-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Inilah Cara untuk Memilih Data Center Indonesia yang Tepat

cara memilih data center
Banyaknya penyedia jasa layanan data center di Indonesia, membuat para perusahaan harus lebih selektif dalam memilih penyedia jasa layanan data center yang tepat. Di mana tentunya perusahaan harus memilih penyedia jasa data center Indonesia yang terbaik. Hal ini bertujuan agar data yang tersimpan aman, dan bisa dikelola dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan data center? data center merupakan bagian yang sangat penting pagi perusahaan bisnis besar. 

Data center merupakan fasilitas yang terdiri dari jaringan komputer dan penyimpanan yang digunakan oleh bisnis atau organisasi lain untuk mengatur, memproses, menyimpan, dan menyebarluaskan data dalam jumlah yang besar.
Kini data center bukan sebagai fasilitas eksternal tetapi sebagai kunci parameter dari sebuah bisnis. 

Mengapa data center sebagai kunci parameter dari sebuah bisnis? sederhananya data center sebagai pusat penyimpanan informasi operasi bisnis tersebut. Bahkan bisnis pun bisa menurun karena setiap ada gangguan operasi di data centernya. 

Lalu, bagaimana sih cara memilih data center yang tepat dan terbaik? 
Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam memilih data center.

4 Cara Memilih Data Center Indonesia yang Tepat

1. Carilah Data Center yang Bersertifikat

Untuk mencari data center Indonesia yang tepat tentunya bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan data center. Sehingga, perusahaan yang ingin menggunakan data center yang tepat haruslah mencari informasi secara detail tenang penyedia jasa layanan data center yang ada. 

Informasi yang harus perusahaan cari adalah data center tersebut sudah mempunyai sertifikat yang menunjukkan bahwa data center tersebut berkualitas. Di mana sertifikat yang harus dimiliki sebuah data center yang berkualitas adalah sertifikat Tier 3, dan sertifikat ISO 9001. 

Dalam hal ini sertifikat Tier 3 diberikan oleh Uptime Institute asal Amerika. Di mana Uptime Institute memberikan sebuah penilaian pada sebuah data center dengan membaginya menjadi empat tingkatan. Di sarankan pilihlah data center yang memiliki minimal sertifikat Tier 3.

Kemudian, ISO 9001 adalah standar internasional dalam bidang sistem manajemen mutu. Di mana  data center yang memiliki ISO 9001 adalah data center yang mempunyai sistem manajemen mutu bertaraf internasional atau kelas dunia. 

Kedua sertifikat tersebut sudah dimiliki oleh NEX Datacenter. Sehingga, NEX Datacenter adalah data center yang recommended karena NEX Datacenter merupakan datacenter yang sudah berkelas internasional.

2. Carilah Data Center yang Memiliki Keamanan yang Terjamin

Dalam memilih data center yang tepat haruslah mencari data center yang mempunyai keamanan yang terjamin. Keamanan tersebut bisa diliat dari proses penjagaan yang dilakukan baik secara fisik maupun non fisik atau digital. Di sini penjagaan fisik  dilakukan oleh staf ahli, dalam hal penyimpanan, pengolahan data, maupun kunjungan dari pihak perusahaan.

Penjagaan non fisik dilakukan dengan adanya CCTV yang terus memantau keadaan dalam area data center. Sehingga, tidak ada gangguan yang diakibatkan oleh pihak luar maupun pihak dalam data center. Hal ini bisa membuat data tersebut selalu bisa diakses. Dan sebaiknya, carilah data center yang memiliki keamanan selama 24 jam penuh.
data center adalah


3. Carilah Testimoni-Testimoni

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk memilih data center yang tepat adalah cari testimoni tentang perusahaan yang menggunakan jasa layanan data center tersebut. Biasanya testimoni ini terdapat pada website. Testimoni ini menunjukkan jika data center mempunyai pelayanan yang berkualitas.

4. Carilah Lokasi yang Strategis

Hal yang juga harus dipertimbangkan dalam memilih data center yang tepat adalah lokasi dari data center sendiri. Dalam hal ini carilah data center yang berlokasi di tempat yang strategis, seperti di pusat kota maupun pusat bisnis. Sehingga, data center tersebut mudah untuk dijangkau.

Selain itu, lokasi yang strategis ini biasanya tidaklah rawan akan terjadi bencana alam. Di mana yang harus kamu ketahui bencana alam adalah salah satu gangguan yang bersifat tak terduga. Di mana gangguan tersebut bisa menyebabkan data dalam data center tidak bisa diakses.

Itulah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih data center Indonesia yang tepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

2 komentar

  1. Dengan data center ini akan mempermudah perusahaan mendapatkan sertifikat ISO

    BalasHapus
  2. Data center memang tempatnya harus berjauhan ya dengan kantor utamanya, lebih tersendiri, lokasi juga harus diperhatikan juga ya.

    BalasHapus