-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Ide Sedekah Sederhana

ide sedekah

Setiap dari kita tentu paham keutamaan sedekah. Sedekah adalah mengeluarkan harta yang Allah titipkan untuk dibagi kepada sesama. Sebagai umat islam tentu kita tahu betapa banyaknya manfaat dari sedekah. Tidak hanya bagi umat islam, mereka yang tidak beragama Islam pun paham betapa banyak keuntungan jika kita beramal kepada sesama.

Sedekah itu sederhana. Namun, kita saja yang sering menunda-nunda kalau mau sedekah. Atau sering berujar “nanti saja”. Jadi kita sering kelupaan kalau mau atau belum sedekah. Betul nggak?

Jika teman-teman sedang kebingungan dan mencari ide sedekah apa yang bisa dilakukan dengan sederhana. Semoga di artikel ini bisa mendapatkan jawabannya.

4 Ide Sedekah Sederhana 

Berikut beberapa ide sedekah sederhana yang bisa dilakukan oleh kita.

1. Berbagi Sembako Kepada Pedagang Kaki Lima

Selagi berbelanja kebutuhan bahan pokok di rumah, kita dapat membelikan juga untuk keperluan sedekah. Ide sedekah ini bisa dilakukan dengan menyiapkan beberapa keperluan bahan pokok pada umumnya, seperti beras, minyak, gula, teh dan mie instan. Jumlah dan takarannya tentu tergantung proporsi yang hendak dan kemampuan teman-teman ya.

2. Sedekah Di Masjid/Mushola

Selain memasukkan uang tunai di kotak amal pada masjid dan mushola. Ide sedekah sederhana lainnya bisa kita lakukan dengan membelikan beberapa buah sandal jepit, lalu letakkan saja di sekitar masjid/musholla. Ataupun kita bisa menyediakan alat sholat seperti mukena, sajadah atau sarung dan al quran. Insya Allah pahala mengalir setiap kali orang menggunakannya.

3. Sedekah dengan Senyuman

Jangan lupa untuk memberikan senyum orang yang kita temui di jalan. Baik kenal atau atau tidak kenal yang penting senyum.  Insya Allah bisa menjadi ladang sedekah untuk kita. Namun, secukupnya saja ya senyumnya jangan senyam-senyum sendiri. Hehe. 

4. Sedekah Online untuk Korban Bencana Alam

Berita-berita di awal tahun ini penuh duka untuk negeri kita. Apalagi beberapa minggu terakhir begitu banyak kejadian yang menyayat hati kita. Mulai dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air, Banjir di Pulau Kalimantan hingga gempa di Sulawesi. Seharusnya kita bisa lebih peka ini bisa jadi jalan-jalan sedekah kita. 

Gempa bumi menguncang sebesar 6.2 Magnitudo tepatnya pada daerah Majene, Sulawesi Barat pada hari Jumat tanggal 15 Januari dini hari. Lalu terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5.0 M pada hari sabtu, tanggal 16 Januari. Ramai-ramai dari sekeliling kita menggalang donasi untuk korban gempa.

Apa saja kerusakan yang terdampak dari Gempa Sulawesi ini?

Tercatat total kerugian akibat bencana gempa bumi Majene dan Mamuju Sulawesi Barat sebesar Rp829,1 miliar per 26 Januari 2021. Hal ini dilaporkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kabupaten Majene mengalami kerusakan mencapai Rp449,8 miliar. Total tersebut dinilai dari sektor infrastruktur Rp235 juta, permukiman Rp365,3 M, ekonomi Rp5,13 M, sosial Rp76,9 M dan lintas sektor Rp2,1 M.

Data kerusakan di Kabupaten Mamuju untuk  sektor infrastruktur Rp1,3 M, permukiman Rp270,1 M, ekonomi Rp50,4 M, sosial Rp17,4 M dan lintas sektor Rp39,9 M. Jika ditotal nilai kerusakan dan kerugian di kabupaten Mamuju sebesar Rp379,3 miliar. 

Mari Bantu mereka yang terdampak di Sulawesi. Kita bisa mengalahkan jarak untuk berbagi kebaikan. Bukan berarti kita perlu terbang jauh-jauh ke Sulawesi sana, kini telah banyak sekali cara untuk mendonasikan uang maupun barang. 

Kemana kita bisa bersedekah online untuk korban gempa di Sulawesi?

Salah satu penggalang donasi untuk korban gempa Sulawesi adalah Wahana Visi Indonesia (WVI). Saat ini, tim dari WVI telah berada di lapangan untuk membantu proses evakuasi dan warga di pengungsian. Sebagai salah satu organisasi yang fokus kepada anak, WVI memberikan pendampingan psikososial dan perlindungan anak dan pendidikan darurat untuk anak. 

Berdasarkan laporannya, salah satu yang paling diperlukan warga di sana adalah pendirian tenda untuk  tempat berlindung sementara. Oleh sebab itu, WVI memberikan bantuan berupa pemberian tenda dan terpal. 

Pada tanggal 17 Januari 2021, WVI bergandengan dengan Yayasan Karampuang Mamuju telah menyalurkan kurang lebih 100 paket. Isi paket tersebut berupa perlengkapan pengungsian seperti selimut, sarung, senter, tiker dan terpal.

Bantuan tersebut telah disebarluaskan di beberapa titik, mulai dari Kalukku, Mamuju, Desa Karampuang, Tapalang, Botteng Utara dan Dungkait. Selain itu juga diberikan ke pengungsi di sekitar kantor Yayasan Karampuang serta kepada rekan petugas medis di posko pengungsian.

Nah, buat kamu yang lagi cari tempat sedekah online untuk korban gempa di Sulawesi bisa menyumbangkan donasi untuk korban gempa bersama WVI.

Kesimpulan

Nah, itu dia ide sedekah sederhana. Sedekah itu mudah. Tidak susah. Harta yang disedekahkan tidak akan berkurang kok, malah akan bertambah keberkahannya. Mari kita biasakan untuk bersedekah. Sebuah ketrampilan akan biasa, jika kita menyengajakan berlatih. 

Mari kita mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai saat ini.

Semoga bermanfaat, salam.


shafira adlina cerita mamah


Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

2 komentar

  1. sedekah ilmu juga ya, banyak hal yang sederhana tp itu merupakan bagian dari sedekah

    BalasHapus
  2. Ga susah sbnrnya kalo ingin memberi ya mba :). Ada banyaaak penyedia platform dan caranya beragam. Aku sendiri kalo utk skala nasional gini, juga LBH suka menyumbang ke badan yg sudah aku kenal dan percaya kayak dompet dhuafa, ato organisasi lain yg aku tau. Jd bisa yakin. Ato lwt perusahaan yang kdg ikut menyumbangkan bantuan. Kayak kantor suamiku sempet ngadain program bantuan melalui kegiatan CSR nya, dan kami ikutan menyumbang dari situ.

    Cara2 menyumbang/sedekah ini yg aku pengen juga diajarin ke anak2 sedari dini. Supaya mereka tau nikmatnya berbagi dengan org2 yg membutuhkan :). Memupuk rasa empatinya juga

    BalasHapus