-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Yuk Optimasi Blog dengan Cara Menaikkan DA (Domain Authority)

Cara menaikkan da dengan memperbaiki struktur blog

“Mam, kenapa pengen ngeblog?”

Tanya suamiku saat beberapa bulan yang lalu. Saya yakin setiap bloger memiliki tujuannya masing-masing menulis di blog. Apapun tujuan itu tentu dalam menjalani suatu aktivitasi kita ingin menghasilkan yang optimal. Sama seperti di dunia blog kita juga bertanya-tanya bagaimana ya cara mengoptimasi blog.

Sebenarnya blog ini telah hadir sejak saya SMA saat mengerjakan tugas pelajaran ilmu komputer sekitar tahun 2007. Namun, saya mulai aktif menulis di tahun 2020 ini. Selama 13 tahun itu saya menulis kadang satu sampai lima tulisan sebulan, bahkan pernah setahun sekali. Tulisannya pun hanya sebatas curhat.

Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), Komunitas Blog Pertama yang Membangun Semangat dan Konsistensi Menulis Saya

Awal tahun ini begitu berwarna, saya yang buta dunia blog masuk ke dalam satu komunitas yang isinya wanita dan mayoritas Ibu-Ibu. Ibu-bu doyan Nulis, tidak hanya dunia blog, seputar dunia menulis buku pun ada. 

Komunitas IIDN menjadi pintu gerbang saya belajar blog saat itu. Lalu saya berada di titik ingin tidak sekadar curhat di blog tetapi ingin membangun personal branding menjadi momblogger. Tentu keinginan itu harus disambut dengan mencari telaga ilmu sebanyak-banyaknya.

Tujuan Terjun di Dunia Blog

Ada yang menulis di dunia blog karena ingin menumpahkan isi hatinya, lalu dia tidak memperhatikan kaidah penulisan. Itu tidak masalah baginya.

Ada juga yang menulis di dunia blog karena mencari penghasilan semata, sehingga ia memiliki blog yang terisi semua jenis produk. Itu tidak jadi masalah baginya.

Ada pula yang menulis di dunia blog karena ingin memenangkan perlombaan, lalu semua isi blog hanya artikel lomba. Itu juga tidak jadi masalah baginya. 

Setiap manusia akan melakukan sesuatu dengan mata berbinar-binar ketika telah menemukan tujuan hidupnya. Setiap dari kita pun memiliki fokusnya masing-masing. Salah satu yang kutemukan ketika bisa mengubah sebuah curhatan menjadi stimulasi dan informasi bagi sesama.

Sesederhana dari awal saya menulis di blog ini berbagi pengalaman tentang kehamilan dan persalinan yang saya lewati. Siapa sangka bermula dari situ saya mendapatkan energi luar biasa ketika ada pembaca organik yang menemukan saya dari situs mesin pencari Google.

Tak lama berselang, tulisan saya juga pernah diapresiasi menjadi juara hiburan suatu lomba. Kemudian, beberapa tawaran kerjasama dari beberapa brand. Alhamdulillah.

Apapun tujuan terjun di dunia blog, tak pernah salah untuk mengoptimalkan segala peluangnya. Apalagi bisa menumpahkan isi kepala sambil menyalurkan hobi dan meraup rupiah, kan?


25 Webinar untuk Mengoptimalkan Dunia Blog bersama IIDN dan IM3 Ooredoo

Perjalanan otodidak 5 bulan ini ternyata berjodoh dengan rangkaian webinar yang diadakan oleh komunitas IIDN bersama IM3 Ooredoo. Tidak tanggung-tanggung ada 25 webinar yang diadakan IIDN dan IM3 Ooredoo untuk meningkatkan skill para bloger Indonesia dari segala level. 

Event yang berlangsung selama satu bulan lebih ini (Agustus-Oktober) bertema “Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog”.

Pada awalnya, setiap bloger dibatasi hanya mengambil 4 webinar saja. Saya pun langsung mengambil beberapa kelas yang saya butuhkan saat ini. 

Sayangnya banyak kelas yang jadwalnya tidak berjodoh dengan saya, adapun ikut beberapa kelas tidak tuntas karena ada tanggung jawab lain yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, saya tidak berkecil hati ada beberapa bloger yang berbaik hati juga berbagi cerita dengan materi yang didapatkan.

Satu-satunya kelas yang saya ikuti sampai tuntas dari awal hingga akhir adalah kelas Mas Irwin. Bagaimana tidak? Webinar ini membuat saya penasaran karena sering membaca ulasan kelas menaikkan Domain Authority (DA) oleh beberapa rekan bloger.

Pernah juga sekali mendaftar, tapi belum sempat diangkut. Nah, makanya saya senang sekali ketika Mas Irwin bisa berbagi di salah satu kelas IIDN dan IM3 Ooredoo  ini. 

Sebelum membahas review materi Mas Irwin, kita bisa belajar dari semua webinar yang diadakan IIDN dan IM3 Ooredoo mengenai optimasi blog. 

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan blog agar tetap produktif.

1. Optimasi Blog dengan Meningkatkan Kualitas Konten Tulisan

Semua bloger pada awalnya menulis di dunia blog tentu karena ingin dibaca oleh orang lain dong. Kalau tidak pasti sudah ditulis di buku harian masing-masing. Untuk menarik perhatian pembaca, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengoptimasi kualitas tulisan kita. 

Selain membuat konten yang berkualitas, desain dalam sebuah postingan juga sangat penting. Apalagi kita tahu sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang rendah. Dengan menunjang gambar di dalam sebuah postingan blog tentu bisa menghasilkan daya tarik yang lebih besar kepada pembaca. 

Nah, di beberapa webinar IIDN dan IM3 Ooredo juga ada kelas desain canva dan cara mengambil photo dan video dengan smartphone. Tentu tiga kelas tersebut sangat menunjang untuk mengoptimalkan kita dalam dunia blog.

2. Optimasi Blog dalam Penulisan Review Produk 

Salah satu episode webinar yang diselenggarakan oleh IIDN dan IM3 Ooredoo. Salah satu bentuk tulisan para bloger yang kita temui adalah review produk atau jasa.

Sebagai salah satu bentuk kepuasaan atau ketidakpuasaan seseorang akan bercerita dan menuliskan ulasan produk atau jasa tertentu. Bahkan ada pula pekerjaan atau lomba yang bertajuk tentang review atau ulasan.

Jadi ketika menyelupkan diri ke dalam dunia blog, kita juga dapat mengoptimalkan teknik menulis sebuah ulasan. Ketika menulis ulasan hal yang terpenting adalah selalu jujur dan perhatikan typo ketika menulis.

3. Optimasi Kemampuan Menulis dalam Mengikuti Lomba Blog

Tidak hanya untuk mendapatkan hadiah, mengikuti sebuah lomba blog juga memacu kita meningkatkan kemampuan menulis.

Kita akan belajar gaya penilaian dewan juri dengan melihat tulisan para pemenang. Kita akan banyak belajar banyak bagaimana memecahkan sandi persyaratan sebuah lomba blog. Sadar atau tidak, semakin banyak lomba kita akan semakin bertumbuh. Dengan catatan terus menerus melakukan evaluasi agar tetap konsisten dalam menulis.

4. Optimasi Pendapatan dari Blog dengan Iklan.

Salah satu peluang mendapatkan pendapatan dari dunia blog adalah iklan.

Jenis iklan yang bisa dikelola di blog kita ternyata ada beberapa macam. Dahulu, saya pikir hanya ada Google Adsense saja. Selain google Adsense ternyata bloger juga bisa menerima pemasangan banner dari pemasang iklan atau advertiser secara langsung di blog.

5. Optimasi Mesin Pencari

Ketika kita menuliskan rangkaian cerita di dalam sebuah website tentu berharap dapat menemukan jodoh pembaca yang tepat. Alat yang mempertemukan kita sebagai penulis dan mereka sebagai pembaca adalah sebuah mesin pencari yang hampir dipakai seluruh penduduk bumi, yakni Google.

Untuk mempermudah pertemuan tersebut kita harus mengoptimasi mesin pencari atau sering disebut dengan istilah Search Engine Optimised (SEO). 

Di webinar IIDN dan IM3 Ooredoo juga ada beberapa kelas yang menbahas banyak mengenai SEO. Pembahasannya dari SEO di blog itu sendiri atau sering disebut SEO On Page dan optimasi di luar blog yang sering  disebut SEO off page.

Beberapa langkah SEO onpage seperti meriset kata kunci, memperhatikan kecepatan website, dan memperhatikan template websiter yang SEO-friendly.

optimasi blog bisa dari menaikkan DA

Optimasi Nilai Domain Authority

DA atau Domain Authority adalah sesuatu yang baru buatku pribadi. Aku mengenal beberapa bulan yang lalu ketika nilainya masih di angka 4. Maklum, baru beberapa bulan saya membeli domain ini.

Suatu ketika ada ada seorang bloger yang mencari DA yang di bawah 10 untuk bertukar backlink. Saya coba mengobrol sekaligus bertanya-tanya bagaimana dan apa itu DA.

Beberapa minggu berselang, saya sering melihat DA menjadi salah satu persyaratan beberapa job untuk bloger. Skor DA berada direntang 1-100, semakin besar nilainya tentu semakin bagus. 

Selain juga ada Page Authority (PA) dan Spam Score (SS) yang biasa bertengger dengan DA sebagai indikator sebuah blog.

Nah, di kelas Mas Irwin kami diberi penjelasan yang dapat dipahami.

Bahwa DA seperti harga sebuah rumah sewa. Nilai PA seperti harga sewa kamar/ sementara spam score seperti kondisi rumah.

Da merupakan domain authority Lalu bagaimana materi optimasi untuk menaikkan nilai DA sebuah blog?

Optimasi untuk menaikkan nilai sebuah blog, berdasarkan apa yang disampaikan Mas Irwin menurut Moz ada 3 pakem, yaitu memperbaiki struktur blog itu sendiri dulu. Lalu optimasi On page dan off page, kedua pakem terakhir ini berbeda dengan struktur blog.

Perbaiki Struktur Blog

Pakem yang pertama kita harus memperbaiki struktur blog, parameter blog atau sebuah website ada beberapa parameter. Parameter yang bersumber pada Moz ini terbagi menjadi tiga level.  Mulai dari yang mudah seperti judul yang terlalu panjang dan pendek. Level medium seperti konten yang terlalu kurus, duplicate content dan URL yang terlalu panjang. Lalu level terakhir yang sulit seperti x-robots noindeks dan nofollow. Lebih lengkapnya berikut tangkapan layar dari persentasi Mas Irwin.


Pahami dan Terapkan Struktur On page

Ketika kita memutuskan untuk menjadi bloger professional yang tak sekadar menulis dan ingin mengoptimalkan potensi yang ada memang perlu perjuangan.

Sama seperti untuk menaikkan nilai DA. Ternyata setelah menulis memang perlu banyak “garnish” yang kita perhatikan. Ada 25 hal struktur halaman yang dapat kita terapkan ketika ingin menaikkan nilai DA blog kita.  

Beberapa di antaranya bisa kita lakukan adalah seperti hindari kata kunci yang banyak di judul postingan. Jangan lupa untuk masukkan kata kunci pada Header (H2 dan H3), pastikan kata kunci ada di URL. Selengkapnya bisa dilihat gambar di bawah ini ya.


Langkah optimasi off page

Optimasi Kehadiran Blog Lewat Sosial Media 

Ada beberapa langkah untuk melakukan optimasi off page, yang pertama rajin membagikan postingan blog di media sosial kita. Apa fungsinya? Fungsi dari rajin membagikan postingan ke media sosial adalah mendpatkan sosial signal dari mesin pencari. Nah, pas banget sebelum ini juga ada beberapa webinar IIDN dan IM3 Ooredoo tentang optimasi media sosial untuk dunia blog, mulai dari instagram, twitter dan youtube.

Pahami Link Building

Mas Irwin mengingatkan kita untuk mengecek apa yang membuat bloger lain memiliki DA/PA lebih tinggi dari kita. Saya pun memasang Moz toolbar di extension google chrome semenjak mengetahui adanya nilai DA ini. Jadi ketika berkunjung ke bloger lain bisa melihat performa mereka. Walaupun terkadang merasa cenayang, kok bloger ini DAnya besar padahal baru? Atau asumsi-asumsi lain.

Konsisten dan No Bar-bar

Ketika mendengar materi ini saya sudah ganti posisi jadi selonjoran, ternyata banyak ya yang harus kita lakukan. Namun, kami diingatkan untuk memahami dan menerapkannya pelan-pelan. Tidak usah bar-bar alias grasa grusu atau terburu-buru. Kunci dari menaikkan nilai DA blog juga dari konsistensi. Konsisten mengamalkan setiap ilmu yang diketahui.

Nah, Alhamdulillah di akhir sesi blog saya mendapatkan kesempatan dari 30 blog pertama yang mendapatkan pengecekan struktur blog. Hasilnya ada 200 hal yang harus saya betulkan dari level easy sampai hard.  Sampai 4 hari dapat email itu baru bisa menuntaskan 5 masalah struktur blog itu, Subhanallah! 

Optimasi Blog dengan Internet yang Optimal

Blog dan internet  tentu tidak bisa dipisahkan keberadaannya. Salah satu operator internet seluler yang kita ketahui bersama adalah Indosar. Saya termasuk pelangganan setia Indosat, iya dong setia pertama kali pakai kartu IM3 Indosat itu saat duduk di bangku SMA tahun 2006. 

Nah, di masa pagebluk ini PT Indosat Tbk (ISAT) mengeluarkan produk terbaru. Produk yang menjawab kebutuhan saat ini karena pemakaian internet melonjak baik digunakan untuk kebutuhan bekerja, belajar, hingga menikmati hiburan dari rumah.

Produk tersebut adalah IMpreneur. IMpreneur merupakan produk terbaru  yang menyediakan kuota jaringan internet mencapai 320GB yang dapat dibagi ke beberapa nomor telepon.

IMPreneur adalah produk IM3 Ooredoo yang dihadirkan untuk memberi kemudahan akses internet bagi karyawan  atau anggota timnya.

Apa saja paket yang ditawarkan IMPreneur? 

Ada tiga jenis paket yang ditawarkan IMPreneur. 

Paket Fit, Pro dan Max.

  • Paket Fit adalah paket IMPreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk 5 orang anggota dengan jumlah kuota 65 GB. Biayanya Paket Fit IMPreneur ini Rp300.000 perbulan.
  • Paket Pro adalah paket IMPreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk 10 orang anggota dengan jumlah kuota 130 GB. Biaya Paket Pro IMPreneur ini Rp500.000 perbulan.
  • Paket Max adalah paket IMPreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk 20 orang anggota dengan jumlah kuota 320 GB. Biaya Paket Max IMPreneur ini Rp1.000.000 perbulan.

Selain itu IMPreneur juga mememiliki beberapa keunggulan yaitu bisa menelpon sepuasnya ke sesama dan kuota 24 jam tanpa pembagian.

IMPreneur IM3 Ooredoo adalah layanan pasca bayar tanpa harus rumit mengurus ke kantor atau gerai. Jadi buat kalian yang tertarik untuk menggunakan layanan ini masih bisa dengan nomor yang sudah teraktivasi, tetapi nomor leader  harus nomor IM3 Ooredoo baru pasca bayar. Informasi lebih lanjut bisa akses ke website IM3 Ooredoo atau buka di aplikasi My IM3 ya.

Penutup

Apapun tujuan menulis di blog, ketika menulis kita pasti menginginkan adanya orang yang membaca tulisan kita. Memang benar konten adalah raja, tetapi kita perlu ilmu agar bisa bertemu dengan pembaca. Jangan sampai kita setelah menulis tidak ada yang baca, hehe. 

Untuk itu mengoptimalkan peluang di dunia blog ini termasuk ikhtiar mendekatkan tulisan kita kepada pembaca.

Kunci dari mengoptimalkan dunia blog adalah ilmu, tetapi jika hanya mengumpulkan lautan ilmu tanpa mengamalkannya tentu menjadi omong kosong. Perlahan mari kita konsisten untuk mempraktikkan semua ilmu ke dalam blog kita. 

Semoga bermanfaat, salam.

Shafira Adlina.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging”  




Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi blogger, asessor dan fasilitator. email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

12 komentar

  1. wow.. mamah Ina dan IIDN dan IM3 Ooredoo keren ih.. Aku baca dengan seksama mbak, karena DA ku masih suka naik turun kayak roller coaster, hiks..

    Sukses terus yah mam Inaaa..

    BalasHapus
  2. halo kak,
    emang bener ya ngeblog itu harus kuat pondasinya, yaitu niatan kita ngeblog apa dan gak ada yang salah dengan semua alasan. mau nulis aja atau monetize sama - sama baik. hanya jalannya yang berbeda.

    BalasHapus
  3. Masya Allah lengkap skali nih mba, ini rangkuman dri hasil webinar slama sbulan ya mba? Mantap..

    BalasHapus
  4. Konsisten jadi kunci utama ya mbak. Kalau memang mau serius memang posting gak asal posting. Hehe

    BalasHapus
  5. DA ini salah satu tolak ukur sih memang ngga bisa dipungkiri yaa apalagi menutup mata soal ini. Kemarin jg seneng banget bisa ikutan kelasnya Coach Irwin. DA semakin melejit, keren lah pokoknya Coach Irwin. Sukses terus mba shafira

    BalasHapus
  6. Lengkap banget mbaaak penjelasannya. Saya sebagai orang yang baru beli domain sebulanan, masih maju-mundur buat naikin DA/PA. Semoga selalu konsisten dan bisa sekeren mbak-mbak yang blognya udah profesional banget

    BalasHapus
  7. gimana mba rasanya lihat borok blog sendiri? hihi. Saya pas ikut kelasnya dilihatin borok saya ya aampunnn banyak nggak pahamnya, parah sih itu banyak banget yang perlu diperbaiki. Sampai sekarang kalo ada waktu ingetnya bebenah blog dulu. Masih bnyk emang peernya ya

    BalasHapus
  8. Duh seketika ingat blog sendiri, punya saya juga masih banyak masalahnya. Beberapa masalah yang belum selesai hingga saat ini adalah alt img, meta desc, url yang panjang dan banyak lagi sih sebenarnya wkwk

    BalasHapus
  9. Aku juga sempat mengikuti rangkaian webinar IIDN X Indosat ini. Kebetulan memang senang dengan materi-materinya. Tapi sama hanya beberapa yang sempat ikut. Yang Mas Irwin daftar juga, tapi kemarin berhalangan huhu. Semangat ngeblog terus dan bermanfaat

    BalasHapus
  10. samaan nih mbak, saya awal ngeblog dari SMA baru kemudian memulai lagi waktu udah punya anak, hehehe. sekarang mulai dari nol lagi, belajar dari para blogger kece kayak mbak. terimakasih infonya mbak

    BalasHapus
  11. Aku ketinggalan nih kelas IIDN, sama kaya mama ina, karena sering terbentur jadwalnya dan seringnya baca review dari tmn2 yg ikutan kelasnya...

    BalasHapus
  12. Wah bermanfaat banget infonya. Semoga ntar kalo ada event kaya gini lagi bisa ikutan juga, biar nambah kece blognya ;)

    BalasHapus