-->
mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Si Kecil Flu? Coba Atasi dengan Mencuci Rongga Hidung dengan Respimer Baby!

Suatu pagi ini saya agak khawatir melihat anak sulung saya yang terlihat tidak nyaman karena produksi ingusnya lebih dari biasanya. Sadarkah kita bahwa bayi dan anak-anak lebih sering flu dibanding kita sebagai orang dewasa. Apa penyebabnya ya?

Penyebab Flu pada Anak 

Infeksi virus pada sistem pernapasan adalah penyebab flu atau influenza. Gejalanya mulai dari sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, hidung tersumbat hingga demam. Anak-anak biasanya juga lebih rewel dan menurunnya nafsu makan.

Sudah tentu gejala-gejala flu tadi tidak hanya memicu rasa sakit, tapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Virus penyebab flu memiliki masa inkubasi yang tergolong singkat, sehingga gejala dapat segera timbul sesaat setelah virus menyerang. Gejala-gejala flu biasanya muncul hanya dalam waktu satu sampai tiga hari setelah pertama kali virus menginfeksi.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami flu, seperti tertular dari orang sekitarnya. Jika anak terkena flu yang bersifat ringan sesungguhnya dapt sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus. Lambat laun, frekuensi anak terserang flu biasanya akan menurun. Kenapa? karena tubuh mulai mengenali makhluk asing atau virus penyebab flu tersebut dan membangun imun, sehingga tubuh memiliki sistem kekebalan untuk melawan virus tersebut.

Yuk, Cegah Flu pada Anak-Anak

Salah satu cara terbaik mencegah terserang virus flu pada anak adalah dengan mencegah anak terpapar virus tersebut, dong. Kita dapat memulainya dengan menstimulasi sistem kekebalan dengan memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Selain itu, biasakan anak untuk hidup bersih dan sehat seperti menutup mulut dan hidung saat bersin. Hal ini penting untuk menyebarkan penularan virus pada orang di sekitar. Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum beraktivitas dan makan.

Memang , flu merupakan salah satu penyakit yang bersifat umum, namun rasa tidak nyaman sebagai efek samping ini kadang menganggu pernapasan dan aktivitas anak. Ketika penyakit ini menyerang tubuh bayi dan anak-anak, pastikan untuk merawat si kecil supaya lekas sembuh. Merawat anak yang terkena flu seperti memastikan kebutuhan cairan, kecukupan istirahat, dan mengonsumsi obat jika diperlukan, Selain merawat anak yang terkena flu dengan cara tersebut, kita dapat membersihkan hidung anak. Bagaimana caranya?

Bersihkan Hidung Bayi dan Anak dengan Respimer Baby

Hidung tersumbat akibat flu, alergi atau lainnya tentu sangat tidak nyaman. Kadang kita bingung bagaimana cara membersihkan hidung bayi dan anak, padahal ingus yang ada di dalam hidung anak tuh numpuk dan mereka insrek-insrekan (maksudnya meler, ingusnya disedot terus sama mereka). Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan hidung bayi dan anak adalah mulai mengatur suhu pendingin di rumah, agar bayi dan anak merasa lebih nyaman.  Suhu ruangan kamar ber-AC jangan sampai terlalu dingin, saat kontrol kesehatan anak, salah satu petugas kesehatan memberikan saran pada saya bahwa suhu ruangan kamar idealnya 24 derajat celcius. Jangan sampai anak merasa terlalu dingin.

Kita juga dapat menghangatkan dada dan punggung si kecil dengan minyak balur ataupun minyak telon andalan kita. Jangan lupa gunakan kebaikan matahari untuk mendapatkan manfaatnya dengan menjemur anak di pagi hari, jangan terlalu lama ya.

Nah, kalau hidung si kecil tersumbat juga kita bisa membersihkan hidung bayi dan anak dengan Nasal Spray alias dengan cairan  cuci hidung. Salah satu cairan  cuci hidung untuk si kecil yang bisa digunakan adalah Respimer Baby.

Respimer Baby, Mudahnya Bersihkan Hidung Bayi dan Anak

Respimer merupakan pembersih hidung dan alternatif pengobatan yang efektif dan alami untuk melegakan gejala gangguan hidung dan sinus seperti hidung tersumbat, hidup berlendir dan hidung kering.  Respimer  mengandung 100% air laut yang secara alamiah kaya akan mineral dan unsur-unsur dasar. Selain untuk mengurangi gejalan-gejala tersebut, Respimer memiliki manfaat untuk membersihkan  dan melembabkan mukosa hidung.

Dua Jenis Respimer Bayi 

Respimer Baby, pencuci hidung bayi dan anak-anak memilki semprotan micro-difusi. Artinya respimer baby membersihkan hidung bayi dan anak dengan lembut dan lebih dapat ditoleransi oleh bayi dan anak-anak karena semprotannya halus (comfort tip dengan bebas dari gas propelan). Respimer Bayi tersedia dua jenis varian, yakni Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestan,

1. Respimer Baby Nasal Hygiene

Respimer yang memiliki kotak bernuansa warna pink ini mengandung jenis cairan isotonic seawater, yang memiliki kadar NaCI 0,9% yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Respimer Baby Nasal Hygiene dapat digunakan pada bayi sejak baru lahir.

Dengan botol berukuran 115 ml, Respimer Baby Nasal Hygiene dapat membantu membersihkan hidung dari lendir yang disebabkan oleh flu dan dapat digunakan sehari-hari, untuk menjaga kesehatan rongga hidung juga nih.

2. Respimer Baby Decongestan

Varian Respimer Baby Decongestan ini memiliki kadar NaCI yang lebih tinggi sebesar 2,2%. Botol dengan nuansa warna orange jingga ini dapat di gunakan 2-3x sehari pada bayi lebih dari 1 bulan. Varian ini lebih tepat dipakai ketika si kecil sedang mengalami flu berat yang menyebabkan hidung tersumbat. Respimer Baby Decongestan dapat menarik lendir keluar.

Keunggulan Respimer

Apa saja keunggulan Respimer sebagai larutan pencuci hidung dari  PT Interbat ini? Yuk, simak beberapa poin keunggulan Respimer di bawah ini.

1. Respimer dari Air Laut Pilihan 

Respimer  terbuat dari 100%  air laut yang diambil dari tempat terbaik di dunia, St. Malo, jadi bukan sembarang air laut ya. Respimer tidak dicampur dengan air biasa, sehingga kandungan 80 mineral yang baik tetap terjaga untuk kesehatan rongga hidung.

2. Respimer Aman

Respimer Aman digunakan bayi dan anak-anak serta aman dibawa kemana saja untuk travelling sekalipun, karena Respimer tidak mengandung gas propelan yang merupakan bahan pemicu kebakaran.

3. Nyaman digunakan

Tip Respimer yang berwarna biru ini dapat disterilkan karena bisa dicopot pasang, Respimer Baby juga menghadirkan comfort tip yang dibuat khusus untuk rongga hidung bayi dan anak-anak. Semprotan yang dihasilkannya adalah micro-difusi yang menghasilkan semprotan yang lebih lembut dan tidak menyakiti.

4. Respimer Praktis dibawa kemana saja

Kedua varian Respimer Baby dihadirkan dengan botol plastik yang tidak akan pecah & bocor sehingga praktis dibawa kemana saja.

Cara Menggunakan Respimer

1. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan Respimer dan siapkan tisu atau handuk untuk mengelap cairan dan membersihkan ingus yang keluar.

2. Bayi dapat diletakan pada posisi tidur, atau anak dalam keadaan duduk. Hal yang terpenting adalah memastikan si kecil nyaman. Kedua anak saya karena sedang aktif-aktifnya lebih memilih dalam posisi duduk ketika mencoba Respimer Baby.

3. Kepala si kecil kita miringkan dengan lembut lalu masukan tip Respimer ke dalam salah satu lubang hidung dengan lembut lalu tekan dan diamkan selama 2-3 detik. Sedikit tips, lakukan sambil mengobrol dan kondisi santai jangan sampai anak merasa tegang ya Mams.

4. Ulangi lagi pada sisi sebaliknya.

5. Bersihkan Hidung si kecil dari lender ingus dan cairan yang keluar dengan tisu.

6. Setelah pemakaian, tip dibersihkan tip dengan air mengalir lalu rendam dengan air hangat serta keringkan. Untuk menjaga kesterilan tip, letakkan tip di tempat yang bersih dan aman.

Penutup

Respimer Baby dapat menjadi solusi untuk membersihkan hidung bayi dan anak-anak. Respimer Baby Nasal Hygiene dapat digunakan sehari-hari dari bayi yang baru lahir, sementara Respimer Baby Decongestan dapat digunakan dari bayi berusia 1 bulan cocok untuk membersihkan hidung si kecil yang sedang tersumbat saat flu. Satu lagi nih infonya Respimer sedang transisi dengan nama merk Physiomer, jadi kalau ke depannya teman-teman mendapatkan cairan pembersih hidung bernama Physiomer tidak jadi masalah, karena kandungan dan isinya sama.

Kita dapat menemukan produk Respimer Baby ini di baby store kesayangan teman-teman atau marketplace resminya di Shopee Interbat Official Shop dan Tokopedia Interbat Consumer Health. Jangan lupa untuk cek instagramnya @respimerindonesia agar mendapatkan info produk dan promo menariknya. 

Semoga bermanfaat, salam.



shafira adlina cerita mamah
Related Posts
Shafira Adlina
Seorang Mamah dari 2 anak. Mencintai dunia menulis dan desain. Manager keluarga yang berperan menjadi asessor dan fasilitator di dunia publik. Untuk kerja sama silahkan hubungi email : adaceritamamah at gmail dot com

Related Posts

33 komentar

  1. Halo Ka Shafira,
    Duh coba aja aku kenal Respimer ini waktu anak anak ku masih batita ya, aku pasti tertolong banget. Terlebih bungsu yang sering kena pilek. Kasian kalo lagi bobo engap dan sulit tidur. Kalau digunakan anak lima taHun bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget teh Eka, sampai 6 tahun respimer baby ini bisa dipakai loh

      Hapus
  2. MasyaAllah anak-anak hebat ya mau mencoba untuk kesehatannya. Respimer yang nyaman dan aman digunakan pasti membantu banget ya mbak utk penanganan kesehatan hidung si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Dewi, berguna banget buat cuci hidung selama pandemi ini.

      Hapus
  3. Rekomended banget yaa na ini untuk para emak

    BalasHapus
  4. untung ada respimer ini jadi urusan hidung si kecil karena flu akan muda tertangani dengan baik ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka Wahid, respimer baby bisa jadi pertolongan pertama cuci hidung anak-anak di rumah

      Hapus
  5. Iya kalo anak sudah sakit, pasti rewel, susah makan dan murung. Termasuk sakit flu sekalipun. Beruntung banget, saya bisa dapat info bermanfaat dari blog yang super duper keren ini.

    Ternyata tersedia obat pembersih hidung untuk anak-anak ya. Soalnya kan anak-anak cukup kesulitan untuk buang ingus sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah terima kasih kak Hendra sudah mampir kemari. betul banget respimer bisa jadi salah satu solusi

      Hapus
  6. Harus santai ya pas mau pakein respimer ini ke anak2.
    Anakku udh mau kuliah. Dulu waktu dia kecil aku belum tau ada respimer ini. Kalau tau dari dulu pasti tambah nyaman ketika dia flu. Kurekomendasikan respimer ini ke temen2ku yg punya anak kecil

    BalasHapus
  7. saat anak-anak kena flu atau pilek memang jadi serba repot. biasanya mereka rewel karena hidungnya mampet. sehingga mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak dan cukup. adanya respimer semoga bisa membantu para ibu...

    BalasHapus
  8. Wiiihhh baru tau ada alat bernama respimer ini. Bisa jadi penolong nih buat emak2 yg biasanya kebingungan kalau anak flu. Bagaimana tdk bingung, anak2 flu biasanya jdi rewel karena hidung mampet.

    BalasHapus
  9. Coba dari dulu ada respimer ini ya, anak flu dan hidung tersumbat pasti nggak bikin dia rewel. Kalau kakakku dulu, jaman anaknya bayi, kalau hidungnya tersumbat, kakak hisap hidung anaknya itu buat ngeluarin ingusnya.

    BalasHapus
  10. Wah, bisa jadi produk yang bagus dipakai saat dedek sedang flu ya kak. Saya kepo dengan cara pakainya. Terima kasih sudah menjelaskan. Insyaallah pengen punya.

    BalasHapus
  11. Saya baru tahu apa itu Respimer dan cara pakainya, ternyata mudah sekali diaplikasikan ya. Jadi ibu tidak perlu khawatir lagi kalau si kecil flu

    BalasHapus
  12. Biasanya kalau flu si isya aku nebul. Kadang ditambain obat kadang juga ngga. Mau nyoba respimer ini aaah, bisa buat diuapin ngga ya mba shaf

    BalasHapus
  13. wah sekarang mah banyak ya obat2 spt ini gak kaya jaman aku , kalau anak pilek suka iba jadinya

    BalasHapus
  14. Wah, bahan bakunya Respimer Baby ini air laut ya. Sepertinya pas banget nih mengatasi flu pada anak. Layak dicoba...

    BalasHapus
  15. Aku juga pakai nih respimer. Ngebantu ya buat anak flu. Kandungannya juga amn bahkan bisa di pakai sejak anak batita.

    BalasHapus
  16. Produk kece ya, membesarkan anak jadi lebih mudah karena banyak bala bantuan seperti ini, hehe. Tapi aku kok deg2an ya kalau mau membersihkan hidung baby pakai alat2 macam ini.. memang emaknya yang kudu tenang dulu ya.. biar baby pun juga tenang saat dibersihkan hidungnya.

    BalasHapus
  17. berguna banget nih untuk bayi yang belum bisa singsing sendiri

    BalasHapus
  18. Wah ternyata dari air laut pilihan. Aku mikirnya air biasa tapi dikasi NaCl gitu. Pengen cobainn, buat dewasa ada ngga ya 😂

    BalasHapus
  19. Wah wajib ada buat stok di rmah nih. Biasanya kalau flu ngandelin minyak kayu putih hehehe

    BalasHapus
  20. Tiap anak flue ak nggak berani pakai produk yang semacam ini. Pasti manual aja ngeluarin ingusnya. Tapi ternyata anak2 nyaman dan aman pakai respimer ini. Soalnya temen2kupun dah banyak yang pake. Ah tau gt dari dulu ngikut pake :(

    BalasHapus
  21. Msh belum berani kalo ke anak nyuci sendiri huhuuu ini bisa untuk dewasakah mbak? Brp kali pakai nih?

    BalasHapus
  22. Pengen cobain jga tpi kepikiran bisa ga ya makeinnya, anaku suka heboh dluan klo dimasukin benda asing di hidung atau telinganya

    BalasHapus
  23. Anak saya sering kena flu dan hidung tersumbat apalagi kalau musim hujan mba, jd pengen cobain Respimer untuk bayi ini. (Ainhy)

    BalasHapus
  24. Dulu pas masih punya newborn dan lagi pilek, eh diresepin Respimer. Dan emang bisa bikin legaan hidung yang tersumbat. Jadi bayi bisa bobo lebih nyaman dan tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren mbak lintang bisa kasih ke newborn. aku baru tau respimer in pas si kecil umur hampir 2 tahun, agak telat si taunya. hehe

      Hapus
  25. Fix aku baru tau ini dan butuh banget ini. Karena emang hidungnya anakku oerlu banget dibersihkan kayanya, kasihan gak bisa tidur karena hidung tersumbat. Btw ini respimer ini aman digunakan sampai berapa lama ketika kemasan dibuka ya mbak?

    BalasHapus
  26. Jadi nggak sembarangan air laut ya yang bisa dijadikan respimer.

    Kalau pakai pembersih hidung begini, awal awal anak bakalan rewel nggak ya? Kan ada sesuatu alat yang didekatkan ke hidungnya.

    Pengen nyoba tapi deg degan duluan nih aku.

    BalasHapus
  27. baru tau ada rspimer. dan ini dibutuhkan ketika anak sedang flu, lendir berlebihan. Respimer ini sudah banyak tersedia di apotik2 kah?

    BalasHapus