-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Kuliner Belitung yang Wajib Dicoba

Setiap perjalanan pasti menaburkan cerita. Sama halnya ketika tahun lalu kami sekeluarga berlibur ke Pulau Belitung, sebuah pulau indah yang terkenal karena film laskar pelangi. Selain keindahan alamnya, Pulau yang beribukota di Tanjung Pandan ini juga memiliki beragam kuliner yang khas. Jika kita pergi wisata ke Belitung tentu harus mencicipi makanan khas daerah ini agar rasanya semakin lengkap. 

Kuliner Belitung yang Wajib Dicoba

Pada perjalanan kali itu saya bersama suami dan kedua anak tentu selain harus mencari tempat makan yang enak juga nyaman bagi kami sekeluarga. Restoran pertama yang kami singgahi di pagi hari sebelum berkeliling Pulau Belitung adalah kuliner Mie Khas Belitung.

1. Mie Khas Belitung Kedai Mak Jannah

Tour Guide kami pada saat itu merekomendasikan kami untuk mencicipi kuliner khas Belitung ini. Sebelum membawa kami ke rumah makan, ia bertanya kami ingin makan Mie Belitung di Mie Belitung Atep atau Mie Belitung Mak Jannah.

Pada saat itu kami clueless, dan mempertanyakan apakah perbedaannya. Ia berkata bahwa Mie Belitung di kedua rumah makan tersebut terkenal. Namun, paling beberapa tahun yang lalu terungkap bahwa di rumah makan Mie Belitung Atep pernah memakai salah satu kandungan yang tidak halal bagi umat muslim. Meskipun sekarang sudah halal, kami lebih memilih untuk mencicipi Mie Khas Belitung di Rumah Makan Mak Jannah.

Selain memesan Mie Khas Belitung, kami juga memesan  Mie goreng dan Soto Lontong.

Mie khas Belitung adalah mie kuning yang disajikan dengan telur dengan disiram dengan kuah kaldu udang yang gurih, asam dan kental. Kuliner ini menjadi berbeda karena kita dapat tauge, kentang, timun, udang dan tahu. Ini kali pertama kami mencicipi kuliner macam ini.

Makanan ini paling nikmat disajikan saat hangat. 

Selain Mie Khas Belitung, kami mencoba mie goreng. Ternyata tidak terlalu istimewa sama seperti mie goreng seafood pada umumnya. Setelah itu kami mencoba soto lontongnya Mak Jannah yang memiliki kuah kental seperti Mie Khas Belitungnya. 

Mie Khas Belitung Mak Jannah ini telah berdiri semenjak 1970, dan kami langsung dilayani oleh Mak Jannahnya sendiri saat di kasir. Lokasinya pun tidak jauh dari monument Batu Satam sebagai patokan yang mempermudahkan kita menemukan kedai Mak Jannah ini.

Daftar Harga Kedai Mak Jannah (2019)

  • Mie Khas Belitung: Rp15.000 
  • Mie Goreng: Rp20.000 
  • Soto Lontong: Rp15.000 

Alamat: Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411 

Jam Buka: 08.00-20.00

2. Olahan Seafood Segar di Pondok Nelayan Tanjung Pendam

Sudah sewajarnya apabila kita berkunjung ke daerah pesisir pasti akan disuguhi aneka restoran dan tempat makanan yang mengolah seafood segar. Apalagi orang perkotaan seperti saya ini, pasti akan mengincar tempat makanan yang mengolah seafood segar.

Hari pertama saya dan anak-anak mendarat di bandara Belitung, langsung dijemput oleh tour guide dan suami saya. Kami langsung melesat ke tempat menginap kami di daerah Tanjung Pendam, sore harinya kami menghabiskan waktu di pesisir pantai. Pulang bermain menikmati sunset di sana, perut lapar tak tertahankan. 

Seketika kami menemukan rumah makan di depan lokasi taman Pantai Tanjung Pendam yang bernama Pondok  Nelayan.

Rumah makan yang menyediakan aneka olahan seafood segar ini, memampang seafood-seafoodnya di meja depan beserta timbangannya di depan. Kami pun memilih ikan dan bumbu yang akan dimasak. 

Selain memiliki porsi yang cukup besar, rasa makanan di tempat makan ini termasuk enak dan memuaskan. Seafood yang kami pesan pun, semuanya terasa segar. Bumbu yang dimasak pun meresap, cukup membuat kami kenyang malam itu. 

Seperti di tempat makan olah seafood segar lainnya, Pondok Nelayan menawaran menu antara lain : Ikan Bakar dengan Bumbu Kuning, Ikan Bakar Kecap, Kepiting Saus Tiram, Kepiting Saus Padang. Menu yang berbeda yang baru saya jumpai di rumah makan ini adalah Gangan Nanas dan Gangan Tumis. Citarasa dari ikan kuah gangan yang kami pesan memiliki rasa asam, gurih, pedas. 

Selain itu untuk memanjakan lidah dengan sayuran ada juga aneka tumisan, seperti Tumis Kangkung dan Tumis Genjer.

Alamat : Jl. Kemuning, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411

Jam Buka : Setiap Hari 17.00 -23.00

Penutup

Itulah kuliner Belitung yang wajib dicoba ketika berwisata di sana. Selain tidak akan melupakan keindahan alam, tentu saat melakukan perjalanan wisata kuliner memiliki cerita dan kenangan tersendiri kan?

Semoga bermanfaat, salam. 


shafira adlina cerita mamah

Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

2 komentar

  1. Paling ngileer lihat olahan seafoodnya di Pondok Nelayan. seger seger gitu. yummy.. Saya rumahnya di daerah pegunungan sih, jadi paling tertarik lihat lihat yang serba laut :)

    BalasHapus
  2. Haloo mbak, waah senang sekali yaa bisa liburan ke Belitung. Dan ternyata harga makananya tidak terlalu mahal, yaak. Di tempatku, ada makan mie, yg mirip gitu. Tapi harganya mahal loh. tidak 15rb, bisa sampe 24rb

    BalasHapus