-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Anak Tidak Suka Cuci Tangan? Coba Ikuti Cara Ini!

Membiasakan hidup sehat dan bersih tentu banyak manfaatnya untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Apalagi dalam kondisi wabah corona seperti ini. Kita sebagai orang tua pun harus membiasakan kebiasaan cuci tangan kepada anak-anak di rumah.

Pentingnya Mencuci Tangan

Kepada anak-anak kita dapat memberikan penjelasan manfaat mencuci tangan. Selain memberi penjelasan kepada anak mengenai manfaat mencuci tangan, kita dapat mengajarkan anak-anak kapan saja untuk mencuci tangan. 

Tentu saja selain mengajarkan, sebagai orang tua kita juga harus memberikan contoh dan mengingatkan kepada anak agar mereka selalu ingat untuk cuci tangan.

Menerapkan kebiasaan mencuci tangan pada anak semenjak usia dini tentu banyak manfaatnya. 

“Mas Sakha, di luar sana banyak makhluk kecil yang tidak kasat mata yang bisa membuat kita sakit. Kalau tidak cuci tangan sebelum makan, kuman yang dari mana-mana itu bisa masuk ke badan Mas lewat mulut.”

Itu sebagian ceramah saya yang sering saya kumandangkan anak sulung saya.

Pada intinya pesan yang harus kita sampaikan bahwa mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dapat untuk mencegah makhluk kecil tak kasat mata alias kuman yang tidak baik yang tertempel di tangan masuk ke tubuh melalui mulut ataupun hidung si kecil. 

Tanamkan juga bahwa mencuci tangan juga berguna membantu mencegah penularan penyakit yang bisa terjadi karena berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain.

Apalagi dibanding orang dewasa, kondisi anak-anak secara fisik lebih rentan dengan penyakit. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus membiasakan kebiasaan hidup sehat kepada anak kita salah satunya dengan rajin mencuci tangan. 

Tanpa disadari atau tidak setiap anak memiliki kebiasaan menyentuh mulut dan wajah. Padahal kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu jalur masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh, termasuk virus corona.  

Cara Agar Anak Suka Cuci Tangan

Jadi itu alasannya anak harus dibiasakan mencuci tangan secara menyeluruh, tetapi sering kali rutinitas ini menjadi membosankan bagi mereka. Sebagai orang tua kita harus mencari cara agar aktivitas mencuci tangan ini menjadi menyenangkan, mari simak enam trik mencuci tangan agar lebih menyenangkan di bawah ini. 

1. Mencuci Tangan Sambil Bernyanyi

Agar anak mau mencuci tangan kita bisa mengajak mereka sambil mencuci tangan. Kita dapat mengajak  anak untuk menyanyikan lagu favoritnya yang panjangnya minimal 20 detik. Mencuci tangan sambil menyanyikan lagu akan membantu mereka mencuci tangan lebih lama dan menyeluruh. Selain lagu anak-anak saya biasakan untuk sakha bisa mencuci tangan dengan menyanyikan lagu senam kesukaannya. 

2. Membuat Poster Mencuci Tangan

Kita dapat mengambar poster atau bagan yang menarik yang berisi cara mencuci tangan yang benar. Sehingga anak mudah melihat setiap kali hendak mencuci tangan. Di dalam posternya juga kita bisa muat kapan harus melakukan kegiatan mencuci tangan(seperti setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan sebagainya). 

3. Mempermudah Fasilitas Cuci Tangan 

Jika teman-teman di rumah bisa mempermudah fasilitas cuci tangan seperti memberikan wastafel anak itu akan sangat mempermudah anak untuk melakukan kegiatan mencuci tangan. Hal ini disebabkan banyak anak-anak kecil yang sulit mencapai wastafel untuk mencuci tangan karena posisinya terlalu tinggi. Mereka butuh usaha untuk membuka keran dan menjadikan hal tersebut alasan mereka tidak mau cuci tangan. 

Selain itu kita juga dapat menyiapkan satu bangku khusus untuk memudahkan untuk mencapai wastafel bisa menjadi langkah pertama untuk memudahkan mereka mencuci tangan. Jika bangku kecil terlalu berisiko dengan kemampuan anak, kita dapat menggunakan alat pemanjang keran sebagai alternatif yang memudahkan anak mencuci tangan. 

4. Sediakan Pernak-pernik Cuci Tangan Favoritnya

Sebagai anak pasti mereka memiliki kartun atau karakter favoritnya. Kita dapat menyediakan sabun cuci tangan dengan karakter atau kartun favoritnya agar anak betah untuk mencuci tangan. Jika tidak ada yang menjual kita bisa menempelkan sticker di area cuci tangan, atau di botol sabun kesukaannya. Kita juga bisa mengajak anak untuk memilih sabun cuci tangan dengan rasa dan keharuman yang disukai anak kita. InsyaAllah anak menjadi tertarik dan betah untuk mencuci tangannya. 

5. Teladan dari Orang Tua Menjadikan Kebiasaan Anak

Tentu kita sepaham bahwa anak-anak adalah peniru sejati dari orang tua. Oleh karena itu, jika kita ingin anak terbiasa mencuci tangan, hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan contoh. Kita akan akan mudah untuk mengajarkannya kepada anak ketika sudah meperlihatkan kebiasaan baik ini. 

Children see children do.

Daripada mendengar, anak-anak belajar lebih baik dengan mengamati. Nah, kita harus memastikan untuk memberikan contoh yang baik untuk mereka.

6. Buat Anak Paham Pentingnya Mencuci Tangan

Seperti yang saya jelaskan di awal artikel bahwa hal utama untuk mengajarkan anak untuk suka mencuci tangannya adalah dengan memberikan pemahaman. Meskipun anak kita masih balita sekalipun, percayalah setiap anak mengerti apa yang sering kita ucapkan berkali-kali. Bahkan dari semenjak kandungan anak sudah mengerti apa yang sering ibunya utarakan di dalam hati bukan?

Jangan lupa untuk menjelaskan kepada anak bagaimana tangan bisa menjadi media penularan virus dan kuman. Kita juga dapat memberikan pemahaman lewat buku cerita yang berwarna-warni  agar mereka mudah memahami konsep kebersihan. 

Penutup

Nah, Itulah cara mengajak anak agar suka mencuci tangan. Semoga anak-anak dapat membiasakan hidup bersih dan sehat serta kita diberi kemudahan menjadi teladan yang baik untuk anak-anak. Aamiin.

Salam, semoga bermanfaat.


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

5 komentar

  1. Dulu waktu anakku masih kecil, suka banget malah kalau cuci tangan, ataupun permainan yang berhubungan dengan air. Memang harus dibiasakan ya, agar anak tahu manfaat cuci tangan tidak sekedar mainan air :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Mba Shafira, ini si kakak disiplin cuci tangannya. Semoga pandemi ini bikin anak-anak kita lebih aware sama kebersihan dan kesehatan diri ya mba.

    BalasHapus
  3. Memang mencuci tangan tuh penting, apalagi buat anak2 yg banyak aktivitasnya spt memegang mainan. Makasih mbak tipsnya, smg dgn ini membuat anak2 jadi lebih suka cuci tangan tanpa disuruh2

    BalasHapus
  4. Anakku suka cuci tangan sejak sama gurunya diajak cuci tangan sambil nyanyi. sampai hafal anakku dan akunya diajarin. hahaha... emang menghadapi anak itu harus punya trik ya kak. biar anaknya selalu happy. karena anak tidak suka dipaksa. kitalah yang harus membuat anak anak melakukan sesuatu dengan sukarela dan perasaan bahagia.

    BalasHapus
  5. Noted Mbak. Saya juga masih sering kewalahan ngajarin anak cuci tangan, Makasih tipsnya yaaa.

    BalasHapus