-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Yuk Simak Cara Membersihkan Dapur dengan Bersih!

membersihkan dapur dengan bersih
Salah satu bagian rumah yang menjadi jantung adalah dapur. Kenapa? Dapur adalah bagian rumah yang menjadi pusat kepulan asap kompor agar dapat menghasilkan racikan makanan yang sehat dan bergizi untuk para penghuninya. 

Namun, Sahabat jangan lupa bahwa dapur harus mendapatkan ekstra perhatian dalam urusan membersihkan rumah. Setelah memasak dapur bisa menjadi sangat kotor akibat ceceran bahan makanan, bumbu apalagi bekas minyak goreng yang menempel di kompor dan sekitarnya.

Membersihkan Dapur dengan Bersih

Tentu kita ingin ada banyak kuman dan bakteri yang bersarang di dapur. Dapur perlu dirawat dan ditangani dengan baik agar terciptanya pangan yang sehat, higenis untuk seluruh anggota rumah.

Berikut saya akan membagikan tips yang dapat dikuti dengan mudah untuk membersihkan dapur. Prinsipnya tips dan point-pint di bawah ini juga dapat dilakukan untuk membersihkan dapur rumah makan juga. 

Membersihkan kompor dari kotoran

Kompor menjadi aktor utama di dalam dapur. Untuk membersihkan dapur dengan bersih kita harus cepat membersihkan bagian ini. Mulai dari ceceran minyak sayur, potongan sisa sayur ataupun ceceran kuah sup yang menyebar. Perhatikan ketika kita memasak ceceran minyak saat menumis apalagi menggoreng terkadang menyebar ke area lain seperti tembok dan lantai.

Agar tidak membandel kotoran yang menempel, segera bersihkan kotoran dengan lap setelah memasak. Kita bisa menambakan detergen cair atau cairan pembersih khusus dapur. Saya biasanya menggunakan botol spray lalu membersihkannya dengan lap atau spons agar mempermudah pekerjaan.

Jangan lupa untuk memisahkan lap atau spons khusus untuk membersihkan kompor agar lap bekas minyak dan kotoran ini tidak mengkontaminasi daerah lain.

1. Segera mencuci piring setelah makan

Saya akui cara kedua untuk membersihkan dapur dengan bersih satu ini cukup menantang. Di rumah, saya juga terbiasa untuk menumpuk cucian piring, dan baru bisa mengerjakan sekaligus. Nah tetapi buat kamu yang juga berusaha mencari cara agar membersihkan dapur bersih dengan cepat memang harus segera mencuci piring setelah memasak dan makan.

Jangan lupa untuk memisahkan spons pencuci piring gelas dan piring. Kenapa? Pemisahan spons tersebut bertujuan agar gelas hasil cucian tidak ikut bau amis yang disebabkan oleh sisa makanan yang ada di piring. Jangan lupa juga untuk mengutamakan gelas dan cangkir saat proses pencucian piring, untuk bagian piring dan alat masak seperti panci dan penggorengan dilakukan di akhir pencucian. 

2. Rutin untuk membersihkan kulkas.

Sadari atau tidak bahwa kulkas merupakan sarana tempat berkembang biak organisme jika kitatidak rutin membersihkannya. Bagaimana tidak? Kulkas menjadi tempat penyimpanan mulai dari bahan masak hingga sisa masakan. Nah, untuk menjaga kulkas agar tetap higienis, jangan lupa untuk membuang segala sisa makanan yang terdapat di dalam kulkas. Meskipun kebanyakan dari kita memang memilki slogan “dibuang sayang, dimakan enggak.”

Pembersihan kulkas dapat dilakukan seminggu sekali atau minimal dua minggu sekali, apalagi ketika bunga es sudah menumpuk. Jangan lupa untuk merendam bagian-bagian lemari pendingin dan menyemprotkan pembersih atau desinfektan dan bilas menggunakan kain lembab. Terakhir, jangan lupa untuk mengembalikan bagian kulkas yang sudah dibersihkan dan dikeringkan.

3. Membersihkan tempat sampah.

Nah ini adalah cara yang biasa saya bagikan bersama suami. Kami sendiri untuk membersihkan tempat sampah hingga benar-benar bersih adalah memisahkan sisa makanan dan plastik-plastik. Meskipun belum bisa zero waste, setidaknya kami mencoba untuk less waste.

Kenapa harus memisahkan sisa makanan, sederhananya jika nanti kantong sampah ini "diacak" oleh petugas kebersihan, pemulung maupun kucing, kami sudah membantu memisahkannya. Mirisnya memang meski di Ibu Kota ini sampah belum sepenuhkan dipisahkan.

Jadi meski sudah dipisahkan kadang digabungkan lagi saat di Tempat Pembuangan Sampah. Namun, tidak apa-apa setidaknya kita melakukan hal kecil. Jangan lupa untuk menyediakan dua tempat sampah (minimal) di dalam dapur. 

Oya walaupun sampah sudah dibuang setiap hari, kadang tempat sampah masih mengeluarkan bau busuk ga sih? Nah bau tersebut biasanya saya bersihkan dengan cairan pembersih dapur, atau bisa juga menggunakan air panas dalam tempat sampah lalu larutkan desinfektan atau cairan pembersih kamar mandi ke dalamnya, diamkan beberapa menit. Kemudian setelah bau menghilang, buang larutan di dalamnya, keringkan tempat sampah sebelum digunakan. 

4. Membersihkan lantai dapur.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah memastikan memastikan lantai dapur benar-benar terbebas dari kotoran, apalagi minyak. Saya yang biasa memasak bersama anak-anak harus memastikan lantai dapur bersih karena terkadang anak-anak suka makan dan beraktivitas di alantai dapur.

Kita bisa membersihkan dapur dengan bersih dengan membersihkan lantai dapur dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan pembersih lantai sebanyak dua kali. 

Penutup

Nah itu dia beberapa cara dan tips yang bisa kita lakukan untuk membersihkan dapur dengan bersih. Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat. Salam.


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

15 komentar

  1. Yg sering jadi masalah adalah sampah dapur, sering bau dan tercampur dengan sampah lainnya. Terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  2. Aku jujur diantara ke tiga itu paling malas membersihkan kulkas. Bersihkan kompor minim 2 hr sekali, buang sampah tiap hari. kulkas rasanya kok aras arasen kalau kata org jawa hehehe

    BalasHapus
  3. Aku jujur paling malas bersihkan kulkas. kalau bersihkan kompor bisa lumayan rutin apalagi buang sampah. Soalnya di dalam kulkas banyak printilan, hehehe

    BalasHapus
  4. Ahiya bener kaakk. Aku termasuk yang udah usaha banget buat misahin sampah. Meski belum maksimal, baru misahin sampah makanan sama sampah nonmakanan. Tapi miminal jadi membiasakan diri ya, kak

    BalasHapus
  5. langsung cuci setelah digunakan ini harus banget, tapi saya masih mager nih hahah. kadang rajin kalo lagi rajin, kadang mager kebangetan. jadi inget cucian piring tadi siang belum di cuci haha. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  6. Bener banget nih kak, aku bete kalau daerah dapur kotor . Nah untuk kulkas nih kadang-kadang
    banyak tuh ditaruh2 lalu lupa sampai busuk d.i dalam kulkas

    BalasHapus
  7. Haha jadi tersungging ini hahaha, aku kalau bersihkan kulkas kalau kulkas sudah susah ditutup dan sudah mulai gak dingin hahaha, harus diubah lagi ini ya

    BalasHapus
  8. Seringnya belanja sayur banyak. Rasa rasanya mau masak eee gak sempat, sampai kering sayurnya. Membersihkan kulkas memang jadi jadwal yang kurang menarik nih tiap minggunya. Karena terpaksa ngelakuinnya.

    BalasHapus
  9. Kak nggak bisa kasih tips untuk rajin setiap saat ya? Saya nih kalau pas rajin setitik noda di dapur pasti hilang, tapi kalau pas mualees cucian piring setumpuk kadang belum saya cuci. Modus nunggu dibantuin suami cuci piringnya hahaha kan saya sudah masak

    BalasHapus
  10. Saya masih belum bisa kl setelah makan langsung cuci piring mbak, biasanya saya tumpuk dulu entar myucinya sekalian, padahal bagusnya sih langsung cuci

    BalasHapus
  11. Dapur tu kayak istana kita ya kak. Jadi kalo dapur bersih rasanya bahagia banget. Kalo dapur udah bersepah banget malah jadi gak mood buat masak..

    BalasHapus
  12. Tempat sampah dan kulkas nih yang kadang sering terabaikan. Kadang malah saking lamanya numpuk sampai ada belatungnya. Apalagi pas ditinggal lama

    BalasHapus
  13. Aku termasuk tipe yg malas bersih-bersih dapur, ada aja alasannya buat bermalas-malasan. Harus tobat ini

    BalasHapus
  14. Kompor dan kulkas ini yang jarang tersentuh untuk dibersihkan entah kenapa ya

    BalasHapus
  15. Aku jarang banget nyentuh dapur, selalu buner yang bersiin. Duh jasi berasa gak enak diri aku tu.

    BalasHapus