-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap

Terasa sudah sekitar 3 tahun kami tidak menyalakan televisi. Bukan karena tidak mempunyai benda yang berbentuk persegi panjang tersebut, benda tersebut setia menghiasi sudut ruang keluarga kami. 

Namun, setelah banyak berbincang dengan suami apalagi setelah mempunyai bayi dan toddler, kami merasakan tidak adanya tontonan yang bergizi yang dapat disantap kami sekeluarga. Apalagi kita tahu bersama anak di bawah lima tahun tidak disarankan menatap layar digital terlalu lama. 

Sayangnya hidup di zaman sekarang tetap selalu membutuhkan informasi, tetapi bukan berarti hal tersebut bisa membuat kami kembali menyalakan benda tersebut. Adanya smartphone, laptop dan internet salah satu solusi mendapatkan informasi up to date kehidupan di luar sana. 

Serangan Berita Hoax

Siapa yang tidak pernah mendapatkan broadcast berita hoax? Seperti beberapa bulan lalu saat meninggalnya Asraf Sinclair, lalu muncul lah broadcast-broadcast berita hoax atau bohong yang tidak jelas sumbernya. 

Apalagi ketika pandemi ini menyerang, mulai bertebaran informasi-informasi bernada sumbang tentang corona. Tentu saya sebagai salah satu manusia yang termasuk generasi milenial mempertanyakan setiap sumber broadcast-broadcast berita yang bernada sumbang tersebut. 

Era digital ini memang memudahkan kita mendapatkan informasi. Namun berita-berita di website berita pun harus dipertanyakan kredibilitas dan kebenarannya. Saya pribadi agak jenuh dengan situs berita yang hanya mengedepankan trafik dengan judul-judul yang clickbait. Dengan kata lain judul tersebut dibuat menarik tetapi ternyata judulnya tidak informatif. Selain itu rata-rata situs berita memiliki serangan iklan yang luar biasa yang menggangu mata kita ketika sedang menikmati membaca berita.


Cara Mengatasi Berita Hoax

Kita harus tetap berikhtiar untuk meminimalisir serangan berita hoax ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan ketika menerima berita di hadapan kita.

1. Berhati-hati dengan judul berita yang provokatif

Kita sering sekali menjumpai berita hoax yang menggunakan judul sensasional nan provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Judul yang sensasional tersebut hanya mengundang klikbait tanpa memperhatikan kebenaran dan kualitas isi berita. Oleh karena itu, apabila kita menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya kita mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian kita dapat membandingkan isinya. 

2. Periksa fakta yang tersaji 

Meskipun berita yang tersajikan menampilkan fakta-fakta, namun sumber fakta berita pun harus diperhatikan. Apakah dari institusi resmi seperti Kementrian, KPK atau Polri? Jangan cepat percaya apabila informasi hanya berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.

Keberimbangan sumber berita pun harus diperhatikan. Jangan sampai berita yang kita cerna hanya ada satu sumber, sehingga kita tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.

Jangan lupa untuk membedakan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini merupakan pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

3. Cek keaslian foto berita 

Pernah mendapatkan berita sebuah foto yang menggambarkan banyak orang meninggal karena virus corona? Padahal gambar tersebut merupakn sebuah cuplikan film. Benar, di era teknologi digital seperti ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi. Foto atau pun video bisa mudahnya dimanipulasi untuk memprovokasi pembaca.

4. Ikut serta grup diskusi anti-hoax

Salah satu yang bisa ikuti di media sosial Facebook.  Terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH) dan Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster.

5. Cermati alamat situs

Sering kali kita memperolah informasi yang mencantumkan link website, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Jika berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, informasi tersebut bisa dibilang meragukan.


Keinginan untuk mengetahui informasi dunia yang akurat dan positif, tanpa terjerumus dalam serangan berita hoax adalah salah satu tantangan yang kita alami bersama. Selain menerapkan langkah-langkah sederhana di atas, memiliki aplikasi baca berita menjadi sebuah solusi tantangan yang kami alami. 

Sekarang ini ternyata ada satu aplikasi yang bisa membantu kita mendapatkan informasi di rumah saja dengan mudah. Nama aplikasinya adalah IDN App, kita bisa download di App store atau di Playstore. 

IDN App adalah aplikasi baca berita terkini dan terlengkap yang cocok untuk generasi millenials dan Z. Aplikasi yang diluncurkan oleh IDN Media pada tanggal 18 Juni 2020 memiliki cita-cita untuk menjadi platform berbagi informasi dan pengetahuan untuk generasi millennial dan Z di Indonesia. Hal ini senada dengan visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi. Terlihat dari tampilan dan fiturnya berbasis teknologi dan platform konten yang cocok untuk kita yang melek teknologi. 

Sebelum saya menceritakan bagaimana saya menggunakan aplikasi baca berita IDN App ini, yuk kenalan lebih dekat dengan IDN App ini.

FITUR DAN KELEBIHAN DI IDN APP

Sebuah aplikasi tentu dilengkapi dengan fitur- fitur menarik yang bertujuan untuk memanjakan penggunanya. Itu juga yang dilakukan IDN App, berikut fitur unggulannya:

1. Fitur Topik Pilihan

IDN App memiliki 42 topik yang bisa kita pilih, antara lain Hype dan Entertainment, Humor, News (Indonesia), Inspiration, Food and Recipe, Relationship, Viral, Travel and Destination dan kesehatan (Health and Medical). Ketika kita mendaftar kita bisa memilih untuk mengisi beberapa kategori yang kita sukai. Jadi kita bisa membaca informasi yang sesuai dengan minat kita ketika kita membuka IDN App. Namun, tenang saja fitur pemilihan topik ini bisa diedit kok, jadi sewaktu-waktu bisa mengubah topik pilihan. Saya pribadi senang banget dengan fitur ini, selama dua bulan mengunduh aplikasi baca berita ini membuat saya nyaman mencari informasi sesuai kebutuhan. 

2. Fitur Tanya Jawab 

Salah satu fitur keunggulan yang membedakan IDN App adalah fitur tanya jawab antar sesama pembaca IDN App. Berbeda dengan portal berita lainnya yang hanya menyediakan kolom komentar. IDN App memberikan fitur yang membuat para pembaca bisa saling berinteraksi. Seperti media sosial, kita bisa mengajukan pertanyaan atau memberi tanggapan kepada pembaca lainnya. Setiap kali kita mengajukan pertanyaan, kita dapat langsung memilih topik supaya mempermudah user menjawab pertanyaan kita. Topiknya yang tersedia pun beragam mulai dari ekonomi, resep, humor dan sebagainya. 

3. Fitur Bookmark

Sebagai Mamah beranak dua, terkadang harus pintar dalam mengelola waktu. Nah ga jarang lagi asyik membaca berita, tiba-tiba bayi bangun atau si kakak mengajak bermain. Maka ketika asyik lagi berselancar di IDN App auto tutup handphone. IDN App memiliki fitur bookmark yang memudahkan pembaca saat ingin membaca ulang atau akan melanjutkan membaca. Selain itu IDN App juga memiliki fitur terakhir dibaca. Ini sangat memudahkan saat kita membutuhkan informasi tersebut untuk dibaca ulang.

4. Fitur Event dan Promo

Kalau fitur yang satu ini berada di bagian teratas homepage. Awalnya ku kira hanya berisi iklan, ternyata fitur event dan promo berisi campaign seperti challange, informasi lomba, kuis, dan reward penulisan artikel yang terbit. 

Selain itu  terdapat filter yang memudahkan pembaca untuk memfilter event dan promo yang ditawarkan dari yang terbaru hingga event yang akan segera berakhir. Jadi, kita tidak perlu khawatir ketinggalan info event dan promo kan?

Kelebihan IDN App

Aplikasi baca berita IDN App memiliki sebuah slogan "The Voice of Millennials and Gen Z". Slogan ini terasa saat menggunakan aplikasi ini selama dua bulan, IDN App sebagai wadah dalam memperoleh dan menyebarkan informasi positif. Berikut keunggulan IDN App, yuk kita simak!

Mode Tampilan IDN App Bisa Disesuaikan

Seperti yang kita ketahui bersama beberapa saat ini tersedia fitur night mode di beberapa aplikasi media sosial. Bahkan instant messaging whatsapp pun mengeluarkan fitur ini.   Tidak hanya sekadar ikut-ikutan tren, IDN App juga memiliki kelebihan ini. Sebuah teknologi yang berfungsi membuat nyaman mata kita dan menghemat daya baterai smartphone kita.

Jika sahabat ingin mengaktifkan mode ini cukup mudah. Pengaturan mode tampilan ini ada di pojok kanan atas tepatnya di icon setting, tinggal klik dan pilihan mode tampilan, mode tampilan akan langsung muncul. 

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Menjadi Jurnalis Melalui IDN App

Menjadi Kontributor website berita atau menjadi jurnalisme warga kini menjadi pilihan kita menyalurkan hobi menulis. IDN App memberikan ruang bagi kita untuk menyalurkan hobi menulis ini sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Ketika kita menulis artikel di IDN App, kita akan mendapatkan poin yang bisa ditukar menjadi uang. 

Kita pun mudah untuk mengecek berkala dengan stastus artikel kita. Di menu profil terdapat keterangan artikel terbit, artikel revisi, artikel dimoderasi, dan artikel ditolak. Jangan lupa untuk menambahkan pilihan label topik agar artikel kita cepat disunting oleh editor IDN. Yang unik lagi IDN App menyediakan tambahan galeri yang bisa dipakai untuk artikel kita, jadi kita juga nggak perlu bingung untuk mencari gambar dari banyak sumber. 

Aplikasi Baca Berita Serasa Bermain Media Sosial

Kalau kalian sudah mendownload IDN App, pasti merasa apa yang saya rasakan. Ketika kita membaca berita seperti bermain media sosial karena kita dapat berinteraksi dengan pembaca di fitur tanya jawab dan mudah membagikan berita ke media sosial. Tampilan IDN App juga user friendly mudah digunakan serta ramah bagi pengguna baru. Selain itu ada fitur follower yang sangat berguna supaya kita selalu update dengan tulisan writer favorit kita. Nah ditambah lagi ada juga sistem ranking mingguan, bulanan dan all-time yang didapat dari berapa banyak tulisan yang dipublish, keaktifan dan follower. 


CARA MUDAH MEMBACA BERITA DENGAN IDN APP

Nah semakin terbayang kan apa urgensinya kita memiliki aplikasi ini di smartphone kita? 

Dengan memiliki aplikasi baca berita IDN App, kita bisa mendapatkan informasi up to date yang terverifikasi, informatif, menghibur, dan menginspirasi  Untuk mendapatkan IDN App, aplikasi baca berita tanpa iklan kita dapat mengunduhnya dengan mudah melalui Play Store atau App Store dari smartphone kita. 

Berikut cara mudah membaca berita dengan aplikasi IDN App :

  • Buka Play Store atau App Store, lalu unduh atau download aplikasi IDN App
  • Buka aplikasi IDN App yang telah terinstall
  • Daftar menggunakan email dan nomor telepon yang aktif
  • Jika sudah masuk home, kalian bisa memilih kategori sesuai keinginan.  Fitur-fitur di atas bisa langsung kita nikmati.
    cara mudah membaca berita dengan IDN App (bagian 1)
    cara mudah membaca berita dengan IDN App

Penutup

Sekali lagi di era digital seperti sekarang mudah sekali mendapatkan informasi. Tetapi, kemudahan untuk mendapatkan informasi harus bersama dengan kiat cerdas menyaring informasi supaya tidak termakan berita hoax. Nah, menurut Mamah IDN App merupakan aplikasi berita tanpa iklan terlengkap untuk mendapatkan informasi up to date yang terpercaya, dan jelas sumbernya.

Banyaknya fitur dan keunggulan IDN App tidak membuat kita berpikir dua kali untuk menikmati aplikasi ini kan? Yuk, install IDN App untuk tetap up to date dengan informasi sambil menikmati event dan promonya! 

Salam,


Referensi :
  • https://www.popmama.com/life/health/onicmetheany/idn-media-meluncurkan-aplikasi-informatif-idn-app/3
  • https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media
  • https://www.idn.media/press-release/idn-media-released-idn-app
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

19 komentar

  1. huwooo, ternyata menari banget ya IDN app ini.
    Aku biasanya baca IDN media dari laptop sih.
    Kayaknya kudu install app-nya dah

    BalasHapus
  2. Lengkap ya IDN App dan bagus sekali misnya, menyebarkan informasi positif yang saat ini penting di tengah maraknya informasi negatif di sekitar kita.
    Kalau saya TV tetap ada tapi tidak untuk siaran TV biasa. Biasa untuk Youtube-an, jadi saya tahu anak-anak nonton apa dan supaya layarnya bisa lebar dan enggak dekat ke mata. Juga pakai TV channel yang bisa pilih tayangan sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  3. Wih mantap nih buat yang seorang blogger atau penulis lainnya. Bisa ikutan nulis di IDN app ya? Sekaligus nambah penghasilan kalau berhasil lolos seleksi?

    BalasHapus
  4. Portal media yang saya tau ada app'y d-t-k aja, ternyata idn juga ada ya. Saya biasa baca langsung d web'y. Menarik, bisa terus update berita2 terbaru dan berita positif tentunya..

    BalasHapus
  5. Lengkap banget ya aplikasi IDN app. Tapi sayang, kendala saya kalau membaca lewat hp kadang gak bisa bertahan lama mbak, mata gak bisa diajak kompromi. Mungkin bisa di buka via laptop ya biar lebih nyaman. Keren nih, nulis di IDN app bisa mendapat cring2.

    BalasHapus
  6. Aku tahunya sejak dulu ini salah satu portal info atau berita-berita gitu kan mb ina? sekarang udah ada aplikasinya keren banget donk ya, bisa lebih privat gitu untuk mengulik dan browsing apapun dari aplikasinya. Mantap IDN.

    BalasHapus
  7. baru tahu ada aplikasi baca berita seperti IDN ini, hmmm gitu tu berita-beritanya bersumber dari mana ya mbak? Jadi penasaran nih ...

    BalasHapus
  8. Mamah oh mamah, selalu suka dengan gambar yang ciamik apalagi tulisannya. Belajar sama mamah, aku ini🤗

    BalasHapus
  9. Wah salut bisa sampai 3 tahun ga menyalakan tv ya mba. Aq masih lebih mudah lihat berita di tv, tapi nyalain tv pun masih disambi main hp, hihi. Ya sekalian aja update berita di IDN ya. Menarik sekali keliatannya aplikasi IDN ini, makasi infonya mba..

    BalasHapus
  10. Bagus memang aplikasi IDN. Mau ikut lombanya ngga keburu 🤭 memang benar cara biar ga kemana hoax ya cari kebenarannya, salah satunya dari portal berita macam IDN

    BalasHapus
  11. Saya udah lama enggak nonton televisi. Terutama sejak banyak sinetron dan reality show dengan kata-kata yang menurut saya tidak pantas ditayangkan. Sejak itu kalau butuh hiburan atau berita, ngintipnya di situs. Kalau IDN saya suka infografisnya di Instagram. Cakep.

    BalasHapus
  12. Menarik ya Mba IDN App ini, satu aplikasi beragam manfaat. Saya jadi tertarik untuk install di HP, apalagi ada fitur book mark, tanya jawab dan kirim artikel. Penasaran deh buat coba.

    BalasHapus
  13. Mungkin karena waktuku lebih banyak buat kerja kali ya, jadi udah beberapa tahun terakhir akupun udah nggak pernah nonton TV lagi mbak, ditambah tontonan TV saat ini yang kualitasnya menurun. Aku baru tau nih IDN Aps ini, nanti aku kepoin ah aplikasinya

    BalasHapus
  14. Semakin banyak media alternatif sekarang ya Mba... setiap informasi perlu diperhatikan namun juga harus membiasakan diri untuk mengecek ulang informasinya....

    BalasHapus
  15. Komplit banget ya IDN. Kayanya dulu cuma portal berita.. sekaramg punya aplikasi sekeren ini. Bisa terbantu sekali untuk memilah berita-berita hoax.

    BalasHapus
  16. Ya mbak, aku pun cari infonya di IDN krn bebas hoax

    BalasHapus
  17. Di aplikasi idn ini ada iklannya hak? Saya paling malas baca kalau yulisan diramaikan oleh munculnya iklan. Langsung saya klik x

    BalasHapus
  18. Mantap nih IDN app. Tanya jawab dan mirip seperti medsos, bikin pembaca nyaman pastinya. Thanks ulasannya. Jadi tahu IDN app sekeren ini.

    BalasHapus
  19. Keren nih appnya... mau coba install ah

    BalasHapus