. Masih maunya nonton aja lewat hp. Semoga gedean dikit mau anaknya baca buku lewat hp.

    BalasHapus
  4. Kok aku tertarik ya, hihi.. Apalagi bisa diakses offline. Cocok nih buat bang rasyiid yang doyan baca-baca, hihi.. Makasih infonya mamah Innaa :D

    BalasHapus
  5. Masih jadi PR buat saya untuk ngajakin adek saya membaca. Padahal manfaat membaca itu banyak banget yah. Terus dengan kecanggihan teknologi saat ini, membaca buku jadi lebih simpel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget nih dicoba ya aplikasi Let's read nya. Membaca buku hanya dalam satu genggaman😊

      Hapus
  6. Jadi inget pas saya kecil dulu, sama Ibuk selali disuruh membaca nyaring mbak. Ternyata keren juga manfaatnya. Karena zaman makin berkembang, Let's Read ini bkin aktivitas baca Ibu-anak makin asyik ya mbak.

    BalasHapus
  7. Saya juga sudah pakai aplikasi ini, Mbak. Keren-keren banget bukunya. Anak saya suka. Terus read aloud itu memang penting banget dan manfaatnya Masya Allah, buanyaaak. Saya baru selesai mengikuti workshop read aloud bersama Bu Roosie Setiawan dan komunitas Read Aloud Makassar via daring. Banyak hal keren yang saya dapatkan dan semakin semangat untuk membudayakan read aloud dan jadi aktivis read aloud. Sehat selalu ya, Mas Sakha dan Mbak Hafsah. Salam kenal dari Dek Dzaky dari Semarang.

    BalasHapus
  8. Bagus aplikasinya buat belajar membaca anak. Dan soal membaca nyaring sebelumnya tidak Saya perhatikan tapi pas baca disini. Make sense

    BalasHapus
  9. suka banget sama let's read ini. Sekarang kalo pegang hape nahla yg tadinya bilang mau nonton sekarang berganti jadi mau baca buku.

    Kelebihan dari let's read ini adalah bahasa daerah. Dari sini saya bisa mengenalkan bahasa daerah saya dan suami pada anak saya. Meski nggak paham, dia akhirnya suka jg.

    BalasHapus
  10. Aku kemarin juga baca petulangan bunga ek di sini. Aish seneng bangett si bocah. Good luck mba shaf

    BalasHapus
  11. Lets read ini bisa menjadi solusi buat buibu dalam mengajarkan anak belajar membaca di rumah, biar ga mati gaya yaa. Bisa eksplore dengan fitur2 yang ada, makin asik belajar bisa sambil nermain dan berpetualang.

    BalasHapus
  12. Lets read memang bacaan yang harus dimiliki oleh setiap ibu yang memiliki anak masih balita. Senang berpetualang..

    BalasHapus
  13. kemajuan teknologi emang gak bisa di tolak ya teh. bahkan baca buku juga bisa online sekarang ( dan utk app lets read bisa offline, keren ih ). which is anak suka kan pegang hp, jadi app lets read cocok buat ajak anak membaca dan belajar bahasa juga ya, aku auto download nih

    BalasHapus
  14. Keren aplikasinya, user friendly dan ada berbagai macam pilihan bahasa dan tingkatan sesuai usia anak.
    Oh iya teknik ini juga bisa dipakai ketika orang dewasa belajar bahasa asing.
    Dua tahun saya sekolah bahasa Jerman dan hal penting yang harus dipraktekkan adalah vorlesen atau membaca dengan suara nyaring.

    BalasHapus
  15. Zaman sekarang segalanya memang udah serba mudah. Anak-anak sekarang doyannya main hp, nah bisa dialihin pakek aplikasi ini. Biar bisa hobi baca juga.

    BalasHapus
  16. Makasih Mbak tipsnya. Boleh dipraktikkan nih kepada anak sulung saya yang demen banget nyobekin buku-buku yang dibelikan bundanya.

    BalasHapus
  17. Baru tau ada app ini, buru-buru ngasi tau paman yang masih punya anak keci. Thank you ulasannya mba

    BalasHapus
  18. Wah aplikasinya asik banget yaa mbak bisa ngajarin anak-anak membaca dan jenis ceritanya pun lengkap banget sampek ada bahasa daerahnya pula hehe. Mantap!

    BalasHapus
  19. Baru tahu ada aplikasi let's reads, ini bagus banget untuk menumbuhkan minat baca anak-anak. Jadi mau download buat ponakan deh, makasih sharing ya mbak

    BalasHapus
  20. Wah, informasi yang sangat bermanfaat bun. Bisa saya praktikan bareng dedek Nbi nantinya. Membaca nyaring sering dikesampingkan karena katanya konsentrasi dan penyerapan ilmu kalah dari membaca dalam hati. Tapi dengan artikel ini saya tahu keuntungan yang oke punya.

    BalasHapus
  21. Membaca ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Termasuk membaca dunia dan sekeliling nya. Semoga anak kita sehat selalu, ya...

    BalasHapus
  22. Bermanfaat banget mba karena anak-anakku ga betah diajak baca, lebih suka didongengin mereka. Tips di atas mau kuterapin ke anak-anakku.

    BalasHapus
  23. Asik lets read udah ada aplikasinya, belajar baca jadi gampang deh sekarang, banyak cerita oke buat dibaca di aplikasinya, seru banget kalo ajarin anak kaya gini

    BalasHapus
  24. Membaca jadi menyenangkan dengan Let's Read ini ya Mah hehe... suka deh baca cerita si mamah ini, seru banget menemani anak membaca di Let's Read. Insyaallah anak2 kita akan tumbuh menjadi anak2 yg cinta membaca ya. aamiin

    BalasHapus
  25. Sepertinya anakku udah mulai bosan dg koleksi buku di rumah huhu, ntar aku coba ajak baca buku di apps Let's Read juga deh 😍

    BalasHapus
  26. Aplikasi Let's Read emang keren. memanjakan para orangtua. Jadi nggak susah cari referensi buku ke mana-mana. Asyik bacanya karena ilustrasinya juga menarik. Mantap Mbak. Semoga anak-anak jadi suka baca

    BalasHapus
  27. Menarik juga ya ceritanya bisa diunduh tanpa kuota internet hehee jadi ga bakal makan kuota nih kalau sering baca pakai aplikasi let's read

    BalasHapus
  28. Let's Read memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para orangtua yang masih takut mengajak anak-anaknya ke perpustakaan saat covid 19 ini. POkoknya mudah banget penggunaannya dan bahkan tidak perlu kuota juga.

    BalasHapus
  29. Wah, bagus nih. Cocok buat anak2. Apalagi sekarang perpus umum ditutup jd gak bisa baca leluasa kayak dulu lagi. Mau coba ah

    BalasHapus
  30. Aku udah instal... Keren ya ini aplikasinya mbak.... Banyak cerita2 menarik untuk ajak anak kita berpetualang...

    BalasHapus
  31. Belakangan sering dibentu Kan dengan kegiatan membaca bersama anak. Mulai dari baca buku Montessori Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja sampai diskusi sama temen-temen.

    Anw aku setuju sekali dengan manfaat membaca buku bersama anak, berkaitan dengan bonding, kosakata anak dll

    BalasHapus
  32. wah banyak banget keunggulan aplikasi Let's read ya dan cocok banget buat anak belajar membaca sambil seru-seruan bareng

    BalasHapus
  33. wah aplikasi let's read ini banyak pilihan bacaan digitalnya yaa mba, nanti aku mau cari yang tema sains ah karena anakku suka banget tuh tentang sains gitu

    BalasHapus
  34. Huaaaahhhhhhhhhh sepertinya aku memerlukan iniiii ^^ segera ku donlod mbaaa... makasi yaa infonya :)

    BalasHapus
  35. Saya kok kiper banget ya.... Barubtahu kalau ada aplikasi buku buat anak seperti ini. Taunya cuma aplikasi buat novel dewasa dsb.
    Aplikasi Let's Read inj pastinya cocok banget buat anak-anak di Taman Baca saya yang biasanya datang langsung, tapi karena ada pandemi jadi harus menahan diri dirumah saja

    BalasHapus
  36. Loh aku baru tahu ini ada aplikasi ini. Jadi bisa buat anak juga ya. Mau download ah

    BalasHapus
  37. Aq baru instal ini di hape.. dan bagus banget ceritanya, gambarnya pun menarik..

    BalasHapus
  38. My baby haneen jg seneng banget nih baca cerita dari lets read ini. Solusi buat kita yang ga bisa kemana-mana karena harus di rumah aja ya bun. Sekarang membaca cerita seru bisa dilakukan dari genggaman👍

    BalasHapus
  39. ini bisa bantu proses belajar anak ya, secara saat ini anak susah belajar maunya cuma main terus tapi dengan segala fitur yang ada harusnya bisa lah ya

    BalasHapus
  40. Bagus aplikasi Let's Read, praktis dan banyak pilihan ceritannya ya. Ini bisa jadi alternatif kalau hard book sudah habis di baca. Saya juga terbiasa membacakan nyaring si kecil mbak, bisanya kami lakukan menjelang tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak, membaca dgn lets read membuat kegiatan membaca semakin seru

      Hapus
  41. Membaca bersama anak ini beneran bagus lho, bisa untuk meningkatkan bonding kepada si anak sekaligus mencerdaskannya. Cobain ah ntr let's read :)

    BalasHapus
  42. Memang recommended banget lets read tuh. Aku bacain hampir tiap hari ke anak. Setuju, membacakan nyaring ke anak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  43. Setuju banget dengan semua manfaat membaca nyaring yg disebutkan. Saya juga masih berusaha rajin membacakan nyaring buat anak, biarpun usia'y belum 2 th. Semoga bermanfaat utk kedepan'y..

    BalasHapus
  44. Saya merasakan banget manfaat membaca nyaring pada anak-anak saya. Alhamdulillah bahagia banget melihat mereka selalu antusias baca buku. Kadang sampai bingung euy nyediain buku untuk mereka. Alhamdulillah ada Let's Read, membantu banget untuk menyediakan buku-buku berkualitas untuk mereka.

    BalasHapus
  45. Anakku juga suka mbak dibacain buku pakai let's read ini. Tapi dia suka nggak sabaran mbak mau ngebalik halamannya melulu

    BalasHapus