-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Makin Asik Makan dengan Kroepoek Waroeng

Sebagai orang tua pasti kita pernah mengalami fase di mana anak mengalami susah atau tidak mau makan. Ini menjadi tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan tentunya oleh kita sebagai orangtua. 

Apalagi anak-anak yang sedang berada di masa pertumbuhan seperti ini. Agar mendukung tumbuh dan kembang anak kita harus memenuhi asupan gizinya. Saya pun pernah mengalaminya di akhir tahun kemarin, tiba-tiba anak kedua saya yang belum genap dua tahun tidak berselera makan.

Sebelum mencari apa solusi anak agar dapat makan lebih lahap, kita harus mengetahui apa penyebab anak susah makan. Gunanya agar kita dapat mencari sebuah solusi yang tepat untuk menghadapinya.

Apa saja penyebab anak susah makan?

Ternyata fase menolak makan sebenarnya adalah fase wajar yang akan dilalui setiap anak sekaligus kita sendiri sebagai orangtua. Ada beberapa penyebab mengapa anak susah makan, yuk cek sebagai berikut :

1. Ketakutan terhadap Makanan Baru

Salah satu alasan anak tidak mau makan sama sekali biasanya karena memiliki “ketakutan” tersendiri terhadap makanan tersebut. Terkadang kita sebagai orang tua tidak sadar akan hal ini. 

Ketakutan terhadap makan baru ini bisa karena aroma, bentuk, tampilan, tekstur, atau rasa makanan yang masih baru bagi anak. Anak yang baru saja ingin mencoba makanan jenis baru baginya biasanya akan mengalami kondisi ini. Kekhawatiran tersebutlah yang kemudian membuat anak pilih-pilih makan. 

2. Anak susah makan karena Sakit

Jika biasanya nafsu makan anak tergolong baik tapi tiba-tiba jadi susah makan bisa jadi ia mengalami infeksi virus atau bakteri.

Jangankan anak kecil, jika kita mengalami sakit atau kondisi medis tertentu pasti merasakan tidak nafsu untuk makan. 

Apa akibat jangka panjang jika anak susah makan?

Hati orang tua mana yang tidak khawatir ketika anak sedang dalam kondisi anak susah makan. Jika kondisi ini hanya berlangsung sekali dan dua kali mungkin tidak masalah.

Namun, ketika anak susah untuk makan dalam waktu lama, jangan anggap remeh karena dikhawatirkan dapat menganggu tumbuh dan perkembangan anak. Hal ini disebabkan makanan harian berfungsi sebagai sumber energi dan penyuplai asupan zat gizi harian anak.

Dalam situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), disebutkan bahwa salah satu akibat dari kebiasaan anak tidak mau makan akan berpengaruh jangka panjang terhadap penurunan asupan kalorinya.

Jika asupan kalorinya tidak terpenuhi artinya tidak akan mencukupi kebutuhan gizi harian anak secara optimal.  Jadi yuk kita cari cara bagaimana mengatasi anak yang susah makan. 

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Pendekatan untuk mengatasi masalah anak tidak mau makan bisa berbeda-beda tergantung dari karakteristik anak tersebut. Jika kita dapat berbicara ke anak dengan nyaman dari hati ke hati, coba tanyakan apa masalah dan keluhan yang sedang mereka rasakan. Selain itu kita perhatikan juga apa jenis makanan favorit dan makanan yang kurang disukai anak.

Ketika anak susah makan, bisa jadi ia bosan dengan menu makanan atau sedang memiliki keluhan tersendiri. Keluhan atau faktor tersebut yang membuatnya menjadi lebih susah untuk makan.

Secara umum, berikut tips yang dapat kita coba untuk mengatasi anak yang susah makan:

1. Orang tua sebagai Teladan yang baik untuk anak

Anak-anak adalah peniru yang ulung. mereka akan meniru kita sebagai orang tua karena orang tua sebagai teladan yang baik untuk anak. Salah satu cara untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan teladan yang baik. Jika kita ingin anak mencoba makanan baru atau menghabiskan makanan yang kita sajikan, marilah kita memberi contoh.

2. Jadikan Waktu Makan Menjadi Menyenangkan 

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan menjadikan waktu makan menjadi menyenangkan. Waktu makan menjadi menyenangkan jika kita menciptakan atmosper kebahagiaan tanpa harus memaksa anak.

Latih agar anak merasa lapar tanpa harus memaksa mereka menghabiskan makanannya. Jika anak ingin mengambil makanannya sendiri, biarkan saja. Ini dapat memberikannya kenyamanan dan rasa tanggung jawabnya serta kesempatan untuk belajar berbagai tekstur makanan.

Selain itu jauhkan televisi atau gadget lainnya yang membuat anak terdistraksi dari konsentrasinya untuk melakukan makan. 

3. Ajak Anak dalam Cara yang Menarik

Salah satu ide untuk mengatasai anak susah makan adalah dengan mengajak anak dalam cara yang menarik. Kita bisa mengajak anak kita mulai dari berbelanja bahan makanan di warung sayur hingga menyiapkan seperti mencuci dan memotong sayur. Dengan kegiatan bersama seperti ini diharapkan anak akan tertarik dan menghargai dalam makanan yang disajikan.

4. Perkenalkan Makanan Baru Secara Perlahan

Banyak kasus yang dijumpai bahwa anak susah makan dikarenakan anak belum terlalu terbiasa dengan makanan yang disajikan. Jika kita ingin memperkenalkan menu makanan baru, coba lakukan secara perlahan dan bertahap. 

Kita dapat memperkenalkan dalam jumlah yang sedikit baru kemudian dilanjutkan ke porsi yang agak banyak setelah anak mulai terbiasa.

Kalau kita langsung memberikan menu makanan baru dalam porsi banyak, anak dapat menolak untuk memakannya. Apalagi jika mereka tidak suka dengan aroma, tampilan atau teksturnya.

5. Berikan Makanan dalam Porsi Kecil tapi Sering

Memberikan anak makanan dalam porsi besar saat dirinya sedang susah makan tentu membuat ia hanya bisa makan dalam porsi sedikit. Bahkan, anak mungkin semakin susah makan karena enggan untuk menyentuh makanannya.

Daripada harus menyajikan makanan dalam porsi besar tapi tidak habis, kita dapat mencoba porsi makan anak tidak berlebihan tapi cukup sering.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya. Dengan begitu, anak akan merasakan kapan waktu lapar dan kenyang. Hal ini dapat membuat porsi makannya lebih pas saat waktu makan tiba.

Jika diterapkan secara rutin, cara ini setidaknya dapat membantu mengatur jadwal makannya sehingga lama-kelamaan, masalah anak susah makan bisa teratasi dengan baik.

6. Buatlah Jadwal Makan yang Teratur 

Dengan membiasakan anak untuk makan teratur bisa menjadi salah satu solusi agar anak tidak susah makan. Kita dapat membiasakan anak untuk makan tiga kali makanan utama dan dua kali makanan selingan di antara waktu makan utama.

Maka dari itu sangat penting kita sebagai orang tua menyediakan camilan sehat untuk anak-anak. Setelah ini saya akan memberi rekomendasi salah satu camilan sehat untuk anak di rumah. .

7. Variasikan dengan Makanan Favorit Anak

Ketika anak sedang sakit dan tidak mau makan, kita dapat memancing nafsu makan anak dengan memberikan makanan-makanan kesukaannya. Dengan memberikan makanan favoritnya dengan jenis makanan lain agar asupan nutrisi anak lebih beragam. Contohnya kerupuk bisa menjadi salah satu amunisi orang tua untuk mengatasi anak yang susah untuk makan. 

Anak saya pun bisa teratasi susah makannya jika diberi kerupuk, apalagi kalau dikombinasikan dengan menu favoritnya seperti sate ayam atau sate kambing.Oleh sebab itu kita harus pintar untuk memilih kerupuk untuk anak yang sehat dan bebas dari pemutih dan MSG yang tidak baik untuk tumbuh dan perkembangan anak.

8. Sediakan Camilan Sehat

Kita juga bisa menyediakan makanan pendamping atau camilan yang sehat untuk menambah nafsu makan anak. Penting sekali untuk mennyediakan camilan sehat untuk anak. Beberapa alternatif yang bisa dipakai, kita dapat menyediakan buah-buahan dan snack sehat sebagai camilan sehat anak. 

Kroepoek Waroeng Teman Makan Si Kecil

Kroepoek Waroeng adalah brand kerupuk dengan kualitas premium dari UD. Cahaya Kencana yang telah berpengalaman memproduksi kerupuk dan mie semenjak tahun 1987. 

Kroepoek Waroeng merupakan rekomendasi kerupuk enak dan sehat. Kroepoek Waroeng menjadi pilihan camilan sehat dan cocok dikonsumsi sebagai tambahan yang sempurna untuk makanan bersama keluarga. Adapun empat varian yang disediakan Kroepoek Waroeng adalah Keripik Singkong, Kerupuk Bawang Mawar Mini, Kerupuk Udang dan Kerupuk Bawang Putih Bentuk Bintang.

Keunggulan Kroepoek Waroeng

1. Modern dan Hiegenis

Kerupuk dari Kroepoek Waroeng ini dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas premium yang diproses secara modern yang higienis dan pemeriksaan kualitas secara berkala.

Diolah dari bahan-bahan berkualitas dengan proses manufaktur unggul dam modern. Kroepoek Waroeng memberikan pilihan dan jaminan yang lebih sehat bagi konsumen. 

Kroepoek Waroeng juga memiliki kemasan kunci zip modern yang memudahkan penyimpanan dan penanganan. Hal ini tentu menjaga hiegenitas sampai ke tangan konsumen. 

2. Tidak Mengandung Pemutih

Salah satu kandungan bahan kimia sintetis yang kerap dipakai oleh produsen kerupuk nakal adalah pemutih. Mereka menggunakan pemutih karena pasar konsumen masih lebih teertarik yang lebih bersih dan putih. 

Namun, jika kita mengkonsumsi produk-produk dari Kroepoek Waroeng  jangan khawatir karena mereka tidak memakai pemutih untuk memproduksi kerupuk-kerupuknya. Apalagi sudah ada jaminan edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), jadi semakin yakin kan. 

3. Kualitas Ekspor

UD Cahaya Kencana selaku produsen dari produsen Kroepoek Waroeng sudah berpengalaman memproduksi kerupuk kualitas ekspor lebih dari 30 tahun. 

Jika kualitas Kroepoek Waroeng ini sudah bisa keluar menembus pasar ekspor, tentu kita mendapatkan kualitas terbaik untuk pasar dalam negeri. Kerupuk dari Kroepoek Waroeng merupakan rekomendasi kerupuk sehat dan dapat dijadikan camilan sehat untuk anak-anak.

Pengalaman anak-anak Mengkonsusmsi Kerupuk Sehat Kroepoek Waroeng

Siapa yang gasuka dengan kerupuk, apalagi anak-anak. Sama halnya dengan kedua anakku yang sangat menyukai kerupuk. Namun, hari ini rasanya sulit mendapatk kerupuk yang menjamin kualitasnya. Dengan hadirnya Kroepoek Waroeng yang menghasilkan kerupuk enak untuk anak sebagai camilan sehat.

Saya memesan dua variant kerupuk dari Kroepoek Waroeng yakni kerupuk udang dan kerupuk Bawang Putih Bentuk Bintang. Anak pertama saya, Sakha langsung terpikat dengan kerupuk bawang putih karena berbentuk bintang.

Cara mendapatkan Kroepoek Waroeng in pun sangat mudah, saya mendapatkannya di salah satu e-commerce. Untuk setiap produk Kroepoek Waroeng dibandrol harga Rp35.000 per 500 gram. Saya membeli paket kerupuk udang dan bawang putih bentuk bintang dengan harga Rp55.000.

Dua hari setelah proses checkout, produk dari Kroepoek Waroeng pun datang dan siap untuk digoreng dan disantap anak-anak di rumah.

Cara menggorengnya pun cukup mudah seperti menggoreng kerpuk pada umumnya. Dengan menyiapkan wajan yang sudah terisi minyak dengan suhu tinggi. Menggoreng kerupuk Kroepoek Waroeng pun mudah. Kerupuk untuk anak sebagai camilan sehat pun tersedia untuk anak. Dapat dinikmati langsung ataupun sebagai makanan pendamping agar anak tidak susah makan. Kita pun tetap tenang karena Kroepoek Waroeng dari bahan pilihan yang diolah modern dan hieginis. 

Yuk, kita lihat video di bawah ini anak-anak jadi Makan Makin Enak dengan Kroepoek Waroeng.

Penutup

Sebagai orang tua kita pasti mencari 1000 jurus untuk mengatasi anak yang susah makan. Dengan camilan sehat seperti kerupuk menjadi salah satu jurus untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, mencari dan memilih kerupuk yang sehat untuk anak di rumah. Kerupuk dari Kroepoek Waroeng  menjadi salah satu rekomendasi kerupuk enak dan sehat. Yuk coba semua variantnya. Makan makin enak dengan Kroepoek Waroeng.


Semoga bermanfaat, salam

shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

8 komentar

  1. Kroepoek waroeng kalau tidak habis enak nih tinggal simpan tanpa harus khawatir kroepoek waroeng melempen dengan adanya zip

    BalasHapus
  2. Siasati anak yang susah makan sebenarnya bukan hanya dengan krupuk. Tapi ok lah pertama kali sedikit saja dengan krupuk supaya anak tidak menolak makanan baru. Lama-lama harus dikurangi kerupuknya....

    BalasHapus
  3. Selain sehat kemasan kerupuk warung cantik banget, jadi pengen nyobain sebab dirumah tuh kalo gak ada kerupuk pada merasa ada yang kurang saat makan.

    BalasHapus
  4. Makan pakai kerupuk Makin asik dan nikmat. Seru aja gitu. Apalagi kalau kerupuknya enak dan Sehat. Makin lahap makannua

    BalasHapus
  5. aduh krupuknya menggoda iman banget

    saya sering nggak bisa makan kalo ngga ada krupuk

    untung sekarang ada kroepoek waroeng yang enak dan sehat ya?

    BalasHapus
  6. Temanku ada nih kalau makan ga pake kerupuk katanya belum makan. makan apapun dia harus sellau beli kerupuk walau yang jual jauh. Ada ada aja ya.

    BalasHapus
  7. Ngereview kerupuk bisa jadi seru gini ya, mbak. Jadi pengen beli krupuk waroeng deh ^^ Aku sekeluarga paling doyan makan pakai kerupuk soalnya

    BalasHapus
  8. Asik ya krupuknya bentuknya lucu. Terus tinggal digoreng saja nggak perlu susah susah dijemur dulu sebelum digoreng seperti kerupuk lainnya. Tadinya kukira pas datang sudah bisa langsung dicemilin lho.

    BalasHapus