-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Mengenal Mesin Cuci 2 Tabung

memilih-mesin-cuci
Salah satu teknologi yang diciptakan manusia yang sangat membantu kita sebagai Ibu Rumah Tangga dalam mencuci baju adalah mesin cuci. Saya teringat dulu ketika zaman sekolah dasar mesin cuci jenis ini menjadi primadona. Berjalannya waktu dengan kemajuan teknologi, hadirlah mesin cuci 1 tabung atau sering disebut mesin cuci otomatis. Meski “ketinggalan zaman” mesin cuci manual ini masih menjadi pilihan sebagian orang. 

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelum memilih mesin cuci 2 tabung, ada baiknya simak kelebihan dan kekurangan mesin cuci 2 tabung ini. 

Salah satu jenis mesin cuci jenis yang akan saya bahas adalah yang memiliki dua tabung. Kedua tabung mesin cuci ini memiliki fungsi berbeda. Satu tabung berfungsi untuk mencuci dan memilas pakaian, sementara satu tabung lainnya berguna untuk mengeringkan pakaian. 

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung memang tak secanggih mesin cuci 1 tabung. Namun, bukan berarti tidak memiliki kelebihan bagi penggunannya. Berikut ada 4 poin kelebihan dari mesin cuci yang memiliki sepasang tabung ini. 

1. Mesin cuci 2 tabung memiliki harga lebih murah

Salah satu faktor pertimbangan ketika kita memilih mesin cuci adalah harga. 

Salah satu kelebihan dari mesin cuci 2 tabung adalah memiliki harga relatif lebih murah dibandingkan mesin cuci 1 tabung.

Rata-rata mesin cuci dengan 2 tabung dibandrol dengan kisaran harga 1 jutaan Rupiah. Sementara kita tahu, bahwa mesin cuci otomatis atau dengan 1 tabung memiliki kisaran harga di atas 4 jutaan Rupiah.

2. Mesin cuci 2 Tabung lebih hemat listrik

Dalam menggunakan mesin cuci 2 tabung kita masih membutuhkan tenaga untuk mengoperasikannya. Setelah pakaian dicuci di tabung satu, kita perlu memindahkannya ke tabung sebelah untuk memerasnya. Maka itu, mesin cuci ini disebut juga semi otomatis.

Daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci 2 tabung  hanya membutuhkan sebesar 160 Watt. Ini hampir separuh daya yang dibutuhkan mesin cuci 1 tabung.

3. Risiko kerusakan lebih kecil.

Salah satu keunggulan mesin cuci 2 tabung lainnya adalah memiliki risiko kerusakan lebih kecil. Kenapa risiko mesin cuci 2 tabung lebih kecil dibandingkan mesin cuci 1 tabung?

Jika mesin cuci 1 tabung mengalami kerusakan, otomatis akan mengganggu kinerja seluruh mesin cuci tersebut.

Jika terjadi kerusakan mesin cuci 2 tabung, satu tabung tidak akan saling mempengaruhi kinerja tabung lainnya.

Ketika tabung mesin pencuci kita rusak, kita masih tetap bisa mengeringkan pakaian pada tabung tabung pengering ya. Begitupun sebaliknya!

4. Biaya perawatan dan perbaikan lebih murah

Mesin cuci 2 tabung memiliki risiko kerusakan yang lebih kecil. Namun, ketika mesin cuci jenis ini pun rusak biaya perawatan dan perbaikannya juga lebih murah. Dengan harga sparepart yang terjangkau juga lebih mudah didapat. 

Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

1. Mesin cuci 2 tabung dengan teknologi sederhana.

Mesin cuci 2 tabung memiliki teknologi yang tidak mutakhir di zaman sekarang seperti mesin cuci 1 tabung. Wajar saja yak arena mesin cuci jenis ini sudah ada semenjak saya masih kanak-kanak. Artinya sudah lebih dari 20 tahun mesin cuci ini hadir di dunia.

Teknologi yang dipakai dalam mesin cuci 2 tabung hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar mesin pencuci serta mesin pengeringnya. Hal ini juga sesuai dengan kelebihan mesin cuci 2 tabung sebelumnya yaitu harganya yang lebih murah. You pay what you get.

2. Mesin Cuci 2 tabung membutuhkan lebih banyak air.

Penggunaan air mesin cuci 2 cenderung lebih banyak menggunakan air alias boros. Hal ini dikarenakan mesin cuci 2 tabung tidak memiliki takaran pastinya. 

3. Mesin cuci semi otomatis.

Mesin cuci 2 tabung ini memang hanya memiliki teknologi untuk memutar tabung pencuci dan pengering. Selain itu perlu dilakukan secara manual. Mulai dari memasukkan sabun detergen dan cairan pelembut pakaian. Selain itu saat memindahkan pakaian ke tabung pengering pun harus dibantu dengan tenaga secara manual.

4. Pengering tidak sekering dari mesin cuci 1 tabung

Salah satu kekurangan dari mesin cuci 2 tabung ini adalah pada fitur pengeringannya yang tidak semaksimal dengan mesin cuci 1 tabung. Wajar saja karena teknologinya yang tidak wah. 

Mesin cuci 2 tabung maksimal hanya bisa mengeringkan pakaian sebesar 70% jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung yang tingkay kekeringan bisa mencapai hampir 100%.

Mesin cuci 2 tabung selain memiliki kelebihan juga memilki kekurangan. Kombinasi keunggulan yang menguntungkan bukan?

Kesimpulan

Meskipun mesin cuci dua tabung yang lebih “konvensional” tetap diunggulkan dibanding jenis mesin cuci 1 tabung. Salah satu sebabnya karena harganya yang masih jauh lebih murah dan lebih terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.

Namun, mesin cuci ini tetap memiliki kekurangan terutama dari segi teknologi yang tak secanggih mesin cuci 1 tabung. Pada akhirnya pilihan kembali pada kita selaku pengguna, mana yang lebih cocok dan apa yang diutamakan oleh masing-masing kebutuhan, kelebihannya atau kekurangan mesin cuci tersebut.

Salam, Semoga Bermanfaat.


cerita-mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

4 komentar

  1. memang masing-masing punya lebih dan kurangnya ya mbak. Asalkan yang make juga rajin ngerawat, pasti awet, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt Kak Rizky...semua ada kelebihan dan kekurangannyaa

      Hapus
  2. Mesin cuci dua tsbung nih saya belum menguasai mbak. Di rumah mbak pada pakai itu terus pas sesi masukin ke pengeringnya saya suka gagal mlu. Permasalahannya ada pada proses pemadatan baju. Harus bener2 padat banget biar kalo nyakain Mesin ya ga bergetat lebih keras.

    Ternyata memang teknologinya masih blm sebagus yg 1 tabung ys

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya teknologi memang kalah jauh mbak, tapi tricky jg buat kita nyuci setengah manual hehe

      Hapus