-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

Sebagai orang tua pasti ingin anak kita untuk tumbuh sehat dan sempurna secara lahir maupun batin. Kewajiban kita sebagai orang tua tentu harus memperbanyak ilmu atau knowledge mengenai parenting. 

Agar dapat mengamalkan ilmu kehadiran dan bimbingan dari orangtua mutlak diperlukan. Salah satu hambatan yang dialami banyak orang tua adalah keterbatasan pengetahuan dan ilmu, karena profesi penting ini memang tidak ada sekolah khususnya. Walaupun hari ini informasi banyak sekali yang bisa dijelajahi dari internet dan media social, rasanya akurasi informais tersebut tidak cukup kredibel ya? Kita perlu membutuhkan pegangan khusus seperti buku yang ditulis secara jelas siapa penulisnya dan apa saja sumbernya.

Untuk teman-teman yang membutuhkan rekomendasi buku parenting, baik dibaca sendiri bersama pasangan atau untuk dihadiahkan ke kerabat maupun sahabat. Pada artikel ini, saya akan memberikan setidaknya 10 buku rekomendasi buku parenting terbaik yang telah saya baca.

Buku parenting menjadi jajanan wajib saya setiap bulannya seketika saya tahu hamil anak pertama. Dahulu rasanya penuh perjuangan menyisikan uang belanja untuk berbelanja buku. Tentu harus banyak taktik agar pos-pos pengeluaran wajib tetap terpenuhi. 

Nah, penasaran dong rekomendasi buku parenting terbaik apa saja yang pernah saya baca.  Walaupun sebenarnya kelihatan ya dari foto di atas, ada buku-buku parenting apa saja. Namun, berikut review singkat beberapa buku parenting yang dapat menjadi rekomendasi untuk menambah ilmu mengenai parenting. 

1. Happy Little Soul – Retno Hening

Rekomendasi buku parenting pertama  yang saya tulis adalah Happy Little Soul karangan Retno Hening atau dikenal sebagai Ibuk Kirana yang terkenal di jagat instagram. Kirana adalah anak pertama dari Ibu Retno Hening, melalui instagramnya saya sering melihat tingkah laku dan pengasuhan Ibuk Kirana ini. 

Beliau menerbitkan buku dikala saya baru menikah, jadi bisa dibilang ini buku parenting yang saya baca sebelum memiliki anak. Di buku ini kita diajak untuk berbahagia bersama sejak dini.

Bukunya ringan dan dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Melalui kisah dan perjuangan membesarkan Kirana, Ibuk Retno Hening membagikan hikmah dan cara mengasuh anak agar lebih bahagia. 

Buku ini tidak sempat saya foto sendiri karena sedang dipinjam oleh adik saya, hehe. Saya membeli Buku Happy little soul ini kurang lebih dengan harga Rp85.000.


2. Don’t Be Angry Mom – dr.Nurul Afifah

Buku parenting kedua yang direkomendasikan adalah tulisan dr.Nurul Afifah yang berjudul “Don’t Be Angry, Mom”. Buku dengan 169 halaman ini diterbitkan oleh Imprint Penerbit Serambi pada tahun 2019. Penulis Don’t Be Angry, Mom sudah lama berkecimpung dan mendengar curhatan orang tua tentang cata mengasuh anak. Buku ini tidak bertele-tele, disajikan secara runut mulai memahami apa itu emosi dan marah. Kita juga disajikan untuk mencari apa penyebab kita bisa mudah marah dan bagaimana cara mengendalikan marah itu sendiri. Bab terakhir buku ini juga menyajikan beberapa kasus cara mendisplinkan anak. Harga buku parenting ini sekitar Rp50.000.

3. Parent As a Coach – Aisya Yuhanida

Buku Parent As a Coach hadir menjadi salah satu pilihan buku parenting untuk menambah wawasan kita sebagai orang tua. Walalupun di depan buku ini tertera kalimat :”komunikasi tanpa konflik dengan praremaja dan remaja”, tapi saya pribadi merasa buku ini cocok dibaca oleh siapa untuk mendapatkan skill komunikasi yang baik.

Buku ini saya baru baca di tahun 2020, saya membeli buku terbitan Litera Mediatama ini setelah mengikuti Workshop Empathic Listening oleh Bu Aisya Yuhanida. Beberapa kali mengikuti paparan beliau membuat saya penasaran dengan karya tulisannya. Benar saja dari blurb buku ini sudah membuat saya penasaran untuk membedahnya. Dengan ilustrasi yang mengemaskan, Bu Aisya mampu memaparkan ilmunya dengan runut. Mulai dari prinsip hingga langkah kunci dan hambatan yang mungkin akan ditemui. Selain itu ada beberapa kisah tentang coaching, buku parenting ini menghadirkan pendekatan yang berbeda. Saya pribadi merekomendasikan buku Parent As a Coach sebagai buku parenting terbaik.

Pada buku ini menawarkan suatu pendekatan yang dapat memberdayakan anak agar siap menghadapi tantangan dunia dengan memanfaatkan potensi yang dimilikinya. Jujur, buku stebal 237 halaman ini tidak saya bisa lahap sekaligus. Saya membacanya setiap bab terpisah beberapa waktu. Baru di tahun 2021 awal bisa merampungkan membaca buku parenting satu ini. Buku parenting yang ditulis oleh seorang psikolog yang biasa menjadi people helper tentu tidak diragukan lagi ya. Buku ini dihargai sekitar Rp55.000.

4. Happy Book for Happy Parent – Aisyah Yuhanida

Buku ini juga tulisan bu Aisya Yuhanida Noor. Berbeda dengan buku sebelumnya, buku ini diterbitkan Elex Media Komputindo, ternyata buku Happy Book for Happy Parent diterbitkan lebih dulu dibanding buku Parent As a Coach. 

Buku ini saya dapatkan sebagai hadiah dari kuliah zoom tentang mengenal diri bersama Bu Aisya Yuhanida juga. Buku ini berbeda dengan buku parenting yang saya baca. Buku ini lebih banyak membahasa tentang diri kita sendiri sebagai orang tua, bukan tentang cara pengasuhan. Kita akan menemukan sendiri cara pengasuhan yang paling efektif untuk kita dan anak kita tanpa mempelajarinya dari buku atau seminar apapun. Nahloh, kok bisa? Makanya baca buku ini.

Buku ini agak unik karena tinta hurufnya diberi warna hijau rumput, tapi tidak terllau menganggu mata saya ketika membacanya. Sayangnya mungkin karena terbitan lama, kekurangan buku ini minim sekali ilustrasinya.

Kutipan yang menyejukkan hati dari buku parenting adalah “Jadikan anak sebagai guru terbaik kita dengan mengamati ekspresi dan gesture tubuh anak terkait respons yang kita berikan padanya, dan konfirmasilah langsung apakah ia benar-benar merasa nyaman diperlakukan demikian.” Buku ini juga dihargai sebesar Rp55.000.

5. Enlighting Parenting – Okina Fitriani

Selanjutnya ada buku Enlighting Parenting yang ditulis Okina Fitriani dan tim sebagai rekomendasi buku parenting terbaik. Buku yang sampul bukunya sampai keriting di ujung ini sering sekali saya buka bolak-balik untuk memahaminya. 

Awalnya saya tetarik membeli buku ini karena ingin mengikuti pelatihan Enlighting Parenting, berhubung tidak mendapatkan jadwal yang pas terus dan selain itu harganya sangat lumayan untuk ukuran workshop selama 2 hari. Jadi sebagai awalan saya ingin mengenal apa dan bagaimana Enlighting Parenting itu. 

Buku parenting yang saya beli pada tahun 2019 ini terbagi dua bab inti, yang pertama kita dipaparkan ilmu Enlighting Parenting itu sendiri, mulai dari prinsip, kesalahan-kesalahan pengasuha hingga komunikasi yang mencerahkan. Kemudian di Bab kedua tersedia 15 kisah-kisah inspiratif dari para alumni peserta workshop Enlighting Parenting. Buku ini dihargai sekitar Rp75.000.

6. Enlighting Parenting, 6 Tahun pertama periode parenting- Okina Fitriani dkk

Buku parenting terbaik selanjutnya adalah seri lanjutan dan lebih fokus membahas anak usia 0-6 tahun. Buku karangan Bu Okina Firtriani dan bersama 6 Ibu yang tergabung menjadi tim Sharing Enlighting Parenting ini baru saja dicetak tahun 2021. 

Kenapa saya menyarankan buku parenting terbitan Serambi ini? Buku Enlighting Parenting, 6 Tahun pertama periode parenting hadir lebih lengkap dan khusus untuk pendidikan 6 tahun pertama. Mulai dari paparan perekembangan anak, proses yang menakjubkan dan periode penting, dan ada 6 kisah yang diceritakan dari pengalaman tim Sharing Enlighting Parenting. Harga buku Enlighting Parenting ini sekitar Rp85.000.

7. Seni Berbicara Pada Anak – Joanna Faber dan Julie King

Buku Seni Berbicara pada Anak karangan Joanna Faber dan Julie King ini menjadi buku parenting tertebal yang saya rekomendasikan. Buku dengan 398 halaman ini menjadi menarik dan seru dibaca karena ditulis oleh seorang anak dari penulis buku parenting juga, Joanna Faber merupakan anak dari Adele Faber. 

Buku Seni Berbicara pada Anak, Panduan Mendidik Anak “Tanpa Ngegas” merupakan buku terjemahan yang judul aslinya adalah “How to Talk So Kids Will Listen” tahun 2017. Buku ini kombinasi dari cerita, komik dan diskusi langsung dari workshopnya. Saya sendiri telah menceritakan beberapa inti sari buku ini di postingan resensi buku Seni Berbicara pada Anak. Harga buku parenting ini sebesar Rp 98.000.

buku seni berbicara pada anak

8. Tuntas Motorik, Investasi Sepanjang Hayat – Ani Chirstina

Buku parenting terbaik yang saya usulkan selanjutnya adalah karangan dari Ani Christina yang berjudul Tuntas Motorik- investasi sepanjang hayat. Buku ini sangat tipis untuk ukuran buku parenting, tapi cukup dalam pembahasannya dan membuka insight baru untuk kita sebagai calon orang tua atau orang tua.

Ketuntasan sistem sensori motorik pada tubuk akan memberikan pengaruh positif pada hidup yang akan datang. Buku parenting cukup terjangkau hanya sekitar Rp50.000.

9. Bukan Ibu Biasa – Ummu Balqis

Siapa yang tidak kenal Ummu Balqis? Seorang Parenting Enthusiast, entrepreuner beberapa bisnis, beliau juga sering menjadi narasumber di berbagai seminar dan Talkshow. Dengan pengikut di instagramnya sebanyak 365K, Ummu sering membagikan ilmu tentang parenting dan marriage life. Saya membeli buku Bukan Ibu Biasa karena diminta menjadi moderator saat seminar parenting. Saya penasaran dengan karya buku beliau, jadi saya membeli secara online. 

Buku ini setebal 176 halaman ini mengalir penuh cerita seputar menjadi peran, ada juga tips dan solusi untuk beberapa problematika yang biasa kita hadapi mulai dari mencegah Baby Blues sampai mengajarkan pendidikan seks bagi anak. Harga buku bukan ibu biasa seharga Rp 56.000.

10. Membasuh Luka Pengasuhan – Diah Mahmudah

Buku parenting terakhir yang saya sarankan untuk dibaca adalah salah satu dari buku Trilogy Positive Parenting yang ditulis pasangan psikolog Diah Mahmudah dan Dandi Birdy. Buku ini menjadi pelengkap setelah kita melahap sejumlah teori tentang parenting dan belajar mengenal diri sendir sebelumnya. Buku ini akan mengajak kita untuk menerima, mengikhlaskan, memaaf, mensyukuri dan memilih untuk memperbaiki masa depan. Buku ini saya beli satu paket dengan dua buku lainnya yaitu Membayar Utang Pengasuhan dan Ayah Tangguh seharga Rp200.000.

Penutup

Sesungguhnya tidak hanya 10 buku di atas yang dapat diusulkan sebagai buku parenting terbaik. Tentu banyak bertabur buku-buku parenting di luar sana yang bisa kita baca. Namun, dari yang sudah saya baca, buku-buku parenting di atas bisa menjadi rekomendasi untuk menambah ilmu dan wawasan kita sebagai orang tua untuk dapat mengubah paradigm dan sikap menjadi orang tua. Tentu harapannya, kita dapat menjadi orang tua yang baik dan bahagia.

Memang dengan sekadar tahu belum tentu mengubah sikap kita sebagai orang tua. Tetapi besar kemungkinan kita dengan memperkaya ilmu akan mengubah sikap kita menjadi orang tua yang lebih baik dan dirindukan anak-anak. Selamat belajar dan beramal tanpa henti.

Semoga bermanfaat, salam. 


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Mamahnya Sakha dan Hafsah. Mamah yang suka nulis dan desain. Masih belajar jadi bloger, asessor dan fasilitator. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

16 komentar

  1. Salam kenal mbak 😊

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali mbak! 👍🏻✨

    Izin mbak, apakah mbak ada rekomendasi buku parenting yang pakai perspektif "ayah"? Soalnya sejauh ini saya masih sulit menemukan buku tentang parenting yang menggunakan perspektif "ayah" 😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kak, buku-buku di atas memang pengarangnya perempuan tetapi konsep yang diusung beberapa itu dari sisi orang tua loh. Kalau yang spesifik tentang Ayah, yang pernah saya baca itu dari trilogy positive parenting yang dikarang Dandi Birdy (laki-laki, psikolog, menteenya Ustad Harry Santosa juga) judulnya AYah tangguh.

      Hapus
  2. Waah..rekomendasi buku parentingnya keren-keren..sudah dibaca semua bukunya mba?🤭
    Saya baru baca happy little soul, tapi bagi saya, tulisannya ringan banget.
    Terima kasih sharingnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak Wahyu, Alhamdulillah udah semua. Tapi ya suka dibolbak hehe supaya nempel..mudah-mudahan satu persatu bisa dibuat resensinya :D

      Hapus
  3. rekomendasi 10 bukunya mantul mba. bener-bener mewakili beragam sudut pandang dalam proses pengasuhan. bisa melahap semua buku itu kynya udah luar biasa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, semoga bisa membaca ke-10 buku parenting ini.

      Hapus
  4. Terima kasih rekomendasinya bukunya..
    Ada bbrp yg aku udah pernah baca.. Oiya, bukunya Abah Ihsan juga bagus..
    Tp baca buku parenting ni kalo belum berhasil praktek jd puyeng sndiri aku mah..hiks..

    BalasHapus
  5. Wadidaww belum baca satupun, lgsg berasa kudet nih wkwk. For a starter, ada rekomendasi 1 dari 10 buku diatas untuk saya baca terawal, Mba? Makasiiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku buku yang pertama dibaca itu Enlighting Parenting karangan Okina :D

      Hapus
  6. rekomendasinya bagus-bagus ya mbak, saya juga penasaran dengan enlighting parenting itu tapi memang workshopnya lumayan banget harganya hahaha....

    BalasHapus
  7. Dari list ini saya baru baca beberapa saja nih. Favorit saya juga Enlightening Parenting dan Seni Berbicara Pada Anak. Terima kasih rekomendasinya ya, Mbak, sudah masuk list nih buat cari di iPusnas atau marketplace ☺

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, Makasi Mba list rekomendasi bukunya.. Jujur saya rasanya sudah minim sekali baca buku parenting, lebih banyak baca dari artikel-artikel online. Terakhir yang saya baca itu buku-bukunya Mba Kiki Barkiah.. dan sepertinya memang perlu mulai lagi menambang ilmu parenting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, artikel internet kadang-kadang penulisnya kan tidak bisa divalidasi. lebih baik sih dari buku menurutku...

      Hapus
  9. Wohoo banyak sekali buku parentingmu mbak. Aku sedang membaca EP yang baru itupun nyicil sesuai tantangan yang ku hadapi.

    Trus sekarang aku lagi mencari referensi pendidik anak based on Islam. Selama ini kebanyakan bacanya parenting secara umum malah kurang dari sisi agama

    BalasHapus
  10. Waaaah.... Makasih ya rekomendasi buku parenting-nya. Tertarik pingin baca Parent as A Coach, tapi kayaknya agak berat ya? Pingin baca yang ringan-ringan dulu. Pingin juga baca Don't be Angry, Mom. Sepertinya menarik.

    BalasHapus
  11. Wah makasi rekomendasinya mba. Kebetulan aku memang lg nyari2 buku parenting. Selain yg di atas, aku jg suka baca buku parenting dr Ayah edy dan Abah Ihsan. Pernah baca jg ga mba?

    BalasHapus