-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Gerakan Prenatal Gentle Yoga Untuk Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir

gerakan yoga agar pembukaan cepat

Memasuki trimester tiga, setiap calon mamah pasti sedang mengalami harap-harap cemas. 

Apakah saya bisa melahirkan nyaman dan lancar?

Tentu bisa jika ingin melahirkan nyaman dan lancar. Namun, kita perlu untuk mempersiapkannya, terutama tubuh kita. Dengan melaksanakan prenatal gentle yoga merupakan salah satu cara yang bisa kita pilih untuk mempersiapkan tubuh.

Saat kehamilan anak kedua, saya banyak membekali diri dengan informasi prenatal gentle yoga atau yoga selama kehamilan sebelum persalinan. Salah satunya saya berburu informasi mengenai kelas prenatal gentle yoga. Saya berpikir bahwa mengikuti kelas prenatal akan mendapatkan semangat karena belajar bersama teman yang senasib hamil dan saling mendukung. 

Namun, kelas prenatal gentle yoga biasanya hanya diadakan satu kali dalam satu minggu. Padahal di usia kandungan trimester ketiga kita butuh melakukan olahraga fisik ini setiap hari, agar mempersiapkan fisik untuk melahirkan nyaman dan lancar. 

agar persalinan nyaman

Pengalaman Saya Mengikuti Prenatal Gentle Yoga

Bahan bakar semangat saya yang paling besar adalah untuk melahirkan aman dan nyaman dengan proses VBAC (Vaginal Birth After Caesarian) atau melahirkan normal setelah operasi sesar sebelumnya. Maka dari usia kandungan masuk ke trimester dua saya sudah bergerilya untuk mencari di mana lokasi prenatal gentle yoga terdekat.

Meskipun kita bisa melakukan prenatal gentle yoga sendiri di rumah, tetapi perlu ilmu dasar yang kuat dari ahlinya. Sekiranya ada 7 instruktur prenatal gentle yoga yang merangkap menjadi bidan yang saya ikuti kelasnya. Dengan menyerap banyak ilmu dari mereka dan mengikuti kelas dari mereka saya bisa meningkatkan konsisten latihan yoga di rumah. Karena kita sama-sama tahun latihan yoga di rumah sangatlah menantang untuk melawan kantuk dan malas di atas yoga mat. Hehe.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Dengan mengetahui manfaat prenatal gentle yoga kita akan lebih bersemangat dalam melaksanakannya. Apa saja manfaat prenatal gentle yoga?

Berikut adalah manfaat prenatal gentle yoga untuk ibu hamil, yaitu :

  1. Prenatal gentle yoga menjadai sarana relaksasi ibu hamil yang berkualitas, setelah melakukan olahraga ini saya merasa lebih tenang dan nyaman.
  2. Prenatal gentle yoga juga dapat mengurangi kadar stres selama dan setelah kehamilan.
  3. Prenatal gentle yoga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, termasuk aliran darah ke janin.
  4. Prenatal gentle yoga dapat mengurangi keluhan fisik selama kehamilan seperti keluhan nyeri tulang belakang, punggung, kram perut dan nyeri pada panggul.
  5. Sarana olahraga Membuat ibu hamil lebih siap untuk melahirkan secara optimis dan tidak mudah panik.
  6. Prenatal gentle yoga dapat memperkuat otot dasar panggul dan melatih pernapasan. Kedua hal ini menjadi faktor penting ketika kita ingin bersalin dengan lancar.
  7. Prenatal gentle yoga juga dapat mempercepat pembukaan jalan kelahiran dan proses kontraksi.

Bagaimana prenatal gentle yoga dapat mempercepat pembukaan jalan lahir?

Dari ke tujuh instruktur prenatal gentle yoga yang saya datangi mereka semua mengajarkan gerakan dasar saat yoga. Dan beberapa dari mereka juga mengajarkan saya beberapa gerakan khususnya saat trimester ketiga agar kepala bayi cepat masuk panggul.

Saat di usia kandungan 38 minggu saya sempat melakukan privat gentle yoga di rumah, bidan tersebut memberikan beberapa gerakan yang harus dilakukan setiap hari. Dan beberapa gerakan dapat dilakukan ketika kontraksi sudah mulai terasa agar pembukaan jalan lahir lebih cepat.

Gerakan Prenatal Gentle Yoga Agar Pembukaan Lebih Cepat

Hari itu di bulan Ramadan, pada pagi hari tanggal 31 Mei 2019 saya merasakan kontraksi yang intens dan adekuat. Seketika saya langsung mempraktikkan beberapa gerakan prenatal yoga yang dapat mempercepat pembukaan jalan lahir dan kontraksi. Berikut beberapa gerakan prenatal gentle yoga yang dapat dilakukan ketika kontraksi sudah datang.

Butterfly Pose (Baddha Konasana)

Gerakan yang dinamakan butterfly pose ini memang serupa dengan kupu-kupu. Cara melakukannya cukup mudah dengan melipat kaki dan menempelkan kedua telapak kaki hingga rapat. Lalu tempurung kaki kita pegangagar posisi kaki kita tetap nyaman. 

Manfaat gerakan ini tentu agar jalan lahir lebih cepat dan membantu bayi turun ke area pelvis. Gerakan ini juga membuka area panggul dan paha dalam, maka dari trimester tiga ini sering dilakukan. Tubuh pun lebih rileks setelah melakukangerakan child pose ini.

gerakan yoga hamil

Child atau Baby Pose

Gerakan prenatal gentle yoga yang paling mudah dan menyenangkan adalah child atau baby pose ini. Untuk melakukan child pose yang pertama dilakukan adalah dengan melipat kaki dengan posisi lutut menyentuh matras. Kemudian badan ditundukkan ke arah depan seperti posisi sujud. Lalu tangan direntangkan ke depan lurus searah kepala.

yoga hamil


Squat Pose

pose ini beberapa kali saya praktikkan ketika sudah menginjak pembukaan 4 di rumah bersalin. Saat itu flek darah sudah muncul cukup banyak, setiap kontraksi datang saya belum dapat menikmatinya karena rasanya sangat berbeda pada persalinan pertamanya.

Saya mulai merasa nyaman dengan melakukan squat pose ini, sambil memegang suami yang berdiri atau pinggir tembok. Untuk melakukan squat pose ini kita ambil posisi jongkok dengan punggung yang tegak lurus. Supaya posisi squat pose yang dilakukan seimbang, jangan lupa untuk menempelkan kedua telapak tangan sambil bernafas secara teratur.

Penutup 

Nah, itu dia tiga gerakan prenatal gentle yoga yang dapat dilakukan untuk mempercepat pembukaan jalan lahir. Sebenarnya ada beberapa gerakan lain lagi di prenatal gentle yoga yang bisa teman-teman lakukan saat kontraksi datang. insyaAllah akan saya tambahkan di artikel berikutnya. Tetap semangat, berdayakan diri dan berdoa untuk persalinan yang nyaman dan lancar.

Semoga bermanfaat, salam.

 


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

21 komentar

  1. wah baby pose yang sangat ngetren di kalangan bumil ya :D

    BalasHapus
  2. Wah tulisan ini bagus banget buat yang mau melahirkan. 2x hamil saya gak pernah senam hamil, apalagi ala yoga.

    BalasHapus
  3. Sharing yang bermanfaat ka. Semoga Selalu di berikan kesehatan dan kelancaran saat persalinannya.

    BalasHapus
  4. Butterfly dan child pose yang sekarang lagi aku praktekkin memang ini mempengaruhi kelancaran kelahiran nanti apalagi saat ini sudah Trimester 3 ini, jadi aku Makin interns yoga dirumah

    BalasHapus
  5. Mbak, kalau gerakan seperti ini, baiknya hanya untuk yang sudah terbiasa melakukannya sejak sebelum hamil atau boleh saja baru dimulai ketika masuk trimester akhir? Dari segi kebiasaan/adaptasi tubuh maksudnya.

    BalasHapus
  6. Aku lagi perhatiin posisi2nyaa itu mba shaf. Bener yah berarti itu tuhh posisi sujud bisa buka jalan lahir juga yaahh

    BalasHapus
  7. aku nih dulu alhamdulillah sempat prenatal yoga pas hamil, teh. biar nggak ngantuknya prenatal yoganya dilakukan pas siang-siang. Emang enakeun banget buat badan. Meski kulakukan di rumah aja sambil liatin video d laptop udah lumayan lah..

    BalasHapus
  8. Dulu waktu hamil saya tuh mageran banget, senam hamil di bidan pun nggak pernah ikut hhaaa... duh tp nanti kl hamil lg wajib banget deh olahraga bumil dan yoga patut dicoba:)

    BalasHapus
  9. Aku biasanya langganan nyeri punggung sama kram kaki saat hamill, makasih infonya mbak safira. Tapi kali ini belum ada rencana hamil lagi, hihi

    BalasHapus
  10. Aku butuh ini nih buat lahiran anak kedua nanti, hihi.. ternyata memang ada tekniknya ya mbak.

    BalasHapus
  11. Hebat. Jika kelak saya hamil lagi, mungkin saya sangat berharap bisa melakukan proses melahirkan secara VBAC juga. Terima kasih atas bacaan informatifnya Mba. Ternyata bisa dipancing dengan melakukan gerakan yoga.

    BalasHapus
  12. Wah, jadi inget dulu waktu hamil anakku, pastinya belajar prenatal gentle :) dan alhamdulillah persalinan jadi lebih mudah

    BalasHapus
  13. Dulu gitu juga, mbak pertanyaanya. Dapatkah aku melahirkan dengan aman dan tenang. Hehehehe. Slealu saja ada pengalaman baru saat melahirkan.

    BalasHapus
  14. Infonya bermanfaat sekali dan berguna untuk para ibu hamil, terima kasih mbak sharing infonya

    BalasHapus
  15. Masa kehamilan dan terutama menjelang persalinan memang fase banyak was2 ya mbak. Kadang bisa bikin stress juga. Dan sepertinya setiap ibu hamil perlu ikut prenatal gentle yoga. Biar nanti bisa lebih nyaman dan aman juga proses kelahiran dan mental ibu nya ya.

    BalasHapus
  16. wah bermanfaat sekali mbak tulisannya. menarik banget nih untuk pengetahuan bagi calon-calon ibu hehe terimakasih kak untuk sharingnya

    BalasHapus
  17. Yoga ini katanya gerakan ibadah ornag hindu bukan sih mba? Tpi ada juga gerakan2 yg dilakukan jga saat workout sprti childpose dan cobra yaa

    BalasHapus
  18. Dari zaman hamil dulu pengen banget ikutan kelas yoga untuk kehamilan dan proses lahiran yang menyenangkan. tapi entahlah aku gak bisa dapet tempat yoga untuk ibu hamil di bali. nanti kalau hamil lagi ini jadi wishlish aku hehe

    BalasHapus
  19. wah nnti wajib dilakuin pas udah hamil,, ehh ehh nikah dulu dinggg yaaaaa :))

    thx mba sayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu doa ya mba Rin, hehe. semoga Tahun ini dilancarkan kalau ada rencana nikah. amiin.
      Btw soal yoga saya juga pernah dengar waktu hamil, tapi baik hamil anak pertama maupun kedua gak sempet ikutan euy. kalo tau bagus dulu ikutan ya, tapi udah kadung neglahirin kan, hahaha

      Hapus
  20. MasyaAllah dapet tips kece banget ini, makasih ya Mah. Dipraktekan kalau sudah hamil, gemes banget ya debar-debar melahirkan.

    BalasHapus