-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Bagaimana Agar Anak Makan Lahap? SunnyGold Frozen Food Andalan Keluarga

Sebagai orang tua pasti ingin memastikan apakah anak sudah terpenuhi gizi dan nutrisi. Gizi dan nutrisi yang baik tentu diperlukan untuk tumbuh dan kembang anak-anak. Tidak sedikit cerita dari beberapa orang tua yang kesulitan dalam memberi makanan kepada anak.

Tidak terkecuali saya. Saya adalah Mamah dengan dua anak yang berusia 5 dan 1 tahun yang memilki dinamika kehidupan yang cukup menantang. Saya pun termasuk orang yang mencari cara bagaimana agar anak mau makan dengan lahap. Hal ini menjadi tantangan bagi kita orang tua. 

Mengapa? Karena kita tidak ingin anak menjadi GTM (gerakan tutup mulut) atau pilih-pilih makanan yang menyebabkan efek butuk bagi kesehatan tubuh anak serta efek pening bagi kita para Mamah.

Agar Anak Makan dengan Lahap

Kita pun mencari cara bagaimana agar anak mau makan dengan lahap. Di bawah ini beberapa cara agar anak mau makan dengan lahap yang bisa kita coba praktikkan di rumah.

1. Orang Tua sebagai Teladan

Saya pernah mendapatkan curahan hati dari teman saya yang memiliki putra berusia 1 tahun. Ia mengeluhkan betapa anaknya memiliki kebiasaan memilih-milih makanan. Setelah mendengarkan curhatnya, ia pun berujar sendiri bahwa “kok anakku sama ya kaya aku suka pilih-pilih makan.”

Tanpa maksud menghakimi, ia pun sadar sendiri betapa tindakan dari kita menjadi teladan bagi anak.

Anak mudah sekali untuk meniru orang lain yang ada di sekitarnya, apalagi kita sebagai orangtua. Oleh sebab itu agar anak tidak susah makan, kita harus menjadikan diri sebagai teladan yang baik.

Tentu sebelumnya kita harus menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi. Kita harus memberikan teladan bahwa kita bukanlah seorang yang memilih-milih makanan. Kita dapat menghabiskan semua sayur dan makan lainnya yang tersaji di atas piring.

Hal ini pernah saya dan suami alami ketika memakan lalapan. Saya yang pada dasarnya tidak begitu menyukai lalapan, di depan si sulung berlaga menikmati selada, kol dan timun saat menyantap lauk ayam goreng dan nasi. Apa yang terjadi? Anak saya yang belum genap 3 tahun saat itu mampu menghabiskan lalapan satu porsinya sendiri. Masya Allah.

2. Membuat Waktu Makan jadi Menyenangkan

Ada dua fakta dasar dari kegiatan makan untuk kehidupan yang kadang diabaikan : 

Fakta pertama : Manusia itu suka hal yang menyenangkan (pleasure centered)

Fakta kedua : Makan adalah suatu keahlian yang didapat secara perlahan-lahan.

Mari kita telaah satu persatu. Fakta nomor 1 menyebutkan bahwa manusia akan suka rela melakukan sesuatu yang membuat mereka senangi atau memberi rasa kenikmatan berulang kali. Misalnya kita mendengarkan musik kesukaan kita, mengunjungi ipar yang kita suka dan memesan makan favorit kita. Sebaliknya, kita menghindari musik, ipar dan makanan yang kita benci. 

Ini bukan sekadar teori, melainkan sebuah fakta psikologi. Kita akan mendekati sumber kesenangan dan kenikmatan serta kita menarik diri dari sumber kesulitan dan rasa sakit. 

Sama halnya kepada anak. Setiap kali kita melakukan kegiatan makan kepada anak, kita sebisa mungkin mengirim pesan “kenikmatan” ke dalam otak anak. Kita dapat menciptakan suasana makan yang menyenangkan, maka kita  membantu meningkatkan semangat anak untuk makan. Selain itu kita harus meminimalisir gangguan yang dapat merusak suasana makan seperti gadget dan televisi. 

Fakta kedua bicara bahwa makan adalah suatu keahlian yang didapat scara perlahan-lahan. Saya mendapatkan ilmu ini dari dr.Tiwi seorang spesialis dokter anak di ibu kota. Beliau mengatakan sejati kegiatan makan adalah proses belajar seorang manusia dari lahir.

Seorang bayi yang dari hanya bisa menghisap dada Ibu untuk mendapatkan air susu perlahan bisa menelan selain cairan kemudian bisa mengunyah. Sama seperti naik sepeda, mengemudikan mobil atau menjahit. Anak akan terampil melakukannya ketika harus melakukannya. Dan semakin banyak anak belajar makan makan anak akan semakin baik dalam proses makan.

Oleh sebab itu dr.Tiwi pun mengingatkan untuk tidak memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Karena makan adalah proses belajar yang menjadi indikator keberhasilan makan adalah bukan dari habis atau tidaknya makan saat itu.

Hal yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak ia makan, jadi kita bisa memperkirakan porsi makan anak. Agar anak makan dengan lahap kita juga bisa menciptakan waktu makan dengan menyenangkan dengan mengajak anak untuk membantu berbelanja bahan makanan atau menyiapkan makanan.

Sakha pun sering saya libatkan seperti membantu mencuci atau memotong sayuran. Sesekali ia pun membantu menyiapkan makanan. Dengan seperti ini anak dapat termotivasi untuk menikmati makanan.

3. Menyajikan Variasi Menu Makanan Sehat 

Jika kita ingin membuat anak makan dengan lahap hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mencari tahu apa penyebab anak susah dan bosan makan.

Mungkin karena rasa makanan yang kurang cocok di lidahnya atau dari bentuk dan warna serta baunya tidak menarik dan tidak disukai. 

Salah satu langkah untuk mengendalikan permasalahan tersebut adalah dengan menghadirkan variasi menu makanan. Variasi menu makanan dapat menarik perhatian anak dan menambah khazanah indera perasanya. 

Contohnya anak kedua saya, Hafsah, tidak terlalu suka dengan sayuran wortel jika ditaruh di sop kaldu ayam atau daging. Saya mensiasati untuk memberikan alternatif variasi menu makanan yang mengandung sayuran wortel dengan memberinya dadar gulung telur yang diberi potongan wortel. Hasilnya, Alhamdulillah Hafsah lebih bersemangat dan dapat makan dengan lahap.

Ide lainnya, kita dapat memotong sayur ataupun protein lainnya lebih kecil dan mencampurnya dengan berbagai bahan makanan lain. 

4. Sediakan Produk Frozen Food SunnyGold di Rumah

Meskipun 24 jam berada di rumah, dengan beberapa kesibukan yang ada terkadang tidak menyempatkan saya untuk memasak bervariasi menu. Salah satu menu andalan penyelamat saya adalah frozen food. Frozen food atau makanan beku yang mudah penyajiannya menjadi salah satu tips agar anak makan dengan lahap.

Sebagai orang tua kita harus memperhatikan kecukupan gizi dan nutrisi anak. Oleh sebab itu pemilihan produk-produk frozen food yang akan disajikan kepada si kecil harus benar-benar diperhatikan.

Salah satu merk frozen food yang sering menghiasi lemari pendingin freezer kami di rumah adalah SunnyGold Chicken Sausage and Nugget.


Kualitas Premium SunnyGold Chicken Sausage and Nugget

SunnyGold Chicken Sausage and Nugget merupakan produksi dari PT Malindo Food Delight. Produk Frozen Food SunnyGold dibuat dari bahan-bahan terbaik dengan teknologi mutakhir serta melalui pengawasan ketat berstandar internasional. 

Perusahaan yang memiliki visi Sebagai produsen makanan terkemuka, khususnya berbasis daging olahan berkualitas di Asia yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan semua pemangku kepentingan juga telah memiliki sertifikat ISO 9001 dan ISO 22000. Dengan perolehan akreditasi ISO 9001 & ISO 22000 untuk produk SunnyGold menandakan sistem manajemen keamanan pangan dan mutu sudah memenuhi standar. Selain itu bagi umat muslim seperti kita tidak usah risau lagi karena seluruh produk-produk SunnyGold sudah tersertifikasi Halal MUI.

Selain dari bahan premium dan berkualitas, SunnyGold juga hadir dengan teknologi Double FSO yaitu teknik penggorengan cepat dengan steam oven menghasilkan produk dengan tingkat kematangan yang sempurna. Oleh sebab itu, produk SunnyGold tidak menyerap minyak berlebih sehingga rasanya lebih renyah dan juicy serta warna yang lebih cerah.

Apa yang membuat kualitas SunnyGold menjadi premium?

Produk-produk SunnyGold dihasilkan hanya dari bibit terbaik indukan ayam bersertifikasi. PT Malindo Food Delight juga menjamin kebersihan dan kenyamanan peternakan ayam digunakan, berdasar kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh & Halal). Selain itu pakan yang digunakan tepat untuk ayam sehat.

Pabrik pengolahan produk SunnyGold juga berteknologi canggih dan menggunakan Sumber Daya Manusia yang terstandar internasional.

Selain itu perusaan yang membuat berbagai variasi Nugget dan Sosis dari ayam pilihan juga telah melakukan ekspor perdananya bulan September lalu ke Jepang. Makin bangga deh, Nugget buatan dalam negeri bisa terbang ke Negeri Sakura.

Produk-Produk SunnyGold Chicken Sausage and Nugget

SunnyGold Chicken Sausage and Nugget sendiri memiliki 15 produk pilihan, 11 variasi produk nugget ayam dan 4 variasi produk sosis ayam. 

Produk-produk tersebut antara lain

  1. Chicken nugget
  2. Chicken stick (stik ayam)
  3. Variant pack (naget kombinasi)
  4. Chicken tempura (tempura ayam)
  5. Chicken wings
  6. Chicken tulips
  7. Chicken furai
  8. Chicken karaage
  9. Spicy chicken karaage (karage ayam pedas)
  10. Chicken karaage black pepper (karage ayam lada hitam)
  11. Chicken crispy crunch (kulit ayam goreng)
  12. Chicken sausage (sosis ayam)
  13. Chicken bratwurst (sosis ayam bakar)
  14. Chicken sausage cheese (sosis ayam keju)
  15. Chicken sausage black pepper (sosis ayam lada hitam)
produk sunnygold

Enaknya Nugget dan Sosis SunnyGold Andalan Mamah 

produk sunnygold
Enaknya Nugget dan Sosis SunnyGold, Mamah makannya menggunakan tangan kanan ya ini fotonya di flip karena pakai kamera depan. hehe ~

Pandemi ini menjadi alat perekat saya dan anak-anak di rumah. Kenapa? Mau tidak mau saya membersamai mereka selama 24 jam. Dari bangun tidur sampai tidur malam lagi. 

Hal ini menjadi tantangan untuk saya dan suami. Bagaimana cara mendidik dan merawat mereka agar sehat lahir batin di tengah kondisi pandemi seperti ini. Bagaimana tidak, sebelum terjadi pandemi covid-19 ini anak sulung saya terbiasa untuk mengikuti pertemuan tatap muka di sekolah. Satu tahun ini kami mengambil alih dengan bersekolah di rumah atau homeschooling.

Sakha yang baru berusia 5 tahun sudah mengerti kegiatan yang dinamakan sekolah formal. Ada salah satu kegiatan yang selalu dinantinya yaitu membawa bekal. 

Ketika melakukan sekolah di rumah, Sakha pun beberapa kali kami sediakan bekal agar lebih bersemangat. Meskipun di rumah, ia bersama adiknya memakan bekal seolah-olah sedang berada di sekolah.

Kembali lagi dengan pertanyaan di atas bagaimana mensiasati anak agar makan dengan lahap? Salah satu jawabannya adalah dengan membawa bekal. Tentu bekal yang sehat dan bergizi.

Salah satu variasi menu makanan bekal anak dengan produk-produk Frozen Food SunnyGold. 

Saya pribadi pertama kali mengkonsumsi produk frozen food SunnyGold Chicken Sausage and Nugget sudah sekitar satu tahun. Produk-produk SunnyGold Chicken Sausage and Nugget mudah sekali didapatkan di ecommerce-ecommerce kesayangan teman Mamah semua.

Menariknya lagi, jika kita membeli bundling untuk beberapa produk kita bisa mendapatkan tas cantik yang bisa digunakan kembali untuk berbelanja ke pasar ataupun minimarket.

Ada tiga produk frozen food  SunnyGold Chicken Sausage and Nugget andalan Mamah 

1. Nugget Ayam SunnyGold

Pertama kali saya mencoba Nugget ayam SunnyGold ini sangat lembut dan terkesan premium. Nugget yang terbuat dari ayam pilihan yang dipadu dengan racikan resep yang sempurna, membuat Chicken Nugget ini menjadi lezat dan bergizi. Meskipun bentuknya standar bulat dan sedikit melengkung, tapi rasanya approved oleh anak-anak saya. Nugget Ayam SunnyGold pas dijadikan santapan bersama keluarga.

2. Chicken Tempura SunnyGold

Anak sulung saya baru pertama kali mencoba Tempura ayam SunnyGold minggu lalu. “Mamah ini apa? Kok rasanya seperti chiki?” 

Wah saya juga bingung kenapa reaksi polos anak 5 tahun ini bisa berkata rasa tempura kaya chiki. Padahal saya bilang, coba dicicip ini mirip udang. Mungkin rasa gurih racikan potongan ayam dari tempura SunnyGold in menginggatkan dia kepada salah satu rasa snack ringan.

Saya pikir frozen food SunnyGold ini cocok sebagai stok di freezer di rumah kami karena dapat menemani waktu makan atau santainya anak-anak.

3. Sosis Ayam SunnyGold 

Kalau untuk frozen food satu ini memang tidak pernah salah di mata anak-anak. Sosis ayam akan selalu disuka apapun penyajiannya. Baik itu digoreng, dibakar atau dipadupadankan di dalam telur dadar atau sup. Sosis ayam SunnyGold ini memang bisa menjadi alternatif variasi menu makanan agar anak makan dengan lahap.

Kreasi Frozen Food SunnyGold

Supaya anak makan dengan lahap tentu jangan menyajikan frozen food dengan gitu-gitu aja. Selain dibuat bento atau bekal anak yang menarik, kita bisa mengkreasikannya dengan menarik. Salah satunya adalah membuat camilan favorit anak-anak dan Mamah yakni Takoyaki Sosis Ayam.

Takoyaki Sosis Ayam SunnyGold

Bahan adonan takoyaki :

  • 1 butir telur ayam
  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung serbaguna
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu jamur
Bahan isian :
  • 1 batang daun bawang
  • 200 gr SunnyGold Sosis Ayam 
Bahan Pelengkap :
  • Secukupnya abon ikan
  • Secukupnya bubuk rumput laut
  • Secukupnya mayones
  • Secukupnya saus tomat
  • Secukupnya saus cabai

Cara Membuat Takoyaki Sosis Ayam SunnyGold

  1. Pertama-tama buat adonan takoyaki dengan mencampur bahan adonan yaitu telur, tepung terigu tepung serbaguna dan air. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan kaldu jamur. Kita bisa mencampurnya dengan whisk balon atau menggunakan blender supaya lebih cepat. Setelah adonan tercampur rata,lalu diamkan.
  2. Panaskan wajan cetakan takoyaki dengan api kecil. Beri adonan takoyaki sampai setengah volume. Kemudian isi dengan sosis ayam SunnyGold yang telah dipotong kecil-kecil dan potongan daun bawang.
  3. Setelah diberi toping isi lagi dengan adonan hingga memenuhi cetakan. Cek sisi adonan apabila sudah mulai masak putar setengah lingkaran hingga adonan meluber isi lagi dengan adonan. Putar-putar hingga bulat sempurna seperti takoyaki.
  4. Masak hingga keemasan,angkat,siap disajikan selagi hangat.
  5. Hidangkan dengan taburan abon ikan dan bubuk rumput lalu, nikmati dengan mayonaise dan saus cabai serta tomat.

Penutup

Nah, itu dia ceritaku agar anak makan dengan lahap. Salah satu cara mengatasi anak yang sulit makan salah satunya dengan memberikan variasi menu yang sehat. Salah satunya adalah dengan menyediakan frozen food SunnyGold di rumah. 

“SunnyGold, Frozen food enak andalan keluarga Indonesia”

Semoga bermanfaat, salam. 

shafira adlina cerita mamah

Related Posts
Shafira Adlina
Seorang Mamah dari 2 anak. Mencintai dunia menulis dan desain. Manager keluarga yang berperan menjadi asessor dan fasilitator di dunia publik. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

32 komentar

  1. Duh jadi makin penasaran pengen coba sunnygold

    BalasHapus
  2. Anakku juga pecinta nugget, boleh deh nanti nyobain sunny Gold.. Makasih Resep takoyaki sosis nya, mau recook semoga berhasil nanti😍

    BalasHapus
  3. Bener banget, Mom. Kadang kesibukan yang enggak bisa ditinggal bikin kita enggak sempat masak ini itu. Untung nya bisa stok frozen food seperti SunnyGold ini. Produk tetap berkualitas dan banyak varian. Jadi hati ini juga tenang.

    BalasHapus
  4. Ciyusan mamah ina gak suka lalapan? Duh ada krenyes²nya gitu mah, enyaaaaaak, wkwkwk

    Dan antara mau dan gak, ada lalapan daun kencur, jiaaaaaaah. Gimana itu rasanya ya mah...mau cobain? Wekekek

    Anyway sunnygold aku penasaran sama rasanya euy mah, adanya disupermarket yg jaraknya lumayan jauh dari rumah, huhu

    BalasHapus
  5. waduh, liat begini pas di jam malam, auto laperlah, wkwk..

    tapi memang anak-anak pasti suka ya sama yang namanya nugget.

    aku mau coba ah resepnya mbak Ina, biar nggak monoton makan nugget yang gitu-gitu aja, hihi..

    makasih sharingnya mbak :D

    BalasHapus
  6. Bener banget orangtua jadi andalan buat anak-anak aku juga ngerasain sendiri. Frozen food memang jadi andalan aku juga nih.

    BalasHapus
  7. Duh jangankan anak2, aku aja kalo ada Frozen food kayak gini lahap makannya😂

    BalasHapus
  8. Wooww byk bgt variannya ya, drpda ribet bkin nugget sndiri, beli sumnygold aja ya

    BalasHapus
  9. ternyata banyak juga ya varian produk sunnygold, aku kira hanya ada nugget aja. seneng banget ya mbak kalau anak bisa makan dengan lahap begini

    BalasHapus
  10. Wah jadi pengen sediain stok freezen food juga di rumah. Kali aja anak saya juga bisa lahap makannya. Btw banyak ya varian dari sunnygold ini, jadi pengen cobain ke anak.

    BalasHapus
  11. saya baca tulisan ini aja sambil makan gorengan, wkwkw. Jadi lahap makannya ^^


    Kayaknya enak juga nih nugget sunny gold nya, jadi pingin nyoba

    BalasHapus
  12. aku juga mau mba, lahap juga makanku kalau pakai nugget wkwk. rebutan sama anak yaa yang ada mah, wkwkkw. tapi emang loh nugget itu makanan praktis. kadang saya juga stock kalau malas keluar tinggal goreng nugget aja pakai saos dan nasi anget. enaaak.

    BalasHapus
  13. Setuju mba, produk produk SunnyGold penolong banget yah.. Rasanya yang yummy dan testurnya yang disukai anak banyak menolong emak emak dengan anak GTM atau emak emak rempong kaya saya hihihi.. ~ Inova Melisa

    BalasHapus
  14. Jadi ibu emang harus kreatif yang bikin variasi menu makanan, biar anak-anak lahap makan olahan kita. Aneka varian frozen food dari SunnyGold ini jadi penolong banget untuk bikin kreasi aneka menu makanan

    BalasHapus
  15. Banyak bangett varian nugget SunnyGold ya Mbak..ampe 11 macem duhh enak banget bs milih mana yg paling disukai anak2 yaa...Takoyaki Sosis Ayam SunnyGold nya endul sekali ini Mbak Ina...

    BalasHapus
  16. Kalo ada nugget Frozen food bawaannya pengen goreng terus... Karena simpel dan enak, anak juga suka. Cukup beri saus sdh enak

    BalasHapus
  17. Punya anak usia 5 dan 1 tahun itu luar biasa ya mba. Itu usia lagi lahap-lahapnya makan. Pengennya ngunyaaah terus. Cocok lah ini dikasih Sunny Gold. Saya paling suka chicken karagenya. Enakkk.

    BalasHapus
  18. Aku baru nyoba sosisnya. Nugetnya banyak yah variannya. Kayaknya patut nih nyetok di kulkas...Enak semua...

    BalasHapus
  19. Kl ini sih ortunya juga jadi lahap hehe
    Enak enak semua yaaa

    BalasHapus
  20. Aku udah makan berbagai produknya dari sunny gold, weanak tenan rasa nya. lembut dilidah renyah di mulut. dan banyak variannya juga

    BalasHapus
  21. wah makannya anak jadi semakin lahap nih sama SunnyGold Nugget apalagi masalah gizinya nggak perlu diragukan lagi mba, rasanya nikmat pula, anak-anak pasti suka. Buat lauk Ok, buat camilan juga enak hehe :) Emaknya aja juga doyan :)

    BalasHapus
  22. Aku juga baru tau bangettt sunnygold seenak ituu. Apalagi yg karage. Penasaran nih sekarang sama yg karage pedasnyaa. Kalo nugget emang udah jadi favoritnya anak yaa mba

    BalasHapus
  23. Penting nih agar Ibu bisa kreatif dan peka terhadap selera anak sehingga bisa buat varian makanan yang berselera buat anak. Apalagi semisal sayuran yang biasanya jarang disukai anak seperti apa yang dilakukan Mbak Ina dengan wortel.

    Ide membuat bento juga menarik, karena anak-anak suka dengan hal yang visual sehingga bisa membangkitkan selera makan melihatnya menarik.

    BalasHapus
  24. sambungan komen sebelumnya .. (malaweung malah klik publikasi hehe)

    Sunny Gold bisa dijadikan pilihan praktis yang bisa dipadu padankan dengan bento tadi, apalagi variannya yang banyak dan kualitasnya yang premium.

    Ps: Resep takoyaki nya ijin mencatat ya mbak.

    BalasHapus
  25. Naget sama sosis sunnygold memang enak ya mba, jadi anak-anak makannya pasti lahap aromanya aja udah bikin laper

    BalasHapus
  26. Wah kalau sudah ada sunnygold anak-anak jadi doyan makan banget ya kak.. Simple, bergizi dan disukai anak-anak

    BalasHapus
  27. Banyak sekali ya variannya. Ada 14 macam. Mungkin saya akan suka dengan sosis ayamnya yang kayaknya lezat banget.

    BalasHapus
  28. Waah... Suka dengan variannya yang banyak. Saya suka semua nih. Tampilannya juga menggoda, rasanya pasti oke

    BalasHapus
  29. aku aja jadi laper liat sunny gold abis dimasak ini mbak, apalagi di kecil, nafsu makan pasti lgsg meningkat ya

    BalasHapus
  30. Kalau punya anak kecil, wajib hukumnya punya frozen food kayak Sunny Gold ini haha

    BalasHapus
  31. Nugget memang kesayangan anak-anak dan emaknya. Anak-anak suka rasanya, emak2 suka praktisnya :)

    BalasHapus
  32. Apa yang membedakannya dari nugget frozen yg lainnya?

    BalasHapus