-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Belajar Bahasa Asing Menyenangkan dengan HELLO BANA

hello bana human pencil
Sebagai orang tua tentu kita menyadari pentingnya kemampuan untuk dapat bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Namun, tidak sedikit orang tua yang bingung kapan dan bagaimana sebaiknya anak belajar bahasa asing?

Dari informasi yang saya ketahui, idealnya seorang anak kapan untuk mulai belajar bahasa asing memang banyak perbedaan pendapatan. Memang belum ada teori pasti kapan usia secara pasti untuk memulai bahasa asing. Sebab kita tahu bahwa belajar bahasa dipengaruhi banyak faktor, seperti kualitas pengajaran, lingkungan dan motivasi belajar. 

Sebagian besar penelitian menyatakan bahwa untuk dapat belajar bahasa asing dapat dilakukan sejak anak usia dini. 

Terdapat sebuah penelitian di Boston Amerika Serikat yang menyarankan bahwa anak dapat belajar bahasa asing secara optimal sebelum usia 10 tahun. Hasil ini berdasarkan hasil penelitian yang dirilis tahun 2018 terhadap 670.000 anak. Kemampuan belajar bahasa anak-anak mulai melemah di usia dewasa. 

Asisten Profesor Psikologi Boston College, Joshua Hartshorne, yang menulis penelitian ini juga menyampaikan bahwa otak dapat menyerap bahasa asing secara maksimal justru di usia dini. Ini juga salah satu penyebab kita orang dewasa lebih lambat bahkan suli belajar bahasa dibanding anak-anak ya.

Seorang warga Negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, Elizabeth Alle menuturkan bahwa usia ideal bagi anak belajar bahasa asing sekitar usia 3 tahun dan maksimal di usia 11 tahun. Di atas usia 11 tahun, anak akan lebih sulit menyerap kosakata atau pembelajaran baru dari bahasa asing yang diterimanya.

Hal ini berdasarkan pengalaman yang ia dapatkan sejak 1986 selama mengajar bahasa asing. Namun, Elizabeth mengingatkan bahwa belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. 

Salah satu indikator lagi kapan kita harus mengajarkan bahasa asing adalah kemampuan anak dalam berbahasa ibu. Menurut Ustad Harry Santosa penulis buku Fitrah Based Education, seorang anak dikatakan siap belajar bahasa asing ketika ia sudah bisa merangkai satu kalimat utuh. Saya juga mendapati anak pertama saya bisa merangkai kalimat bahasa Indonesia dengan baik pada usia sekitar 3 tahun.

Manfaat Belajar Bahasa Asing 

Anak yang belajar bahasa asing di usia dini menjadikan mereka tidak takut untuk membuat kesalahan sehingga menjadikan mereka sebagai fast learner. Belajar bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak

Jika anak belajar bahasa asing sejak dini dapat mengasah otak anak. Kemampuan memecahkan masalah, pendengar yang baik dan berpikir kritis. Belajar bahasa asing pada anak usia dini bermanfaat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan anak untuk multitasking.

Mengasah kreativitas anak dan menstimulasi kemampuan anak dalam hal akademis juga menjadi manfaat yang didapatkan dari anak usia dini belajar bahasa asing.

Bagaimana cara mengajarkan bahasa asing pada anak?

Seperti yang diutarakan sebelumnya, anak-anak fitrahnya menyukai hal yang menyenangkan. Jangankan anak-anak, kitapun menyukai hal yang menyenangkan kok. 

Nah, dalam belajar jika ingin menumbuhkan kemahiran tentu sebelumnya yang harus ditanamkan adalah kegemaran belajar bahasa asing ini. Satu hal terpenting yang harus kita lakukan adalah menunjukkan antusias dan semangat agar anak-anak juga termotivasi dalam belajar bahasa asing.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak usia dini.

1. Tumbuhkan kebiasaan belajar bahasa asing. 

Pernah mendengar bahwa seseorang bisa menguasi kemampuan baru dengan waktu 10.000 jam. Itu sama saja dengan waktu kurang lebih 2 bulan. Kita bisa mengajarkan bahasa asing kepada anak usia dini dengan menumbuhkan rutinitas atau kebiasaan.

Kebiasaan dapat terbentuk ketika kita melakukan dengan konsisten dan membuat anak merasa nyaman. Jika kita ingin anak dapat berbahasa asing kita dapat melakukan beberapa hal yang menyenangkan setiap hari. Seperti membaca buku bahasa Inggris ataupun bernyanyi. 

Hal yang terpenting jangan terlalu berharap anak akan lama di setiap sesinya. Cukup 15 menit yang menggembirakan setiap harinya, niscaya anak akan senang dan gemar untuk belajar bahasa asing.

2. Bermain dengan menyenangkan.

Mengajarkan bahasa asing pada anak usia dini memang harus dilakukan dengan semenyenangkan mungkin. Salah satunya adalah dengan membuatnya bermain sambil belajar. 

Hari ini telah banyak permainan yang dapat kita coba, misalnya menggunakan flash card untuk menambah sekaligus memperbaiki kosakata bahasa asing pada anak.

3. Bernyanyi dan mendengarkan lagu bahasa asing.

Pada dasarnya anak-anak sangat suka bernyanyi dan mendengarkan lagu bernada riang. Tentu cara ini bisa dijadikan sebagai metode belajar yang menyenangkan. Kini tersedia banyak jenis lagu yang sekaligus dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak, misalnya lagu Twinkle Twinkle Little Stars, Good Morning, Happy Birthday dan lain-lain.

Hello Bana, Smart Talking Pen dari Human Pencil Belajar Bahasa Asing Jadi Menyenangkan

Nah, ada solusi dari pertanyaan bagaimana mengajarkan bahasa asing yang menyenangkan untuk anak usia dini. Ada satu produk mainan yang menyenangkan dapat digunakan anak untuk belajar bahasa asing.

Hello Bana merupakan produk smart talking pen yang dikeluarkan oleh Human Pencil dari Korea yang dijual di Shopee Indonesia dan Thailand. Jangan khawatir tentang ongkos kirimnya, saya yang pesan untuk dikirimkan ke Jakarta hanya dikenakan Rp12.000 untuk biaya pengirimannya. Saya pesan di tanggal 3 Februari 2021, paket Hello Bana sudah mendarat pada tanggal 12 Februari 2021.

Produk Hello Bana berisi berbagai macam produk yang menarik untuk anak agar dapat belajar sekaligus bermain. Produk apa saja yang ada di dalam satu dus Hello Bana ini? yaitu, Bana Pen, 6 jenis kartu flash card, 6 jenis poster, 2 alat belajar instrument musik (piano dan drum).

Hello Bana menyediakan 3 bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Korea, dan Cina. Produk ini dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan verbal melalui permainan. Hello Bana dapat melakukan pembelajaran berulang yang menyenangkan melalui lagu dan kata-kata sederhana. Selain Hello Bana menyenangkan mata, telinga dan mulut anak-anak, anak juga dapat belajar sendiri karena mudah digunakan. 

Detail Produk Hello Bana

  • Bana Pen

Produk utama dari Hello Bana ini tentu teknologi yang membuat penasaran ini ada di Bana Pen. Karakter Bana yang lucu berwana kuning sangat menggemaskan. Bana Pen tersedia dengan kabel charge dan holder. Bana Pen mudah digunakan dan juga sangat ringan sehingga anak-anak pun bisa digunakan sendiri tanpa bantuan orang tua.

Spesifikasi Produk

  • Memori: 128M
  • Baterai Li Tertanam: 365mAh / 3.7V
  • Koneksi: USB2.0 berkecepatan tinggi
  • Pengisi daya: 500mA / 5V

Metode Pengisian

  • Pengisian melalui adaptor pengisian: Colokkan kabel pengisi daya USB pena komponen Bana ke terminal USB dan isi daya.
  • Saat mengisi daya dengan pengisi daya USB kecepatan tinggi, kecelakaan keamanan dapat terjadi karena kelebihan beban.

Tindakan Pencegahan

  • Harap berhati-hati agar tidak memasukkan produk ke dalam mulut Anda.
  • Hindari debu, kelembapan, panas, magnet, dan sinar matahari langsung.
  • Tindakan menjatuhkan atau dengan sengaja membenturkan produk dapat menyebabkan kesalahan.
  • Dalam kasus kerusakan yang disebabkan oleh banjir, layanan purna jual berbayar akan diberikan.
  • Jangan pernah memisahkan, memperbaiki, atau memodifikasi secara sewenang-wenang. Jika Anda sengaja membongkar, Anda tidak dapat menggunakan A / S. Matikan daya saat tidak digunakan. Tidak tersedia
  • saat baterai benar-benar habis.

  • 6 Poster Hello Bana yang colourfull

Salah satu produk dari Hello Bana ini adalah poster yang bisa digunakan dengan menyentuh dan mendengar dengan Bana Pen. Gambarnya pun menarik dan warnanya sangat colourfull pasti disukai anak-anak. Poster dengan ukuran A3 dapat ditempel di dinding atau diletakkan di lantai oleh anak-anak ketika bermain. 

Poster dari Hello Bana disediakan dengan 6 tema (alfabet, angka dan bentuk, warna dan sifat, keluarga dan pekerjaan, tubuh, pakaian, makanan, dan peralatan). Belajar dan bermain dengan Hello Bana tentu sangat menyenangkan untuk anak-anak.

  • Flash Card Hello Bana yang bervariasi

6 jenis topik kartu flash card yang disediakan Hello Bana antara lain number (angka), animal (hewan), vehicle (alat angkut), fruit and vegetables (buah dan sayur), song and dialogue (lagu dan percakapan). Masing-masing topik flash card Hello Bana terdiri dari 24 kartu yang bisa dibolak-balik. Waw. Banyak banget kan variannya. Belajar bahasa asing jadi menyenangkan untuk anak-anak.

  • Instrumen Musik bersama Hello Bana

Hello Bana dilengkapi dengan instrument musik berupa piano dan drum dengan suara melodi instrument. Siapa sangka dua poster berbentuk piano dan drum ini jika dimainkan dengan Bana pen langsung mengeluarkan melodi dan musik persis seperti alat musik aslinya. Anak pun bisa asyik main sendiri dengan Hello Bana. Oya, ada 1 flash card kecil untuk mengatur volume dan mengubah bahasa. Keren, deh.

Pengalaman Bermain dengan Hello BANA

Anak sulung saya yang berusia 5 tahun sangat menyukai Hello Bana dengan karena Karakter Pena yang berwarna kuning ini. Dengan ragam poster dan flash cardnya juga dapat digunakan bersama adiknya yang belum genap 2 tahun. 

Hello Bana sangat mudah digunakan oleh anak-anak. Banyaknya lagu dan kosa kata bahasa inggris, korea dan cina membantu mempercepat perkembangan bahasa anak melalui permainan. Hello Bana membantu mempelajari dan mengulang kata-kata dengan lagu-lagunya.


Cara Membeli Produk Hello Bana

Bisa di mana beli Hello Bana? Jika kalian ingin membeli produk Hello Bana, Kalian dapat membeli Smart Talking Pen ini di shopee. Kebetulan saat ini sedang ada potongan harga diskon sebesar 30% cukup dengan harga Rp.1.732.325 kalian bisa menikmati berbagai fitur-fitur mainan sekaligus belajar bahasa asing dengan menyenangkan dengan Hello Bana.

Penutup

Kegemaran anak untuk belajar bahasa asing jauh lebih penting daripada sekadar bisa. Dengan Hello Bana dari Human Pencil ini bisa jadi salah satu solusi untuk membuat belajar bahasa asing yang menyenangkan bagi anak-anak.

Semoga bermanfaat, salam. 

shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Seorang Mamah dari 2 anak. Mencintai dunia menulis dan desain. Manager keluarga yang berperan menjadi asessor dan fasilitator di dunia publik. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

16 komentar

  1. lucu ya mam halo bana ini. Nama produknya juga easy listening.

    BalasHapus
  2. lucu ya mam halo bana ini. Nama produknya juga easy listening.

    BalasHapus
  3. Pengeeeen. Lagi ada program juga biar anak mengenal bahasa asing sejak kecil. Otw nabung deh 1.7 yaak

    BalasHapus
  4. Tuh kan jadi mupeng juga pengen punya hello bana. apalagi ada talking pennya. pasti anak-anak suka. Apalagi ditambah dengan instrumen musiknya.

    BalasHapus
  5. Waa ... keren ya Hello Bana ini, ada talking pen-nya. Pasti anak-anak suka nih, anak yang belum pandai baca juga pasti akan lebih mudah belajar. Ternyata bisa beli di shopee dan lagi diskon jugak.

    BalasHapus
  6. Anak saya belajar bahasa inggris dari youtube. hahaha... ada hello bana juga ya. keren nih bisa buat rekomendasi belajar bahasa inggris buat anak anak. produknya banyak dan lucu lucu. pasti disukai anak anak nih

    BalasHapus
  7. Aku kepo sama pianonya mba, itu berbahan apa? Lucu gitu ya bisa mengeluarkan instrumen..mupeng aku

    BalasHapus
  8. belajar bahasa asing memang harus mulai dibiasakan sejak kecil, supaya semakin dewasa bisa terbiasa. hello bana ini bisa jadi salah satu rekomendasi buku belajar asing buat anak-anak, desain bukunya juga lucu dan menarik.

    BalasHapus
  9. Aduuuh aku naksir sama flash cardnya Hello Bana. Unyu-unyu banget. Pasti anak-anakku senang melihatnya, trus termotivasi belajarnya.

    Dulu pas masih era 90-an, kita masih bisa ngeles kalo gak mau belajar bahasa inggris. Nah, sekarang giliran kita udah punya anak, zaman udah 4.0, bahkan mau 5.0. Mau gak mau anak kita harus pintar bahasa asing. Malah ada yang bilang gak bisa cuma bahasa inggris aja, minimal harus 3 bahasa. Hadeeeeeh.

    BalasHapus
  10. Bener banget kalo yang belajar anak-anak mereka kaya spons, cepet banget menyerap dan ngga takut salah. Tapi tetep sih, bahasa ibu dulu harus diselesaikan.
    Kayanya enak banget belajar bareng hello bana, ada pen nya, ada instrumen musiknya, tuh yang ga bikin anak-anak bosen.

    BalasHapus
  11. Bagus banget nih buat toddler belajar bahasa Inggris sambil bermain juga yaaa mba, pasti mereka senang banget tuh, jadi pelajarannya pun mudah diingat karena sambil seru bermain

    BalasHapus
  12. Keren banget hello Bana, anak pasti akan sangat menyukai metode belajar bahasa asing dengan pola ini. Mereka serasa gak belajar tapi sebenarnya sedang belajar dan akan lebih mudah diingat

    BalasHapus
  13. Lucu ya paket dari helo Bana. posternya gambarnya lucu-lucu, penuh warna. Pas banget buat anak-anak. Ada pen juga, jadi bisa langsung dengar suaranya.

    Usia ideal belajar bahasa asing 3-11 tahun. berarti pas TK dan SD harusnya udah dikenalkan dengan bahasa asing ya. Dulu kayaknya di kurikulum nasional pernah ada bahasa inggris di SD, tapi terus dihapus lagi

    BalasHapus
  14. Wah keren ini Mba Ina... anak-anak kita bisa belajar bahasa asing melalui Hello Bana yahh. Duh tertarik banget ama Flash Card nya, putra saya yg bungsu lg seneng2nya belajar pakai flash card ^^

    BalasHapus
  15. Wah seru ya kak, belajar bahasa ingrris jadi sangat menyenangkan dengan hello bana, kepengen beliin keponakan juga nih

    BalasHapus
  16. Memang penting banget belajar bahasa asing di usia dini. Lebih gampang nangkapnya. Metode pembelajarannya tentu dengan yang menyenangkan seperti menggunakan perangkat seperti Hello Bana ini

    BalasHapus