-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Apa itu Skincare? Bagaimana Tahapan Skincare, Kenalan Yuk...

skincare adalah

Perjalanan saya mengenal skincare ini sebenarnya tidak mudah. Rasanya memang selalu penasaran apa itu skincare? bagaimana tahapan skincare yang baik? Banyak pertanyaan mengenai skincare ketika beranjak jadi dewasa. Melihat banyak produk yang ditawarkan berbagai jenis merek, baik dari merek itu sendiri maupun ragam skincare membuat saya bingung pada awalnya.  

Teringat dahulu, saat remaja saya tipe yang cuek dan cenderung ikut-ikutan. Ingat pertama kali punya sabun cuci muka itu merk Pond's karena teman-teman SMA banyak yang menggunakan itu. 

Perlahan memasuki dunia perkuliahan pun sama. Cuci muka dan pelembab seadanya, kadang ikut-ikutan teman seangkatan beli bedak atau lipstick. Padahal memakainya bisa dihitung dengan jari.
Seiring berkembang pertemanan saya dengan Ibu-ibu yang lebih mature di tempat kerja membuat saya sering penasaran dengan skincare. 

Jangan lupa bagi para istri tentu tak luput dari tujuan merawat wajah demi bisa tampil maksimal di depan yang halal. Pasangan suami istri memang perlu saling mendukung seperti yang dijelaskan slah satu kawan bloger saya.

Ini semua perlu dukungan suami untuk mendapatkan perawatan yang optimal dong, tetapi perawatan optimal bukan berarti mahal ya, asal kita paham tahapannya kita bisa menemukan produk yang cocok sesuai kebutuhan kita. 

Baru sekitar 1 tahun belakangan ini saya mencoba tahapan skincare, meski masih berpindah-pindah mencari merek yang cocok dan terbaik. Sebelumnya saya juga pernah mereview skincare Safi Rania

Apa itu Skincare?

Kalau kalian ada yang bingung soal skincare ini, tenang, kali ini saya mencoba menjelaskan secara sederhana. Skincare atau perwatan kulit wajah ini di mulai dengan beberapa tahap. 

Kenapa skincare harus berlapis tahapannya?

Setiap produk biasanya mempunyai fungsi tertentu, dengan mengombinasikan berbagai macam produk yang tepat yentu bisa membantu kulit kita mendapatkan hasil yang optimal. Walaupun kembali lagi yak ke kondisi kulit masing-masing.

Contohnya menggunakan face oil dengan pelembap dapat membantu melembapkan kulit yang kering dan mengelupas.Kita yang paling mengerti kondisi kulit muka kita , sesuaikan dengan kita sendiri ya. Belilah sesuai kebutuhan, step by step,apa saja tahapnya? 

Perawatan dasar biasanya untuk memudahkannya para beautyblogger atau beauty people alias wanita-wanita yang bergelut di dunia per-skincare-an ini paham dengan istilah CTMP ini. Namun, bagi kita yang rakyat jelita dan biasa ini pasti bertanya apakah tahapan skincare yang kupakai sudah benar?Tetap simak sampai tuntas ya.

Apa itu CTMP?

CTMP adalah singkatan dari cleansing (pembersih). Kemudian pemberian toner atau Toning. Langkah ketiga adalah Moisturizing, kulit diberi pelembap dan terakhir adalah perlindungan atau protecting (SPF). Minimal keempat tahap ini kita memiliki produknya masing-masing.

Cleansing

Cleansing atau membersihkan kulit muka dilakukan sebelum menuju tahap selanjutnya. Dahulu, saya pikir mencuci muka ya hanya memakai sabun ini. Ternyata mencuci muka dengan sabun saja tidak cukup.Pada umumnya membersihkan kulit terdiri dari dua tahap :

1. First cleanser atau make up remover

Produk yang biasa digunakan sebagai pembersih utama yang dimaksud biasanya cairan air atau minyak. Penggunaanya ada yang menggunakan kapas atau dioles ke wajah. Contohnya : micellar water, cleansing oil, cleansing milk dsb.
Saya sendiri selama beberapa tahun hanya menggunakan sabun cuci muka biasa. Lalu, saat bekerja dan mengenal make up baru mengenal pembersih make up. Salah satu produk yang sering saya pakai saat ini adalah Facial Wash Safi Rania dan Safi White Make up Remover.

Nah di 2020 ini, alias baru di bulan Oktober ini saya mencoba produk Cleansing Oil. Produk yang saya gunakan adalah natural skincare keluaran SKINOIA.

2. Second cleanser atau facial foam

Bentuk dari produk ini adalah sabun yang dibilas menggunakan air. Sabun cuci muka pun ada dua macam, ada cleanser biasa dan 2in1 cleanser. Apa bedanya? 2in1 cleanser sudah mengandung formula toner yang menyegarkan kulit dan menutup pori-pori yang terbuka setelah kita membersihkan wajah.

Toning

Tahapan pemakaian skincare berikutnya adalah toner wajah. Pemberian toner pada wajah membantu mengangkat sisa-sisa masa lalu eh sisa-sisa kotoran dan kelebihan minyak yang masih tersisa di kulit wajah kita. Pemakain toner pada wajah juga membantu mempersiapkan wajah kita yang akan memakai serum dan pelembap. 

Namun, tidak semua orang pbutuh toner. Siapa saja yang butuh? Kita yang merasa kulit wajah tidak seprima dulu lagi dan pelepasan kulit mati tidak sempurna lagi.
Jadi setelah kita cuci muka dengan sabun yang bersifat basa, membuat pH kulit muka kita seimbang. Tentu kita perlu menyeimbangkan kehidupan muka kita dengan Toner. Maka dari itu, kita sering menjumpai acid toner.

Moisturizing

Tahapan memakai skincare setelah memakai toner adalah mengoleskan pelembap atau moisturizer.  Apa sih fungsi moisturizing? Moisturizer berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.

Seberapa pentingnya memakai moisturiser?

Teman-teman ingat selalu ya, apapun jenis kulit wajah kita, kita butuh pelembap tanpa terkecuali.
Kulit normal butuh pelembap, kulit kering butuh pelembap, kulit kombinasi dan kulit berminyak dan berjerawat juga butuh pelembap.

Tinggal jenis dan layeringnya disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Sebagai permulaan kita bisa pakai pelembap yang sama untuk pagi dan malam hari, maka pastikan pelembapnya tidak mengandung SPF. 

Bagi pemilik kulit wajah kering, pelembap dengan tekstur krim sangat cocok bagi kalian. Sementara untuk yang memiliki kulit wajah normal dan kombinasi bisa memilih tekstur krim yang lebih tebal juga. Sementara itu, pelembap yang memiliki tekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Protection

Seberapa penting memakai sunscreen? Penting banget. Pada tahap pemakaian skincare ini produk yang dibutuhkan adalah Sunscreen atau tabir surya. Kita bisa analogikan sunscreen seperti perisai.. Rasanya sia sia apabila kita rutin melakukan perawatan kulit, tetapi tidak ada perisainya, radikal bebas, kotoran, sinar UVA/B dllnya merusak lebih cepat dibanding laju perwatan kulit yang rutin kalian lakukan. 

Meskipun jarang keluar, kita tetap butuh perlindungan berupa olesan sunscreen yang terpisah dari pelembap loh. Kenapa? karena Sinar UVA dapt menembus awan dan kaca. Jadi, jangan pernah lewatkan tahapan protection ya!⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Tabir surya atau sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, UVA maupun UVB.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Apa akibatnya tidak memakai sunscreen?

1. Menyebab flek hitam⁣⁣⁣⁣⁣⁣.
2. Pori pori terbuka menyebabkan lebih mudah muncul komedo⁣⁣⁣⁣⁣⁣.
3. Rusaknya jaringan kulit menyebabkan freckles dan keriput (penuaan lebih awal)⁣⁣⁣⁣⁣⁣.
4. Kulit terbakar atau belang⁣⁣⁣⁣⁣⁣.

Penutup

Bagaimana? Setelah melihat urutan tahapan skincare di atas? Semakin paham kan banyaknya jenis skincare bukan gaya-gayan. Namun, semua produk-produk perawatan memiliki tujuan dan maksud tertentu. 
Nah tinggal kita sebagai user harus pintar-pintar memilih produk perawatan wajah. Tidak hanya ikut-ikutan. Jangan bilang perawatan wajah hanya perlu air wudhu ya, minimal kita bisa membersihkan wajah dari kotoran dan melindungi dari sinar UV.

Tunggu postingan selanjutnya, insyaAllah kita coba bahas serum dan natural skincare ya, sampai jumpa. Semoga bermanfaat. Salam 
shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

25 komentar

  1. Wahh makasih mba artikel'y, saya baru mulai skincare-an lagi nih. Muka udah kusem minta dimanjakan, tapi bingung deh step2'y gimana aja. Hehe..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah aku sudah mempraktikkan metode ctmp ini. Terasa sekali efek setelah skincarean dibanding wajah sebelum kenal skincare dulu. Manfaatnya banyak sekali.

    BalasHapus
  3. Kalau saya, pas malam biasanya pakai krim malam juga. Tapi pas sebelum pandemi, karena sering keluar rumah. Berhubung sekarang sering di rumah, krim malam sering terlewatkan. Paling maskeran saja seminggu sekali.

    BalasHapus
  4. terus terang aku belum terlalu mengikuti tahapan skincare ini kak, aku blm coba krim malam
    skincareku hanya remover, sabun muka , toner, pelembab / daycream, maskeran kalau mau kalau ga ya weis wkwkw sama ya tahapannya dengan artikel ini.

    BalasHapus
  5. Aku nih yang masih belum telaten pake sunscreen. Masih suka kadang-kadang, kadang inget make. Kadang enggak. Harus latihan banget buat konsisten ngerawat wajah

    BalasHapus
  6. Skincare ini perlu sih sebenernya digunakan oleh pria dan juga wanita, namun saya ini bandel deh mbak. Malesnya itu ga ketulungan. Mgkin harus dibiasakan sejak dini

    BalasHapus
  7. Saya kok geli ya denger ada laki2 pake skincare, sunscreen, dll. Menurut saya laki2 perawatan itu tidak harus seperti wanita. Khawatir kelamaan perawatan dan dandan. He he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kenapa geli? Menurut saya laki-laki nggak ada salahnya merawat kulit. Suami saya juga melakukan skincare meski nggak selengkap saya. Minimal cuci muka, pelembab dan sunscreen. Toh kalau kulit suami bersih dan terawat istri juga yang seneng liatnya hehehe.

      Hapus
  8. Yes bener CTMP sudah saya jalani. Apalagi depan kompor wajib banget pake sunscreen. Kejam ternyata panas kompor itu bisa bikin flek

    BalasHapus
  9. Ternyata seperti itu ya tahapannya. Secara saya tahunya setelah cuci muka, pake pelembab trus bedak sudah hihihu. Makasih sharingnya mbak, jadi penasaran nih buat cobain step by stepnya.

    BalasHapus
  10. Mantap, lengkap banget ini ulasannya. Tahapan skincare gini nih yang banyak orang belum memahami. Btw utk skincare pagi saya udah rutin (rajin dan komplit), tapi kalo malam nih masih angot-angotan.

    BalasHapus
  11. saya tuh dari SMA udah anak skincare banget, karena semenjak haid muka penuh jerawat. jadi mau gak mau kudu dirawat, haha. emang kadang tuh malesin banget ya ngerawat muka, tapi karena terbiasa sampai sekarang, skincare hal yang gak pernah lupa untuk selalu dipakai, meski tahapannya bejibun hahaha.

    BalasHapus
  12. Aku kalau misalnya lagi malas lakukan skin Care biasanya yang tidak boleh aku skip adalah membersihkan wajah menggunakan moisturizer dan sunblock habis itu bedak deh

    BalasHapus
  13. Kalo kulitku nih sensitive banget nih mbak..jadi ttg perskin care an harus hati2 dan dibaca betul kandungan bahan bakunya ..

    BalasHapus
  14. Toner sama moisturazing aku masih sering abai. Rasa ribet aja. Bersihin wajah pun paling pakai facial wash. Ringkas. Berarti masih belum sempurna nih urutan skincareku. Makasih mbak infonya.

    BalasHapus
  15. Saya faham antara make up dan skin care tu baru baru ini aja lho. Tadinya kupikir skin care ya kosmetik itu.

    Banyak ya step merawat kulit.

    BalasHapus
  16. Baru ngeh dengan tahapan CTMP ini ya baru-baru aja. Yang paling sering ketinggalan adalah toner. Taunya ya bersihin wajah, setelah itu langsung pelembab dan perlindungan aja gituh.

    BalasHapus
  17. Endingnya nonjok banget kak... "jangan bilang perawatan hanya perlu air wudhu aja".. hehehhe

    Sepakat penting bagi wanita (bahkan pria) untuk selalu menjaga kebersihan diri (melalui perawatan) agar tetap sehat dan bonusnya terlihat tampil menarik

    BalasHapus
  18. Jadi selama ini masalah kulit saya karena tidak memakai sunscreen ya? Baru tahu deh ternyata begitu. Trims kak bermanfaat srkali nih besok-besok beli sanscreen ah..

    BalasHapus
  19. Mantep, akhirnya saya tau apa itu skincare-skincare kayak giini. Ulasann yang sangat lengkap mah

    BalasHapus
  20. Jadi menunduk malu niih...
    Dari dulu gak pernah pakai sunscreen.
    Mulai pakai baru beberapa tahun belakangan ini.

    BalasHapus
  21. Kak Ina, aku gak pake protector lagi. Karena daycream / moisturizer sudah ada spf 30.
    Trus, aku pilih toner ala Korea, yang toner hydrating.
    Trus gak lupa pake serum. Hehehe.

    BalasHapus
  22. 😂 kuudah lama gak skincare-an, soalnya selama pandemi di rumah aja, ya jadi males gitu buat pake skincare, tapi kl cuci muka sih wajib

    BalasHapus
  23. Wah pengen deh nyobain perawatan skincare yang komplit tapi ya takut ditegur suami, "Pakainya yang rajin jangan sudah dua kali pakai nanti sampai cair pelembabnya." Hahaha. aku agak bandel sih mbak, rasanya gak sempat.

    BalasHapus
  24. Aku mulai rutih nih skincare an, sadar diri usia makin bertambah hihi

    BalasHapus