-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi? Yuk Persiapkan Diri dengan Ini!


Kurang dari 3 minggu kita semua akan bertemu dengan bulan penuh keberkahan, bulan Ramadhan. Namun, tahun ini adalah tahun kedua kita bersama pandemi virus Corona. Pemerintah tak hentinya menghimbau agar kita untuk menertibkan protokol kesehatan. Sholat yang biasanya dilakukan di masjid pun dihimbau untuk dilakukan di rumah, termasuk shalat tarawih dan lainnya. 

Memang ada beberapa masjid atau mushola yang membuka tapi tentu dengan melaksanakan protokol yang ketat. Apalagi dengan buka puasa bersama yang menjadi tradisi yang sering dilakukan, sepertinya tahun ini pun sulit terwujud. 

Persiapkan Ramadhan di Tengah Pandemi

Meski sudah pernah melewati Ramadhan bersama Covid sebelumnya, kita harus tetap mempersiapkan puasa ramadhan di tengah pandemi ini. Jangan sampai kita melaksanakan ibadah dengan mengurangi esensi nilai Ramadhan. Supaya  tetap bisa melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan baik, sebaiknya kita mempersiapkan beberapa hal berikut ini. 

1. Niatkan Ramadhan dan Kuatkan Doa 

Supaya ibadah di bulan suci ini berjalan dengan lancar, maka niat dan doa adalah dua langkah utama yang perlu dilaksanakan. Doa adalah senjata bagi umat muslim. Alasan tersebut menjadikan doa dan niat menjadi hal yang penting bagi kita untuk meneguhkan ibadah pada tahun Ramadhan kali ini.

2. Persiapkan Rumah untuk Ibadah Ramadhan 

Kali ini mungkin kita akan kehilangan lagi beberapa kebiasaan yang biasa dijumpai setiap Ramadhan. Seperti sholat tarawih berjamaah di masjid atau musala serta berbuka puasa bersama. Kini saya harus membiasakan lagi diri dan keluarga untuk beribadah di rumah. Tentu dengan sukacita menyambut Ramadhan untuk mempersiapkan rumah dengan sebaik-baiknya. Kita bisa memberikan warna cat baru pada dinding rumah atau memasang wallpaper dan hiasan dinding.

3. Atur Waktu Tidur dengan Baik

Jangan lupa kita harus memastikan agar diri memiliki waktu tidur dengan baik. Sebaiknya memang kita sudah melakukan pemanasan ibadah di bulan Syaban dan Rajab ini (2 bulan sebelum Ramadhan). 

Pemanasannya seperti melaksanakan ibadah shaum dan membaca ayat suci Al Quran lebih sering lagi. Langkah ini sebagai wujud persiapan untuk beradaptasi menyambut waktu Ramadan.

4. Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Selama pandemi Covid ini, kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh stiap individu. Benteng utama melindungi diri dari infeksi virus corona adalah dengan menjaga kekebalan tubuh. Apalagi ketika harus melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, kita harus menjaga kekebalan tubuh agar badan dapat beradaptasi dengan pola makan dan tidur yang baru. 

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, istirahat yang cukup dan  jauhi stres, kita dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Persiapkan Rohani yang Sehat

Selain menyiapkan fisik dan lahiriah. Kita juga mesti menyiapkan rohani atau batin yang sehat. Tergabung dengan komunitas Muslim dapat menjadikan kita bersemangat menyambut Ramadhan. Apalagi ketika mendapatkan komunitas yang menjadi pengingat kebaikan. Bukan grup whatsapp yang sekadar basa basi dan forward-an kajian semata serta berhujung gossip bahkan ghibah sesama, Naudzubillah.

6. Berbahagia Bersama Sesama

Meskipun mengalami masa sulit, tentu masih banyak saudara-saudara kita yang jauh mengalami kesulitan. Di bulan penuh berkah ini, mari bagikan kebahagiaan untuk saudara-saudara kita dengan lembaga zakat yang telah memiliki reputasi baik di masyarakat. Salah satunya adalah Rumah Zakat.

Sebagai upaya untuk mengajak lapisan masyarakat membahagiakan sesama lewat kegiatan berbagi, Rumah Zakat meluncurkan Gerakan Bahagia Bersama Ramadhan.  Ramadhan tahun ini Rumah Zakat menargetkan untuk dapat membantu 1 Juta penerima manfaat terdampak pandemi, khususnya bagi mereka yang berada di 1.686 Desa Berdaya. 

Selain itu kita dapat berbagi kebagaian dengan program-programa istimewa Rumah Zakat. Program istimewa tersebut adalah Berbagi Buka Puasa, Bingkisan Lebaran Keluarga, Kado Lebaran Yatim, Ramadhan Bebas Hutang, Syiar Qur’an, dan Janda Berdaya. Program-program tersebut sangat cocok untuk didistribusikan kepada saudara kita yang terdampak pandemi di masasepeti sekarang.

Sambut Ramadhan, Luncurkan Aplikasi Digital Islamic Style Teman Ibadah

Ramadhan tahun ini kita mendapatkan teman ibadah dari Rumah Zakat. Aplikasi yang bernama Digital Islamic Style (DIS) ini adalah aplikasi yang dapat menemani umat muslim dalam beribadah. Fitur-fitur yang dimiliki DIS sangat menarik dan membantu kita beribadah di bulan Ramadhan.  Mulai dari jadwal sholat, dzikir & doa, Al Qur’an digital, arah kiblat, kajian Ramadhan, dan Donasi ZISWAF.

ZISWAF adalah singkatan dari Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf. Di bulan ramadhan ini tentu banyak sekali umat muslim yang ingin menunaikan kewajibannya dalam membayar ZISWAF. Dengan Aplikasi DIS, kita mendapatkan kemudahan untuk melaksanakannya. Bahkan sebagai donatur kita juga mendapatkan laporan perkembangan donasi kepada masyarakat. 

Penutup

Puasa Ramadhan di tengah pandemi ini memang tidak akan mudah. Namun, dengan mempersiapkan diri dengan sebaiknya, kita tidak akan merasa sulit. Saya teringat pesan salah satu guru saya bahwa ketika kita merasa sedih atau sempit hati, segeralah berbuat baik, seperti bersedekah. Saya yakin bahwa dengan bersedekah kita mendapatkan kenyaman pada hati.

Kebaikan itu dapat menghilangkan kegelisahan hati, buanglah keraguan ketika datang saat ingin berbuat baik. Dengan Digital Islamic Style ini dapat membantu ibadah kita di tahun ini, jangan ragu, ayo segera download di AppStore atau Play Store ya.

Semoga bermanfaat, salam. 


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

1 komentar