-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Cara Agar Resolusi Tercapai

resolusi adalah

Semenjak memasuki bulan Desember banyak di antara kita sering mendengar kata-kata “resolusi”. Kata-kata ini dipakai untuk untuk sesuatu yang ingin dicapai oleh seseorang. Setiap dari kita berlomba-lomba membuatnya. Setiap dari kita pun ingin semua resolusi yang kita buat ini tercapai. Kita mencari-cari bagaiman agar resolusi yang dibuat tercapai. Namun, sebenarnya apa sih definisi resolusi itu sebenarnya? 

Jika kita menengok KBBI, resolusi memiliki pengertian sebagai berikut :

“Suatu putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat; pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.”

Singkatnya resolusi merupakan keinginan atau cita-cita yang dituangkan dalam rencana baik tertulis maupun tidak tertulis.

Resolusi biasanya dibuat pada momentum yang umum atau spesial bagi pembuatnya. Misalnya resolusi di tahun baru, resolusi pada saat berulang tahun dan sebagainya. Namun, ada juga yang melakukan resolusi tanpa memperhatikan kaidah waktu. Jadi balik lagi ke personal masing-masing ya.

Nah, setelah kita memahami arti dari resolusi, maka sebaiknya kita membuat daftar resolusi, keinginan atau cita-cita yang ingin kita capai. Langkah apa dulu yang harus kita perbuat ?

1. Membuat kelompok list keinginan dan cita-cita.

Setiap orang tentu memiliki keinginan dan cita-cita yang berbeda dari segi kualitas dan kuantitas. Agar resolusi tercapai kita dapat membuat list keinginan dan cita-cita sesuai dengan kemampuan diri. Buatlah list keinginan dan cita-cita dengan mengelompokkan setiap peran kita. Misalnya list keinginan kita sebagai mamah, istri, peran publik (wanita karir) dan seterusnya.

2. Membuat list dengan metode SMART.

Agar resolusi tercapai  kita dapat membuat list dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound). Ketika kita menggunakan metode SMART ini, kita dapat lebih terarah untuk mencapai target yang ingin diraih. Selain itu list keinginan dan cita-cita yang telah dikelompokkan dengan metode SMART ini lebih baik dibuat secara visual dan tertulis.

3. Evaluasi bulanan

Selain membuat list sesuai kelompok peran dengan metode smart kita harus melakukan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan dapat per-bulan agar kita dapat mengukur sejauh mana melangkah dan pencapaian yang sudah didapatkan.

4. Siap untuk melakukan perubahan.

Setelah mengerjakan list resolusi, hal utama agar resolusi tercapai adalah siap untuk melakukan perubahan. Perubahan? Betul. Ketika membuat resolusi artinya kita siap menancapkan niat untuk melakukan perubahan menuju hal yang lebih baik.

 Sebuah niat untuk melakukan hal yang lebih baik, sama saja dengan tekad untuk berubah. Agar niat tersebut terwujud, pilihlah tujuan atau rencana yang realistis agar perwujudan lebih mudah.

5. Beri reward pada diri sendiri.

Kalau bukan kita yang mencintai diri sendiri, siapa lagi? Salah satunya adalah dengan memberi hadiah atau reward pada diri sendri. Dengan memberi reward pada diri sendiri sebagai salah satu cara agar resolusi tercapai.

6. Jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.

Meski kita paham bahwa resolusi tak selalu berjalan lancar bukan berarti kita harus berputus asa. Pada perjalanannya nanti jika di pertengahan tahun terjadi stagnan atau menurun atau dengan kata lain berjalan tidak sesuai rencana, jangan bersedih ya teman. 

Lakukan evaluasi dan merenung kembali apa penyebab kemunduran ini. Berbagilah cerita pada orang ternyaman dan terpercaya agar beban terasa ringan. Selesaikan masalahnya dan segera bergerak maju menuju perubahan yang lebih baik lagi. 

agar resolusi tercapai

Aplikasi android yang membantu agar resolusi tercapai.

Nah buat kalian pengguna smartphone tentu sudah tidak asing dengan beragamnya aplikasi yang bisa kita unduh di Google Playstore. Berikut adalah aplikasi to-do list dan reminder untuk membantu resolusi tercapai.

1. Trello

Trello adalah aplikasi pencatat yang cenderung pada kegiatan kolaboratif. Banyaknya fitur yang membuat kita lebih mudah menyusun jadwal lebih detail. Jika kalian punya suatu pekerjaan atau proyek untuk direalisasikan bersama tim, kalian bisa menggunakan Trello untuk berbagi tugas.

2. Google keep

Google Keep merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google sebagai pencatat kegiatan harian. Namun, Google Keep Notes ini tidak hanya untuk mencatat tetapi dapat digunakan juga untuk mendukung daftar aktivitas dan ceklist reminder resolusi kita.

Aplikasi Google Keep ini dikembangkan oleh Google artinya ada integrasi penuh dengan akun Google kita. Mulai dari banyak layanan dan aplikasi Google lainnya. Kamu bisa coba download dan rasakan bedanya dengan aplikasi notes biasanya.

Serunya lagi aplikasi ini juga terintegrasi dengan Google Drive dan Dropbox, kita dapat langsung drag and drop gambar deh. 

Penutup

Nah itu dia tips agar resolusi tercapai dan aplikasi di android yang bisa kamu gunakan ya. InsyaAllah jika dilakukan dengan konsisten dan lillahita’ala segala sesuatu akan berhasil baik. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengingat bersama.

Salam.


shafira adlina cerita mamah
Artikel ini diikutsertakan minggu tema RESOLUSI oleh komunitas Indonesian Content Creator.
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

39 komentar

  1. Rasanya resolusi itu baiknya memang kudu dicatet ya mbak, supaya terarah dan nggak lupa, haha..Gitu dimudahkan juga sama adanya aplikasi pembantu pengingat resolusi. Kalo udah ada itu, masih lupa juga resolusi kita, ya agak kebangetan sih, hihi..

    Semoga di 2021 kehidupan kita semakin baik, aamiin..

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau loh ada aplikasi Google yang membantu kita untuk membuat planning dalam mencapai resolusi kita. Jadi pengen nyoba juga.

    BalasHapus
  3. Evaluasi bulanan itu penting banget ya Mba, biar tahu ada pergerakan nggak buat mencapai target resolusi.
    Dan juga bisa tahu, mana yang kudu diperbaiki sehingga targetnya tercapai :)

    BalasHapus
  4. Kapan hari tuh aku baca artikel di Mojok tentang resolusi yg bolak/i gagal mulu.
    Sekarang aku dapat tipsnya gimana supaya resolusi efektif dan berhasil.
    semangaattt untuk kita semua yak

    BalasHapus
  5. Ternyata bikin resolusi juga ada aplikasi'y. Haha keren saya baru tau. Paling penting menurut saya itu konsisten juga, Mba. Kalau ada niat, tapi usaha'y setengah2 dan mudah terdistraksi bisa jd resolusi kita jd wacana..

    Namun memang disitu tantangannya supaya diri kita tertantang utk ttep konsisten. Hihi..

    BalasHapus
  6. Saya dulu suka bikin resolusi untuk tahun berikutnya. Tapi ya gitu deh, enggak konsisten. Akibatnya hanya beberapa saja yang terealisasi. Kuncinya memang harus patuh pada to-do-list agar bisa berjalan sesuai rencana.

    BalasHapus
  7. Pengen nyobain aplikasi nya deh.. baru tahu kalau ada aplikasi untuk bantu resolusi tercapai.. eh btw tapi saya jadi malu, sudah berapa tahun ya libur bikin resolusi. kapan ya terakhir punya resolusi, hehe

    Bismillah..semangaat membuat resolusi 2021!

    BalasHapus
  8. Resolusi penting banget untuk planning ke depan. Tentang taget, cara mencapai bagaimana, dll.
    Aku mau coba cara bullet journal untuk time management dan resolusi tahun depan (2021).
    Karena kalau masalah time management aku agak payah nih hehe

    BalasHapus
  9. Memberi reward jarang banget nih. Padahal penting juga ya biar makin semangat

    BalasHapus
  10. Tiap tahun bikin resolusi, lalu hening dan gak terasa sudah di ujung tahun. Hihi...itulah saya. Mustinya resolusi harus dicatat dan dievaluasi. Semoga dengan aplikasinya akan memudahkan mencatat.

    BalasHapus
  11. Wah bsa dicoba nih mba pake aplikasi itu jdi ga ada kata lupa lagi yaa

    BalasHapus
  12. Saya setuju dengan cara pencapaian resolusi ini, mbak.
    Saya sendiri menerapkan sistem reward ini, di daftar habit dan list yang mau saya pursue.
    Setiap hari ada print out check list yang saya isi.
    Sayangnya hanya bertahan beberapa bulan saja biasanya untuk mengisi lembaran check list itu.

    Penyebabnya adalah jika sekali terlewat, maka di hari berikutnya sudah dapat dipastikan akan terlewat juga.

    Semoga tahun ini lebih baik, dan terima kasih remindernya.

    BalasHapus
  13. Wahh baru tau lho ada aplikasi resolusi. Boleh deh ntar dicoba biar on track. Selama ini emang bikin evaluasi bulanan juga, tapi masih acak kadut.
    Semoga makin konsisten menata resolusi ke depannya wkwkk.

    BalasHapus
  14. Menarik juga google keep ini. Aku sudah punya aplikasi notes, tapi cuma untuk mencatat saja dan sedikit spacenya. Mau coba download google keep mungkin fiturnya yang terintegrasi dengan akun google dan drive google kita, bisa bikin lebih fokus tujuan.

    BalasHapus
  15. Belum nyobain nih mba Google Keep. Boleh juga ya untuk monitoring schedule harian kita beserta pencapaiannya. Apalagi sudah terintegrasi ke drive gini, makin memudahkan jadinya.

    BalasHapus
  16. Yuhuu, mau coba app yg mba jembreng di sini, ahh
    siapa tau bisa bikin Resolusi 2021 tergapaaaiii

    BalasHapus
  17. Aku harus nerapin metode SMART kayaknya nih. Pernah make app soalnya gak ditengok-tengok hahaha. Paling ampuh reminder di kalender wkwkw

    BalasHapus
  18. Nggak pakai Android tapi tertarik dengan aplikasi Google Keep. Jadi pengen nyoba. Kalau Trello udah nyoba sih, menurut saya cocok untuk bikin project dan tracking progress projectnya. Semoga resolusi tahun 2021 bisa terlaksana semua.

    BalasHapus
  19. Aku baru tau nih mom ada 2 aplikasi ini untuk track record resolusi. Semoga tahun 2021 lebih semangat dan resolusi banyak tercapai yaa, aamiin...

    BalasHapus
  20. tsakeup! Anyway mah, ini tumben visualisasi mamah kurang banyak. Awal tahu blog mamah ini memang saya suka visualisasinya, beda dari yang lain aja dan setiap subbab pasti dikasih ilustrasi. Tapi yang penting pesan tersampaikan ya mah. Hmmm ngomongin soal resolusi, aku cukup punya dua. Pertama urusan ngeblog (dibagusin dari segi konten dan berharap kontenku bisa bermanfaat) dan kedua adalah menambah porsi kesabaran untuk anak pertamaku. Kenapa anak pertama, ya karena ini anakku yang pertama sudah bisa mengajarkan ke adik-adiknya. Apa yang aku ucapkan, lakukan eeee ditiru dia untuk adik-adiknya mah, wkwkwk. Ingat benar ilmu pas aku ikut webinar homeschooling, "Pegang anak pertama, karena itu kendali bagi adik-adiknya" Kalau alat kendali dah bisa kita setting, kebawahnya enak nyetingnya. Loh..loh panjang bener aku nulis ini ya mah. wkwkwk

    BalasHapus
  21. Resolusiku adalah melanjutkan resolusi tahun lalu wkwk.

    Aku palingan pakai aplikasi note dan excel aja sih untuk menulis agenda dan evaluasi beragam kegiatan.

    BalasHapus
  22. Wah baru tau kalau ada aplikasi yang bisa dipakai buat mewujudkan resolusi. Saya masih pakai cara konvensional, pakai jurnal. Bisa dicoba nih. Resolusi tahun ini banyak yang enggak kesampaian lantaran pandemi. Jadi bener-bener mau merenung ini bikin resolusi tahun depan. Resolusi yang realistis sesuai keadaan, sesuai keadaan, bikin diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna buat sesama tentunya. :)

    BalasHapus
  23. halo teh Ina,
    aku mau nyontek nih metode smart dan evaluasi bulanannya buat resolusi akum hihihi. boleh ya.
    wah artikelnya lengkap nih ada informasi applikasi juga, aku juga lagi nyari nih aplikasi yang bisa bantu ceklist target resolusi. kalau google keep aku udah pake setahun ini, kalau trello aku belum sih. ntar aku coba donlot ya. makasih teh

    BalasHapus
  24. Appnya keren ya, dengan begini kalau mau mencatat resolusi bisa berkreatif sekreatif mungkin gak kalah sama buku catatan yang bisa ditempel dan digambar atau pakai pulpen warna warni biar semangat.

    BalasHapus
  25. SMART is smart yaaa,.. ternyata ada metode ini nih biar resolusi kita nggak melenceng dan on the track yaa.

    aku pake aplikasi juga nih teh selain pake jurnal, pake keep aja sih, pake trello pernah nyoba tapi nggak mudeng2

    BalasHapus
  26. Emang bener sih, lebih baik kita menuliskan daftar target supaya lebih fokes dalam menggapainya. Kayaknya aku bakal pake Google Keep deh, secara aku ini tipe orang yang paling gasuka berencana dan mudah menggampangkan hehe. Kudu jadi orang yang makin baik

    BalasHapus
  27. wah, baru tahu aku mak. Terimakasih tipsnya ya.

    BalasHapus
  28. Bener bangett kadang bikin resolusi tapi ngga ada evaluasi. Akhirnya tahun berikutnya yaa begitu2 lagi hehehe.
    Google keep note ini kayak note di hp ya mba shaf. Biasanya aku pakai note di hp juga, sama bikin grup wa sendiri wkwkw.

    BalasHapus
  29. Mbak aku pernah make trello tapi via web, kurang banget ya kalau make web soalnya lebih sering pake yang gadget, google keep kali ya lebih enak. Semangat dengan resolusi yang lebih baik ya Mbak

    BalasHapus
  30. Tipsnya cocok untuk membuka tahun baru nih. Nah kebetulan aku juga baru mau belajar etntang aplikasi Trello ini. Belum biasa lagi menggunakannya.

    BalasHapus
  31. Wah boleh juga nih tipsnya Mbak. Mau buat resolusi memang bagusnya pake metode SMART ya biar nggak sekadar jadi angan2 saja. Btw baru tahu saya ada aplikasi Google Keep... Jadi mau kepo dengan aplikasinya

    BalasHapus
  32. Wah baru tahu bisa pakai aplikasi juga dalam menyusun dan memantapkan resolusi kita. Semoga segala harapan kita bisa terealisasi ya mbak

    BalasHapus
  33. Meskipun resolusi dibuat untuk pencapaian tiap tahun, evaluasi per bulan tetap harus dipantau ya supaya bisa segera diperbaiki.
    Mau coba bikin pakai metode SMART biar terukur.

    BalasHapus
  34. Metode SMART ini wajib dicoba buat aku yang suka berpaling di tengah tahun.hihi.. Aplikasi Trello ini berbayar ga mba?

    BalasHapus
  35. Aku suka bikin resolusi.
    Dan yaah...semuanya harus dicatat. Karena bakalan jadi checklist pencapaian.
    Emm, tapi...
    Tahun 2021 uda tinggal menghitung hari dan aku belum kepikiran bikin resolusi apapun.
    Heuheu~

    BalasHapus
  36. Memang bagusnya kalau bikin resolusi itu yang spesifik dan ada targetnya ya, mbak. Aku selama ini nulis resolusi secara umum aja sih dan yang paling sering tercapai kayaknya cuma resolusi membaca 😂

    BalasHapus
  37. Wah boleh nie mba idenya pake aplikasi2 gitu jadi langsung selalu keinget karena selalu pegang hp

    BalasHapus
  38. Ternyata ad app penunjang planning nih wajib coba nih biar terarah planning nya

    BalasHapus
  39. seringnya resolusi aku nggak pernah tertulis, hanya terngiang-ngiang di kepala saja
    dan aku baru tau kalau ada aplikasi yang bisa membantu mengingat plan kita nih, bisa dicoba

    BalasHapus