-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Simple Workout di Rumah bersama Wardah

Wabah Covid-19 ini belum berakhir. Selain harus menerapkan protokol kesehatan, gaya hidup lebih sehat pun harus kita terapkan. Salah satunya dengan menjaga imunitas dengan memperhatikan asupan nutrisi lahir dan batin serta olahraga dan berjemur sinar matahari pagi.

Walaupun kita harus berhadapan lagi dengan suasana PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), melakukan olahraga bukan jadi halangan. Olahraga bisa kita lakukan meskipun di rumah saja. 

Salah satunya dengan mengikuti melakukan workout virtual bersama.

Mominfluencer.id X Wardah Beauty "Simple Workout at Home" bersama Lisa Namuri. 

Minggu kemarin Saya dan beberapa Mamah lainnya yang tergabung di komunitas mominfluencer.id mengikuti kelas simple workout at home

Kelas ini diadakan bersama Ka Lisa Namuri, seorang instruktur yoga yang tersertifikasi dan disponsori oleh wardah beauty.

Siapa Lisa Namuri?

Lisa Namuri adalah salah satu instruktur yoga privat para sosialita dan selebriti. Beliau juga merupakan lulusan Fitness Institute, Australia yang mengantongi berbagai sertifikasi internasional dalam bidang physical improvement, seperti STOTT Pilates, Kanada dan Red Cord, Norwegia.


MANFAAT YOGA

Saya pribadi pertama kali mengetahui dan mengikuti kelas yoga saat kehamilan anak kedua. Saat itu saya mencari olahraga apa yang bisa membantu mengkuatkan otot-otot melahirkan dan direkomendasikan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah prenatal gentle yoga.

Meski saat itu beberapa issue yang mengantung bahwa yoga itu adalah ritual ibadah lain dan meditasi spiritual ajaran lain, bahkan ada yang mengklaim haram. Nah berangkat dari rasa penasaran, saya coba mencari tahu olahraga ini.

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Berangkat dari penjelasan di website konsultasi syariah, pada intinya selama tidak melanggar syariat tidak ada unsur syirik dan motivasi untuk olahraga, yoga diperbolehkan.

Yuk simak manfaat yoga berikut ini :

Yoga dapat meningkatkan kebugaran.

Sebagaimana olahraga fisik lainnya, yoga dapat meningkatkan kebugaran. Meskipun terlihat mudah, tetapi jika melakukan yoga minimal satu jam dalam sehari tubuh kita akan merasakan manfaatnya. Selain tubuh menjadi lebih bugar, yoga juga memiliki manfaat untuk memperbaiki postur tubuh, dan menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, serta kelenturan tubuh. 

Yoga mengurangi stres.

Beberapa sumber menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi stress dan gelisah. Saya sendiri merasakan manfaat yoga tersebut saat kehamilan.

Pepatah yang mengatah di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat tentu terasa. 

Yoga juga dapat memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur pun merasakan manfaatnya. 

Yoga membantu mengatasi masalah kesehatan.

Salah satu contohnya adalah sakit punggung. Sahabat yang pernah mengalami sakit punggung, apalagi bagi seseorang yang banyak menghabiskan waktunya duduk di depan laptop, pasti pernah mengalami nyeri di bagian punggung.

Pada yoga ada berbagai pose yang bisa kita lakukan untuk mengurangi nyeri. Gerakan-gerakan yoga membuat tubuh meregang tubuh yang dan dapat membantu postur tubuh kembali seperti semula.

Yoga dapat membakar lemak dalam tubuh

Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan maksimal manfaat ini, kita dapat melakukan jenis yoga ashtanga, power yoga, atau hot yoga. Jangan lupa untuk dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik lainnya.

manfaat-yoga


APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM YOGA?

Nah, sebelum melakukan yoga ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal di bawah ini ya.

Sarapan secukupnya

Saat sesi tanya jawab bersama Kak Lisa, salah satu dari kami bertanya sarapan apa yang harus disantap sebelum melakukan olahraga ini? Idealnya menurut Kak Lisa sebelum yoga sarapan menggunakan buah, jangan menyantap makanan yang terlalu berat. 

Prinsipnya yoga sama seperti olahraga lainnya, sebelum melakukan yoga sebaiknya kita tidak makan makanan berat seperti nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. 

Jangan Lupa Bernapas

Kebanyakan orang yang baru pertama kali mencoba yoga saat melakukan gerakan adalah menahan napas. Jangan lupa untuk selalu bernapas, sesulit apapun pose yang dilakukan. 

Dengan senantiasa bernapas kita akan tetap menyuplai oksigen untuk memberikan energi saat yoga.

Instruktur yoga biasanya selalu mengingatkan kapan harus inhale atau exhale. Jangan lupa untuk memperhatikan ucapan instruktur yoga.

Turunkan Ekspektasi 

Jangan menyangka kamu akan menguasai semua pose yang baru dicoba dalam sehari. Bukan tak mungkin sih, tapi hanya beberapa orang saja yang bisa sempurna melakukan semua pose padahal baru mencobanya sekali. Kalau kamu tergolong fleksibel dan sering melakukan olahraga yang dinamis serta energik seperti zumba, bisa jadi kamu lebih mudah mengikuti pose-pose yoga. Sejatinya tips sebelum yoga yang perlu kamu sadari adalah, yoga bukan tentang pose yang sempurna tetapi bagaimana menyelaraskan tubuh dan pikiranmu.

Sedia Air Minum Saat Melakukan Yoga

Beberapa kali jeda dari gerakan-gerakan, Kak Lisa mempersilahkan kami ketika hendak untuk meminum air. Membasahi kerongkongan dengan air putih adalah hal yang terpenting saat berolahraga. Tubuh harus kita jaga hidrasinya meskipun saat melakukan yoga. 

Gunakan Skincare 

Hal yang tidak kalah penting ketika hendak melakukan olahraga di rumah saja adalah menggunakan skincare seperti sunscreen. Wardah UV shield Aqua Fresh essense adalah salah satu alternatif produk yang dapat kita gunakan sebelum beraktifitas.


MENGENAL WARDAH UV ShieldShield Aqua Fresh Essence  SPF 50 PA++++

Sebelum melakukan simple workout di rumah bersama Kak Lisa Namuri, kami diberi edukasi sebuah produk sunscreen terbaru dari wardah yakni wardah UV Shield.

Terdapat dua jenis sunscreen terbaru, yaitu Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence dan Wardah UV Shield Active Protection Serum. Kali ini saya akan membahas produk wardah yang saya beli yaitu Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence.


Yang menarik dari produk yang baru diluncurkan wardah ini adalah selain diklaim dapat melindungi sinar UVA dan sinar UVB, wardah UV Shield juga dapat melindungi cahaya dari sinar blue light.

Apa itu sinar blue light

Sinar blue light adalah cahaya yang dipaparkan oleh gawai atau alat elektronik kita, maupun cahaya fluorescent (sinar cahaya putih) yang  sederhana. Sinar Blue Light ini munncul di antara spektrum warna yang dapat kita lihat ya, Gaes.

Sinar blue light dapat masuk ke lapisan kulit lebih dalam daripada Sinar UV. Sinar ini juga mampu menembus lapisan dermis dan masuk sampai ke jaringan lemak yang dekat dengan otot.

Beberapa penelitian juga banyak yang menyebutkan efek negatifnya pada organ mata. Seperti menyebabkan mata mudah lelah, merusak retina, dan sebagainya.

Sederhananya blue light dianggap lebih berbahaya dari sinar UV karena bisa menembus sampai ke jaringan kolagen dan mengganggu. 

Salah satu efek negatif sinar blue light terhadap kulit manusia adalaha kehilangan elastisitas alias lebih cepat keriput dan kendur. 

Apalagi ketika kita work from home di masa pandemi seperti ini, bayangkan kurang lebih selama 8 jam sehari, kita terpapar sinar blue light. 

Oleh karena itu Wardah UV Shield ini mengakomodasikan kebutuhan kita yang cenderung berpapasan dengan layar gawai dan monitor komputer.

wardah-uv-shieldKemasan WARDAH UV Shield Aqua Fresh

Sisi kemasan Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence terlihat minimalis dengan kemasan tuber berwarna biru. Kemasan ini di disain juga cukup simple. Informasi yang tersaji di belakang produk dengan bungkus plastik press cukup informatif.

Botol fliptop berisi 30 ml sunscreen ini juga travel friendly karena kemasannya mungil dan ramping.

Tekstur Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence.

Ketika menggunakan Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence di wajah, saya merasakan sensasi dingin. Setela mengaplikasikan sunscreen ini meninggal sedikit residu putih atau white cast.

Wajah pun sedikit terlihat mengkilap. Namun, setelah sekitar satu menit, rasa lengketnya mulai terasa hilang dan lebih nyaman di kulit. 

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence mengandung 0% Alkohol

Kabar gembiranya Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence hadir dengan inovasi formula 0% alkohol. Walaupun kandungan SPF dari sunscreen ini tergolong tinggi, tapi tidak menyumbat pori-pori dan membuat kulit berjerawat. 

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence terasa ringan di kulit dan aman untuk kulit sensitif sekalipun. Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau hanya sekitar Rp46.000.


Tiga Gerakan Yoga yang diajarkan oleh Lisa Namuri

"Saya ga mau ya, Ibu-Ibu di sini cuma ikutan tapi ga dilakukan setelahnya." Pesan dari Kak Lisa. Setidaknya ada tiga gerakan yang bisa kita lakukan saat di rumah.

Baby Pose

Gerakan ini adalah gerakan yoga paling nyaman. Biasanya gerakan ini dilakukan sebagai jeda dari gerakan satu ke gerakan lainnya. Baby pose atau ada yang menyebutnya Child Pose.

Pertama-tama kita mengambil posisi duduk bersimpuh, lalu badan dicondongkan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai. 

Setelah itu, perlahan julurkan tangan ke depan dan hitung selama beberapa detik. 

Posisinya mirip bersujud, posisi kepala lebih rendah daripada jantung. Setelah itu tahan kurang lebih selama dua menit sambil memejamkan mata serta tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan.

Warrior Pose

Dahulu saat prenatal gentle yoga, salah satu instruktir yoga saya pernah memberitahu gerakan ini secara rutin dapat mengecilkan paha, memperkuat sendi bahu, tangan, dan punggung, serta meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi.

Kenapa disebut warrior pose? karena gerakan ini dapat meningkatkan stamina layaknya seorang pejuang yang kuat. 

Cara melakukannya kedua tangan diangkat ke atas dan tempelkan telapak tangan. Rentangkan kaki secara perlahan Sambil menarik napas. Hembuskan napas sambil perlahan hadapkan tubuh ke arah kiri. Tekuk sedikit lutut kaki kiri. Kepala menghadap ke atas. Tahan posisi selama tiga tarikan napas dan lakukan dengan arah sebaliknya.

Down dog and up dog Pose

Tujuan gerakan down dog dan up dog pose adalah melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang. Selain itu perut menjadi kencang. 

Bagaimana melakukannya? Sederhananya kita posisikan tubuh telungkup, lalu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan. 

Posisi tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu pun dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur. Tahan gerakan ini selama 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik. Lebih lengkapnya simak video Lisa Namuri di bawah ini.

Penutup

Pada akhirnya kita dianjurkan untuk mengaplikasikan hidup sehat salah satunya dengan berolahraga. Tiga gerakan yoga di atas adalah salah satu alternatif workout yang bisa kita lakukan di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan energi dan memakai sunscreen Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence sebelum berolahraga.


Semoga bermanfaat, salam. 

cerita-mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

6 komentar

  1. Serius lho aku baru tau pentingnya pake sunscreen sebelum WO. Niha jadi pengen nyobain wardah juga haha. Thx infonya mba..

    BalasHapus
  2. yoga dapat membakar lemak dalam tubuh? padahal gerakannya slow motion gitu ya mbak, heran sih. tapi boleh deh di coba, cari videonya entar, hihi..

    BalasHapus
  3. Ya ampuun baca tulisan ini jadi inget udah lama banget ga yoga semenjak melahirkan. Btw aku juga pengguna setia wardah lhoo mama inaa 😍

    BalasHapus
  4. Waaa keren bangett mba Shafira masih bisa nyempetin yoga. MasyaAllah harus ditiru nih buat aku yang malassss banget workout. Paling mentok jalan 1000 langkah ke pasar hahaha udah masuk work out belum tuh ya?

    BalasHapus
  5. Aku pun ikutan mba yoga sama wardah itu lumyana ya lelahnya kerasa banget hahaha.

    BalasHapus
  6. sudah lama gak yoga, gegara pandemi mau sendiri sulit harus lihat vidionya

    BalasHapus