-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Memilih Mainan Anak 1 Tahun

cara memilih mainan

Memilih mainan anak 1 tahun rupanya gampang-gampang susah. Dalam memilih mainan untuk anak di usia tersebut, maka para orangtua perlu memahami bagaimana perilaku anak di usia 1 tahun. Anak di usia tersebut memang sudah mengerti dengan apa yang kita katakan. Wajar jika mereka suka meniru kita.

Rasa ingin tahunya benar-benar tinggi sehingga seringkali mereka bersuara maupun menggumamkan kata-kata dalam bahasa yang ia pahami sendiri. Selain itu, anak di usia tersebut juga mulai mengekspresikan perasaan mereka sejauh yang mereka mengerti. 

Memilih Mainan Anak 1 Tahun yang Sesuai 

Apabila sebagai orangtua kita sudah paham bagaimana perkembangan dan perilaku anak di usia tersebut, maka selanjutnya tinggal memulai saja bagaimana menentukan mainan pilihan untuk mereka. Jangan lupa perhatikan pemberian mainan sesuai dengan gendernya. 

1. Mobil-Mobilan dan Sejenisnya

Mobil-mobilan, kereta-keretan dan sejenisnya merupakan mainan yang bisa dinaiki dan digerakan dengan kaki. Mainan seperti ini akan mampu membantu perkembangan fisik anak karena pada dasarnya mereka tengah berlatih menggerakkan kaki guna bisa memainkan mainan tersebut. 

Nantinya dengan dipandu orangtua seperti kita, maka ia akan belajar tentang kosa kata baru seperti ‘jalan’, ‘stop’, ‘berbelok’ dan sebagainya. Mainan semacam ini akan mampu memuaskan rasa ingin tahu anak karena akan bisa berpetualang secara mudah berkeliling memakai mainan tersebut.

   

2. Rumah-Rumahan Besar yang Bisa Dimasuki 

Alternatif mainan lain yang bisa diberikan kepada anak di usia 1 tahun ini nampaknya bisa menjadi pilihan terbaik. Mainan ini bisa membantu perkembangan fisik mereka karena anak akan belajar merangkak dan berjalan untuk masuk ke rumah-rumahan tersebut. 

Tentunya sambil merangsang rasa ingin tahu mereka dengan sangat baik. Mereka juga akan asyik berpetualang dan mengembangkan imajinasi mereka. Sebagai orangtua nantinya kita bisa mengawasinya saja dan biarkan mereka menjelajah sendiri sesuka hati. 

3. Tap Bench dan Hape Bound 

Di dalam memilih mainan anak untuk usia 1 tahun maka kita harus benar-benar cermat. Seperti halnya dalam memberikan mainan dengan jenis tap bench dan hape bound. Mainan ini termasuk ke dalam kategori mainan edukasi yang bisa membantu anak untuk berkenalan dengan musik. 

Dengan mainan ini, anak bisa memukul bola maupun gambang memakai palu secara mudah. Nantinya mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyian sehingga bisa membantu perkembangan syaraf motorik, koordinasi gerak tubuh, mengatur emosi dan sebagainya. 



4. Mainan dengan Tema Binatang

Mainan dengan tema binatang juga bisa menjadi referensi berikutnya yang bisa diberikan bagi anak dengan usia 1 tahun. Mainan ini bisa dimainkan sambil anak duduk dan tidak terlalu melatih gerak motorik kaki anak. 

Akan tetapi, lewat mainan ini anak akan dilatih untuk mengingat berbagai jenis binatang. Anak akan mampu mengenali apa itu gajah, harimau, ayam, burung, kambing, kucing, anjing dan aneka binatang lainnya dengan baik.  

5. Mainan Pengenalan Huruf, Warna dan Bentuk 

Pemberian mainan ini cukup direkomendasikan untuk anak yang ada di usia 1 tahun. Mainan ini akan melatih penggunaan memorinya dalam mengingat berbagai macam kombinasi huruf, warna dan bentuk. Tentu saja sebagai orangtua, kita juga harus membantu mereka. 

Berikan pembelajaran kepada mereka satu persatu dengan sabar dan telaten. Usahakan agar anak tidak merasa jenuh. Dengan demikian, maka anak akan merasa senang dan terus mau belajar sambil bermain sangat baik. 

Memilih mainan anak 1 tahun memang sangat penting. Peranan orangtua dalam memberikan mainan kepada anak diharapkan mampu melatih proses interaksi dengan anak secara baik. Habiskan waktu bermain dengan anak dan perhatikan bagaimana daya tumbuh kembang buah hati kita secara baik. 

Semoga bermanfaat, salam.


shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Seorang Mamah dari 2 anak. Mencintai dunia menulis dan desain. Manager keluarga yang berperan menjadi asessor dan fasilitator di dunia publik. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

Posting Komentar