-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Menaikkan Pageview Blog Yuk!

menaikkan pv blog

Beberapa pekan lalu saya mengikuti marathon coaching yang diadakan oleh BRT networkid. Materi pertamanya adalah cara menaikkan traffic atau pageview sebuah blog oleh Rini Novita Sari. Pageview merupakan jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog kita. Jika semakin tinggi jumlah pageview, artinya semakin bagus juga penilain blog kita. Meskipun pengunjung blog kita rendah, tetapi jika jumlah pageview-nya tinggi, itu menandakan blog atau situs kita tergolong bagus.

Blog Masa Kini

Mbak Rini mengemukakan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi bloger masa kini. Fakta yang pertama adalah banyak bloger yang masih mengabaikan jumlah pageviews atau traffic blog. Selain itu banyak dari kita belum tahu apa manfaatnya menaikkan pageview. 

Bingung bagaimana meningkatkan pageview dan hanya fokus menaikkan domain authority tapi lupa untuk optimasi.

Pentingnya Menaikkan Pageview Blog

Kenapa menaikkan pageview blog penting? Tingginya pageview sebuah blog adalah harapan semua penjuang adsense. Menaikkan pageview juga meningkatkan conversion rate. Pageview tinggi juga menandakan blog dan konten di situs kita berkualitas. 

Jangan lupa dengan tingginya pageview blog kita dapat meingkatkan rate card atau harga blog kita. Artinya peluang mendapatkan kerjasama juga semakin besar. Hal ini karena banyak agency atau advertiser banyak memakai parameter pageview sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama.

Cara Menaikkan Pageview Blog

Lakukan Riset Keyword

Sebuah tulisan yang memiliki pageview rendah bisa jadi bukan karena tulisannya tidak bagus melainkan tidak menuliskannya dengan menarik hingga orang sulit bertemu dengan tulisan tersebut.

Atau konten yang menarik tapi tulisannya susah dimengerti. Selain itu bisa jugas sebuah tulisan memiliki konten bagus dan menarik tapi kurang promosi sehingga pageviewnya rendah. 

Mbak Rini membagikan ceritanya untuk menaikkan pageview blog dengan melakukan riset keyword dengan beberapa cara.

Cara melakukan riset keyword atau kata kunci adalah gunakan intuisi atau feeling. Beberapa tools yang bisa dipakai untuk mencari kata kunci adalah google keyword planner, keywordtool.io + google keyword planner, keywordfinder.io dan Neil Patel.

Menulis Artikel SEO dan Human Friendly

Teman-teman bloger tentu tidak asing dengan istilah Search Engine Optimised (SEO). Tujuan kita menulis menggunakan teknik SEO ini agar mempermudah pertemuan antara artikel kita dengan para pembaca. Beberapa point yang Mbak Rini sampaikan adalah sebagai berikut

  1. Pilih bahasa yang paling nyaman
  2. Pilih keyword yang tepat
  3. Judul berisi keyword
  4. Perhatikan URL
  5. Jumlah kata
  6. Penempatan Keyword dan LSI (Latent Semantic Indexing/sinonim KW)
  7. Jumlah keyword
  8. Heading dan Subheading
  9. Link internal dan eksternal
  10. Optimasi gambar
  11. Meta deskripsi

Link Building 

Link building merupakan sebuah teknik agar situs lain memberikan link atau tautan menuju website kita. Kita dapat melakukan beberapa cara. Saya pernah melakukan chat personal kepada beberapa blogger untuk saling bertukar link. Ada juga beberapa blogger yang menawarkan di grup khusus blogger lalu berlanjut chat personal.

Selain itu saya pernah mengikuti arisan backlink, jadi setiap minggunya kami membuat tulisan organic yang memberikan link menuju situs si pemenang. Ada juga komunitas yang membuka lingkaran kecil backlink untuk tiga orang blogger, lalu secara mandiri berkoordinasi untuk bertukar backlink.

Membuat Artikel Trending atau Viral

Cara menaikkan pageview blog berikutnya adalah dengan membuat artikel trending atau viral. Dengan memperhatikan berita sekitar atau dengan mengecek google trends.

Melakukan Blogwalking

Sudah menjadi rahasia umum para bloger untuk ikut serta dalam daftar blogwalking. Blogwalking adalah sebuah sistem support sesama bloger untuk saling berkunjung ke artikel yang didaftarkan. 

Setiap grup setiap komunitas memiliki aturannya masing-masing. Ada yang memberi waktu selama 1 minggu untuk menuntaskan list blogwalking. Ada juga yang hanya memberikan waktu 1x24 jam. 

Kebijakannya juga beranekaragam, salah satu komunnitas yang saya memberikan konsekuensi bagi yang tidak menuntaskan blogwalking sesuai ketentuan diberi hukuman tidak mengikuti selama 2 minggu ke depan. Teman bloger di komunitas IIDN juga pernah bercerita mengenai blogwalking di postingannya.cara menaikkan pageview blog

Optimasi Pagespeed

Ketika kita mempunyai tulisan dengan konten yang panjang tentu akan memasukkan gambar atau ilustrasi agar lebih mudah dibaca. Namun, hati-hati ya karena jika kebanyakan gambar bisa mempengaruhi kecepatan loading sebuah situs. 

Apalagi kalau pembaca kita banyak menggunakan ponsel. Oleh karena itu, salah satu trik sebelum upload ke blog, pastikan size gambar yang kita upload di bawah 100 mb. Teman-teman bisa menggunakan situs online seperti tinypng dot com atau aplikasi di android bernama lit photo. Aplikasi dan situs tersebut dapat memperkecil ukuran gambar tanpa mengubah resolusinya.

Dengan memperhatikan ukuran gambar yang kita upload ke blog kita dapat mengoptimasi pagespeed dan membuat para pembaca betah di blog kita.

Desain Blog yang menarik dan Navigasi yang jelas

Sebelas dua belas dengan mengoptimalisasi pagespeed. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas juga mempengaruhi para pembaca untuk berlama-lama di situs blog kita.

Tulisan kita harus jadi fokus saat pembaca datang ke situs blog.  Jangan sampai para pembaca sulit untuk membaca karena tampilan dan desain blog kita yang kurang menarik apalagi kalau navigasi tidak jelas. 

Eksplore Google Search Console dan Google Analytics

Dua hal ini menjadi hal yang baru untuk saya. Ternyata Google Search console dan analytics bisa menjadi tools mutakhir kita untuk menemukan kata kunci sebagai ide tulisan kita berikutnya.

Pada Google Search Console, kita dapat melihat halaman dan keyword apa saja yang dapat menghasilkan banyak traffic di dalam tab performance.

Dengan mengecek secara rutin kita bisa tahu keyword terpopuler apa yang ada di situs blog kita, sehingga kita bisa memperbaiki dan membuat artikel pilar atau sejenisnya. 

Penutup

Nah, itu dia cara untuk menaikkan pageview blog. Dengan menaikkan pageview blog sama dengan meningkatkan potensi penghasilan kita dari blog.

Di akhir sesi materi Mbak Rini menambahkan bahwa pageview adalah salah satu indikator penilaian klien terhadap blog untuk bekerja sama.

cara mendapatkan kerja dari blog

Memang banyak cara untuk meningkatkan pageview sebuah situs blog. Pada intinya kita harus bisa dilakukan tanpa menyusahkan. Seperti membuat tulisan yang menarik dengan melakukan riset keyword, membuat desain situs yang sederhana dan loading yang cepat, serta pemberian link terutama link internal dalam artikel.

Terakhir, pesan dari saya untuk melakukannya satu persatu dan konsisten. Tetap semangat, semoga bermanfaat.


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Seorang Mamah dari 2 anak. Mencintai dunia menulis dan desain. Manager keluarga yang berperan menjadi asessor dan fasilitator di dunia publik. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

8 komentar

  1. Keren Mba sharingnya! Makasih sudah mau berbagi ya 😊
    Tapi beberapa poin sepertinya agak susah deh diterapkan untuk aku yang bookblogger ini hehe meskipun ga berharap untuk ada kerjasama2 gitu tapi tetep aja pengen rame blognya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Tika, banyak loh bookblogger yang sering kutemui. Kayanya ada komunikasi buku blogger deh mbak. Semangat mbak yu pelan2 dicoba tips di atas

      Hapus
  2. Terima kasih, Kak. Menarik sekali pembahasannya. Saya coba satu satu.

    BalasHapus
  3. makasih sarannya! bakal saya coba :D

    BalasHapus
  4. saya nih Mbak, masih belum konsisten tuk lakukan riset keyword sebelum posting, huhuhuh.
    apalagi kalau udah dikejar deadline *ups :D

    anyway makasih udah sharing disini ya Mbak, malam itu saya juga ikut marathon coaching ini tapi belum sempat nih merangkum isi materinya :D

    BalasHapus
  5. dulu aku bisa dibilang cuek dengan GSC atau GA, cueknya karena waktu awal pertama nggak ngerti cara pakainya gimana dan keterbatasan waktu untuk searching
    sekarang udah ikutan kelas juga dan cukup mengerti juga

    BalasHapus
  6. Masih berusaha untuk konsisten menulis mba, karena biasanya lumayan bikin pageview naik.

    BalasHapus
  7. wah, terimakasih tipsnya Kak! aku masih suka cuek sama pageviews sih tapi lama kelamaan ingin liat angkanya naik biar gak disitu-disitu aja :D

    BalasHapus