-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Perbedaan Skincare Natural dan Organik yang Perlu Kamu Ketahui

Tak sedikit orang yang lebih menyukai produk skin care natural dibandingkan dengan produk berbahan kimia. Namun tak sedikit orang yang belum mengetahui perbedaan skin care natural dengan organik. Meskipun keduanya dinilai aman untuk kulit dan kecil risiko terkena iritasi.

Kamu bisa memilih produk perawatan kulit atau skin care apapun yang cocok dengan kulitmu, baik skin care natural dan organik. Karena sebagus apapun produk kecantikan, jika tidak cocok dengan jenis kulit mu, maka tidak memberikan pengaruh apapun atau justru merusak kulit. Oleh sebab itu, hal penting yang harus kamu kenal yaitu jenis kulitmu.

Perbedaan Skincare Natural dan Organik

Berbicara mengenai skin care natural dan organik, apakah kamu sendiri sudah tahu perbedaan antara keduanya? Keduanya memang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu banyak atau bahkan tidak ada sama sekali, namun tentu keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan beberapa perbedaan skin care natural dan organik yang bisa kamu ketahui di antaranya yaitu:

1. Perbedaan Pengolahan Bahan Produk

Dilihat dari namanya, skin care natural berarti terbuat dari bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan. Di mana extra kandungan dari tumbuh-tumbuhan tersebut dibuat untuk produk kecantikan. 
Dalam hal ini, bahan-bahan alami yang biasa digunakan mulai dari ekstrak tumbuhan, coconut oil, madu esensial oil dan sari buah apel.

Perbedaan skin care natural dengan produk kimia sintetis yaitu produk ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia sama sekali seperti triclosan, paraben atau parfum sintetis sehingga benar-benar natural atau alami. 

Makanya tidak heran jika skin care natural menjadi pilihan banyak orang.
Kalau kamu ingin membeli produk skin care natural, kamu perlu membaca formulanya terlebih dahulu, karena kenyataannya masih banyak produk yang mengatakan natural namun ditambah dengan bahan aktif kimia seperti pewangi atau pewarna buatan. 

Meskipun persentase tambahan bahan kimianya tergolong kecil, namun tetap saja produk tersebut tidak benar-benar natural. 
Setelah mengetahui produk skin care natural, kini yang menjadi pertanyaannya Apa perbedaan skin care natural dengan organik?
Pasalnya produk skin care organik tidak boleh sembarangan dan cukup sulit ditemukan di pasaran. 

Produk tersebut dapat dikatakan organik jika bahan kandungannya terbuat dari tanaman yang memang dibudidayakan secara organik. 
Meski sama-sama terbuat dari tumbuhan atau bahan alami, namun perbedaan skin care natural dengan organik bisa dilihat dari tanaman itu sendiri. Jika skin care natural menggunakan tanaman biasanya yang dibudidayakan dengan cara apapun sedangkan skin care organik merupakan tanaman yang dibudidayakan secara organik menggunakan pupuk pilihan yang tidak mengandung pestisida kimia.

2. Label Kemasan atau Keaslian Produknya

Perbedaan skin care natural dan organik lainnya bisa dilihat dari produk kemasannya, jika skin care natural memiliki label natural, namun jika skin care organik cukup sulit mengetahui keasliannya, karena memerlukan pengawasan khusus dan wajib mempunyai sertifikat keaslian bahwa produknya bebas dari kimia. Setiap negara memiliki cap sertifikatnya tersendiri misalnya cap Ecocert untuk produk Eropa, dan untuk produk Indonesia sendiri memiliki cap Biocert.

3. Harganya

Perbedaan skin care natural dan organik juga dilihat dari harganya, di mana harga skin care organik lebih mahal dibandingkan yang natural. Hal ini dikarenakan panjangnya atau rumitnya pembuatan produk organik.
Itulah beberapa perbedaan perbedaan skin care natural dan organik yang bisa kamu ketahui. Masing-masing produk tentu memiliki khasiatnya tersendiri.

Penutup

Itu dia perbedaan skin care natural dan organik, mulai dari komposisi dan harganya. Kalau kalian apakah sudah pernah mencoba kedua jenis skin care ini? Yuk coba cerita di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, salam.
  shafira adlina cerita mamah
Sumber Pengetahuan:
https://review.bukalapak.com/beauty/ini-perbedaan-produk-natural-dan-organik-agar-tidak-salah-pilih-2268
https://editorial.femaledaily.com/blog/2016/04/06/produk-skincare-natural-dan-organik-ini-perbedaannya/amp/
https://m.kumparan.com/amp/beritaanaksurabaya/skin-care-natural-dan-organik-apa-bedanya-1scEPlWqKLA
https://www.orami.co.id/magazine/amp/perbedaan-skincare-natural-dan-organik/
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

4 komentar

  1. Ku Kira sama kaak hehe ternyata beda ya, Ali lihat tulisan ini lebih condong ke yang Organic hihihi

    BalasHapus
  2. Wah, jadi makin jelas deh aku perbedaannya natural dan organik. Kirain sama aja...
    Lebih aman yg organik ya kalau gitu. Sejak awal sudah direncanakan tanpa bahan kimia...

    BalasHapus
  3. Ternyata natural dan organik itu berbeda ya mbak. Dulu saya mikir sama atau sedikit mirip gitu. Dari proses pembuatan juga beda ya. Informasi menarik juga ini

    BalasHapus
  4. harus pilih yg organik memang dlm hal pake skincare. yg organik biasanya lebih aman. cuma kadang namanya iklan ya selalu yg organik pasti lebih kalah trend sama yg anorganik.

    BalasHapus