-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Mau Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Corona? Manfaatin Media Sosial Yuk!

mendapatkan uang dari media sosial

Kita semua pasti  merasa melewati perjuangan di tahun 2020 sampai sekarang karena harus hidup berdampingan dengan pandemi virus corona ini. Tantangan kehidupan mulai berdatangan, mulai dari sekolah atau pembelajaran tatap muka diberhentikan, pekerjaan di kantor pun diminimalisir dan area-area publik dibatasi. Hal ini tentu mempengaruhi sektor ekonomi masyarakat. Tak banyak dari kita yang kehilangan penghasilan bahkan pekerjaan. Meskipun kita semua mengalami tantangan dan kesulitan, tetapi kita harus mencari celah bagaimana memanfaatkan peluang yang ada.
cara mendapatkan uang dari sosial media

Mendapatkan Penghasilan dari Sosial Media

Media sosial terus berkembang pesat dengan penggunanya. Setiap orang tak akan lepas dari media sosial. Inilah yang dimanfaatkan oleh marketing brand-brand untuk menjual produk atau sekadar meningkatkan awareness kepada masyarakat.

Tengoklah beberapa akun media sosial para artis banyak postingan mereka yang mengandung iklan produk atau endorsement. Namun tidak hanya artis, kini era di mana masyarakat pun bisa mengiklankan produk di ranah media sosialnya atau nama lainnya adalah marketing produk.

Orang yang bisa mendapatkan kesempatan marketing produk ini biasanya disebut influencer. Berdasarkan namanya, artinya orang yang memberikan pengaruh kepada sekitarnya biasanya karena banyaknya followers atau subscriber.

Bagaimana cara mendapatkan uang tambahan dengan sosial media? Salah satunya menjadi influencer marketing ini. Baik brand –brand besar maupun UKM pun merasa menjadi salah satu cara promosi brand mereka secara efektif. Walaupun untuk menjadi influencer marketing setiap brand pasti memiliki kriteria tersendiri.

Aplikasi Influencer Marketing

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan atau campaign di sosial media? Berikut beberapa aplikasi influencer marketing yang bisa dicoba. Pada dasarnya semua aplikasi in membutuhkan tautan profil sosial media kita.  Saya sendiri mendapatkan manfaatnya mulai tahun ini, beberapa aplikasi sudah gunakan untuk mendapatkan campaign baik di blog maupun sosial media. Estimasi pendapatan dari media sosial dan blog pun beragam. Ada yang mulai dibayar hanya menggunakan produk, ada juga mulai dari angka Rp80.000 hingga Rp750.000.

Nah penasaran dong ya aplikasi influencer marketing itu apa saja, yuk tengok di bawah ini.

Revu

Aplikasi revu adalah pihak ketiga yang menyediakan campaign baik untuk para konten kreator di sosial media seperti instagram, facebook dan youtube. Selain sosial media aplikasi yang mengusung tagline Global No.1 Influencer Marketing Platform ini juga menyediakan job bagi blogger. Alhamdulillah job blogger pertama kali saya di tahun kemarin berasal dari Revu.

Jika ingin mendaftar bisa melalui website ataupun aplikasinya di smartphone kita. Jika sudah mendaftar, kita harus sering mengecek campaign yang berlangsung dan mendaftar yang sesuai dengan preferensi kita. Jika sosial media atau blog kita masuk dalam kualifikasi dari brand aka nada notofikasi yang masuk. Estimasi pendapatan mulai dari barter produk hingga Rp200.000

The Asian Parents (@vipparentsid)

Awalnya saya mengetahui aplikasi The Asian parents adalah portal berita seputar parenting dan family. Ternyata di dalam aplikasi The Asian Parents juga menyediakan bagian VIP Parents. Setelah mendaftar di VIP Parents kita dapat mengakses list campaign yang sedang berlangsung. 
Tahun 2020 juga menjadi tahun pertama saya mendapatkan campaign dari VIP parents. Aplikasi dari Tickle Media, sister company dari Mamas Choice ID in ijuga menyediakan fee yang beragam. Mulai dari Rp50.000 hingga Rp2.000.000.

Partipost (@partipost_id)

Aplikasi Partipost ini adalah aplikasi marketing influencer se-Asia Tenggara berbasis di Singapore. Lewat Partipost ini saya mendapatkan campaign pertama saya senilai Rp150.000 ia silakan rajin dicek setiap hari untuk melihat campaign sesuai profile. Jangan lupa baca panduan dan brief dengan seksama karena biasanya ada form registrasi yang harus diisi)
Estimasi Pendapatan: barter produk hingga Rp1.000.000

Vamp (@vampbrands)

Aplikasi Influencer Marketing ini berbasis di Sydney. Meskipun saya sudah mendownload di smartphone saya tapi belum pernah mendapatkan campaign di sana. Menurut beberapa teman influencer yang sudah berhasil mendapatkan campaign dari Vamp pembayarannya  menggunakan PayPal dengan fee yang cukup menarik jika dikonversikan ke dalam rupiah.
Estimasi Pendapatan: $10 - $200.

HIIP (https://app.hiip.asia/id/influencer)

Berbeda dengan aplikasi influencer marketing  di atas, HIIP adalah situs website, bisnis develop dari Blogger Perempuan Network yang sekarang berganti nama menjadi HIIP. 
Ketika sudah membuat akun dan menautkan link media sosial seperti instagram dan facebook, teman-teman akan dapat email notifikasi campaign terbaru. Kita dituntut untuk rajin mengecek email, spam, promotions karena biasanya email nyasar ke sana.

Beberapa teman blogger saya sering mendapatkan job dari HIIP ini. Sayangnya, saya sudah mendaftar dari akhir tahun lalu belum berhasil menautkan blog ke situs ini. Dilansir dari contact person HIIP, situsnya sedang bermasalah untuk menautkan ke google account. 
Estimasi pendapatnya sangat beragam mulai dari Rp200.000 hingga Rp3.000.000.

SociaBuzz (https://www.sociabuzz.com/)

Sama dengan HIIP, SociaBuzz juga merupakan website Influencer Marketing yang berbasis di Indonesia. Kita daftar mendaftarnya lewat websitenya dan pilih influencer/creator. 
Jika sudah menautkan email akan mendapatkan invitation untuk campaign-campaign yang sesuai dengan spesifikasi profile kita. Estimasi pendapatnya pun beragam, namun ada potongan 20% di setiap kerjasama.
cara mendapatkan uang tambahan

Penutup

Nah itulah beberapa aplikasi dan website platform yang menyediakan informasi campaign atau pekerjaan untuk kamu yang tertarik sebagai influencer sosial media marketing. Semoga dengan informasi ini bisa membuka peluang mendapatkan uang tambahan seperti di masa sekarang. Semoga bermanfaat, salam. 

shafira adlina cerita mamah

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

Posting Komentar