-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Review Skincare : Sukin Signature Series

Kali ini akan bercerita tentang pengalaman menggunakan salah satu brand natural skincare, Sukin. Tentu bukan natural skincare ecek-ecek atau overclaimed bahwa dia natural skincare ternyata masih menggunakan bahan-bahan yang tidakdapat diterima di produk natural atau organik kosmetik. Bahan tersebut seperti PEG, glycol dan silicone.

Mengenal Sukin

Sukin adalah brand skincare yang berasal dari Australia yang menonjolkan bahan alami. Sukin juga mengklaim dirinya sebagai Vegan skincare dan Cruelty Free. Produk-produk Sukin tidak menggunakan bahan-bahan kimia keras juga berbahaya (no harmful ingredients).

Pada setiap label produknya Sukin jelas memampang kalimat ini :

  • No Synthetic Fragrance
  • No Animal Derivatives
  • No Artificial Colours
  • No Harsh Detergent
  • No Propylene Glycol
  • No MEA/DEA/TEA
  • No Mineral Oils
  • No Petrolatum
  • No Phthalates
  • No Triclosan
  • No Sulphates
  • No Parabens
  • No Silicons
  • No EDTA

Sebagaimana kita tahu bahan-bahan di ats memang tidak dapat ditolerir kepada golongan natural atau organic skincare.

Hal yang membuat menarik lainnya dari Sukin adalah packagingnya yang terbuat dari plastic PET, amber glass dan tube PE yang 100% dapat di-Recycable atau didaur ulang. Walaupun saya belum mendapatkan informasi kemana botol-botol ini harus didaur ulang. 

Namun, setelah melihat instagramnnya ternyata kita bisa mengembalikan packaging botol-botol Sukin ini ke beberapa spot. Teman-teman bisa lihat di Highlight akun instagram SUKIN Indonesia ya. Menurut informasi yang saya peroleh juga bahwa kemasan-kemasaan ini tidak mengandung senyawa organic Bispenol A (BPA free).

Jenis Produk Sukin

Sukin memiliki beberapa variasi produk. Tidak hanya skincare, tersedia juga body wash, shampoo dan deodorant yang tersedia di dalam negeri. Untuk produk skincare ada empat rangkaian Sukin yakni varian Signature, Roseship, Sensitive, Oil balancing, dan Blemish control. Wah cukup banyak ya, masing-masing tersedia facial foam, moisturizer dan beberapa tersedia facial oilnya.

Sudah sekitar dua bulan saya menggunakan rangkaian produk Sukin signature, mulai dari facial foam, moisturizer, scrub dan clay mask. Sementara untuk toner saya coba Blemish control pore perfecting toner. Pada artikel ini saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan rangkaian skincare Sukin Signature.

Sukin Signature Series

Saya membeli Sukin di lilla sociolla. Sebelum, membeli Sukin pada bulan November lalu untuk pertama kalinya tentu saya meriset beberapa review-review di internet dan studi product di official web dan social media Sukin.

Saya memutuskan untuk membeli Clear Glowing Skin di situs lilla. Apa saja yang didapatkan dalam paket clear glowing skin Sukin?

  1. Sukin Purifying facial masque (100ml)
  2. Sukin Signature Revitalising Scrub (125 ml)
  3. Sukin signature foaming facial cleanser (20 ml)
  4. Sukin signature facial moisturizer (20 ml)

Paket ini dibandrol dengan harga Rp255.000 (November 2020), menurut saya ini termasuk hemat karena jika dibeli satuan untuk maskernya saja berharga Rp157.000 dam scrubnya seharga Rp125.000.

Sebelum membahas produknya satu persatu, mari kita bahas 3 bahan alami utama pada rangkaian Sukin Signature.

Bahan Alami Utama Pada Rangkaian Sukin Signature

Sukin Signature memiliki tiga bahan alami utama yaitu chamomile, avocado dan aloe vera. Sukin Signature diklaim sebagai rangkaian favorit dari produk Australian natural skin care. Sukin signature mampu bekerja secara efektif dan lembut pada semua jenis kulit dengan masing-masing manfaatnya, seperti:⁣⁣⁣⁣⁣⁣

1. Chamomile

Chamomile memberikan efek menenangkan ke kulit, meningkatkan regenerasi sel, dan memiliki sifat emolien yang mampu mempertahankan kelembaban kulit sekaligus menyeimbangkan produksi sebum⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣2. Avocado

Avocado atau alpukat dapatmenutrisi kulit dengan maksimal, kaya antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, tinggi kandungan folat untuk regenerasi sel kulit⁣⁣, dan membantu kulit tampak lebih bersih dan cerah⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣3. Aloe Vera 

kaya akan Vitamin C & E, mineral, protein dan enzim yang dapat menenangkan kulit, dan memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit sekaligus mengembalikan kelembapan pada kulit⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Sukin Purifying Facial Masque

Masker dengan kandungan utamanya yaitu Red Reef Australian (Kaolin) clay yang kaya antioksidan berfungsi untuk menyerap racun, dan membersihkan kulit wajah.

Masker dengan klaim “gentle treatment to help replenish, condition and re-energise skin.” ini juga memiliki kandungan bentonite. Bentonite berfungsi untuk mendetoksifikasi dan merevitalisasi kulit. Sementara ada juga kandungan Rosehip oil pada masker ini untuk melembapkan, menutrisi. Aloe vera untuk menenangkan, menyegarkan, melembapkan.

Masker Sukin Purifying facial ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Masker bertekstur creamy ini memiliki warna merah mudah dan memiliki wangi yang lembut.

Pengaplikasiannya sangat mudah, sekitar 10-15 menit, masker ini kering dan saya tidak mengalami rasa ketarik, justru nyaman dan tidak ada rasa gatal juga. Jelas karena pada komposisi masker ini banyak mengandung essential oil seperti jojoba, lavender dan mandarin orange.

Hasilnya pada kulit saya menjadi lebih halus, lembab, bersih dan fresh. Saya memakai masker Sukin Purifying facial ini seminggu dua kali. Biasanya di hari rabu dan sabtu (agar diingatnya mudah).

Sukin Signature Revitalising Scrub

First impression saya dengan produk Sukin itu memiliki wangi yang menenangkan. Wajar ternyata, Sukin signature diformulasikan dengan chamomile, avocado dan aloevera yang cocok dengan semua jenis kulit.

Sukin Signature Revitalising Scrub ini memang kombinasi yang cocok dengan masker purifying facialnya. Keduanya membersihkan dan menyehatkan kulit wajah. Mildly exfoliate and deeply detoxify.

Scrub ini tidak mengandung microbeads jadi tidak merusak kulit kita namun tetap mampu mengeksfoliasi secara ringan. Biasanya saya menggunakan scrub ini sebelum menggunakan masker Sukin purifying facial. Selain membersihkan sel kulit mati Sukin Signature Revitalising Scrub juga memberikan efek relax ke kulit. ⁣

Sukin Signature Foaming Facial Cleanser

Sukin Signature Foaming Facial Cleanser memiliki wangi yang serupa dengan signature scrubnya. Dengan cleanser gentle ini saya merasakan kulit wajah lebih bersih dan moist setelah menggunakannya untuk cuci muka baik di pagi hari maupun di malam hari sebelum tidur.

Karena mendapatkan facial cleanser dengan ukuran 20 ml saya mendapatkan botol ulir yang sulit digunakan. Next, saya ingin sekali membeli dengan botol pump yang berukuran 100 ml untuk memudahkan saat penggunaan.

Tekstur dari Sukin Signature Foaming Facial Cleanser gel bening. Dengan cukup busa yang dihasilkan memberi sensasi lembut dan tidak meninggalkan rasa keset dan ketarik di wajah. Repurchase? Yes banget.

Sukin signature facial moisturizer

Menjaga kulit tetap lembap menjadi salah satu kunci mendapatkan kulit sehat. Tahukah kamu, kulit memiliki moisture barrier atau lapisan luar kulit yang memberikan perlindungan untuk menjaga air dan kelembapan dalam kulit. Lapisan ini penting untuk dijaga salah satunya dengan rutin menggunakan pelembap dengan kandungan yang menyerupai minyak natural pada kulit.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Sukin signature facial moisturizer terbuat dari bahan alami Wheat Germ dan Vitamin E, Signature Facial Moisturiser ini mampu memperbaiki tekstur sekaligus menjaga moisture barrier pada kulit.

Pelembab wajah sukin ini diformulasi untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan terasa halus. Sukin signature facial moisturizer diklaim cocok untuk semua jenis kulit.

Tekstur Sukin signature facial moisturizer cenderung watery, jadi kalau kamu pakai kebanyakan harus menunggu beberapa puluh detik untuk benar-benar menyerap baru melanjutkan make-up atau alas bedak yang akan dipakai.

Nah, berbeda dengan produk lainnya. Sukin signature facial moisturizer ini saya jarang memakai produk ini. Selain merasa kurang cocok dengan teksturnya yang lama menyerapnya karena watery than usual, salah satunya karena saya masih memiliki pelembap lain, hehe.

Penutup

Nah, itu dia review Sukin signature yang sudah kupakai selama hampir dua minggu. Dari keempat produk sukin signature di atas, saya sendiri merekomendasikan Sukin Signature Revitalising Scrub dan Sukin Purifying facial masque untuk kalian coba sebagai Mildly exfoliate and deeply detoxify.

Saya totally agree dengan tagline sukin “skincare that doesn’t cost the earth.”. Saya tidak sabar untuk mencoba variasi Sukin natural skincare lainnya dan berbagi ceritanya di blog ini.

Semoga bermanfaat ya, salam.

shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

12 komentar

  1. Produk dari Australia emang bagus-bagus ya. Kandunga dan bahan yang mereka buag itu aman. Aku juga pakai sabun mandi untuk kulit kering dan sensitif dan ternyata itu produk dari Australia juga.

    BalasHapus
  2. Huaaaa bertambah lagi ilmu skincare an aku. Asiik terima kasih kak. Dirumah terus ternyata tidak menjadikannya ku glowing ala bareskin. Tetap harus pakai skincare treatment ya

    BalasHapus
  3. Rasanya cakep nih skin care ya mbak In. Nggak terlalu berat buat kulit.

    Duhkan, jadi pengen beralih akutuh, wkwk..

    BalasHapus
  4. Brand Sukin tuh wishlist yang terlupakan, kesalip sama brand lain yang duluan saya pakai. Ternyata sebagus itu... Pengen euy

    BalasHapus
  5. Konsep facial oilnya ini keren yaa. Baruu tahu facial oil dari suskin inii mba shaf. Jadi penasaran pengin cobain

    BalasHapus
  6. Jadi rekomendasi skincare aku nih :) jadi pensaran sama sukin signature revitalising scrubnya

    BalasHapus
  7. Baru denger produk ini . Wah aku perlu banyak baca review nih makasih kak

    BalasHapus
  8. Perempauan memang wajib perawatan, biar terus cantik ya hehe

    BalasHapus
  9. Memang haga paketan skin care lebih murah dibanding kalau beli satuan ya. Saya sebenere lagi cari skin care nih, skin carenya lagi habis semua. Bisa jadi referensi nih...

    BalasHapus
  10. Kebayang sih gimana efeknya kekulitšŸ˜ apalagi liat kandungan yang ada didalamnya

    BalasHapus
  11. Wow vegan skincare, kayaknya aman dan gentle gitu ya mbak produknya? Bisa dicoba nih jadi tertarik pengen berburu Sukin

    BalasHapus
  12. Saya baru dengar produk ini, desain kemasannya cukup aesthetic dan vintage juga. Bagus banget nih,



    (Alya)

    BalasHapus